Kenapa Blog ( Permohonan ) Saya Selalu Ditolak Adsense

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang paling mudah dan banyak digemari oleh para blogger adalah dengan menjadi penayang Adsense.

Namun, saya masih sering mendengar bahwa mendaftar menjadi publisher Google Adsense itu sulit. Bahkan ada beberapa teman blogger yang mengatakan bahwa telah puluhan kali mencoba, tapi tetap saja belum di-approve oleh Google.

Pertanyaannya kemudian, mengapa bisa begitu? Apa yang salah sehingga blog/situs kita sulit diterima oleh Adsense?

Kenyataannya memang tidak semua blog atau situs yang mengajukan menjadi penayang Adsense akan disetujui oleh Adsense. Ada batasan-batasan dan aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh Google.

Nah, jika anda termasuk salah satu yang pernah ditolak oleh Adsense, atau anda yang sedang ancang-ancang untuk melamar Adsense, sebaiknya anda baca artikel ini sampai tuntas.

Penyebab Permohonan ( Pengajuan ) Google Adsense Selalu Ditolak

Pengajuan anda tidak akan disetujui oleh Adsense, selama tidak memenuhi poin-poin di bawah ini:

Top Level Domain

Ini yang pertama dan paling utama: website anda harus memiliki top level domain sendiri, seperti ‘www.situsku.com’ dan bukan berada pada sub domain seperti ‘www.situsku.com/blog’. Atau jika situs anda berupa blog, pilih blogspot, karena walau bagaimanapun blogspot adalah milik google, tentu akan mendapat prioritas (meski hal ini masih layak diperdebatkan).

Konten

Untuk diterima menjadi publisher Adsense, blog Anda mesti memiliki jumlah artikel yang cukup. Meskipun tidak ada patokan pasti berapa jumlah artikel minimal supaya diterima Adsense, paling tidak memiliki 50 – 100 artikel asli dan berkualitas adalah kunci utama blog Anda diterima langsung oleh Adsense.

Pastikan semua artikel yang Anda tulis relevan dengan topik blog. Artikel dengan topik yang bercampur-campur, kurang disenangi oleh tim Adsense, sehingga menurunkan peluang untuk diterima.

Begitu pula dengan masalah kualitas. Tulisan Anda harus mencerminkan bahwa Anda serius mengelola blog. Artikel penuh kesalahan ketik, tidak akan membantu untuk diterima Adsense.

Situs atau blog harus memiliki konten yang penting, bermanfaat untuk pembaca dan yang lebih pentingnya lagi harus orisinal, artinya tidak melanggar hak cipta dan bukan hasil dari copy paste.

Mengisi Form Aplikasi

Mengisi form aplikasi dengan lengkap dan benar pada waktu mendaftar. Saya telah melihat beberapa kejadian dimana pengajuan ditolak di langkah pertama karena hal sepele, seperti tidak mencantumkan nomor rumah. Ini penting sekali, jika tidak maka aplikasi akan langsung ditolak di tahap pertama.

Kebijakan Program Adsense

Bacalah dengan teliti Kebijakan Google Adsense sebelum Anda mengajukan. Google memiliki sederet kebijakan dan peraturan yang tidak boleh dilanggar dalam cara apapun.

Jika Anda melanggar salah satunya, seperti misalnya konten plagiat, menggunakan gambar berhak cipta, desain blog yang ‘buruk’ dan sebagainya, maka blog Anda akan ditolak dengan cepat oleh tim Adsense.

 

alasan ditolak adsense

Tidak memiliki trafik yang memadai

Satu aturan umum: jika Anda memiliki trafik minimal 1000 pengunjung per hari, maka peluang Anda diterima oleh Adsense semakin mudah dan terbuka.

Saya tidak membahas lebih jauh tentang ini. Ini tugas Anda untuk meningkatkan trafik lebih tinggi sebelum mendaftarkan ke Adsense. Tentang bagaimana meningkatkan trafik, silakan googling tentang promosi blog dan optimasi SEO, saya sendiri tidak punya kapasitas untuk itu.Nah, itulah beberapa kesalahan utama penyebab permohonan Adsense ditolak.

