Endorse

Endorse

Berikut ini penjelasan tentang Endose, mulai dari :

Apa Itu Endorse?

Endorse adalah mengesahkan, dimana kata tersebut berasal dari kata Endorsement yang artinya sendiri adalah mendukung atau memberi saran.

Pengertian endorse menurut para ahli :

  • Menurut Terence A.Shimp (2007:210), endorser adalah pendukung iklan atau juga yang dikenal sebagai bintang iklan yang mendukung produk yang akan diiklankan.

Kata-kata seperti endorse atau endorsement biasanya akan sering digunakan terkait promosi pada sebuah produk ataupun jasa.

Sistem endorse atau endorsement sendiri biasanya banyak digunakan oleh para pebisnis online atau kalangan yang menjual produk/jasa mereka secara online. Tentu saja tujuan utamanya yakni untuk promosi produk/jasa yang dijual.

Dengan kata lain, sistem endorsement atau endorse adalah salah satu strategi bisnis online ataupun offline untuk meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa mereka.

Maka dari itulah mengapa dalam sistem endorse ini, yang di endorse rata-rata adalah kalangan orang-orang populer seperti contohnya artis atau selebritis.

Manfaat Endorse

Apa saja manfaat dan keuntungan dari sistem endorse atau endorsement ini? Tentu saja ada cukup banyak keuntungan yang dapa dirasakan oleh pihak yang melakukan endorsement ini. Beberapa diantaranya seperti :

  1. Produk atau jasa yang dijual akan lebih mudah dikenal dan diketahui oleh banyak orang.
  2. Kemungkinan meningkatnya angka penjualan produk atau jasa.
  3. Kemungkinan tingkat produksi produk atau jasa meningkat.

Siapa Saja yang Dapat di Endorse?

Pada umumnya, pihak yang meng-endorse biasanya akan memilih kalangan orang-orang terkenal seperti artis atau selebritis.

Pasalnya sudah dapat dipastikan bahwa akun media sosial mereka akan memiliki jumlah teman atau pengikut yang sangat banyak. Sehingga ketika mempromosikan sebuah produk/jasa, maka akan cenderung lebih mudah dikenal bahkan dibeli.

Akan tetapi, tentu saja saja tidak melulu harus dari kalangan artis atau selebritis. Namun agen endorse juga dapat memilih kalangan orang-orang populer lainnya, seperti mereka yang viral di internet serta memiliki akun media sosial yang memiliki banyak teman dan pengikut (followers).

Tempat Endorse

Endorse atau penyedia jasa endorse dapat ditemukan paling banyak di Instragram. Mungkin alasannya Instagram ini memang tempat terbanyak dan cocok untuk digunakan endorse.

Selain Instagram, di Youtube, saat ini sudah banyak juga, ya asalannya Youtube juga termasuk platform yang cocok untuk review sesuatu dalam bentuk video.

Selain itu juga bisa mencoba di Facebook atau Twitter.

Harga Endorse

Jika bicara soal tarif, maka sudah tentu harga endorse atau endorsement pada masing-masing figur atau akun akan berbeda-beda.

Ada yang tidak menerima bayaran, namun ada juga yang memasang tarif mulai dari Rp. 50.000 hingga jutaan rupiah bahkan hingga puluhan juta rupiah. Biasanya semakin populer figur atau akun, maka akan semakin mahal juga tarifnya.

Istilah-istilah Dalam Endorse

Pada dasarnya, terdapat dua istilah yang biasanya digunakan dalam bisnis periklanan atau endorse ini. Dua istilah tersebut antara lain adalah :

  1. PP aatu Paid Promote – PP atau Paid Promote ini akan mengharuskan pihak yang di-endorse untuk mempromosikan produk/jasa milik pihak yang meng-endorse dengan cara posting atau melakukan post terkait produk/jasa tersebut. Sistemnya sendiri sangat sederhana, karena pihak yang di-endorse biasanya akan diberikan materinya sehingga tinggal melakukan post. Dengan effort yang tak banyak, maka jangan heran jika tarif endorsement ini cenderung relatif murah.
  2. PE atau Paid Endorse– Berbeda dengan sistem sebelumnya, dalam PE atau Paid Endorse ini maka pihak yang di-endorse akan diberi produk/jasa oleh pihak yang meng-endorse untuk digunakan. Kemudian pihak yang di-endorse akan melengkapinya dengan foto dan testimoni produk/jasa pada postingan yang mereka buat. Karena effortnya lebih besar, maka tarif endorsement ini biasanya akan cenderung relatif lebih mahal.

2 Komentar

Tulis komentar

close