Cara Mengatasi IndiHome Lemot

indihome lemot

Dari beberapa pengalaman untuk mengatasi IndiHome yang lemot sangat beragam. Contohnya saat dulu masih menggunakan kabel tembaga seingat penulis sangat sering sekali mengalami gangguan salah satunya menyebabkan internet jadi lemot.

Dulu saat masih menggunakan kabel tembaga dan masih ada paket 1 Mbps yang sekarang minimal 10 Mbps hampir setiap bulan ada saja gangguannya.

Setelah ada perubahan menggunakan fiber optic jarang sekali terjadi gangguan. Terjadi gangguan pun itu karena gangguan masal dan pernah sekali karena bersih – bersih tidak sengaja memutus kabel fiber optic.

Sekarang ini yang penjadi penyebab lemot adalah :

  • FUP
  • Pengguna WiFi Tidak Dikenal
  • Gangguan Masal
  • Dan banyak lagi

#5 Langkah Cara Mengatasi WiFi Indihome yang Lemot

Time needed: 15 minutes.

Berikut ini ringkasan 5 langkah mudah cara mengatasi IndiHome yang lemot :

  1. Restart modem IndiHome dan perangkat yang tersambung.

    Biasanya dengan restart modem dan perangkat yang terhubung dengan WiFi tersebut setelah di restart akan kembali normal.

  2. Cek FUP IndiHome

    Salah satu penyebab IndiHome sering menjadi lemot adalah FUP IndiHome yang sudah diluar batasan. Jika FUP memang cepat habis silahkan terus dipantau minimal 2 bulan. FUP cepat habis apakah karena pemakaian yang normal atau tidak normal. Jika normal karena dipakai sendiri untuk download dan lain – lain yang menyebabkan FUP habis sebaiknya upgrade speed IndiHome kalian. Jika tidak normal lakukan panduan selanjutnya.

  3. Ganti Password WiFi

    Kenapa ganti password WiFi ? ya bisa saja ada pengguna WiFi yang tidak dikenal dan sering menggunakan secara tidak wajar. Seperti untuk download file besar atau streaming video online selama 24 jam. Jelas ini akan cepat membuat FUP sudah diluar batas atau habis.

  4. Batasi Pengguna WiFi

    Kadang kala ada saja pengguna WiFi yang bandel. Password sudah dirubah beberapakali masih saja bisa masuk dan menggunakan WiFi tanpa sepengetahuan. Solusi untuk masalah ini adalah dengan membatasi pengguna WiFi IndiHome.

  5. Sembunyikan atau Matikan WiFi

    Cara terakhir jika dengan membatasi IndiHome tidak mempan atau terlalu susah. Langsung aja menyembunyikan WiFi atau mematikan WiFi IndiHome. Dengan begitu pengguna tersebut tidak bisa lagi masuk ke jaringan WiFi kita.

Penyebab Lain IndiHome Menjadi Lemot

Bagi yang sudah menerapkan 5 langkah diatas namun masih saja lemot, coba cek penyebab lainnya seperti :

1. Gangguan Masal

Masalah utama yaitu FUP IndiHome sudah habis, jadi silahkan dicek terlebih dahulu FUP IndiHome kalian. Jika FUP masih banyak namun lemot kemungkinan terjadi gangguan masal, perawatan atau gangguan teknis seperti putusnya kabel fiber disekitar rumah kalian.

Cara Mengatasi :

Jika memang lemot karena gangguan tersebut bisa melaporkan ke pihak IndiHome. Lihat disini cara lapor gangguan IndiHome yang baik dan benar.

2. Cuaca Buruk

Cuaca yang buruk juga menjadi penyebab kenapa IndiHome lelet. Karena cuaca buruk tersebut bisa juga sampai terjadi gangguan masal. Saran ketika cuaca sangat buruk jangan menggunakan internet terlebih dahulu karena disamping bahaya internet bisa jadi lemot.

Cara Mengatasi :

Tunggu hingga cuaca buruk reda dan restart modem IndiHome kalian lalu gunakan kembali.

3. PC / HP Kena Virus

Penyebab yang lain jarang diketahui adalah karena PC atau HP kalian terkena virus sehingga menyebabkan internet lemot, tidak hanya internet perangkat kalian juga akan terasa lemot. Terutama malware yang menginjeksi browser seperti chrome, firefox dan lainnya.

Cara Mengatasi :

  • HP Android : Gunakan antivirus yang terpercaya yang ada di Play Store banyak sekali kok pilihannya.
  • PC / Laptop : Begitu juga dengan PC / Laptop gunakan antivirus yang bagus.

4. Modem Rusak

Penyebab selanjutnya modem rusak atau tidak bekerja dengan baik. Dari pengalaman menyebabnyak koneksi tidak stabil bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Cara Mengatasi :

Tukarkan modem dengan membawa modem ke Plasa Telkom Terdekat.

Setelah mencoba berbagai macam cara diatas coba silahkan di tes menggunakan Speed Test IndiHome.

Kesimpulan

Jika penyebab IndiHome lemot bukan karena gangguan masal, virus dan modem rusak kemungkinan terbesar penyebab WiFi IndiHome lemot hanya ada 2 yaitu FUP habis dan Ada pengguna WiFi yang tidak dikenal yang menyebabkan FUP cepat habis.

Selain FUP cepat habis jika digunakan untuk download file besar apalagi menggunakan aplikasi seperti IDM perangkat ( HP, laptop, tablet ) yang lain akan jadi lemot saat mengakses apapun melalui jaringan IndiHome tersebut.

Lebih Banyak Tentang IndiHome

Lihat lebih banyak informasi, tips dan panduan IndiHome :

  • Apa Itu IndiHome
  • Paket dan Layanan
  • Manfaat dan Keuntungan
  • Harga & Paket Internet IndiHome
  • Harga & Paket TV IndiHome
  • FUP IndiHome
  • Nomor Telepon IndiHome
  • Cara Pasang IndiHome
  • STB IndiHome
  • Speed Test IndiHome
  • Dan banyak lagi.

Yuk lihat !

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar
close