Cara Registrasi Kartu XL

Registrasi kartu XL susah? Bagi Kamu yang mempunyai kartu XL dan bingung bagaimana cara melakukan registrasi, maka Kamu tidak perlu khawatir. Baik kartu XL lama maupun baru, resgistrasinya amat mudah. Selain itu, registrasi kartu merupakan hal yang wajib Kamu lakukan.

Seiring pesatnya perkembangan telepon seluler serta mudahnya memperoleh kartu SIM atau sim card, maka tinggi pula risiko penyalahgunaan alat komunikasi tersebut. Guna meminimalisir tindak kejahatan tersebut, maka muncullah peraturan menteri tentang registrasi kartu SIM baik kartu SIM lama maupun kartu SIM baru. Berikut adalah cara registrasi, cek status serta unreg kartu SIM.

Baca juga : Cara Cek Nomor XL.

Apa Itu Registrasi Kartu SIM XL?

Sekarang ini fungsi registrasi kartu SIM XL harus Kamu lakukan. Registrasi kartu SIM XL merupakan langkah pendaftaran identitas diri pengguna kartu SIM XL yang wajib dilakukan baik pengguna baru maupun pengguna lama. Kewajiban melakukan registrasi kartu SIM tersebut berlaku mulai dari 31 Okober 2017.

Adapun identitas diri yang dipergunakan untuk proses registrasi perlu memakai data yang valid sebagaimana yang telah tercatat pada Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia atau Disdukcapil.

Registrasi kartu SIM XL penting Kamu lakukan guna meminimalisir penyalahgunaan kartu SIM, mengingat sekarang ini betapa mudahnya penggunaan telepon seluler berikut dengan pemerolehan kartu SIM. Selain itu, registrasi kartu SIM XL juga memberikan faedah yang lain.

Jika Kamu melakukan registrasi kartu SIM XL, maka Kamu akan mendapatkan kemudahan layanan komunikasi seperti halnya transaksi online serta transaksi non tunai. Registrasi kartu SIM XL juga memberikan manfaat demi kepentingan inklusif atau penyaluran dana serta bantuan oleh pemerintah.

Informasi yang harus Kamu persiapkan guna registrasi kartu SIM XL antara lain sebagai berikut.

  • Untuk Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) dari E-KTP.
  • Nomor Kartu Keluarga (KK) yang tercantum pada Kartu Keluarga Kamu.
  • Untuk Warga Negara Asing (WNA)
  • Paspor/KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) /KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
  • Membawa syarat tersebut langsung ke XL Center.

Cara Registrasi Kartu XL ( Baru ) 2019

Jika Kamu merupakan pengguna baru kartu SIM XL, maka Kamu wajib melakukan registrasi demi kelancaran penggunaan kartu SIM Kamu. Registrasi kartu XL baru dapat Kamu lakukan dengan menggunakan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Nomor Kartu Keluarga (KK), yang mana harus sudah melalui proses validasi ke data Disdukcapil. Proses validasi biasanya berlangsung 1×24 jam.

Cara registrasi kartu SIM XL baru terbagi menjadi beberapa cara yang dapat Kamu ketahui sebagai berikut.

Regitrasi Lewat SMS

Salah satu cara dalam melakukan registrasi kartu SIM XL Kamu ialah lewat SMS. Registrasi kartu SIM XL via SMS merupakan cara registrasi yang terbilang cukup mudah dan praktis. Kamu dapat melakukan registrasi kartu SIM dengan cara sebagai berikut.

  1. Buka menu perpesanan dalam ponsel Kamu.
  2. Ketik SMS dengan format DAFTAR#NIK#NomorKK.
  3. Kirim format SMS tersebut ke nomor 4444.

cara registrasi kartu xl lewat sms

Regitrasi Lewat Web Resmi

Solusi kedua untuk melakukan registrasi atau proses pendaftaran tanpa melalui pesan singkat SMS ialah degan mengunjungi laman resmi XL di https://www.xl.co.id/registrasi. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Buka laman resmi XL pada laman pencarian internet Kamu ( https://www.xl.co.id/registrasi ).registrasi kartu xl online
  2. Masukkan nomor ponsel XL Kamu.
  3. Sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut.
  5. Tekan verifikasi.
  6. Masukkan NIK dan KK.
  7. Tekan submit.
  8. Kamu akan menerima SMS konfirmasi mengenai pendaftaran yang telah selesai.

Baca juga : Cara Cek Pulsa XL.

Cara Registrasi Ulang Kartu XL ( Lama )

Jika Kamu ingin melakukan cara registrasi kartu XL yang sudah terdaftar atau re-registrasi SIM XL yang sudah dipakai, maka cukup dengan menggunakan nomor identitas, nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, retail/outlet ID (ROID) dan kode pos.

