Bisa menghasilkan uang dari blog, adalah salah satu impian banyak blogger. Saya sendiri, jujur pada awalnya sama sekali tidak terpikirkan untuk mendapatkan uang dari blog saya. Saya niatkan ngeblog adalah semata untuk berbagi kepada semua orang tentang apa yang saya alami, apa yang saya ketahui dan apa yang sedang saya rasakan.

Tapi seiring waktu, setelah saya menekuni dunia blogging beberapa lama, saya menemukan, ternyata kita bisa menghasilkan uang dari blog. Jadilah, sampai sekarang saya menjadi seorang blogger matre, hehehe… bawaannya: duiiiiiiiiiit terus!

Nah, jika Kamu seperti saya, dan sedang mencari cara mendapatkan uang dari blog, atau pun Kamu yang baru saja siap-siap membuat blog untuk mendapatkan uang, silakan lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas.

11 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Inilah beberapa cara yang bisa dan sudah banyak dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan uang dari blog mereka. Saya sendiri, terus terang belumlah menggeluti kesemuanya. Tapi minimal sudah pernah saya coba, meskipun tidak fokus ke semuanya untuk saat ini.

Program Periklanan

Cara menghasilkan uang dari blog denganProgram Periklanan

Ini cara paling umum dan -mungkin- cara yang paling mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Inti dari program ini adalah kita menyediakan space di blog kita untuk ditempatkan iklan.

Cara yang paling umum adalah program iklan kontekstual (contextual ads program), yaitu dimana materi iklan yang muncul akan menyesuaikan dengan keyword konten blog. Ada banyak bertebaran program jenis ini, tapi biasanya yang paling banyak diminati dan digeluti adalah Google Adsense dan Chitika.

Bagaimana pun level blog Kamu saat ini, baik besar ataupun kecil, Kamu bisa memasang iklan di dalamnya. Iklan yang saya maksud baik dengan menjalankan program Google Adsense, ataupun dengan menjual slot iklan mandiri.

Bekerja baik jika:

  • Kamu memiliki trafik yang cukup tinggi
  • Kamu memiliki topik blog dimana pengiklan bersedia membayar dengan harga yang cukup tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak iklan akan membuat blog Kamu tampak semrawut dan amatiran.
  • Bisa membuat Kamu kehilangan pengunjung. Karena itu, pasang iklan dengan bijak. Ingat bahwa Kamu harus menyajikan konten kepada pengunjung, bukannya menyodorkan iklan kepada mereka.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Google Adsense :

  1. Pilih topik blog
  2. Buat sebuah blog, untuk membuat blog gratisan bisa mengikuti panduan  cara membuat blog di blogspot
  3. Riset kata kunci, kira – kira kata kunci apa yang banyak dicari dan banyak pengiklan
  4. Mapping kata kunci, ini agar artikel yang akan kita buat lebih terstruktur dan terarah
  5. Buat konten bagus dan berkualitas, sesuai kata kunci yang sudah di mapping dan seara teratur membuat artikel
  6. Pasang Google Analtics, Histats atau lainnya
  7. Ikuti artikel panduan google adsense
  8. Sampai artikel menerima pembayaran dari Adsense
  9. Selesai.

Program Afiliasi

Cara mengdapatkan uang dari blog lewat amazon affiliate

Program jenis ini pun terbukti telah banyak yang menikmati hasilnya. Di sini kita bertindak semacam agen, perwakilan, atau bisa juga sebagai makelar, dimana tugas kita adalah memberikan klien atau pelanggan baru untuk perusahaan yang kita berafiliasi kepadanya. Di antaranya yang paling terkenal adalah clickbank, amazon, dan linkshare.

Banyak sekali bukan situs yang digunbakan program Afiliasi, baik yang besar maupun yang kecil, menawarkan program afiliasi. Di sini Kamu menaruh ke produk-produk mereka, dan jika terjadi penjualan hasil dari rekomendasi Kamu, maka Kamu akan mendapatkan bayaran. Situs lokal besar yang menawarkan program afiliasi adalah Bhinneka.

Untuk produk-produk digital, semisal ebook, biasanya paling tidak Kamu akan memperoleh komisi sebesar 50% dari harga jual. Angka yang cukup menggiurkan.

Bekerja baik jika:

  • Kamu dapat menulis review produk secara mendalam dan menarik.
  • Terdapat produk yang sesuai dengan topik bahasan blog Kamu.

Kekurangan:

  • Link afiliasi dapat mengurangi kenyamanan pengunjung blog.
  • Perlu waktu cukup lama, sampai Kamu mendapatkan pemasukan ideal dari program ini.

Sponsorship

Cara dapat uang dari blog lewat Sponsorship

Selain banyak program periklanan yang bisa diikuti, seorang blogger juga bisa mendulang uang dengan menyewakan space untuk iklan langsung dari klien. Jika blog kita cukup ramai dan padat pengunjung, peluang untuk mendapatkan sponsorship ini sangat terbuka lebar.

Ada banyak perusahaan yang merasa jauh lebih efektif untuk memasang iklan langsung di blog Kamu, dan tentu saja ini peluang yang sangat bagus. Sistem sponsor juga bisa saja dilakukan melalui postingan. Dimana kita diminta untuk mereview, mengulas atau menulis tentang suatu topik berdasarkan pesanan dari klien, dan kita dibayar untuk itu.

Hal ini biasa juga disebut dengan berbagi istilah, seperti: ‘pay per post’, ‘pay per blog entry’ atau ‘get paid to blog’. Disini Kamu menulis posting berupa review atau mengulas suatu produk atau layanan tertentu. Blogsvertise, Smorty, BlogToProfit, LinkFromBlog dan ReviewMe, adalah beberapa tempat dimana Kamu bisa memulai menghasilkan uang dari blog Kamu dengan cara ini.

