Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Facebook

Ingin berjualan di Facebook, namun bingung mulai darimana atau masih ragu.

Berikut ini beberapa tips cara berjualan online di Facebook yang efektif untuk pemula.

Tips 1 : Tentukan Produk Yang Akan Dijual

Banyak kok orang yang cita – cita ingin jualan namun, belum menentukan produk apa yang ingin dijual.

Nah ini adalah salah satu jadi penyebab Anda tidak akan bisa memulai berjualan baik di Facebook atau tempat lainnya.

Yang namanya berjualan, tentunya produk menjadi salah satu syarat yang paling utama harus dipenuhi.

Oleh karenanya, pastikan bahwa Anda memilih barang dagangan secara tepat sehingga mudah untuk dijual. Memiliki kemampuan dalam memprediksi pasar sangat dituntut kepada pedagang online, karena ini bisa menentukan keberhasilan dalam berjualan.

Tips memilih produk untuk dijual di Facebook yang sangat direkomendasikan adalah menyediakan barang unik.

Dengan kata lain, berbeda dengan lainnya. Sebab kalau Anda menjual barang biasa saja, maka bisa membuat tingkat pembeli menjadi menurun. Kenapa? Karena sudah tentu produk tersebut juga banyak dijual oleh pedagang online lainnya.

Masih bingung juga barang apa.

Coba baca artikel barang yang paling diminati di online shop.

Tips 2 : Membuat Foto Produk Yang Menarik

Selanjutnya setelah menemukan barang yang akan dijual. Buatlah foto produk tersebut menjadi menarik.

Lalu bagaimana cara membuat foto produk yang menarik :

  1. Berbeda. Maksudnya foto produk tersebut harus berbeda dengan foto produk yang sama dipasaran. Contoh Anda mengambil produk dari suplier dan foto juga dari suplier, pastikan edit dahulu agar foto produk jadi berbeda. Karena yang mengambil produk tersebut bukan hanya Anda saja.
  2. Enak dipandang. Ketika, orang melihat foto yang enak dipandang dan terkesan profesional. Pikirannya pasti akan berbeda, dengan foto produk yang seadanya. Contoh Anda menjual baju, saat di foto baju terlihat kusut dan jelek. Sebaiknya setrika lebih dahulu dan baru di foto.
  3. Detail. Foto produk yang detail, akan lebih mengundang orang untuk membeli. Pasti Anda juga merasakannya ketika melihat foto produk yang seperti itu.
  4. Cantumkan keterangan. Sebaiknya cantumkan keterangan detail produk didalam foto, ini akan sangat membantu calon pembeli.

Tips 3 : Gunakan Semua Fitur Facebook Untuk Promosi

Tips sukses berjualan di Facebook yaitu dengan memanfaatkan semua fitur yang di sediakan oleh Facebook :

  1. Berjualan melalui status. Kalau fitur yang ini sudah banyak digunakan dikalangan emak – emak, bahkan sudah terbukti banyak menghasilkan.
  2. Berjualan melalui Facebook stories. Sama seperti update status, sih namun dengan rajin promosi melalui fitur ini, tingkat konversi penjualan akan meningkat. Pasalnya Facebook stories tempatnya strategis.
  3. Berjualan di grup. Pastikan saat akan posting jualan, ada di grup yang tepat. Contoh posting di grup jual beli barang di kota tertentu. Hindari berjualan dengan posting di semua grup, bahkan grup yang memang bukan untuk tempat jualan.
  4. Promosi melalui halaman Facebook. Pastikan Anda juga membuat halaman khusus untuk tempat Anda mengumpulkan pelanggan, ini akan lebih efesian dan sangat tertarget. Karena halaman tersebut pastinya kebanyakan adalah pelanggan Anda, jadi ketika posting produk baru, mereka kebanyakan akan beli.
  5. Gunakan Facebook marketplace. Saat Anda posting produk di Facebook marketplace, maksimal jangkuannya adalah 200 km. Karena memang fitur satu ini lebih fokus untuk promosi secara lokal. Untuk cara menggunakannya, dapat membaca artikel Facebook marketplace.
  6. Gunakan Facebook Ads. Saat ini sedang populer berjualan dengan promosi menggunakan Facebooks Ads dan terbukti banyak yang sukses. Jadi silahkan pelajari Facebook Ads lebih dalam.

Tips 4 : Mencari Lebih Banyak Teman

Jika Anda memang bertekad untuk bisa sukses menguasai pasar Facebook, maka harus berusaha labih keras lagi.

Salah satunya adalah dengan cara mencari lebih banyak teman, kegiatan ini bisa dilakukan di waktu luang Anda.

Memiliki banyak teman di Facebook membuat jangkauan pembeli potensial bertambah. Karena bagaimanapun, teman adalah orang yang akan melihat postingan Anda.

Apalagi teman Anda termasuk orang yang tertarik dengan produk yang Anda jual.

Contoh Anda menjual aksesoris komputer, sedangkan teman Anda kebanyakan bergelut dibidang tersebut.

Cara ini sudah banyak kok, dilakukan oleh orang – orang. Biasanya mereka suka membagikan tips – tips mengenai atau seputar produk yang dijual.

Tips 5 : Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan konsumen menjadi salah satu tips ampuh berjualan di Facebook yang harus dilakukan oleh para seller.

Salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah terus berkomunikasi denga para buyer secara berkesinambungan, pengiriman barang tepat waktu dan juga tidak anti terhadap komplain. Sehingga konsumen selalu percaya terhadap Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membangun kepercayaan kepada teman – teman di Facebook Anda.

Dengan begitu mereka akan secara suka rela juga memprosikan produk Anda.

Tips 6 : Upload Testimoni Customer

Memposting testimoni dari customer dalam bentuk percakapan atau dapat menjadi sebuah langkah besar untuk meramaikan lapak Anda.

Pasalnya, testimoni ini bisa menjadi salah satu bukti untuk meyakinkan customer yang tertarik dengan produk jualan Anda.

Karena seperti yang telah diketahui, bahwa saat ini ada banyak sekali oknum nakal atau penjual abal-abal yang tidak bertanggung jawab.

Testimoni ini dapat Anda upload di :

  • Status,
  • Stories,
  • Halaman,
  • Dan di Album foto.
Tampilkan Komentar

1 komentar

Tulis komentar

close