Registrasi kartu SIM XL tidak mendapat proses validasi. Oleh karena itu, registrasi kartu SIM XL hanya dapat dilakukan oleh gerai atau kios penyelenggara jasa telekomunikasi serta milik mitra XL.

Seperti halnya melakukan registrasi kartu SIM XL oleh pengguna baru, registrasi kartu SIM XL oleh pengguna lama juga dapat dilakukan dengan beberapa cara yang terbilang cukup mudah. Adapun cara registrasi kartu SIM XL lama dapat dilakukan melalui cara sebagai berikut.

Registrasi Ulang Via SMS

Salah satu cara yang dapat Kamu tempuh sebagai pengguna XL lama dalam melakukan registrasi kartu SIM ialah dengan melakukan registrasi kartu melalui SMS. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukan registrasi kartu SIM Kamu melalui SMS, maka simak tata caranya sebagai berikut.

  1. Buka menu perpesanan pada ponsel Kamu.
  2. Ketik SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK
  3. Kirim format SMS tersebut ke nomor 4444

cara registrasi ulang kartu xl

Registrasi Ulang Secara Online

Cara berikutnya untuk melakukan re-registrasi kartu SIM XL ialah melalui online atau registrasi kartu XL via web resmi. Re-registrasi kartu melalui online terbilang lebih simple, praktis dan cukup modern. Adapun cara re-registrasi kartu SIM XL via online ialah sebagai berikut.

  1. Buka laman pencarian internet Kamu melalui PC.
  2. Klik tautan berikut https://registrasi.xl.co.id/ulang pada laman pencarian Kamu.
  3. Ketuk ‘registrasi disini’.
  4. Seperti registrasi via SMS, Kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor Kartu Keluarga (KK). Kedua nomor tersebut terdiri atas 16 digit angka.

Cara registrasi kartu XL yang gagal

Di dalam melakukan registrasi kartu SIM XL, tidak jarang yang mengalami gangguan atau kegagalan. Jika demikian, Kamu sebaiknya jangan panik. Kegagalan tersebut biasanya karena adanya kesalahan dalam penulisan digit angka baik untuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) maupun nomor Kartu Keluarga (KK).

Selain itu, kegagalan registrasi kartu SIM Kamu juga dapat disebabkan karena kesalahan dalam penulisan format SMS apabila Kamu melakukan registrasi melalui SMS.

Jika Kamu mengalami kegagalan dalam melakukan registrasi, maka Kamu dapat mencoba beberapa cara yang dapat Kamu pergunakan sebagai berikut.

  • Kamu dapat mencoba re-registrasi sebanyak 5 kali. Apabila masih tetap gagal, biasanya Kamu akan mendapatkan pesan atau notifikasi berisi tindakan yang sebaiknya Kamu lakukan.
  • Kamu juga dapat mendatangi gerai operator kartu XL terdekat dan melakukan pendaftaran atau registrasi kartu SIM XL Kamu secara manual.
  • Kamu dapat mengunjungi situs atau laman resmi XL untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Baca juga : Cara Cek Kuota XL.

Cara Cek Status Registrasi Kartu XL

Jika Kamu ingin mengetahui apakah registrasi kartu SIM Kamu sudah berhasil atau belum, Kamu dapat melakukan pengecekan status registrasi kartu Kamu. Cara cek status registrasi kartu SIM XL juga terbilang amat mudah dan sederhana sebagai berikut.

  1. Buka menu panggilan pada ponsel Kamu.
  2. Ketik kode USSD *123*4444#.
  3. Tekan dial.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk memperoleh status registrasi kartu Kamu.

cara cek status registrasi kartu xl

Cara Unreg Registrasi Kartu XL

Apabila Kamu ingin melakukan penghentian registrasi atau unreg kartu SIM XL Kamu, maka Kamu tidak perlu khawatir. Cara unreg juga amat praktis dan simple. Cara unreg kartu SIM XL ialah melalui cara sebagai berikut.

Unreg via SMS

  1. Buka menu perpesanan pada ponsel Kamu.
  2. Ketik pesan atau SMS dengan format UNREG#NoHPKamu.
  3. Kirim format tersebut ke nomor 4444.

cara unreg registrasi kartu xl

Unreg via USSD

  1. Buka menu panggilan pada ponsel Kamu.
  2. Ketik kode USSD *123*4444#
  3. Tekan dial.
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya untuk melakukan unreg kartu XL Kamu.

Beberapa cara registrasi kartu SIM XL baik kartu perdana maupun bagi pengguna lama serta cara cek status registrasi dan unreg di atas semoga dapat membantu Kamu dalam penggunaan kartu SIM XL. Gunakan kartu SIM Kamu dengan bijak!.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~