Bekerja baik jika:

  • Kamu mampu menulis review secara mendalam dan baik, memiliki kredibilitas dan telah mendapatkan trust dari pembaca dalam suatu bidang tertentu.
  • Memiliki trafik yang cukup tinggi, karena sponsor biasanya hanya menginginkan blog dengan trafik tinggi.

Kekurangan:

  • Terlalu banyak menyajikan posting berbayar, bisa menurunkan kredibilitas di mata pengunjung.
  • Kebanyakan posting harus dalam bahasa Inggris.

Donasi

Cara menghasilkan uang dari blog denganDonasi

Hmmm… apa iya? Yup, kenapa tidak? Jika blog kita mampu memberi manfaat yang luar biasa, akan ada banyak orang yang dengan sukarela memberikan sumbangan jika diminta. Jangan dianggap sepele. Saya pernah mengobrol dengan teman blogger yang senior (saya diwanti-wanti tidak boleh menyebut namanya) yang mengaku mendapatkan jutaan rupiah dari sumbangan pembaca fanatiknya setiap bulan. Luar biasa bukan?

Jadi penulis buku

Cara menghasilkan uang dari blog jadi penulis buku

Loh? Apa hubunganya penulis buku dengan menjadi blogger? Hmm… jangan salah, erat sekali hubungannya. Begini, jika Kamu sudah cukup lama ngeblog, tentunya sudah menghasilkan banyak sekali artikel. Ratusan -bahkan ribuan- mungkin. Dan jika topik blog kita cukup tajam dan terjaga, tidaklah sulit mendapatkan penerbit yang bersedia membukukan tulisan-tulisan kita. Bagaimana?

Menjual merchandise blog

Cara dapat uang dari blog Menjual merchandise blog

Begini ceritanya. Blog Kamu sudah cukup terkenal. Menjadi buah bibir di kalangan para blogger. Blog kita memiliki brand image yang baik dan kuat. Blog kita menjadi semacam acuan dan menjadi referensi terpercaya bagi banyak orang. Tulisannya berbobot dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Nah, jika sudah begitu, tidak sulit menjual berbagai merchandise yang menjadi ciri khas blog Kamu, seperti t-shirt, dompet, tas, topi dan lain sebagainya. Cafepress dan situs semacamnya bisa menjadi pilihan untuk pertama untuk memasarkannya.

Menjual produk digital

Cara menghasilkan uang dari blog Menjual produk digital

Sudah banyak blogger yang membuktikan cara ini bekerja dengan baik, yaitu dengan menciptakan produk digital (paling umum berupa ebook), kemudian menjualnya kepada pembaca. Cara ini memang memerlukan waktu dan usaha lebih untuk menciptakan produk yang berkualitas dan dibutuhkan banyak orang, namun ini dapat menjadi titik awal Kamu dalam mengembangkan blog sebagai portal bisnis sesungguhnya.

Bekerja baik jika:

  • Kamu dapat membuat produk yang benar-benar unik.
  • Kamu telah memiliki ‘hubungan’ yang baik dengan pembaca dan telah mendapatkan trust dari mereka.

Kekurangan:

  • Menawarkan produk yang tidak berkualitas bisa sangat sangat berdampak negatif bagi blog Kamu.
  • Menetapkan harga terlalu tinggi, bisa membuat mereka tidak akan membeli lagi.

Menawarkan jasa

Alih-alih menjual produk, Kamu dapat menawarkan jasa melalui blog Kamu. Mungkin Kamu pernah melihat blog yang menawarkan jasa tertentu, seperti salah seorang sahabat saya, Mas Risma Riyanto, yang menawarkan jasa menambah teman di Google Plus, satu tawaran jasa yang cukup unik.

Kamu memiliki jasa unik lainnya?

Jasa apa saja dapat Kamu tawarkan, tentunya sesuai dengan keahlian Kamu, seperti desain logo, desain web, dan sebagainya. Lebih baik lagi, jika Kamu telah dikenal sebagai ahli di bidang jasa yang Kamu tawarkan, niscaya selalu ada orang yang membutuhkan keahlian Kamu tersebut.

Bekerja baik jika:

  • Kamu memiliki keahlian di bidang tertentu.
  • Kamu memiliki waktu untuk bekerjasama dengan klien.

Kekurangan:

  • Sulit untuk meningkatkan pendapatan, karena waktu yang Kamu miliki terbatas.
  • Tergantung dari niche blog Kamu, mungkin akan sulit mendapatkan bayaran yang tinggi untuk jasa yang Kamu tawarkan.

Menjual produk fisik

Blog yang menjual produk fisik, biasanya adalah blog penunjang bagi bisnis utama yang dijalankan. Namun begitu, siapapun Kamu bisa melakukannya, jika memang memiliki produk yang sesuai dengan topik blog Kamu.

Kamu bisa melakukannya sendiri, dalam arti Kamu mengatur sendiri semuanya, seperti pengepakan, pengiriman dan sebagainya, atau Kamu bisa menggunakan metode dropship, dimana Kamu bekerjasama dengan pihak yang memiliki produk, Kamu beli dari mereka, kemudian selebihnya mereka yang melakukan pengiriman dan sebagainya.

Bekerja baik jika:

  • Kamu telah memiliki bisnis utama penjualan produk.

Kekurangan:

  • Lebih ‘rumit’ dibandingkan menjual produk digital ataupun menawarkan jasa.
  • Butuh modal awal untuk penyediaan atau produksi barang.

Konten premium

Menawarkan keanggotaan yang berbayar (biasanya dibayar bulanan), agar member bisa membuka konten Kamu. Konten bisa diberikan secara bertahap, dimana setiap member mendapatkan konten tertentu di minggu  pertama, minggu kedua dan seterusnya, ataupun semua konten baru dapat diakses oleh semua member secara bersama-sama, tidak peduli kapan mereka bergabung.

