Cara Setting APN Telkomsel

Sebagai provider jaringan yang ternama, Telkomsel menawarkan beragam layanan yang menarik dan dapat diakses masyarakat dengan mudah. Salah satunya adalah APN Telkomsel. APN sendiri merupakan sebuah singkatan dari Acces Point name. Akses ini menjadi jalur tersendiri agar perangkat Anda dapat terhubung pada jaringan internet.

Semua penyedia jaringan atau operator jaringan secara umum memiliki APN. Tujuan dari hal ini agar para penggunanya juga dapat menggunakan atau mengakses internet. Terlebih di era saat ini, semua sudah serba online. Tidak hanya bagi kalangan elit dan pebisnis, namun juga pelajar serta masyarakat biasa. Oleh karena itu, pada kesempatan ini akan diulas mengenai setting APN yang mudah.

Baca juga artikel : Paket Internet Telkomsel.

Daftar APN Telkomsel 3G dan 4G 2019

Berikut ini settingan APN untuk jaringan 3G Telkomsel Tercepat :

KOLOMISI
NameTelkomsel 3G
APNTelkomsel
ProxyNot Set
PortNot Set
Usernamewap
Passwordwap123
ServerNot Set
MMSCNot Set
MMS ProxyNot Set
MMS PortNot Set
MCC510
MNC10
Authentication TypePAP
APN Typedefault
APN ProtocolIpv4
APN Roaming ProtocolIpv4
Enable/Disable APNAPN Enable
BearerUnspecified
MVNO TypeNone
MVNO ValueNot Set

Berikut ini settingan APN untuk jaringan 4G Telkomsel Tercepat :

KOLOMISI
NameTelkomsel 4G
APNTelkomsel
ProxyNot Set
PortNot Set
Usernamewap
Passwordwap123
ServerNot Set
MMSCNot Set
MMS ProxyNot Set
MMS PortNot Set
MCC510
MNC10
Authentication TypePAP
APN Typedefault
APN ProtocolIpv4
APN Roaming ProtocolIpv4
Enable/Disable APNAPN Enable
BearerUnspecified
MVNO TypeNone
MVNO ValueNot Set

Berikut ini settingan APN untuk Telkomsel MMS :

KOLOMISI
NameTelkomsel MMS
APNMMS
ProxyNot Set
PortNot Set
Usernamewap
Passwordwap123
ServerNot Set
MMSChttp://mms.telkomsel.com
MMS ProxyNot Set
MMS Port8080
MCC510
MNC10
Authentication TypePAP
APN TypeMMS
APN ProtocolIpv4
APN Roaming ProtocolIpv4
Enable/Disable APNAPN Enable
BearerUnspecified
MVNO TypeNone
MVNO ValueNot Set

Ada cara setting APN Telkomsel 2019 tersendiri untuk jaringan 3G dan 4G. Caranya sangat mudah dan  sederhana. Berikut rinciannya.

  • Buka Ikon Pengaturan atau Settings

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka icon Pengaturan atau Settings. Langkah ini dapat dimulai dengan membuka layar di area status bar. Setelah itu, tariklah layar ke ke bagian bawah. Tekan layarnya ke bawah hingga muncul icon notification bar. Ikon Settings atau Pengaturan ini berada di bagian sudut kanan atas.

  • Pilih Menu Mobile Network atau Jaringan Seluler

Setelah itu, cara APN telkomsel 3G selanjutnya adalah dengan memilih jaringan seluler atau Mobile Network. Ini adalah tempat dimana jaringan seluler Anda.

  • Pilih APN

Setelah langkah kedua berhasil dilakukan dengan tepat, langkah selanjutnya adalah memilih APN. Setelah Anda membuka menu mobile network, maka akan muncul beberapa opsi atau pilihan. Sehingga, Anda harus memikih APN atau memilih Nama Poin Akses.

  • Klik Tambah untuk Menambah APN

Umumnya, APN yang ada di kartu Telkomsel terkait sudah terpasang pada bagian default. APN yang sudah terpasang itu namanya adalah Telkomsel GPRS. Maka, apabila Anda akan menambah APN Telkomsel 4G, maka klik menu “tambah”.

  • Atur Nama dan Sebagainya

Setelah menekan menu tambah, maka ada beberapa tampilan yang meminta Anda untuk mengatur nama pengguna, kata sandi dan lain-lain. Namun, dalam hal ini Anda hanya perlu mengisi nama pengguna dan kata sandi. Sesudah itu, untuk ikon nama, ketik telkomsel internet dan tekan ok.

  • Tulis Telkomsel pada APN

Setelah itu, ketik Telkomsel pada kotak yang tersedia di APN dan ketik OK. Sementara untuk username, tuliskanlah kata wap dan tekan Ok. Adapun untuk passwordnya, ketik wap123 dan tekan Ok. Lanjutkan semua langkahnya sampai Telkomsel Internet Anda berhasil dibuat.

Cara Setting APN Telkomsel 2019

Setting APN Modem

Bagi Anda yang kebetulan menggunakan modem, maka sudah pasti harus membuat pengaturan baru. Beberapa orang kerap mengalami kebingungan dalam hal ini. Padahal, ini sangat penting agar koneksi internetnya semakin stabil dan cepat. Oleh karena itu, berikut adalah langkah mudah dalam setting APN Telkomsel modem yang wajib diperhatikan.