Nah, lima poin di atas adalah yang paling penting menurut saya. Jika telah memenuhi syarat semuanya, saatnya kita mengajukan ke Adsense, dan menurut saya tidak ada lagi alasan aplikasi kita tidak disetujui.

Namun jika sudah berusaha dan tetap saja belum disetujui, ada baiknya anda mempelajari tips resmi dari Google agar permohonan anda disetujui. Di situ anda bisa temukan tips dan cara-cara agar diterima oleh Adsense, seperti mengenai cara mengisi form alamat dan lain sebagainya.

Bagaimana? Siap untuk mengajukan lagi? Semoga kali ini anda sukses diterima oleh Adsense, dan mulai menikmati penghasilan dari blog anda. Saya sendiri baru disetujui setelah sempat 3 kali ditolak.

Terakhir, jika sudah disetujui, jangan lupa pelajari tips sukses Adsense untuk blogger guna memaksimalkan pendapatan Anda, atau jika Anda masih bingung darimana harus mulai, Anda bisa memulainya dari sini: panduan Adsense untuk pemula.

Jangan lupa juga untuk selalu menghindari hal yang tidak boleh dilakukan publisher Adsense demi menjaga keutuhan akun agar jangan sampai dibanned, dan memastikan usaha kita melalui Adsense bisa awet.

Bagaimana menyikapi penolakan dari Adsense

Saat seorang blogger mendapati bahwa pengajuan Adsense-nya ditolak, saya tahu, itu pasti saat-saat yang sangat mengecewakan. Tidak jarang mereka jadi putus harapan, hilang semangat, dan ini merupakan saat dimana begitu banyak ‘pendatang baru’ akhirnya menyerah.

Sebelum membahas yang lainnya, ijinkan saya menyatakan satu hal, dan coba teriakkan dengan lantang:

Adsense sama sekali bukanlah akhir dari karir blogging saya!

Meski jika Anda tidak pernah disetujui menjadi publisher Adsense, Anda masih tetap bisa mendapatkan uang dari blog! Lihatlah, ada banyak cara lain, menghasilkan uang dari blog Anda.

Saya tidak mengatakan bahwa, jika sekali Anda ditolak Adsense, Anda tidak perlu mengajukan ulang kembali, tapi sebelum Anda mengajukan kembali, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Mari kita lanjutkan!

Perbedaan antara akun Adsense ditolak dengan akun Adsense dibanned:
  • Ketika Anda mendaftarkan diri ke Adsense, dan Adsense menolak pengajuan Anda, ini yang disebut bahwa akun Adsense tidak disetujui. Jika pengajuan Anda ditolak, maka selalu bisa mengajukan lagi.
  • Ketika Adsense menon-aktifkan akun Anda, karena sesuatu pelanggaran atau kesalahan yang Anda buat, maka ini berarti akun Anda dibanned. Dan jika akun Anda dibanned, dalam kebanyakan kasus, Anda tidak dapat mengajukan kembali atau menggunakan Adsense lagi menggunakan nama yang sama.

Baca: Cara akun Adsense tidak dibanned.

Bagaimana caranya agar blog Anda diterima oleh Adsense

Adsense adalah jaringan periklanan yang berfokus pada kebutuhan pengiklan, dan untuk memenuhi permintaan pengiklan mereka, Adsense membutuhkan lebih banyak publisher!

Tapi, pada saat yang sama, demi menjaga kualitas iklan serta kualitas jaringan, mereka hanya akan menerima website berkualitas tertentu sebagai publisher.

Nah sekarang, jika pengajuan Anda ditolak, itu artinya, ‘ada yang terlewatkan’ di blog Anda, dan Anda perlu melakukan sesuatu guna membuatnya jadi lebih baik.

Inilah yang menjadi salah satu alasan (paling tidak di negara-negara tertentu), Adsense menyaratkan usia blog minimal 6 bulan untuk diterima sebagai penayang Adsense. Karena waktu 6 bulan, dianggap waktu minimum bagi seorang blogger untuk mengembangkan blognya dengan baik.

Untuk itu, yang pertama, jangan putus semangat mendapat penolakan dari Adsense. Pelajari apa-apa yang perlu diperbaiki dengan cermat, sebelum mengajukan kembali.