Bekerja baik jika:
Kamu memiliki konten konten multimedia ‘hebat’ dan bernilai tinggi untuk dibagikan. Kamu mampu menciptakan satu komunitas yang solid.

Kekurangannya:
Membutuhkan dukungan teknis tingkat lanjut. Lebih sulit memasarkan dibandingkan menjual ebook dan sejenisnya.

Menjual blog

Saya pernah membaca, ada seorang blogger jadi ‘kaya mendadak’ karena berhasil menjual blognya senilai $100.000! Memang, yang saya baca itu adalah blogger dari luar negeri sana. Tapi, jangan salah banyak juga blogger Indonesia yang blognya terjual dengan harga yang cukup tinggi.

Memang kunci utamanya adalah kualitas blog, parameternya adalah jumlah pengunjung, semakin banyak, semakin bagus, semakin mahal nilai sebuah blog. Jadi, jika blog Kamu ada yang menawar dengan harga tinggi, jual saja! Anggap Kamu ngeblog selama 2 tahun, lalu blognya laku seratus juta, sudah berapa tuh Kamu digaji per bulannya?

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk mendapatkan uang dari blog, secara lengkap telah saya tuangkan dalam bentuk gambar di dibawah ini.

Berikut ini ringkasan bagaimana seorang blogger dapat mencari uang online dari blognya, yang saya tuangkan dalam bentuk grafik, agar lebih mudah dipahami.

Seiring kreatifitas para blogger, tentu saja akan selalu terbuka kemungkinan-kemungkinan dan peluang-peluang baru. Namun bagan di atas kiranya sudah mewakili berbagai macam cara menghasilkan uang dari sebuah blog.

Silakan Kamu pilih-pilih dan mulai pikir-pikir untuk menjalankan yang mana dulu dan memilih cara mendapatkan uang dari blog yang paling tepat bagi Kamu.

Beberapa di antaranya, mungkin cuma sekadar angan-angan dan mimpi dan belum ‘terjangkau’ oleh kita. Tapi, setiap mimpi harus dikejar bukan? Kamu memiliki pengalaman sukses mendapatkan uang dari blog?

Kamu yang sudah berniat mendapatkan uang dari blog, tapi masih bingung harus memulai dari mana?

Pelajari bagaimana cara memilih niche terbaik untuk sukses blogging, kemudian dilanjutkan dengan strategi membuat konten segera setelah memilih niche terbaikDua strategi sistematis untuk memastikan Kamu dapat membangun blog yang sukses, tentu saja sukses juga mendapatkan uang dari blog.

Apakah Kamu ingin mendapatkan uang dari Adsense? Pelajari cara dan strateginya dari nol menghasilkan banyak uang dari Adsense hanya dengan mengelola blog secara tuntas dan runut di Panduan Lengkap Google Adsense.

Tahukah Kamu apa syarat utama bisa mendapatkan uang dari blog? Cari tahu jawabannya di artikel: Tahukah Kamu, Apa Syarat Utama Mendapatkan Uang dari Blog?.

Salam.

  •  
  •  
  • 1
Tampilkan Komentar

388 Komentar

  • Banyak juga mendapatkan uang dari sebuah blog.

    Dan terbukti menghasilkan pundi-pundi Rupiah atau $ , namun butuh waktu dan keseriusan mengelola dan menjalankannya.

    Kebanyakan ingin instan, nah kalau instan kita beli saja blog yang sudah berkualitas seperti harga pada pejelasan di atas $1.00.000.

  • Kalo saya pribadi sih lebih suka nyari di dunia nyata, semisal jualan apa kek, tapi kadang juga memanfaatkan medsos untuk promosi

  • benar benar artikel yang menarik hingga saya tertarik punya blog bisa diterima adsense mohon bantuanya mas agar blog saya bisa diterima adsense

  • Saya adalah orang baru di internet. membaca artikel anda seakan2 dapat sumber dana baru bagi hidup saya. namun saya merasa kurang lengkap dengan uraian anda. bagaimana caranya bisa bergabung dalam grup anda? terimakasih

  • Ulasan yang cukup mengenai sasaran ? Sepertinya ini adalah semua pengalaman semua Blogger yang saya yakin semuanya pernah mengalami hal di atas, jadi sekarang kita harus review lagi tujuan blogging kita agar berumur panjang dan menghasilkan ?
    Bukan begitu ?

  • bang Gee jhon, kalau harga standar blog berapa ya per visitornya ? atau ada faktor faktor tertentu untuk harga jualnya.

    • faktor faktor harga jual website : umur, DA, PA, Jumlah Posting, yang paling penting KW yang ada di page one, jumlah penghasilan blog tiap bulan, visitor itu mas

  • bagus banget ini artikelnya broo, bermanfaat banget untuk bisnis online saya. membantu saya yang masih pemula dalam blogging.
    Kebetulan saya memiliki referensi Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

  • jujur saya tidak mengerti apa itu blog dan apalagi mendapat kan pendapatan dari blog………pengen dan pengen sekali saya bisa seperti kalian semua …tpi apalah daya saya tidak mengerti , tpi jika kawan2 semua mau mengajarkan saya dan berbagi pengetahuan ,y allah begitu bersukurnya saya …….wassalam bay basri..

    • pertama tama mas belajar bikin blog terlebih dahulu, langsung action mas biar kerasa. untuk tutorialnya mas bisa baca artikel portal-uang.com/2016/09/cara-membuat-blog-untuk-pemula-dengan-platform-blogger.html

  • makasih penjelasannya tentang bloger…menginspirasi sekali….
    untuk tambah menyangkinkan lagi,point penting apa sich yang harus aku lakukan dalam berbisnis blog ini,agar tidak salah langkah???
    terimakasih….salam kenal

  • apakah website/blog bisa didaftarkan di google adsense walaupun website/blog baru berumur 1 bulan??

