Harga Nilai Klik Adsense ( CPC ) Google Adsense Berubah – ubah

Nilai sebuah klik pada iklan di Google Adsense memang tidaklah sama, dan itu kebanyakan kita semua sudah mengetahuinya.

Faktor – faktor Nilai Klik Adsense Berubah- ubah

Namun, tahukah Kamu bahwa nilai klik pada iklan yang sama pun nilainya berbeda-beda dan berubah-ubah?

Melalui tulisan ini saya mencoba untuk menjelaskan beberapa faktor yang dapat menjelaskan fenomena ini. Dan Kamu, sebagai publisher Adsense perlu mengetahui tentang hal ini, agar lebih efektif lagi dalam melakukan optimasi Adsense dengan tujuan memberi penghasilan yang diharapkan.

Inilah beberapa hal tersebut:

Target wilayah
Lokasi dimana pengunjung situs/blog yang mengklik iklan akan sangat berpengaruh terhadap nilai klik suatu iklan. Hal ini karena para pemasang iklan (advertiser) yang menentukan target wilayah, akan membayar harga yang berbeda.

Jika advertiser menargetkan iklannya untuk orang-orang Indonesia, maka tentu mereka membayar lebih kecil jika iklan itu diklik dari luar Indonesia.

Prinsip ‘supply and demand’
Dalam menentukan harga bagi para pemasang iklan, Google Adsense melakukannya dengan cara lelang. Dengan cara ini mak akan terjadi kompetisi antara supply and demand.

Faktor-faktor dari perubahan supply and demand ini di antaranya:

  • Siklus bulanan. Biasanya pada masa-masa akhir bulan, nilai klik suatu iklan akan menurun. Ini disebabkan para pengiklan telah membelanjakan penuh anggaran iklan bulanannya dan menarik dari persaingan pasar pada sisa hari di bulan tersebut.
  • Perubahan kompetisi pada suatu keyword. Semakin banyak pengiklan yang menargetkan sebuah keyword, maka harga keyword tersebut otomatis akan menjadi lebih mahal. Perubahan kompetisi akan mudah terjadi, ketika ada pengiklan baru masuk dalam persaingan. Biasanya hal ini dipicu oleh even-even tertentu, seperti pesta olahraga, politik dan lain sebagainya. Atau yang selalu akan terjadi adalah ada pengiklan yang berhenti dan pengiklan baru.
  • Kejadian musiman. Seperti halnya hari raya, musim libur sekolah dan lain sebagainya. Hal ini berpengaruh terhadap nilai klik iklan, karena pada waktu-waktu tersebut terjadi perubahan persaingan. Silakan perhatikan, beberapa hari setelah hari raya misalnya, pendapatan Adsense Kamu biasanya akan mengalami penurunan sedangkan menjelang hari raya cenderung akan naik, karena terjadi perubahan nilai klik pada iklan.
Perbedaan nilai klik iklan pada satu halaman
Berikutnya yang bernilai lebih rendah dan seterusnya. Jadi iklan yang tampil paling akhir di satu halaman adalah iklan yang paling rendah nilai kliknya.

Biasanya, iklan dengan nilai klik paling tinggi akan ditampilkan oleh Adsense pada unit iklan pertama pada suatu halaman (yaitu kode iklan yang pertama kali di-load di source code halaman).

Untuk yang ini silahkan di amati, biasanya cpc unit iklan yang diload pertama ( disarankan unit reponsive ) nilai / harga perklik paling besar.

Itulah beberapa hal yang menentukan perubahan dan variasi nilai iklan Adsense. Dengan memahami hal ini, diharapkan kita dapat mengoptimalkan hasil dari program Adsense.

Selain itu, Adsense juga menerapkan sistem smart pricing atau penetapan harga cerdik, yang ikut menentukan perubahan nilai klik pada suatu iklan yang ditampilkan.

Cara Melihat CPC Google Adsense

Sudah paham apa itu cpc ? cpc adalah biaya yang ditawarkan oleh pihak advertiser (pengiklan) untuk tiap klik iklannya.

