Apa itu & Cara Menang di Design Crowd

Satu lagi situs penghasil uang untuk para desainer grafis. Di sini Anda akan tertantang untuk menunjukkan kreatifitas dan kemampuan, tentu saja dengan bayaran yang cukup lumayan.

Apa Itu Design Crowd ?

Apa Itu Design Crowd

Design Crowd adalah sebuah platform crowdsourcing online.

Intinya, situs ini mempertemukan antara mereka yang membutuhkan desain, dengan para desainer dari seluruh dunia. Tidak jarang perusahaan-perusahaan besar mengandalkan situs ini guna mendapatkan desain yang terbaik untuk mereka.

Cara kerja Design Crowd

Tidak seperti di CafePress, disini cara kerjanya semacam kontes, atau sayembara. Anda, sebagai desainer, boleh memilih salah satu kontes (atau berapa saja) untuk diikuti dengan mengirimkan karya desain. Lamanya waktu biasanya adalah 7 hari, kadang diperpanjang oleh klien jika dianggap perlu. Sedangkan besaran harga berkisar antara $200 – $5000. Cukup lumayan bukan?

Ada banyak jenis desain yang diposting. Mulai dari desain logo (ini yang paling banyak), desain web, brosur, t-shirt, poster dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, biasanya satu kontes logo diikuti kurang lebih sekitar 25 desainer dengan karya sebanyak rata-rata 50 – 80 desain. Itu pun tergantung – biasanya – dengan besarnya nilai harga suatu kontes. Semakin mahal, tentunya semakin banyak yang ikut ambil bagian. Tapi, jangan khawatir, dalam sehari bisa puluhan (kadang ratusan) kontes baru ditawarkan.

Disini, kita memang bersaing menjadi yang terbaik untuk dipilih oleh klien. Tapi, jika kita merasa punya kreatifitas dan jago dalam desain, kenapa tidak? Iya kan?

Dengan nilai bayaran yang cukup lumayan, tidak ada salahnya anda segera ikut bergabung dalam komunitas desainer dunia ini. Jika satu bulan kita dapat satu saja yang terpilih dengan nilai $500, sudah cukup lumayan kan untuk menambah biaya dapur?

Selain mendapatkan uang, dengan ikut ambil bagian di sini, jika kebetulan desain logo perusahaan terkenal misalnya, bukankah itu akan menjadi kebanggaan? Hehehe… Saya sendiri, jujur baru empat saja mendapat reward, nilainya? Sangat lumayan lah.

Cara Menang di Design Crowd

Pilih kontes yang masih 0 entries

Dengan mengikuti konten yang masih 0, maka kesempatan menang akan semakin besar. Kenapa bisa begitu silahkan baca sub revisi dengan cepat.

Pilih kontes yang non guaranteed

Banyak yang meremehkan konten dengan status non guaranteed, nah inilah kesempatan anda.

Pilih kontes yang ber-timeline 1 day

Karena terlalu singkat timeline akhirnya saingan akan lebih sedikit dan peluang untuk memenangkan kontes lebih banyak.

Pilih kontes yang memiliki participation payment

Ikuti saja kontes – kontes seperti ini walau hasilnya sedikit, sambil menambah portofolio anda.

Pilih kontes dengan brief  yang tidak lengkap

Biasanya dengan brief yang minim orang akan bingung apa yang harus dilakukan. Nah inilah kesempatan anda, submit saja dahulu sesaui kemampuan lalu jika klien minta revisi, revisi sesuai instruksi.

Mintalah bahan ( Assets )

Mintalah bahan – bahan yang digunakan untuk mendesain sesuai brief klien. Dengan begitu anda sudah menunjukan kesungguhan dan desain akan cepat selesai.

Mintalah Refrensi Desain

Dengan meminta refrensi desain kita tidak perlu banyak mikir, karena kita sudah tau apa yang diinginkan klien.

Buat desain sebagus mungkin namun simpel ( sepenuh hati )

Buat desain sepenuh hati, dengan mendesain sepenuh hati biasanya hasil lebih memuaskan. Namun dalam mendesain jangan terlalu lama atau kamu akan kalah.

Sediakan lebih banyak pilihan

Tidak hanya pilihan desain seperti beda warna, font. Namun pilihan desain yang berbeda, contoh jika klien meminta desain website, lampirkan juga desain untuk mobile.

Revisi dengan cepat ( Komunikasi )

Satu hal yang sangat penting disini adalah, setelah kita mengirimkan karya, biasanya dalam waktu singkat akan langsung diberi tanggapan oleh klien. Nah, ini yang penting, cobalah untuk bekerjasama sebaik mungkin dengan klien. Turuti apa kemauan mereka, meski sesekali kita pun perlu mempertahankan pendapat kita jika memang yang diminta oleh klien anda anggap tidak sesuai dengan ‘taste’ desain anda. Justru hal ini akan menjadi nilai plus di mata klien, percayalah!.