  • gan help me
    saya mau tanya uangnya itu masuk ke rekening atau apa?
    karna dr ane baca g ada sedikit put keterangan masalah rekening

  • Infonya lengkap banget mas dan mudah dipahami, disini saya juga sedang mereview artikel tentang cara mendapatkan uang mealui blog. terima kasih

  • aku punya kisah hidup yg sangat menarik penuh cobaan yg sangat menyakitkan dan mengerikan tapi gimana caranya nulis di blog dan menghasilkan uang mohon di bantu

    • buat saja blognya dulu bos, jika blognya sudah ramai dan punya banyak pengunjung, dapat uang tu soal mudah, caranya seperti dijelaskan di artikel ini.

  • makasih mas atas infonya dan sangat bermanfaat untuk pemula dan saya sedang menunggu postingan dari mas ….

  • ini nih mantap….
    emang ga bisa instan,, kudu sabar dan konsisten dalam berblogging ria…
    bikin artikel bermanfaat, jaring visitor yang banyak….

    terima kasih infonya gan…

  • Kalau meningkatkan penghasilan dari blog cara yang paling efektif bagaimana mas, apakah memang harus bersabar dan konsisten adakah triknya.

    Terimakasih

    • sabar dan konsisten itu sudah syarat paling dasar. tidak ada trik khusus sebenarnya, yg terpenting mampu menghadirkan konten yg diminati banyak orang, itu aja.

  • Saya punya penerbitan buku mas, mau ajak mas kerjasama menerbitkan buku gimana? mas sebagai penulisnya, kami sebagai penerbitnya….gmn mas?

  • Makasih banyak buat infonya gan. BTW punya tips buat sukses di bisnis afiliasi gak gan? Soalnya ane masih seret untuk bisnis itu gan, mohon pencerahannya. Makasih 😀

  • Keren gan info’t tp untuk aed networ chitika memang harus bersabar dulu kae’y coz tarffic nya ckup tinggi…
    betul juga gan artikel ini selain adsense bayk ko ads networ yang lain nya,, adclickmedia juga bagus top recomend

    mohon masukan untuk blog saya ya gan entertaiment-spot.blogspot.com
    sukses selalu

  • @tips.
    @sutan.
    thanks…….

    @emen.
    betul mas Emen, memang skr daftar qadabra ada review manual, kalau dulu sangat mudah, tinggal daftar, langsung ambil kode dan pasang.

  • @Amirabella.
    sama, terima kasih do'anya, sukses selalu untuk kita semua.

    @imron.
    oke deh, semoga sukses.

    @rohmad.
    hehe.. ya betul. tapi dari pengalaman saya, blm pernah ada yang kabur tuh. 🙂

    @info.
    sama2… 🙂

  • Mantap Gan.. Informasinya Sangat Bermanfaat Bagi Saya Yg Baru Ingin Mencoba Menghasilkan Uang Dari Blog.. Semoga Tambah Sukses Blognya Ya Bro.. Thanks..

  • Alhamdulilah udah jadi nich mas bro blognya, tapi masih sedikit artikelnya..hehehe
    antonprananta.blogspot.com
    Mohon masukannya dan pencerahannya yaa mas bro. ThxU

  • gabung disini aja gan! media sosial terbaru. setiap login, like, update status dan lainya akan dapat dollar gabung yu…………..tsu.co/matahatiku

  • menarik banget ini.. tapi sayang blogger pemula dan sudah pasti butuh perjuangan dulu buat menghasilkan uang dari website sendiri…
    nice posting mas.. terimakasih hehe buat nambah pengetahuan dulu

  • @tabet.
    sama2, semoga bermanfaat.

    @wily.
    hem… pertama ya harus disetujui dulu oleh penyedia iklan (ads-network). coba saja daftar ke Adsense.

    @satria.
    kurang ngertinya di mananya? lebih rinci, mungkin saya bisa bantu. 🙂

  • Saya jugab mau belajar nich mas bro, tp blm jadi2 blognya. Makanya lihat2 artikel di blog ini buat referensi. Boleh khan mas bro…thxu

  • Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu… Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas… okartikel.com

  • @hadi.
    waduh,,, sayang sekali, hehe… kok ga ampe abis..

    @rizky.
    oke… itu pun salah satu strategi jangka panjang: bangun blog yg ramai dulu, baru dimonetis.

    @heni.
    sama2.

  • Saya ingn juga dapat penghasilan dari blog, tapi tunggu duluh konten blogku belum bagus. Jadi bersambarduluh de… 🙂

  • @jiawei.
    sip deh, saya pasti berkunjung balik.

    @andi wae.
    kalau masih bingung, coba deh baca sekali lagi, hehe… terus lgsung praktekkin… saya pasti berkujung balik.

    @yoga.
    terima kasih.

    @andi.
    saya pasti berkunjung…. terima kasih atas komentar dan kunjungannya ke portaluang.

  • saya pendatang baru dalam dunia bloger. tolong anda lihat blog saya. dan berikan komentar dan penilaian serta saran apa untuk blog saya. terima kasih

  • makasih ya gan infonya sangat membantu ,, walaupun saya masih agak bingung ,, maklum masih newbie hehe 🙂

    jgn lupa mampir ya gan di blog saya 🙂

    marmut02.blogspot.com/

  • bermanfaat gan 😀
    silahkan kunjungi website baru saya gan ..
    noteofanime.blogspot.com
    isinya bkn anime saja , ada yang lain juga 😀

  • Salam kenal,
    Tulisan yang bagus… saya mengundang agan untuk berbagi ilmu sesama pebisnis pemula di website baru
    Trims

  • @fitri.
    setuju banget. mudah2an blognya semakin ramai.

    @iyal.
    tuk pencairan uang dg western union, cukup dg no pin (MTCN) dan kartu identitas, lalu datangi agen WU terdekat.

    @ike.
    semua metode bisa dicoba dan bagus. tergantung strategi dan minat masing2. PPI dapat dipasang bersamaan dg Adsense, tidak masalah.

