Download

Download

Berikut ini penjelasan tentang Download, mulai dari :

Apa itu Download?

Pengertian download adalah suatu proses transmisi sebuah file atau data dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya.

Pengertian download menurut para ahli :

  • Menurut Dominikus Juju, download adalah proses mengambil file baik software, ebook, atau video dari server atau web untuk disimpan pada komputer pengguna.
  • Menurut Yuhefizar, download adalah trafik atau byte yang ditransfer dari internet ke jaringan LAN melalui router ADSL.
  • Menurut Tyas Vanneza, download adalah proses transfer data dari internet ke komputer atau media lokal lain, baik melalui web server, FTP server atau sistem lainnya.
  • Menurut Arbakid, download adalah suatu proses pengambilan file yang terdapat di jaringan internet dengan menggunakan beberapa macam cara seperti melalui web server, mail server, FTV server atau sistem lainnya yang sejenis.

Tujuan Download

Tujuan utama adanya download adalah mempermudah dalam mendapatkan atau mengambil file dari pihak lainnya.

Sehingga memudahkan dalam memudahkan dalam bekerja secara bersama – sama.

Fungsi Download

Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat daro download :

  • Mempermudah mendapatkan sebuah file. Dengan adanya download kita dapat dengan mudah mendapatkan atau mengambil file dari manapun selama terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Menghemat tenaga dan biaya. Sudah jelas, karena dimudahkan mendapatkan atau mengambil file dari manapun, akhirnya dapat menghemat tenaga dan biaya, karena tidak perlu secara manual copy paste file dan mengantar file tersebut.
  • File dapat diakses dimanapun dan siapapun. Artinya dengan adanya sistem download ini, file tersebut dapat diakses dengan cara didownload terlebih dahulu, dan dapat digunakan oleh siapapun yang diberi wewenang untuk download.

Cara Kerja Sistem Download

Cara kerja sistem download yaitu pertama harus mencari tempat penyimpanan file tersebut baik di server pribadi, hosting, cloud storage, Kemudian mencari file yang ingin download, file dapat didownload menggunakan web server, mail server, FTV server atau sistem lainnya yang sejenis.

Khusus untuk jaringan lokal tidak diperlukan jaringan internet, sebalikanya jika bukan jaringan lokal harus menggunakan internet untuk mengakses file dan mendownloadnya.

Panduan Tentang Download Lainnya

Berikut ini beberapa panduan download yang mungkin Anda butuhkan :

close