Freelancer

Freelancer

Berikut ini penjelasan dan panduan semua tentang freelancer.

Apa Itu Freelancer?

Pengertian dari freelancer adalah orang yang melakukan suatu tugas atau pekerjaan, biasanya ia lakukan untuk beberapa klien berbeda tanpa komitmen kontrak yang panjang.

Lebih mudahnya, freelancer dapat diartikan sebagai pekerja lepas.

Freelancer dapat bekerja full-time atau part-time. Dan karena mereka tidak dianggap sebagai seorang karyawan atau pegawai tetap, maka ia bebas menjual jasa kepada lebih dari satu klien.

Biasanya mereka bebas melakukan pekerjaan dengan cara mereka sendiri, selama hasil akhirnya sesuai dengan spesifikasi dan tenggat waktu yang ditetapkan oleh klien.

Menjadi seorang freelancer adalah salah satu cara termudah, tercepat dan termurah untuk mulai mempekerjakan diri sendiri.

Website freelancing, seperti oDesk, Projects.co.id, Sribulancer dan banyak lagi lainnya, menyediakan semacam pasar kerja online.

Dimana klien memposting suatu job dan freelancer melakukan penawaran untuk melakukan pekerjaan tersebut dalam sebuah pasar terbuka, biasanya dengan persaingan yang cukup ketat.

Seiring dengan hasil kerja yang bagus, kompeten di bidangnya, dan menjaga hubungan baik klien, seorang freelancer dapat menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Sama sekali tidak kalah dengan profesi lainnya.

Apapun keahlian yang Anda miliki saat ini, selalu ada klien yang membutuhkan keahlian Anda tersebut. Dan menjadi freelancer adalah pilihan yang sangat bagus, dan sangat layak untuk ditekuni.

Cara Kerja Freelancer

Berikut ini bagaimana cara kerja freelancer secara sederhana :

  1. Mendaftar ke situs freeelancer.
  2. Melengkapi profile.
  3. Mencari pekerjaan sesuai dengan keahlian dengan mengajukan bid atau proposal.
  4. Proposal diterima, lalu mulai bekerja.
  5. Terakhir menerima pembayaran, jika pekerjaan sudah selesai.

Kurang lebih seperti itulah cara kerja sebagai freelancer, nanti dilapangan pasti ada syarat dan ketentuan yang lebih spesifik.

Berapa Gaji Seorang Freelance?

Besaran gaji freelance ditentukan seberapa sulit pekerjaan yang dikerjakan atau pekerjaan yang membutuhkan keahlian khusus yang tidak banyak orang bisa.

Dari gambar dibawah ini, yang diambil dari situs www.freelancer.co.id, dapat dilihat berapa gaji seorang freelancer.

Berapa Gaji Seorang Freelance

Dari gambar diatas, dapat dilihat ada yang menawarkan $150, $375 bahkan $1501.

Contoh Pekerjaan Freelance

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan freelance yang banyak dicari :

  1. Pembuatan website,
  2. Penulis konten,
  3. Data entry,
  4. SEO dan SEM,
  5. Desain grafis.

Kelebihan dan Kekurangan Bekerja Sebagai Freelance

1. Kelebihan (Keuntungan) Menjadi Seorang Freelancer

Berikut ini beberapa kelebihan bekerja sebagai seorang freelancer :

  • Tidak ada bos yang mengatur-atur. Bila Anda bekerja sebagai freelancer, Anda tidak perlu khawatir terhadap perintah bos dalam setiap langkah kerja Anda. Di sini, Anda adalah bosnya. Anda bisa bekerja sesuai kebutuhan dan mood.
  • Uang yang lebih banyak. Biasanya, kontrak kerja freelancer adalah Anda dibayar berdasarkan hitungan per jam kerja, sehingga Anda bisa memperoleh bayaran lebih tinggi untuk proyek yang Anda kerjakan. Selain itu, jika rating Anda bagus di mata klien, maka otomatis pendapatan Anda akan lebih besar lagi.
  • Bekerja mandiri. Keuntungan lain dari menjadi freelancer, Anda tidak harus terpaku pada satu jenis pekerjaan saja. Anda juga dapat bekerja sesuai waktu dan kebutuhan serta tempat yang Anda inginkan. Menghasilkan dari tempat tidur? Mengapa tidak?
  • Job yang variatif. Anda disodori daftar job yang banyak sekali yang dapat Anda pilih sesuka Anda. Anda bisa memilih jenis pekerjaan apa yang ingin Anda garap, tidak seperti pekerjaan reguler dimana bos Anda lah yang menentukan apa yang mesti Anda lakukan.
  • Menambah keterampilan. Saat mengerjakan suatu kontrak kerja, Anda memiliki banyak jenis pekerjaan yang bisa dipilih. Hal ini adalah peluang bagi Anda untuk menambah keahlian atau keterampilan baru.

2. Kekurangan Menjadi Seorang Freelancer

Berikut ini beberapa kekurangan bekerja sebagai seorang freelancer :

  • Tantangan mendapatkan job. Sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam karir sebagai freelancer, pada awalnya Anda harus berusaha keras untuk mendapatkan job pertama Anda. Setelah mendapatkannya pun, Anda harus memikirkan lagi bagaimana menemukan pekerjaan berikutnya setelah menyelesaikan yang pertama.
  • Tidak ada jaminan keamanan. Memang, kalau kita bicara keamanan, tidak ada satupun pekerjaan yang benar-benar aman. Tapi, menjadi freelancer berarti tidak ada jaminan keamanan dan gaji tetap yang pasti Anda terima seperti bekerja reguler sebagai karyawan. Anda hanya akan dibayar atas job yang Anda dapatkan, jika Anda tidak mendapatkan satu job pun, maka Anda tidak akan menghasilkan uang!
  • Libur = tidak ada bayaran. Di sini jelas sekali. Karena Anda dibayar untuk setiap proyek yang kerjakan secara mandiri, maka tidak akan dibayar untuk hari libur, begitu pula jika Anda sakit, misalnya.
  • Tidak bisa mengklaim hasil karya. Setiap Anda menyelesaikan satu job, Anda mengoper alih hasil karya Anda kepada klien. Setelah Anda menyerahkannya, Anda kemudian tidak bisa mengklaim satu hasil kerja apapun yang telah Anda lakukan. Semua sepenuhnya menjadi milik klien. Ini membuat Anda kehilangan nilai lebih untuk karir Anda di masa yang akan datang.
  • Butuh manajemen yang kuat. Bekerja sebagai freelancer, Anda tidak mendapatkan jaminan kesehatan apapun, tidak pula tunjangan perjalanan, cuti dibayar penuh dan jaminan pensiun. Oleh karena itu Anda harus bisa mengatur semua masalah keuangan sendiri. Anda mungkin saja harus terus bekerja ‘selamanya’ agar dapat bertahan, atau mungkin harus meluangkan waktu bekerja ekstra keras, agar dapat menyimpan banyak uang untuk keadaan darurat, atau masa pensiun.

Tapi dari semua kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan terus berusaha, bekerja keras dan berdoa.

Menjadi pekerja freelance adalah langkah awal untuk menjadi bos baik diri sendiri dan orang lain nantinya.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Panduan Freelance Lainnya

Berikut ini panduan belajar freelance yang dapat Anda ikuti :

Tampilkan Komentar

Tulis komentar

close