Cara Mengatasi Gangguan Jaringan Indosat

Jaringan Indosat jadi lemot bahkan sering hilang secara tiba – tiba. Dengan keadaan seperti ini pastinya Kamu susah untuk menggunakan fitur sms, nelpon apalagi untuk internet pasti lelet banget.

Sebetulnya gangguan seperti ini gak hanya Indosat saja, namun terjadi juga untuk porvider lain seperti Telkomsel, XL, Axis, 3 maupun Smartfren.

Sinya jelek semua pasti ada penyebab dan cara mengatasinya, lalu bagaimana caranya ? Yuk simak dibawah ini.

Penyebab Sinyal Indosat jelek

Cuaca Buruk

Salah satu penyebab sinyal jelek dan menjadi lemot itu karena saat itu cuaca buruk, apalagi kebanyakan menggunakan jaringan nirkabel. Bagi yang belum tau apa itu jaringan nirkabel ? Jaringan nirkabel adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel.

Jadi cuaca sangat berpengaruh sekali terhadapat baik dan buruknya suatu jaringan apalagi menggunakan nirkabel ini.

Pulsa sering tersedot coba gunakan : Cara Berhenti Paket Indosat.

Sedang Ramai Lalu Lintas Data

Pernah tidak mengalami ketika hari besar seperti hari raya, apalagi malem di hari saya dimana orang – orang ingin mengucapkan selamat hari raya. Namun susah sekali bahkan untuk sms sekalipun sering pending bahkan tidak terkirim.

Nah bisa jadi karena sedang ramainya lalu lintas data ini menjadi penyebab jaringan Indosat tersebut jadi lemot dan jelek.

Jauh dari BTS ( Tower ) Indosat

Sedang ditempat terpencil dan jauh dari tower Indosat, juga merupakan penyebab jaringan jelek. Namun terlalu dekat juga jaringan suka jelek palagi dibawah tower. Karena semakin dekat ( dibawah BTS ) Kamu tidak akan mendapatkan cakupan jaringan yang baik.

Gangguan Jaringan

Jika sedang terjadi gangguan jaringan apalagi sekala nasional akan sangat terasa sekali lemot bahkan Kamu bisa – bisa tidak mendapatkan sinyal sedikitpun.

HP Bermasalah

Selain karena penyebab eksternal diatas ada juga karena penyebeb internal, seperti hp bermasalah ( rusak ). Jika alat penangkap sinyal HP tidak bekerja dengan baik maka sinyal yang Kamu dapat juga akan jelek.

Kartu SIM sudah rusak

Selain HP yang bermasalah, jika kartu Kamu sudah terlalu jelek karena sering ganto – ganti kartu. Itu juga menyebabkan sinyal yang diterima tidak maksimal.

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Jelek / Lemot

Restart HP

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Jelek

sumber : unsplash.com

Jangan panik jika sinyal Indosat sedang jelek, cara pertama yang dapat Kamu lakukan adalah dengan restart HP. Biasanya dengan restart HP jaringan akan kembali mebaik.

Membersihkan Cache

Membersihkan Cache

Bersihkan cache HP, karena cache ini juga bisa mempengaruhi sinyal HP Kamu. Cara membersihkan gunakan aplikasi bawaan HP atau Instal aplikasi untuk membersihkan cache di PlayStore.

Pindah Lokasi

Jika masih jelek juga setelah HP di restart bisa jadi lokasi yang Kamu gunakan memang jauh dari jangakuan BTS Indosat. Maka solusi terbaiknya adalah mencari tempat dengan coverage jaringan yang bagus.

Jika untuk internetan cari tempat yang sudah tercover jaringan 4G. Karena untuk sekarang jika tidak menggunakan 4G akan sangat lemot sekali untuk mengakses suatu situs, streaming video ( youtube, vidio ) atau keperluan lainnya.

Gunakan Pengaturan Jaringan Hanya 4G

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Lemot

Setelah mendapatkan tempat yang tercover jaringan 4G namun tetap kurang stabil juga. Gunakan pengaturan jaringan hanya 4G di HP Kamu.

  1. Buka menu Setelan / Pengaturan
  2. Jika kartu SIM ganti, pilih kartu yang digunakan untuk internet
  3. Cari menu Jenis Jaringan yang disukai
  4. Pilih hanya 4G ( 4G/3G/2G ).

Gunakan APN Indosat Tercepat dan Stabil

Masih lemot juga coba gunakan / ganti APN Indosat yang cepat dan stabil. Apa saja APN tersebut, silahkan baca APN Indosat. Di artikel tersebut terdapat beberapa alternatik dan cara mengganti APN.

Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal Di Android

Aplikasi Penguat Sinyal Di Android

Selain mengganti APN Android coba juga menggunakan aplikasi tambahan untuk penguat sinyal HP Kamu. Portal Uang juga pernah membahas beberapa aplikasi Penguat Sinyal WiFi. Tidak hanya untuk memperkuat WiFi namun juga mengoptimalkan sinyal HP Kamu.

Gunakan Stiker Penguat Sinyal

Stiker Penguat Sinyal

sumber : shopee.co.id

Sudah pernah dengar stiker penguat sinyal, stiker / antena tambahan untuk memperkuat sinyal ini bisa didapatkan dikonter terdekat atau memang jika tidak ada banyak sekali ditemukan di Toko Online.

Gunakan Kode *#*#4636#*#*

Kode tersebut digunakan untuk mengatur HP Kamu agar hanya menerima jaringan LTE. Cara settingnya juga cukup mudah lakukan beberapa langkah ini saja.

  1. Buka menu panggilan Ketik *#*#4636#*#*
  2. Pilih Informasi telepon
  3. Pada setel jenis jaringan yang disukai pilih LTE only
  4. Selesai.

Jika ingin tutorial yang terdapat gambarnya bisa mengunjungi halaman APN Indosat.

Hubungi Call Center Indosat

Jika semua usaha diatas sudah dilakukan namun masih saja sinyal Indosat ataupun provider lain. Cara terakhir coba menghubungi Call Center Indosat.

Baca juga : Cara Cek Pulsa Indosat.

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang Tiba – Tiba

Namun bagaimana jika masalahnya sinyal sering tiba – tiba hilang, bukan lemot atau lelet. Cara mengatasinya bisa menggunakan cara – cara diatas namun coba ketiga cara dibawah ini.

Restart HP

Pertama caranya seperti mengatasi sinyal yang jelek yaitu dengan Restart HP Kamu.

Melepas SIM Card

Coba disable lalu enable kartu sim, atau bisa juga melepas sim card lalu tunggu beberapa detik kemudian pasang kembali.

Menunggu perbaikan jaringan

Jika jaringan hilang secara tiba – tiba karena terjadi gangguan masal, satu – satunya cara yaitu menunggu perbaikan jaringan dari Indosat atau provider lain. Untuk memastikan kapan selesai bisa mencoba menghubungi Operator / Customer Service Indosat.

Kartu Belum Registrasi / Melewati Masa Tenggang

Kartu yang belum di registrasi atau melewati masa tenggang juga penyebab hilangnya sinyal Indosat Kamu. Karena kartu SIM / nomor Indosat Kamu terblokir. Caranya yaitu cepat registrasi kartu Indosat atau segera lakukan perpanjangan masa aktif.

Internet tidak bisa digunakan : Cek Kuota Indosat Kamu sekarang juga !.

Itulah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan jika sinyal Indosat jelek bahkan tiba – tiba hilang begitu saja.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)