  • bro gee jhon, kira2 kalo pay per impresion bagus ga untuk monetize-in blog, trus kalo blog kita pasang PPI dibolehin GA ga ya???

  • artikelnya keren ma broo,,
    tapi saya mau nanya mas kalo uangnya lewat western union sih gmn mas?? ada kwitansinya atau gimana mas? mohon penjelasannya mas,,
    maklum pemula

  • ya benar mas untuk mencapai kesuksesan memang tidak dan butuh banyak sekali pengorbanan serta perjuangan…..
    sy sudah berkali-kali gagal dan gagal…..
    sampai sy mencurahkan semua arti kehidupan yang sy alami disebuah blog sy…
    Berbagimotivasikehidupan.blogspot.com

  • Salam blogger mas 😀 ucapin itu aja sudah senang mas.. serasa blogger benaran. Semoga sukses sebagai penulis yg handal. Tambah sukses tambah juga ramahnya. Hehe

  • Insya allah berkah kunjungi link ini yah adf.ly/r9lKf sekali daftar langsung dapat $3.00 dollar coba yah terbukti sama saya.

  • @mendapatkan.
    sip deh, afiliasi memang bagus untuk diseriusin.

    @anonim.
    oke, terima kasih atas informasinya…. 🙂

    @deni.
    hem….. kalau dijelaskan melalui jawaban komentar ini, tidak akan muat 🙂 Tapi kalau Anda teliti (membaca) artikel2 saya di blog ini, terutama pada kategori 'Monetisasi Blog' Pasti akan menemukan jawabannya secara gamblang.

  • bayaran pertama saya dari internet adalah ikutan afiliasi,
    yah walaupun tidak besar, tapi lumayan buat ganti biaya pulsa,…

  • kalo saya yang paling gampang itu main PTC, cuma klik iklan di bayar, gak perlu keahlian khusus lagi. makasihh mas udah share, siapa tahu bisa merambah ke yang lainnya nih

  • @dayu.
    memang ada kalimat begini: selama ada trafik, selalu ada jalan tuk cari uang dari blog. Semua berawal dari visit. Tapi kalau maksudnya 'hanya' visit saja, dan pengunjung tidak melakukan apapun, lalu kita dapat uang, maka tidaklah seperti itu, Makanya tinggal pilih cara monetisasi blog seperti yang dijelaskan dalam artikel ini.

    Memang ada, cara2 dapat uang , yang hanya butuh visit saja. seperti kita menjual slot iklan secara langsung. tapi secara umum, untuk mendapatkan uang, visitor harus melakukan sesuatu, entah mengklik iklan, dsb. itulah yg disebut konversi.

  • @cerita.
    sama2, terima kasih pula atas kunjungan dan komentarnya.

    @jasa.
    waduh.. saya kira sudah cukup jelas, hehe… tp tuk beberapa seperti menjalankan program perikalan, khususnya google Adsense, sudah banyak saya ulas. Begitu juga dg program afiliasi.

  • maaf sebelum nya saya belum begitu ngerti tntng cara dapat uang di blog meski pun saya ank komputer anak it.. jdi tlong di jelaskan mas2 semua nya..

  • Sharing informasi dan tips yang bermanfaat, terimakasih gan. Ingin menjadi blogger yang sukses itu memang harus tekun. Untuk kawan-kawan blogger lain mampir ke blog ane, ditunggu komentar dan sarannya.

  • @ujungpena.
    wah, itu sangat-sangat relatif. Jika yg dimaksud adalah yg penting dapat uang, berapapun jumlahnya, misalnya dg cara menjalankan adsense, maka saya kira sejak hari pertama pun bisa menghasilkan uang.

    Tapi sebagai contoh, saya sendiri butuh waktu 7 bulan tuk menghasilkan $100 yg pertama dari blog.

    Jadi pertanyaan tadi, sangatlah relatif,. Tergantung dari seberapa cepat perkembangan blog nya sendiri. Inti utamanya adalah TRAFIK.

  • @abdi.
    tuk meningkatkan jumlah trafik, saya kira dari apa yg saya sajikan di blog Portal Uang ini, bisa diambil kesimpulan. Yang paling utama adalah kualitas kontennya, serta tampil beda dari yg sudah ada. Selain itu, yg juga amat menentukan adalah: seberapa banyak atau adakah yg mencari informasi yg kita sajikan?

    Sebagus apapun tulisan kita, tapi jika tidak banyak orang yg mencarinya, maka tidak akan memperoleh banyak pembaca.

  • Mas, saya kan baru nih di dunia blogging (3 bulan-an) . Nah kalo misalnya baru 47 kali ngepost dan dapat 940 views, artinya blog kita masih sepi kan? saya juga mau nanya cara meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita. Thanks
    you-need-a-lyrics.blogspot.com

  • Artikel menarik dan bermanfaat, bila agan-agan semua ingin kerja online yang mudah dan aman dan cepat dapat penghasilan silahkan kunjungi web kami. Salam kenal dan salam sukses

  • @klikdisini.
    silakan dipilih.. 🙂

    @hendra.
    makasih.

    @medi.
    y tergantung dari afiliasi yg mana yg diikuti. Langkah pertama tentu saja mendaftarkan diri sebagai partner. Setelah itu, biasanya tinggal memasang link afiliasinya di blog kita.

    @funday.
    ya… setuju. memang seperti itu. 🙂

    @andika.
    terima kasih atas share-nya…. pasti saya berkunjung balik.

    @cabe.
    hemmm…. ok

  • mkasih gan ,atas ilmu cara-mendapatkan-uang-dari-blog nya,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya Balas

  • @blog.
    ya.. afiliasi patut dijalankan. Sukses selalu… 🙂

    @aditya.
    makasih.