  • Hubungkan Modem dengan Komputer atau Perangkat

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatur APN Telkomsel modem adalah menghubungkan modem terkait dengan perangkat. Baik itu perangkat berupa komputer, tablet dan lain sebagainya. Karena jika langkah ini tidak dilakukan, maka setting APNnya juga tidak dapat dimulai.

  • Bukalah Aplikasi Bawaan yang Terdapat Pada Modem

Untuk proses berikutnya, Anda perlu membuka aplikasi bawaan yang ada pada modem. Di dalam aplikasi inilah terdapat menu atau fitur untuk mengatur APN Telkomsel terkait. Pastikan aplikasinya benar dan tepat.

  • Masuklah Ke Menu Tools atau Menu Setting

Di samping itu, pada langkah selanjutnya Anda harus lanjut ke menu Tools atau menu Setting. Tujuannya adalah agar bisa segera memulai pengaturan APN Telkomsel. Setelah Anda berhasil masuk ke menu Tools atau Setting, maka selanjutnya harus mengklik menu Option.

  • Lanjut ke Menu Profile Management

Adapun langkah berikutnya agar dapat mengatur APN modem Telkomsel dengan tepat adalah dengan berlanjut kepada menu Profile Management. Di dalam menu inilah setting APN nantinya dapat dilakukan.

  • Lakukan Setting APN dengan Mengisi Kolom Name

Setting APN Yang pertama dapat dilakukan dengan cara mengisi kolom nama. Kolom nama ini dapat dipilih dengan bebas. Misalnya APNtelkomsel atau nama yang lain. Setelah itu, lanjutkan ke proses pengisian APN Telkomsel Mode Statik. Pada menu ini, pilihlah internet.

  • Masukkan Acces Number

Setelah itu, Anda harus berlanjut kepada menu Acces Number. Dalam hal ini, angka atau kode yang harus dimasukkan adalah *99#. Adapun untuk username dan juga password Anda dapat mengosongkannya. Apabila langkah ini sudah dilakukan dengan baik, berikutnya adalah mengklik Advanced.

  • Masuk Menu Authentication Protocol

Adapun langkah berikutnya untuk mendapatkan APN Telkomsel tercepat adalah dengan memasuki meny Autentication Protocol. Kemudian masuklah ke bagian menu CHAP. Jika langkah ini telah dilakukan dengan baik, berikutnya Anda harus menekan Ok dan Save. Dengan demikian, pengaturan APN bisa dibilang sukses dan jaringan internet Anda akan semakin lancar.

Baca juga : Cara Setting Modem Telkomsel.

Setting APN Android / iPhone

Selain pengaturan APN Telkomsel pada modem, ada juga cara tersendiri dalam mengatur APN untuk perangkat Android. Cara ini bisa dilakukan sendiri tanpa harus datang ke bagian customer service. Berikut adalah langkah mudah setting APN Android yang dapat dijadikan pilihan.

  • Bukalah Smartphone Android Anda

Cara pertama yang harus dilakukan untuk mengatur APN Telkomsel pada smartphone Android adalah dengan membuka ponsel Android Anda. Untuk proses membuka ponsel bisa menyesuaikan dengan jenis atau tipe ponsel masing-masing.

  • Masuklah ke Menu “Setting”

Setelah itu, masuklah ke bagian menu “Setting”. Letak menu setting pada setiap merk ponsel Android berbeda-beda. Sehingga, Anda harus menemukannya sendiri.Cara Setting APN Telkomsel Tercepat di Modem dan Android Terbaru

  • Pilih Bagian Menu “Mobile Network Setting”

Apabila sudah berhasil masuk ke menu “Setting”, langlah selanjutnya adalah masuk ke menu Mobile Network Setting. Hal ini disebabkan karena pada menu setting terdapat beragam jenis opsi menu yang berbeda satu sama lain.

  • Buka Acces Point Name

Cara setting APN Telkomsel biar cepat berikutnya adalah dengan membuka menu lain, yaitu menu Acces Point Name. Menu ini sama dengan setting yang ada pada perangkat Android.

  • Pilih Simcard Telkomsel untuk Tipe Smartphone Dual SIM

Berikutnya, pada jenis smartphone yang terdapat pada Dual SIM, lakukan pengaturan terlebih dahulu. Lebih tepatnya diatur pada Simcard Telkomsel.

  • Isi APN sesuai Petunjuk yang Ada

Setelah itu, prosesnya dilanjutkan pada pengisian APN yang ada. Lakukan semua proses pengisian sesuai dengan petunjuk yang terdapatnya. Langkah ini harus dilakukan dengan tepat agar bisa mendapatkan setting yang benar.

Baca juga harga : Paket Mifi Telkomsel.

Melakukan proses setting APN Telkomsel terbaru harus dilakukan dengan tepat. Karena pengaturan APN ini yang tidak tepat bisa membuat jaringan internet Anda menjadi kurang lancar. Pengaturan APN juga harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang ada. Baik itu ketika menggunakan Android, iPhone atau modem.

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~