Inilah beberapa hal yang bisa saya sampaikan:

Jangan mengajukan ulang terlalu cepat

Anggap saja kemarin Anda mendaftar Adsense, pagi hari ini dapat surat penolakan. Lalu Anda melakukan perubahan yang dianggap perlu, lalu mengajukannya lagi. Di malam harinya, Anda dapat penolakan yang sama, besok paginya Anda mengajukan lagi. Yakinlah tim Adsense akan menganggapnya sebagai spam, dan kemungkinan besar tidak akan memberi respon apapun. Saya sudah sering sekali mendengar tentang ini.

Ketika tim Adsense menolak pengajuan Anda, mereka biasanya memberi alasan yang cukup ‘tidak jelas’, seperti: “konten tidak memadai”“URL yang Anda ajukan bukan milik Anda”“pelanggaran materi berhak cipta”“situs tidak sesuai kebijakan Adsense”, dan sebagainya.

Khusus alasan: situs tidak sesuai kebijakan Adsense, saya pernah mengulasnya secara mendalam. Silakan klik pada link.

Pertama sekali, Anda harus mengerti dan mengetahui apa yang salah dengan blog Anda, dan bagaimana cara memperbaikinya. Jika terkait kepemilikan, Anda dapat segera merespon dan tim Adsense akan memberi petunjuk bagaimana menunjukkan kepemilikan situs yang Anda ajukan.

Jika yang jadi masalah adalah pelanggaran hak cipta, Anda bisa membuang semua konten yang bukan murni karya Anda sendiri, Anda bisa langsung mengajukan kembali setelah menambahkan lebih banyak konten berkualitas dan orisinal, dan seterusnya.

Jadi sekali lagi, Anda harus tahu lebih dulu apa yang salah dan bagaimana cara memperbaikinya. Anda mesti melakukan perbaikan berdasarkan alasan penolakan yang disampaikan pihak Google Adsense.

Pastikan Anda memiliki artikel 600 – 800 kata

Banyak sekali blogger pemula mengira bahwa dengan menulis artikel pendek (kurang dari 300 kata) dapat diterima sebagai penayang Adsense.

Memang, sekali lagi, tidak ada patokan dan syarat pasti seberapa panjang artikel Anda agar diterima oleh Adsense. Tapi, dengan menulis artikel berkualitas sepanjang 600 kata atau lebih, peluang Anda diterima semakin besar.

Gunakan email bisnis Anda

Jika Anda memiliki custom domain, gunakan email di alamat tersebut, seperti [email protected] Saya dapat banyak informasi bahwa peluang diterima lebih besar jika menggunakan alamat email dengan domain sendiri, dibandingkan alamat gmail sekalipun.

Jika Anda tidak memilikinya, gunakan gmail atau lainnya pun tidak masalah. Tapi pastikan Anda memilih alamat email yang mencerminkan bisnis atau nama Anda yang sebenarnya. Jika misalnya nama Anda Budi Santoso, pilih [email protected] Alamat yang terkesan main-main seperti misalnya, [email protected], kurang disukai oleh tim Adsense.

Ini kelihatan sepele, tapi percayalah, ini jadi salah satu pertimbangan.

Pastikan blog Anda telah berusia 6 bulan

Dalam hal ini saya pun masih meragu, benarkah blog harus berusia 6 bulan ke atas untuk publisher dari Indonesia.

Karena pada halaman Kelayakan Partisipasi Adsense, memang disebutkan bahwa blog harus berusia minimal 6 bulan, tapi setahu saya itu hanya berlaku untuk negara-negara tertentu seperti China dan India. Setahu saya Indonesia tidak termasuk.

Namun, karena banyak yang mengatakan bahwa syarat ini juga berlaku untuk Indonesia, maka tidak ada salahnya Anda bersabar. Di samping itu juga Anda jadi cukup punya waktu untuk memperbanyak konten dan membangun trafik yang cukup.

Pastikan Anda sudah melakukan persyaratan minimum

Ada beberapa hal mendasar yang sepertinya menjadi pertimbangan oleh tim Adsense untuk menerima atau menolak permohonan Anda. Dan inilah beberapa yang perlu Anda perhatikan:

  • Pasang kode Google Analytic di blog
  • Daftarkan blog ke Webmaster tool
  • Sumbit sitemap
  • Jangan memasang jendela pop-up
  • Kecepatan loading halaman

Desain blog amat menentukan

Salah satu kesalahan yang saya lihat banyak dilakukan blogger: mereka membuat blog, mengisinya dengan beberapa konten, menambahkan banyak iklan dari banyak ads-network, menggunakan desain blog yang ‘ruwet’ acak-acakan, lalu mendaftarkan blognya ke Adsense.

