Monetisasi Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Bisa menghasilkan uang dari blog, adalah salah satu impian banyak blogger. Saya sendiri, jujur pada awalnya sama sekali tidak terpikirkan untuk mendapatkan uang dari blog saya. Saya niatkan ngeblog adalah semata untuk berbagi kepada semua orang tentang apa yang saya alami, apa yang saya ketahui dan apa yang sedang saya rasakan.

Tapi seiring waktu, setelah saya menekuni dunia blogging beberapa lama, saya menemukan, ternyata kita bisa menghasilkan uang dari blog. Jadilah, sampai sekarang saya menjadi seorang blogger matre, hehehe… bawaannya: duiiiiiiiiiit terus!

Nah, jika Kamu seperti saya, dan sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog, atau pun Kamu yang baru saja siap-siap membuat blog untuk mendapatkan uang, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

11 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Inilah beberapa cara yang bisa dan sudah banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Saya sendiri, terus terang belumlah menggeluti kesemuanya. Tapi minimal sudah pernah saya coba, meskipun tidak fokus ke semuanya untuk saat ini.

Program Periklanan

Cara menghasilkan uang dari blog denganProgram Periklanan

Ini cara paling umum dan -mungkin- cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Inti dari program ini adalah kita menyediakan space di blog kita untuk ditempatkan iklan.

Cara yang paling umum adalah program iklan kontekstual (contextual ads program), yaitu dimana materi iklan yang muncul akan menyesuaikan dengan keyword konten blog. Ada banyak bertebaran program jenis ini, tapi biasanya yang paling banyak diminati dan digeluti adalah Google Adsense dan Chitika.

Bagaimana pun level blog Kamu saat ini, baik besar ataupun kecil, Kamu bisa memasang iklan di dalamnya. Iklan yang saya maksud baik dengan menjalankan program Google Adsense, ataupun dengan menjual slot iklan mandiri.

Bekerja baik jika:

  • Kamu memiliki trafik yang cukup tinggi
  • Kamu memiliki topik blog dimana pengiklan bersedia membayar dengan harga yang cukup tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak iklan akan membuat blog Kamu tampak semrawut dan amatiran.
  • Bisa membuat Kamu kehilangan pengunjung. Karena itu, pasang iklan dengan bijak. Ingat bahwa Kamu harus menyajikan konten kepada pengunjung, bukannya menyodorkan iklan kepada mereka.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Google Adsense :

  1. Pilih topik blog
  2. Buat sebuah blog, untuk membuat blog gratisan bisa mengikuti panduan  cara membuat blog di blogspot
  3. Riset kata kunci, kira – kira kata kunci apa yang banyak dicari dan banyak pengiklan
  4. Mapping kata kunci, ini agar artikel yang akan kita buat lebih terstruktur dan terarah
  5. Buat konten bagus dan berkualitas, sesuai kata kunci yang sudah di mapping dan seara teratur membuat artikel
  6. Pasang Google Analtics, Histats atau lainnya
  7. Ikuti artikel panduan google adsense
  8. Sampai artikel menerima pembayaran dari Adsense
  9. Selesai.

Program Afiliasi

Cara mengdapatkan uang dari blog lewat amazon affiliate

Program jenis ini pun terbukti telah banyak yang menikmati hasilnya. Di sini kita bertindak semacam agen, perwakilan, atau bisa juga sebagai makelar, dimana tugas kita adalah memberikan klien atau pelanggan baru untuk perusahaan yang kita berafiliasi kepadanya. Di antaranya yang paling terkenal adalah clickbank, amazon, dan linkshare.

Banyak sekali bukan situs yang digunbakan program Afiliasi, baik yang besar maupun yang kecil, menawarkan program afiliasi. Di sini Kamu menaruh ke produk-produk mereka, dan jika terjadi penjualan hasil dari rekomendasi Kamu, maka Kamu akan mendapatkan bayaran. Situs lokal besar yang menawarkan program afiliasi adalah Bhinneka.

Untuk produk-produk digital, semisal ebook, biasanya paling tidak Kamu akan memperoleh komisi sebesar 50% dari harga jual. Angka yang cukup menggiurkan.

Bekerja baik jika:

  • Kamu dapat menulis review produk secara mendalam dan menarik.
  • Terdapat produk yang sesuai dengan topik bahasan blog Kamu.

Kekurangan:

  • Link afiliasi dapat mengurangi kenyamanan pengunjung blog.
  • Perlu waktu cukup lama, sampai Kamu mendapatkan pemasukan ideal dari program ini.

Sponsorship

Cara dapat uang dari blog lewat Sponsorship

Selain banyak program periklanan yang bisa diikuti, seorang blogger juga bisa mendulang uang dengan menyewakan space untuk iklan langsung dari klien. Jika blog kita cukup ramai dan padat pengunjung, peluang untuk mendapatkan sponsorship ini sangat terbuka lebar.