    @farid.
    silakan pelajari lebih jauh tentang Google Adsense, misalnya. Bisa mulai dari artikel ini:
    portal-uang.com/2013/11/tutorial-dapat-uang-dari-adsense.html

  • saya kurang paham gan tentang mengalirnya uang itu.. apakah ada persetujuan sebelumnya? misalnya 'jika ingin memasang iklan, melalui atm', apakah begitu gan?

  • Trims untuk masukannya. Join program afiliasi sepertinya cukup prospek, selain bisa memonitsasi blog kita juga bisa membangun jaringan.

  • @akhmad. @rifani. @slamdebt. @fadilah.
    terima atas kunjungan dan komentarnya. Sukses selalu..

    @farid.
    tergantung cara apa yang dipakai. Seperti misalnya, menjalankan program iklan ppc, maka caranya jg macam2, ada yg transfer, cek, paypal, dan western union.

  • cara mengalir uang yang dihasilkan blog itu lewat apa gan?lewat kartu atm atau bagaimana?

  • Keren sekali. Saya adalah nyubie yang baru belajar membuat blog, kebetulan saya sedang mencoba menjadi affiliete di sebuah program bisnis online. Saya tunggu kunjungan temen2 di situs saya : >>30eliteprogram.com/

  • @rhiezal.
    topik lainnya pun banyak kok yg dicari orang… 🙂

    @miftah.
    sama2, pasti saya berkunjung.

    @akrom.
    nah, itu dia modal dasarnya dan hal terpenting: tetap semangat! 🙂

    @goresan.
    sama2, terima kasih juga atas kunjungan dan komentarnya.

  • om john udah pernah dapat $nya? saya udah 4 thn ngeblog blm pernah dapat $ baik adsense /pun yang laen. kasih infonya dunk…

  • @rhay.
    terima kasih kembali.

    @ilham.
    terima kasih telah berbagi, teman2 yg lain , ada yg mau mencoba?

    @rahmi.
    tentang cara apa yg dipilih, tentu saja yg terbaik adalah disesuaikan dg blognya sendiri. Namun, secara umum, yg paling mudah dilakukan adalah dg menjalankan afiliasi dan advertising.

    @cewek.
    semoga tidak terjadi yg ketiga kalinya, 🙂

    @muhammad.
    menjual blog bisa dilakukan dg beragam cara. Bisa menawarkannya langsung kepada org yg kita anggap berminat, bisa melalui medsos, forum, dsb. Bisa juga dg memajangnya di situs2 jual beli blog. Silakan googling, ada banyak kok, salah satunya adalah Flippa.

  • Saya udh punya blog lumayan lama.. tp bru trpikirkan mncoba cri uang lewat blog saya.. enak ny pke cara yg mna ya mas?
    Mampir2 yaah k rahmiloveliterature.blogspot.com

  • @anonim.
    untuk memunculkan tab earning, ganti bahasa blog ke English. Namun itu juga sebenarnya tidaklah harus, untuk memasang iklan di blog, jika akun adsennya sdh full approve, tinggal membuat unit iklan baru, ambil kodenya, dan pasang di blog.

  • saya juga sudah punya akun adsense tapi untuk mengaitkan dengan blog, saya masi belum paham, katanya untuk mengaitkan adsense ke blog kita harus masuk ke blogger dasboard lalu pilih earnigs untuk mengaitkan dengan adsense, cuman yang jadi masalhnya saya tidak melihat icon earnigs pada opsi di blog saya mas. yang ada hanya stelan, template statistic dan lain sebagainya. . it kira2 kita harus gmna ya mas spya kita bisa mengaitkan adsense ke blog ? trims. .

  • @anonim.
    ada banyak cara memonetis blog. Salah satunya yg paling umum dan banyak dilakukan adl dg menjalankan adsense. Silakan baca panduannya di:

    portal-uang.com/2013/11/tutorial-dapat-uang-dari-adsense.html

  • mas, saya mau tanya langkah langkah memonetisasi blog itu bgaimna ? baik itu blog lama maupun baru, tlong dijelaskan ya mas. .

  • @bono.
    apakah sudah dipasang kode iklan di blognya? Kalau dg cara mengisi formulir yg dimaksud di atas, ya memang tidak bisa untuk .blogspot (sub-domain lain), harus menggunakan tld.

    makanya harus melalui dasbor blogger nya langsung.

  • DUA DUA sudah om,…
    kendalanya / yg ditanyakan :
    1. "URL tidak boleh berisi mitra host 'blogger.com'."
    2. di halaman home adsense ada tulisan "Akun AdSense Anda hanya diaktifkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda harus memberi kami URL situs yang ingin Anda monetisasi. Anda dapat melakukannya melalui formulir permohonan yang hanya perlu diisi satu kali. Pelajari lebih lanjut." dgn background MERAH melintang.
    apakah tidak masalah…

  • @bono.
    jika demikian ada 2 cara yg bisa dilakukan:
    1. masukkan saja alamat blognya pada bagian otorisasi situs pada akun adsense. Lalu pasang kode iklan di blog. Nanti akan direview blognya oleh tim adsense.
    2. Daftar ulang melalui dasbor Blogger di menu 'earning' atau penghasilan. Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk. Untuk menggunakan akun yg sama (yg udah didapat dari youtube), gunakan email yg sama pada waktu mendaftar.

    Dua cara di atas, sama2 mengajukan blog untuk menampilkan iklan. Jika disetujui maka iklan akan muncul di blog.