Percayalah, ‘pandangan pertama’ selalu memberi kesan, yang dalam hal ini berarti desain blog Anda merupakan hal yang amat-amat penting. Usahakan selalu menggunakan theme yang tampak profesional. Jangan memenuhi sidebar dengan segudang widget tidak perlu atau memenuhi hampir setiap ruang kosong dengan seabrek iklan.

Desain minimalis dan sederhana, yang menonjolkan konten, kemudahan navigasi dan sebagainya sangat, sangat mempengaruhi apakah blog Anda diterima atau ditolak Adsense.

Beberapa tips:

  • Jangan gunakan latar belakang hitam
  • Gunakan jenis font, ukuran dan warna yang mudah dibaca
  • Buang semua gadget yang tidak berguna di sidebar, kecuali yang berupa navigasi ke artikel
  • Buat halaman ‘About’ dan ‘Kebijakan Privasi’

Berhenti membuat artikel copas dan gambar berhak cipta

Ini cukup menarik, karena beberapa hari yang lalu, saya menemukan satu blog yang mana artikelnya sebagian besar adalah hasil copas dari PortalUang. Tapi ternyata blog tersebut menjalankan Adsense.

cara mendaftar google Adsense
(Semua artikel adalah copas dari PortalUang)

Sempat terjadi obrolan menarik di Forum Indonesia AdSense Publisher Discussion, dan terlihat kontradiksi dengan pernyataan ini. Bahwa blog dengan konten plagiat ternyata bisa menjalankan Adsense.

Menurut saya tidak juga.

Masih ingat kan, bahwa sekali kita punya satu akun Adsense bisa dipasang dimana saja?

Saya kira itu yang terjadi. Itupun menurut saya tidak akan bertahan dan benar-benar menghasilkan, karena setiap akhir bulan, setelah mencapai ambang batas pembayaran, tim Adsense akan memeriksa kepatuhan terhadap kebijakan mereka.

Dan bila mereka menemukan pelanggaran maka pembayaran ditangguhkan dan dikembalikan kepada advertiser.

Jangan pernah berharap dengan konten plagiat Anda dapat diterima sebagai publisher Adsense. Tidak akan pernah! Tidak percaya? Silakan dicoba!.

Perbaiki semua kesalahan

Sekarang Anda telah memahami apa yang kurang dan yang salah di blog Anda. Maka saatnya Anda membuang semua kesalahan tersebut dan memperbaiki apa yang kurang. Jangan sisakan satu pun alasan blog Anda ditolak untuk kedua kalinya.
Artikel yang mungkin dapat membantu:

Pengajuan Ulang ke Adsense

Sekarang, jika blog telah bebas dari kesalahan, telah pula bebas dari hal-hal yang melanggar kebijakan Adsense, saatnya Anda mengirim pengajuan kembali ke Adsense. Anda bisa temukan link di email penolakan Adsense untuk mengajukan ulang.

Bagaimana selanjutnya?

Nah, saya harap artikel ini dapat membantu Anda bisa diterima sebagai penayang Adsense. Dan percaya atau tidak, memang banyak sekali jaringan periklanan di luar sana, ada banyak pula metode menghasilkan uang dari blog, tapi Google Adsense terbukti memberi Anda ‘ketenangan’ karena bisa menjadi sumber penghasilan yang terus mengalir tiada henti dari blog yang telah susah payah Anda bangun.

Jika Anda benar-benar melakukan tips-tips di atas, saya yakin, Anda tidak akan lagi kecewa karena penolakan Adsense.

Terakhir saya sampaikan, bahwa diterima sebagai publisher Adsense, bukanlah semacam ilmu pasti. Karena ada banyak sekali faktor yang saling kait-mengait. Dan blog Anda diperiksa dengan teliti oleh orang sebenarnya, bukan oleh mesin atau pun robot. Jika mereka tidak suka dengan beberapa aspek blog Anda, jelas kemungkinan blog Anda akan ditolak.