Ada banyak perusahaan yang merasa jauh lebih efektif untuk memasang iklan langsung di blog Kamu, dan tentu saja ini peluang yang sangat bagus. Sistem sponsor juga bisa saja dilakukan melalui postingan. Dimana kita diminta untuk mereview, mengulas atau menulis tentang suatu topik berdasarkan pesanan dari klien, dan kita dibayar untuk itu.

Hal ini biasa juga disebut dengan berbagi istilah, seperti: ‘pay per post’, ‘pay per blog entry’ atau ‘get paid to blog’. Disini Kamu menulis posting berupa review atau mengulas suatu produk atau layanan tertentu. Blogsvertise, Smorty, BlogToProfit, LinkFromBlog dan ReviewMe, adalah beberapa tempat dimana Kamu bisa memulai menghasilkan uang dari blog Kamu dengan cara ini.

Bekerja baik jika:

  • Kamu mampu menulis review secara mendalam dan baik, memiliki kredibilitas dan telah mendapatkan trust dari pembaca dalam suatu bidang tertentu.
  • Memiliki trafik yang cukup tinggi, karena sponsor biasanya hanya menginginkan blog dengan trafik tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak menyajikan posting berbayar, bisa menurunkan kredibilitas di mata pengunjung.
  • Kebanyakan posting harus dalam bahasa Inggris.

Donasi

Cara menghasilkan uang dari blog denganDonasi

Hmmm… apa iya? Yup, kenapa tidak? Jika blog kita mampu memberi manfaat yang luar biasa, akan ada banyak orang yang dengan sukarela memberikan sumbangan jika diminta. Jangan dianggap sepele. Saya pernah mengobrol dengan teman blogger yang senior (saya diwanti-wanti tidak boleh menyebut namanya) yang mengaku mendapatkan jutaan rupiah dari sumbangan pembaca fanatiknya setiap bulan. Luar biasa bukan?

Jadi penulis buku

Cara menghasilkan uang dari blog jadi penulis buku

Loh? Apa hubunganya penulis buku dengan menjadi blogger? Hmm… jangan salah, erat sekali hubungannya. Begini, jika Kamu sudah cukup lama ngeblog, tentunya sudah menghasilkan banyak sekali artikel. Ratusan -bahkan ribuan- mungkin. Dan jika topik blog kita cukup tajam dan terjaga, tidaklah sulit mendapatkan penerbit yang bersedia membukukan tulisan-tulisan kita. Bagaimana?

Menjual merchandise blog

Cara dapat uang dari blog Menjual merchandise blog

Begini ceritanya. Blog Kamu sudah cukup terkenal. Menjadi buah bibir di kalangan para blogger. Blog kita memiliki brand image yang baik dan kuat. Blog kita menjadi semacam acuan dan menjadi referensi terpercaya bagi banyak orang. Tulisannya berbobot dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Nah, jika sudah begitu, tidak sulit menjual berbagai merchandise yang menjadi ciri khas blog Kamu, seperti t-shirt, dompet, tas, topi dan lain sebagainya. Cafepress dan situs semacamnya bisa menjadi pilihan untuk pertama untuk memasarkannya.

Menjual produk digital

Cara menghasilkan uang dari blog Menjual produk digital

Sudah banyak blogger yang membuktikan cara ini bekerja dengan baik, yaitu dengan menciptakan produk digital (paling umum berupa ebook), kemudian menjualnya kepada pembaca. Cara ini memang memerlukan waktu dan usaha lebih untuk menciptakan produk yang berkualitas dan dibutuhkan banyak orang, namun ini dapat menjadi titik awal Kamu dalam mengembangkan blog sebagai portal bisnis sesungguhnya.

Bekerja baik jika:

  • Kamu dapat membuat produk yang benar-benar unik.
  • Kamu telah memiliki ‘hubungan’ yang baik dengan pembaca dan telah mendapatkan trust dari mereka.

Kekurangan:

  • Menawarkan produk yang tidak berkualitas bisa sangat sangat berdampak negatif bagi blog Kamu.
  • Menetapkan harga terlalu tinggi, bisa membuat mereka tidak akan membeli lagi.

Menawarkan jasa

Alih-alih menjual produk, Kamu dapat menawarkan jasa melalui blog Kamu. Mungkin Kamu pernah melihat blog yang menawarkan jasa tertentu, seperti salah seorang sahabat saya, Mas Risma Riyanto, yang menawarkan jasa menambah teman di Google Plus, satu tawaran jasa yang cukup unik.

Kamu memiliki jasa unik lainnya?

Jasa apa saja dapat Kamu tawarkan, tentunya sesuai dengan keahlian Kamu, seperti desain logo, desain web, dan sebagainya. Lebih baik lagi, jika Kamu telah dikenal sebagai ahli di bidang jasa yang Kamu tawarkan, niscaya selalu ada orang yang membutuhkan keahlian Kamu tersebut.