  • mas mau tanya, saya udah punya akun adsense waktu bikin mengikuti tutorial dari mas di panduan mendapatkan uang dari youtube.
    saya aplikasikan juga ke blog adsensenya, apakah bisa? di menu penghasilan sudah ada ID akun dan ID klien. ditata letak juga sudah ada gadget adsense tapi masih kosong.
    pas buka adsense nya ada tulisan seperti ini "Akun AdSense Anda hanya diaktifkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda harus memberi kami URL situs yang ingin Anda monetisasi. Anda dapat melakukannya melalui formulir permohonan yang hanya perlu diisi satu kali. Pelajari lebih lanjut."
    saya klik formulir permohonannya langsung diarahkan ke Saya akan menampilkan iklan di: ini saya isi dengan alamat link blog saya tapi ga bisa, tulisannya gini "URL tidak boleh berisi mitra host 'blogger.com'."
    pertanyaanya apakah adsense untuk blog sudah aktif atau belum, trus langkah ke depannya gimana.

  • @iqbal.
    makasih.

    @gue.
    sip… pastinya.

    @gosip.
    oke, semoga bisa ngeblog lebih baik lagi, silakan eksplore artikel2 PortalUang, 🙂

    @bulan.
    hhmm.. proyek apa nih? hehe…. tetap semangat…

  • Saya pingin banget dapat uang dari blog, namun entah mengapa rejeki tersebut belum juga datang sama saya.
    kalau ada proyek bagi bagi sama saya gan

  • nice sharenya mas.. menekuni bidang blog butuh kesabaran, tdk serta merta langsung dpt uang… pnuh perjuangan menghadapi rintangan 😀

    speedydermayu.web.id

  • @ade.
    makasih, silakan berlangganan artikel melalui email, agar jangan sampai ketinggalan artikel terbaru, hehe..

    @george.
    terima kasih, sukses selalu juga untuk Anda….

  • artikelnya sangat… sangat… sangat bermanfaat sekali bagi saya, terima kasih gan semoga blognya sukses selalu

  • wah keren artikelnya gan adeputra-pkp.blogspot.com
    Bermanfaat bangetadeputra-pkp.blogspot.com
    ditunggu artikel selanjutnya..

  • @era.
    loh? gak boleh pesimis dong, hehe…. Selama konten yg kita sajikan ada yg membutuhkannya, maka pasti akan ada yg berkunjung.

    Untuk pertanyaan kedua, saya agak kurang mengerti maksudnya. karena, tentu saja jika kita membuat artikel baru otomatis judulnya kan beda. masa judulnya sama semua?

  • Hehe.. aq blm pny blog. Ada seh niat mau bkin, niche pendidikan, tp aq kwatir ntar gak ada yg brkunjung ge. Oh ya, gimana cara bt byk judul artikel tp dg 1 alamat blog? Mhon pncerahannny yaaa

  • @era.
    hehe.. hmm begitu y? Memang cukup banyak dan beragam pertanyaan yg telah saya jawab, tapi belum ada satupun yang tanya berapa istri saya, hehe… (just kidding).

    Oke… klo pertanyaan itu sih,,, jawabnya gampang: saya berani menjawab YA!

  • Mau tanya apa ya. smua uda ditanya sm temans d atas.o h iya ada 1 hal lg ne yg blm dtanya,
    n kayakny penting. Kira2 penghasilan yg didpt dr blog cukup g utk biaya hidup prbulan?? Hehe..

  • @dozi.
    1. bisa sekali mas. Namun, jika adsense masih hosted account, saat ini tidak bisa serta merta lngsung bisa dipasang di blog. Silakan mengajukan tuk menampilkan iklan di blog dengan cara memasukkan alamat blog pada setelan adsense >> otorisasi situs.

    2. Setelah disetujui, caranya mudah. Bisa melalui dasbor blogger >> Penghasilan dan atur pengaitan dg akun adsense. Atau bisa langsung membuat unit iklan dan tempatkan kode di blognya.

  • Assalam mualaikum
    saya sudah menjadi mitra youtube dan sudah terdaftar di adsense dengan email A. dan saya mempunyai sebuah blog dengan email B. yang mau saya tanyakan
    1. apakah blog saya bisa terhubung dengan adsense yang memakai email A
    2 .dan jika bisa, bagaimana caranya blog saya dengan email B terhubung dengan adsense dengan email A

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya.

  • Timakasih jawabannya mas, mudah-mudahan atas jawabannya membuat saya bersemangat lagi dalam mempelajari dunia blog?
    Salam sukses buat mas Gee Jhon moga blognya semakin sukses dan banyak disenangi para pengunjungnya.

  • @amin.
    Sebelumnya, saya ucapkan salam kenal juga Mas Amin….

    Membangun blog yg sukses sama sekali tidak tergantung dari setinggi apa taraf pendidikan formal seseorang. Membangun blog yg sukses hanya bisa dilakukan jika kita memiliki sesuatu untuk disampaikan kepada orang, sesuatu yg bermanfaat, sesuatu yang bernilai bagi orang lain.

    Jadi jawaban saya, dengan tegas: Mas Amin punya harapan, seperti semua orang lain siapapun mempunyai harapan yg sama.

    Yang paling penting: jangan menyerah, selalu mau belajar, pendidikan formal sama sekali bukanlah syarat membangun blog yg sukses….

    Mari kita belajar bersama mas Amin….

  • Mas kira kira buat yg tamatan sd bisa gak ya belajar buat blog atau ada gak ya harapan supaya bisa punya blog sendiri.Jujur saya ini hanya tamatan sd tentunya saya belum tau ilmu-ilmu apa yang harus dikuasi.Apakah harus pintar bahasa inggris atau bahasa programan? Jujur saya ingin sekali mempunyai blog yang bisa bermanfaat bagi orang meskipun tujuan utama sy bukan uang semata.Saya juga awalnya tidak mengenal yang namanya computer apalagi internet.Saya mulai mengenal computer ditahun 2007 dan saya mulai tertarik mempelajarinya dan banyak bertanya ke rental2, hingga sampai saat ini saya alhamdulillah sudah bisa memperbaiki, merakit, dan instal ulang computer.Untuk internet saya mulai mengenalnya ditahun 2011 dan itupun jarang2 ya paling kalau lagi ada uang.Ya saya pertanyakan ada harapan gak ya buat orang seperti saya ini.Terkadang rasa putus asa itu datang dalam diriku dan hatiku berkata sepertinya untuk belajar buat blog harus mempunyai guru nih.Tolong kasih responnya mas!!!!
    Kalau ada katakan ada
    kalau tidak ada katakan tidak ada
    Pribahasa berkata : "Katakanlah yg hak sekalipun itu pahit rasanya"
    InsyaAllah saya tidak akan tersinggung dengan saranya mas
    Salam kenal dari saya Amin S

  • awalnya aku fikir nulis blog itu cuma buat iseng-iseng aja kaya orng gada kerjaan hehe.thanks berat buat infonya, salam sukses!