Giliran Anda. Apakah Anda punya pengalaman berkali-kali mendaftar Adsense ditolak? Bagaimana pengajuan Anda pada akhirnya diterima juga? Bagikan pengalaman Anda melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

155 Komentar

  • Klau mau menghubungkan adsense dengan blog namuan muncul tulisan : “Tidak dapat terhubung ke server. Harap periksa koneksi Internet Anda dan coba lagi.” itu kenapa ya Min, mohon bantuannya.

  • Gan supaya huruf artikel bisa besar kayak gitu bagaimana gan? huruf artikel ane kecil jadi meskipun postingan banyak tetap kelihatan sedikit

  • Mas,saya pernah ditolak adsense waktu itu artikel tidak memadai.jadinya saya coba ganti theme yang memadai,lama kelamaan susah menemukan thema yang cocok.tolong bantu mas dimana rekom theme wp yang baik
    Trinakasih sebelumnya

  • Mas gee ini sayakan sudah coba daftar akun adsense tapi waktu awalanya saya salah tulis alamat blog, blog saya menggunakan blogspot, lalu saat saya coba betulkan malah ada tulisan tidak dapat terhubung ke server

  • mass gee ini saya resubmi kok ada tulisan cannot connect to server, check you connection, padahal koneksi saya baik2 aja. berselanjar bisa aja, ga ada msalah

  • Mas, saya mendaftarkan GA melalui blog tapi saat saya mulai mengaitkan selalu terdapat pesan seperti ini “Tidak dapat terhubung ke server. Harap periksa koneksi Internet Anda dan coba lagi.
    “. Saya sudah coba untuk menghapus Cache nya tapi tetap tidak bisa juga. GA saya untuk Youtube saya juga menggunakan e-mail yang sama. Itu masalahnya apa ya kalo boleh tau?

  • saya ada pertanyaan mas Gee,, ketika saya masih pakai blogspot, saya ajukan permohonan GA, ditolak tapi dengan alasan yang cukup jelas.. lalu sekarang saya pakai domain .my.id dan ajukan pendaftaran GA, hasilnya di tolak tanpa penjelasan,, kira2 mengapa begitu mas?

  • Salam kenal.. Mas Gee saya udah sdh daftar adsense dan lulus thp pertama tpi gagal di thp kdua. Alasannya konten tidak memadai. Blog saya membahas film dan drama. Kalua ada waktu check blog sy dong apakah ad yang krg mkny ditolak terus? Terima kasih. drama-piece.blogspot.com

  • Gan ane sudah baca beberapa artikel ente tentang adsense. Ane punya blog download film (anime) tp
    baru saja adsense menolak pengajuan ane. Jika ada waktu tolong cek blog ane, menurut ente ada yang ganjal kah? Terima kasih

  • Mas Jhon Kok ketika saya Resubmit/Kirim Ulang Adsense, selalu muncul pesan “Tidak dapat terhubung ke server. Harap periksa koneksi Internet Anda dan coba lagi”. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Salam kenal Mas. Saya mau minta saran. saya baru membangun blog dan baru ada 5 post. nantinya saya ingin daftar adsense. artikel itu panjangnya cuma sekitar 300 an kata. artikelnya hasil referensi dari internet juga tapi sudah lolos copyspace dan plagiasme checker. Apakah artikel itu sudah bisa dibilang orisinil dan unik? Untuk gambar saya ngambil di pixabay. Oya, kalau mau daftar nanti apa mesti pake template blogger lagi? Mohon saran dan infonya mas. terima kasih banyak atas waktunya.

    • Selama kita menulisnya sendiri, maka bisa dikatakan itu adalah artikel unik,terlepas dari referensi atau idenya dari mana. Mengenai template, tidak harus. Yg penting tampilannya rapi, bersih dan navigasinya mudah.

  • Halo mas Gee John, saya baru aja daftar GA seminggu yang lalu. Barusan aja saya dapet notif bahwa permintaan saya ditolak dengan alasan Akun AdSense dinonaktifkan karena aktivitas tidak valid. Itu maksudnya gimana ya? Apakah saya bisa mengajukan ulang blog saya? Mohon pencerahannya mas 🙂

    • halo juga….
      sy kurang paham, krn setahu saya, akun dinon-aktifkan itu berarti akunnya tadinya sudah aktif. bukan saat review atau penolakan.

      mengajukan ulang? untuk akun yg dinon-aktifkan, bkn mengajukan ulang, tp mengajukan banding. mengajukan ulang itu klo permohonan kita ditolak.