Untuk melihat kisaran cpc suatu kata kunci bisa menggunakan :

  1. Keyword Everywhere
  2. Keywordtool.io
  3. Ubersuggest

Lebih banyak lihat di Aplikasi Riset Keyword Gratis Terbaik

Cara Melihat CPC Google Adsense

Dari beberapa situs penyedia alat untuk riset kata kunci tersebut, Kamu akan mengetahui berapa kisaran cpc suatu kata kunci.

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense

Untuk meningkatkan penghasilan Google Adsense, sebetulnya sangat mudah.

Cukup 3 faktor yaitu jumlah visitor, cpc dan ctr, semakin besar ketiga faktor tersebut semakin besar pula penghasiln adsense Kamu.

Untuk itu silahkan baca beberapa tips adsense berikut :

Semoga bermanfaat, sukses selalu buat kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

27 Komentar

  • Makasih banyak infonya Mas Gee Jhon. Saya baca artikel mas krn sy barusan mengalaminya. Ternyata gt yaa…Owalah padahal tadinya udah girang! Eh turun lagi….
    Tapi, tetep bersyukur kok! Semga kedpnnya CPC makin meroket

  • Om mau tanya, link afiliasi di blog brpengaruh gak dgn nilai cpc.. blog ku niche wisata, trus aku pke afiliasi jg.. thankyu untk jwaban trbaiknya..

  • Terimkasih infonya gan sangat bermanfaat
    ternyata bukan karena dolar yng terus naik yah 😀

  • terimkasih bnyak mas infonya 🙂
    kalo syarat-syarat agar diterima ADsensi apa saja yah?

  • @kangdansen.
    aminn… sukses selalu kangdansen.

    @ibrahim.
    apakah di bawah posting blog, seperti yg terlihat di PortalUang? Klo itu maksudnya, sama sekali tidak melanggar.

    Mengenai klik yang rendah, memang kebanyakan nilai klik tidaklah terlalu besar, bahkan terhitung kecil.

    Coba lihatlah nilai rata2 per bulan, berapa nilainya. Jika rata2nya masih kisaran $0.06 – $0.10, maka itu sudah cukup bagus, dan yaaaa.. itulah adsense.

    Maka dari itu, kunci utama sukses dalam menjalankan adsense, adalah trafik. Blog dg trafik di bawah 2000pv/hari, rasanya masih sulit tuk bisa PO tiap bulan.

  • Kenapa ya mas setiap klik iklan adsense di blog saya nilainya rendah, ada apa ya, apa karena penempatan adsensenya ya, mohon pencerahannya ya

  • Kalau boleh minta saran ni mas, jika meletakkan kode adsense di bawah postingan blog tidak melanggar peraturan ya, soalnya saya belum berani

  • Jadi pelajaran penting Kang buat saya soalnya lagi mempermasalahkan CPC yang kecil mudahan dengan ini klik jadi besar beserta earningnya juga 🙂

  • @harga.
    makasih…. semoga bermanfaat… terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. 🙂 dan salam kenal, sukses selalu untuk kita semua!

  • keren nih tipsnya… langsung ke tkp ah, makasih buat adminya, salam kenal n sukses selalu..

  • @zhu.
    hhmmm…ok semoga sukses….

    tapi entahlah saya sendiri tidak begitu yakin, jika blog english lebih besar nilai kliknya dibanding blog Indo. Menurut saya, besar kecilnya berdasarkan topik (kw), bukan dari sisi bahasa… meski pakai bahasa apapun (termasuk b. inggris), jika memang topiknya kecil, ya tetap saja nilai per kliknya kecil, dan tidak lebih besar dari yang berbahasa Indonesia dg topik yang sama.

  • nice info gan,,ane punya blog bahasa indo n emang kecil nilai klik nya,,akhirnya nyoba juga buat web bahasa inggris jg..

  • Wah jd selama ini iklan sy gak tau deh brapa bayarannya karna sering nol tiap hari… Ternyata ada aturannya…

  • Makasih infonya bro..sangat bermanfaat..
    yang terjadi pada ane ternyata benar bahwa pada akhir bulan, nilai Klik iklan akan turun.