  • wah manteb bener nie dah artikelnya..selain detail lengkap juga dan mudah di cerna..semoga makin sukses ya gan..

  • @faizal.
    semua orang pada awalnya adalah pemula mas. Semangat terus, siapa yang bekerja keras pasti akan sukses pada akhirnya, semua hanya masalah waktu…

  • Aduh saya masih pemula nih, dan masih dalam tahap belajar. Makasih gan informasinya. Mampir juga ya dzaelcruel.blogspot.com

  • @celshe.
    sama2…. sudah niat buat blog itu sudah bagus. Mengenai topik blog, silakan baca artikel cara memilih niche blog, mudah2an dari situ bisa ada sedikit pencerahan. 🙂

  • @alan.
    hehe… detil ttg apa kalau boleh tahu?

    mengenai link2 yg bisa jadi rujukan, silakan lihat dalam kategori 'situs penghasil uang', disitu sy ckp banyak mereview situs2 tuk monetis blog.

  • salam dari kami blogger pemula
    makasih banyak infonya…. namun masih perlu banyak hal yg ingin saya pelajari. kami tunggu panduannya.

  • Yg masih bingung nyari dollar nggak pake modal – silahkan ke sini
    gratisan-bitcoin.blogspot.com/
    Kumpulin Bitcoinnya 100% Gratisan dan dibayar tanpa SYARAT

  • @blog.
    insya Allah dalam waktu dekat, saya akan menulis panduannya. Karena jika saya coba jelaskan melalui komentar ini, akan terlalu panjang.

    Namun, intinya ya… kita harus 'menjual' blog kita. Dalam arti aktif menawarkan diri kepada calon pengiklan.

  • @wisma.
    tidak ada cara cepat menghasilkan uang mas Wisma. Yang saya jalani, bisa menghasilkan uang dari blog butuh waktu dan proses. Jadi lebih ke investasi jangka panjang.

    @dwi.
    ya setuju sekali. sayangnya sampe sekrang saya tidak paham-paham juga dengan ilmu SEO,, 🙁

  • Jika sudah mampu menulis artikel yang baik memahami seo lebih menguntungkan mendapatkan uang dari blog melalui iklan mandiri hasilnya lebih banyak dan cepat menghasilkan.

  • pingin juga nih ane ngasilin uang dari blog. Blog ane masih baru dan traffic nya masih sedikit. Kira-kira caranya bagaiaman sob agar bisa cepat hasilkan uang

  • @sulandra.
    nah, itu tuh mas Sulandra, silakan dicoba.. jika memiliki banyak pembaca setia, bukan hal yang sulit sy kira tuk menjual merchandise.. 🙂

  • tips menjual merchandise blog itu bener banget yaaaa….. bisa ditiru nih
    makasih infonya sob
    bloggersambas.com

  • @william.
    Ya betul mas, justru jika kita sedari awal niat ngeblog hanyalah semata demi uang, biasanya tidak bertahan lama, karena uang bukanlah motivasi satu2nya untuk sukses ngeblog.
    Pengalaman, kemauan belajar, dan kerja keras pada akhirnya akan menghasilkan sesuatu dengan sendirinya. Sukses selalu buat mas William Perkasa. Terima kasih telah berkunjung.

  • Saya juga sewaktu pertama kali kenal dunia blogger tahun 2007 tidak tahu dan bingung apa yang harus dikerjakan untuk membangun sebuah blog. Mau menuliskan artikel di blog takut salah. Setelah banyak membaca di dunia maya dan terus untuk tetap selalu belajar lambat laun kemauan itu datang dengan sendirinya. Yang ada di benak saya sewaktu membangun sebuah blog adalah saya tidak memikirkan uang atau pun hasil dari blog yang saya bangun. Tetapi secara terus menerus menuliskan apa yang saya ketahui dan mengerti. Alhamdulillah setelah lama mengenal dunia blogger uang tersebut mengalir dengan sendirinya. Terima kasih atas artikel nya Mas Gijon, menginspirasi sekali artikelnya. Salam sukses.

  • Kalau boleh tau blog anda sudah berapa penghasilan yang didapat ? soalnya blog saya belum sama sekali hm mendapat uang dari blog

  • @berbagai.
    ok, sama2……………..

    @prajamuda.
    salam juga……….

    @petani.
    tidak ada batasan minimal berapa artikel, 1 artikel pun klo mau pasang iklan, y boleh2 aja. tapi dg artikel sedikit, tentu saja tdk akan bnyak pengunjung, akhirnya pendapatan pun tidak ada.

    tapi jika yg dimaksud adalah mau daftarin adsense, sebaiknya minimal 25 artikel, agar kemungkin diterima lebih besar. tp itu jg bkn angka pasti, dulu sy daftar adsense, lgnsung diterima dg 14 artikel.

  • Makasi Mas Gee Jhon infonya,,, saya juga baru kemarin buat blog,,, tapi gimana ya biar tampilannya bagus dan rapi supaya ada pengunjung,, masih bingung caranya…
    tolong dibantu ya mas,,, nie blog saya nakbelogmelajah.blogspot.com/
    salam kenal mas…
    nakbelogmelajah.blogspot.com/