  • gini mas,saya kan udah punya akun adsense dari youtube terus pas saya masuk ke blogspot baru saya,langsung bisa masuk, tapi iklan saya gak muncul.apakah adsense youtube bisa di pasang di adsense blogger juga mas? kan sudah sama2 mitra google.

  • Salut mas geedjhon semua komen dijawab, jarang yang beginian
    Blog sy daftarkan adsense sudah dapat akun n di dasbord layout sdh ada adsense yang nempel googlr sendiri, tapi tidak tampil di blog deg komentar “This content is not yet available over secure connections.
    kira-kira kenapa mas thaks masukannya

  • Mas gee jhon, mohon bantuannya dong.
    Blog saya ini umurnya udah 1 thn, udah ditolak 2 kali. Kira2 salahnya dimana ya gan?
    Bisa cek di blog saya : geekplease.blogspot.com

  • @wahyu.
    ya memang konten berupa 'curhatan' atau blog personal agak sulit diterima adsense. sebenarnya boleh kita cerita pengalaman sendiri, namun harus tetap ada poin utama yg disampaikan kepada pembaca, sesuatu yg memberi manfaat.

  • Halo mas gee…
    Btw, saya ditolak adsense dua kali.
    Blog saya temanya sih personal. Kayak diary absurd gitu..

    Nah penjelasan pada balasan konten tidak memadai. Monggo coba dicek dong…

    Salam
    Pelajar-abal.blogspot.com

  • @jeyu.
    hmm… gak juga ah. banyak yg pake blogspot diterima dg baik. intinya bukan disitu, tp pada kelayakan dan kepatuhan blog terhadap tos adsense.

  • @jeyu.
    sebenarnya dibilang pengaruh, ya pengaruh juga. tapi sesungguhnya bukan terletak pada template-nya, tapi lebih kepada desain navigasinya. Desain yg simpel, dg navigasi yg jelas di homepage amat penting di mata mereka.

    @yusuf.
    hmmm… sabar.. mudah2an klo dah nyampe 150 bisa diterima.. 🙂

  • @mas gee Jhon., konten tidak memadai terus
    – Pastikan laman Anda berisi teks yang memadai – situs web yang kontennya sebagian besar adalah gambar, video, atau animasi Flash tidak akan disetujui.
    – Konten Anda harus berisi kalimat dan paragraf lengkap, bukan sekadar judul.
    Pastikan situs web Anda telah sepenuhnya rampung dan diluncurkan sebelum Anda mengajukan permohonan untuk AdSense – jangan ajukan permohonan ketika situs Anda masih dalam versi beta atau tahap "sedang dibuat" atau hanya terdiri dari kerangka situs web.
    – Tempatkan kode iklan di laman aktif situs web Anda. Tidak harus berupa laman utama, namun laman percobaan yang kosong kecuali untuk kode iklan AdSense tidak akan disetujui.
    Sediakan sistem navigasi yang jelas untuk para pengunjung agar mudah menemukan semua bagian dan laman dalam situs web Anda.
    Jika Anda ingin memonetisasi video YouTube, ajukan permohonan untuk program monetisasi YouTube. Perhatikan bahwa blog dan situs web yang hanya berisi video tidak akan disetujui.

    rada mumet, ampe hari ini udah 100 postingan tetep gagal maning dan ditolak.. tapi harus tetep semangat deh, mungkin pas 150 postingan keterima 🙂

    • @Yusuf ryandi. Blog terakhir saya yg ditolak jg seperti itu alasan yg diberikan Google. Gara-gara bbrp blog terdahulu ditolak, akhirnya saya ajukan blog yg berisi direktori alamat. Saya pernah lihat beberapa blog sejenis yg minim teks karena memang hanya berisi alamat-alamat, tapi kok ya diterima Adsense. Bingung!