Bekerja baik jika:

  • Kamu memiliki keahlian di bidang tertentu.
  • Kamu memiliki waktu untuk bekerjasama dengan klien.

Kekurangan:

  • Sulit untuk meningkatkan pendapatan, karena waktu yang Kamu miliki terbatas.
  • Tergantung dari niche blog Kamu, mungkin akan sulit mendapatkan bayaran yang tinggi untuk jasa yang Kamu tawarkan.

Menjual produk fisik

Blog yang menjual produk fisik, biasanya adalah blog penunjang bagi bisnis utama yang dijalankan. Namun begitu, siapapun Kamu bisa melakukannya, jika memang memiliki produk yang sesuai dengan topik blog Kamu.

Kamu bisa melakukannya sendiri, dalam arti Kamu mengatur sendiri semuanya, seperti pengepakan, pengiriman dan sebagainya, atau Kamu bisa menggunakan metode dropship, dimana Kamu bekerjasama dengan pihak yang memiliki produk, Kamu beli dari mereka, kemudian selebihnya mereka yang melakukan pengiriman dan sebagainya.

Bekerja baik jika:

  • Kamu telah memiliki bisnis utama penjualan produk.

Kekurangan:

  • Lebih ‘rumit’ dibandingkan menjual produk digital ataupun menawarkan jasa.
  • Butuh modal awal untuk penyediaan atau produksi barang.

Konten premium

Menawarkan keanggotaan yang berbayar (biasanya dibayar bulanan), agar member bisa membuka konten Kamu. Konten bisa diberikan secara bertahap, dimana setiap member mendapatkan konten tertentu di minggu  pertama, minggu kedua dan seterusnya, ataupun semua konten baru dapat diakses oleh semua member secara bersama-sama, tidak peduli kapan mereka bergabung.

Bekerja baik jika:
Kamu memiliki konten konten multimedia ‘hebat’ dan bernilai tinggi untuk dibagikan. Kamu mampu menciptakan satu komunitas yang solid.

Kekurangannya:
Membutuhkan dukungan teknis tingkat lanjut. Lebih sulit memasarkan dibandingkan menjual ebook dan sejenisnya.

Menjual blog

Saya pernah membaca, ada seorang blogger jadi ‘kaya mendadak’ karena berhasil menjual blognya senilai $100.000! Memang, yang saya baca itu adalah blogger dari luar negeri sana. Tapi, jangan salah banyak juga blogger Indonesia yang blognya terjual dengan harga yang cukup tinggi.

Memang kunci utamanya adalah kualitas blog, parameternya adalah jumlah pengunjung, semakin banyak, semakin bagus, semakin mahal nilai sebuah blog. Jadi, jika blog Kamu ada yang menawar dengan harga tinggi, jual saja! Anggap Kamu ngeblog selama 2 tahun, lalu blognya laku seratus juta, sudah berapa tuh Kamu digaji per bulannya?

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari blog, secara lengkap telah saya tuangkan dalam bentuk gambar di dibawah ini.

Berikut ini ringkasan bagaimana seorang blogger dapat mencari uang online dari blognya, yang saya tuangkan dalam bentuk grafik, agar lebih mudah dipahami.

Seiring kreatifitas para blogger, tentu saja akan selalu terbuka kemungkinan-kemungkinan dan peluang-peluang baru. Namun bagan di atas kiranya sudah mewakili berbagai macam cara menghasilkan uang dari sebuah blog.

Silakan Kamu pilih-pilih dan mulai pikir-pikir untuk menjalankan yang mana dulu dan memilih cara mendapatkan uang dari blog yang paling tepat bagi Kamu.

Beberapa di antaranya, mungkin cuma sekadar angan-angan dan mimpi dan belum ‘terjangkau’ oleh kita. Tapi, setiap mimpi harus dikejar bukan? Kamu memiliki pengalaman sukses mendapatkan uang dari blog?

Kamu yang sudah berniat mendapatkan uang dari blog, tapi masih bingung harus memulai dari mana?

Pelajari bagaimana cara memilih niche terbaik untuk sukses blogging, kemudian dilanjutkan dengan strategi membuat konten segera setelah memilih niche terbaikDua strategi sistematis untuk memastikan Kamu dapat membangun blog yang sukses, tentu saja sukses juga mendapatkan uang dari blog.

Apakah Kamu ingin mendapatkan uang dari Adsense? Pelajari cara dan strateginya dari nol menghasilkan banyak uang dari Adsense hanya dengan mengelola blog secara tuntas dan runut di Panduan Lengkap Google Adsense.

Tahukah Kamu apa syarat utama bisa mendapatkan uang dari blog? Cari tahu jawabannya di artikel: Tahukah Kamu, Apa Syarat Utama Mendapatkan Uang dari Blog?.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

388 Komentar