Jangan Pernah Menyerah

Ini kuncinya, jika anda gagal dari beberapa konten desain yang anda ikuti, jangan menyerah terus ikuti kontes lain. Nanti akan ada waktunya anda menemukan jalan kesuksesan.

Itulah sedikit tips cara menang kontes desain di Design Crowd.

Jadi, tunggu apalagi? Tunjukkan bahwa kita mampu bersaing dengan desainer dunia lainnya. Sukses buat kita semua.

Anda siap bersaing memenangkan kontes dan mendapatkan uang jutaan rupiah?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

16 Komentar

  • mas, mau tanya, di DC itu biasa nya mas submit apa aja mas? soalnya perasaan saya sudah submit sesuai dengan syarat nya, tapi kok malah gak memenuhi standar gt mas, habis itu akun saya di blokir, mnta pencerahan nya mas

    • coba langsung konsultasi ama CHnya mas 🙂 itu lebih bagus, dulu saya seperti itu, jadi tanya ingin dan detail seperti apa , pasti cepat di kasih feedback

    • Gan mau nanya, gw termasuknya pemula di DC, nah kbetulan gw menang, tpi si clien minta revisi lagi, dia mau ngirim file revisinya tapi tidak bisa mengirim gambar di pesan. Apa yg harus saya balas pesannya gan? Mohon pencerahannya

  • Gan… apa yang harus kita buat kalau uang hasil kita menang kontest sudah 3 bulan gak di serahkan sama pihak DC. saya menang ada 3 kontes di situ. Sudah kirim pesan ke DC malah yang terakhir gak ada balasan sama sekali.
    Ada solusi gak kira2 untuk nindak lanjutinnya.
    Trimakasih.

    • hmm.. syang sekali. tapi apakah sudah diminta untuk mengirimkan file desain lengkap? Krn biasanya begitu kita menang, kita akan diminta untuk mengirimkan file-file yg dibutuhkan klien atau gambar resulosi tinggi plus file kerja psd, AI , png atay cdr.

      Jika sudah dikirimkan seharusnya pembayaran akan dibayarkan.

      • Sudah pastinya, saya sudah beberapa tahun main di DC, biasanya gak pernah selama ini prosesnya. tapi kali ini bener2 buat panik, karna yang di menangkan cukup lumayan di 3 kontest ini.
        Uang dari owner sudah ke pihak DC, yang jadi permasalahannya knp DC gak segera mentransfer, tanpa penjelasan di email sy yang terakhir. Udah 3 bulan loh…
        sy cuma butuh solusi, apa yang harus sy lakukan selain menunggu yang membosankan ini.

        Trimakasih.

      • apakah tidak ada alasan sama sekali mengapa pembayaran ditangguhkan? Coba periksa kembali bos. Sy yakin ada alasan mengapa mereka menahan pembayaran. Saya sendiri blm pernah mengalami kejadian serupa. Sehingga tidak bisa memberi solusi. Tp yang jelas, coba tanyakan kepada mereka alasan dan apa yg harus dilakukan agar pembayaran tidak ditangguhkan.

  • saya ikut kontes yang meminta icon dengan format psd layout only, saat mau kirim gk bisa cari file psd yang bisa png/jpg, terus saya kirim jpg.
    kemudian akun saya dinonaktifkan oleh pihak designcrowd, alasannya tidak memenuhi standar kualitas designcrowd
    kalau boleh tahu apakah memang itu kesalahanku, bagaimana caranya kirim psd sedangkan yang diminta icon (adanya JPG/PNG)

    • Sy krg paham dg pertanyaannya. PSD, PNG dan JPG jelas adl format berbeda. Dan semua karya desain yg dikirim adl dlm format PNG.

      Tp sptnya, yg dimaksud adalah standar gambar yg dikirimkan. Pihak designcrowd menyediakan template dlm file psd, dimana dg template tsb desain dikirimkan dg format PNG atau JPG.

      • gan ane jg dah berkali2 di tolak mui di DC.ktanya jg tdk memenuhi standarquality.dmnkah sy bs mendapatkan file psd yg di sediakan psd.trims

      • Sy sdh agak lupa bos. Yg jelas ada di petunjuk Cara pengiriman desain.coba nanti sy buka2 lagi, soalnya sy ckp gak lagi kirim2 desain di sana.

  • terima kasih untuk artikelnya, say mau nanya mas klo di Design Crowd untuk yang open kontes apa tidak bisa melihat karya orang lain yang sudah di uploud seperti di kompetisi logo lain nya? Terima kasih