      • sebenarnya tidak perlu bingung mas Tono, seringkali kita lihat blog terpasang Adsense, misalnya ada blog yg hanya berisi 3 artikel, tp sudah ada adsense-nya. lalu kita bilang, wah tu artikelnya cm 3 kok diterima, saya yg ada 100 artikel kok gak diterima? aneh!

        padahal sesungguhnya, iklan adsense itu sudah ada sebelumnya. Jadi artinya gini mas, jika kita telah disetujui Adsense, kan bisa dipasang dimanapun.

  • makasih mas saranya.
    oiya mas kalo masalah template apa jadi pertimbangan adsense juga?
    soalnya lihat lihat di blog2 sebelah yang udah di terima adsense semuanya pada pakai template yang sederhana termasuk blog mas ge jhon ini lah salah satunya

  • @jeyu.
    coba perbaiki lagi desain blognya mas… terus juga masalah cara menulis artikel, buatlah nyaman untuk dibaca. Adsense menaruh perhatian cukup besar dalam ini (berdasarkan pengalaman saya).

  • @mas gee jhonn : kok blog saya di tolak terus nih masalahnya konten tidak memadai padahal blog saya udah 58 artikel dan original semua, memang sih umur blog saya masih 1 biulan>
    kira kira apa yang kurang nih mas mohon pencerahannya
    blo saya tentang-hewan.blogspot.com

  • Jujur desperate saya mas, umur blog udah 1 bulan , postingan dah 83 , bahas tentang film, pageview/hari nyampe 2ribu tapi tetep aja mas ditolak ampe 4 kali. Mohon dicek mas blog saya apa yang salah , sedih saya jadinya 🙁

  • @jufri.
    sama2 mas Jufri…

    @eko.
    tuk jawabannya, silakan Anda baca: portal-uang.com/2015/03/mengatasi-alasan-situs-tidak-sesuai-kebijakan-adsense.html

    jika masih ada yg kurang dipahami, tinggalkan komentar di artikel tadi. 🙂

    • iya mas, saya baru berkunjung lagi ke blog mas Gee, sampai saat ini saya masih ditolak juga, entah kenapa dengan blog saya, saya minta arahan dari mas dong, maklum di daerah saya ni belum ada suhu blogger seperti mas ni, yang bisa saya ajak diskusi

  • Mas, saya pemlilik blog grammartoefl.blogspot.com , tolong jawab pertanyaan saya , sudah 10x ditolak GA nih. 1 tahun yang lalu saya daftar GA dan alhamdulillah review pertama lolos, terus masuk review ke dua tidak lolos. Selanjutnya saya benahi blogku, terus aku daftarkan lagi sampai yang ke 10 tapi ditolak melulu. Ini alasan penolakanya berbunyi seperti ini:
    Terima kasih atas minat Anda terhadap Google AdSense. Mohon maaf, setelah meninjau permohonan Anda, saat ini kami tidak dapat menerima Anda untuk masuk ke program AdSense.
    Kami tidak menyetujui permohonan Anda karena alasan-alasan yang tercantum di bawah ini.
    Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna dan kaya, menerima lalu lintas organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

    Berikut beberapa saran untuk membantu Anda meningkatkan pengalaman pengguna di situs Anda dan memenuhi kriteria AdSense:

    Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda.
    Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali.
    Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari.

  • @jufri.
    ya memang seringkali seperti itu mas Jufri. Untuk pengajuan kedua kali, jika tim Adsense masih melihat "kekurangan" yg sama spt yg telah disampaikan saat penolakan yg pertama, biasanya mereka mengabaikan dan tidak merespon melalui email.

  • saya daftar pertama ditolak dengan mendapat email tentang alasan ditolak tetapi ditolak kedua tanpa ada email, saya hanya melihat di halaman penghasilan.
    Kira-kira menurut mas Gee Jhon apa yang kurang dari blog saya?

  • @elang.
    semoga kali ini diterima 🙂

    @jufri.
    jangan menyerah mas Jufri, banyak kok publisher lain yg baru diterima setelah 10x ditolak sebelumnya. 🙂 Oya, perhatikan pula apa alasan penolakannya, dari situ semestinya kita bisa tau apa2 yg perlu diperbaiki, lalu daftarkan lagi.

  • blog saya sudah ditolak 2 kali saya minta saran dan solusi dari mas Gee Jhon ini blog saya coretanzone.com