Bisnis

Kenapa Bisnis Kamu Perlu Website? Berikut 5 Alasannya!

Di zaman yang semakin berkembang, tidak sedikit perusahaan yang mulai memanfaatkan layanan internet untuk mengembangkan bisnis yang sedang dirintisnya. Terutama dalam hal mempromosikan produk, sebuah perusahaan yang mengikuti perkembangan zaman tentunya akan membuat sebuah gebrakan baru agar identitas bisnis yang sedang dirintisnya tersebut semakin dikenal oleh khalayak ramai. Tidak hanya di dalam negeri saja namun bisa dikenal juga hingga ke mancanegara. Salah satu untuk mendorong hal tersebut adalah dengan membuat sebuah website.

Kenapa Sebuah Bisnis Memerlukan Website?

Kenapa Sebuah Bisnis Memerlukan Website

Dengan adanya website di dalam sebuah perusahaan ternyata bisa memberikan ruang bagi perusahaan tersebut untuk ikut andil dalam persaingan bisnis, tujuannya hanya satu yaitu untuk memajukan perusahaan. Karena perkembangan internet yang melaju sangat cepat, banyak perusahaan mulai berbenah untuk mencari inovasi terbaru yang lebih baik agar perusahaan mereka tidak tertinggal dengan para kompetitornya.

Jika saat ini bisnis kamu selalu mengikuti perkembangan zaman, maka memiliki sebuah website merupakan suatu keharusan dan sangat penting untuk keberlangsungan bisnis kamu kedepannya. Tapi sebenarnya apa saja sih yang menjadi alasan kenapa sebuah bisnis perlu memiliki website? Berikut penulis rangkum 5 alasannya, simak baik-baik ya.

Baca juga : Strategi Promosi.

Kompetitor Bisnis Kamu Sudah Memiliki Website

Kompetitor Bisnis Kamu Sudah Memiliki Website

Di dalam sebuah persaingan bisnis tentunya selalu ada kompetitor atau pesaing yang memiliki produk jualan yang sama dengan kita. Hal tersebut tidak bisa kamu hindari, pasalnya  semakin banyak minat terhadap produk yang kamu jual, maka akan semakin banyak pula orang yang ingin memiliki bisnis yang sama. Sehingga alangkah lebih baik jika setiap perusahaan memiliki inovasi yang unik agar tampil berbeda dengan para kompetitornya.

Apa jadinya ketika kompetitor bisnis kamu sudah lebih dulu memiliki website dan mereka mulai mengembangkan website mereka tersebut? Sedangkan kamu masih menggunakan cara lama atau konvensional untuk mempromosikan jualan kamu. Penulis yakin 100% jika kamu tidak mengikuti perkembangan zaman tersebut, perusahaan kamu semakin lama akan jauh tertinggal dibelakang.

Dan parahnya lagi, bisa saja bisnismu tersebut akan tutup (gulung tikar) karena sepinya pelanggan yang datang membeli produk jualan kamu. Mereka lebih memilih beralih ke kompetitor bisnis kamu yang cara mempromosikan jualannya lebih modern dan lebih mudah dijangkau. Tidak mau mengalami hal tersebut bukan? Jadi tunggu apa lagi, saatnya untuk membangun website dan kembangkan website bisnis kamu agar tampil lebih profesional dan beda dari kompetitor lainnya.

Kamu tidak perlu khawatir terhadap rumitnya dalam membuat website, karena sekarang ini banyak provider hosting yang sudah menyediakan hosting khusus wordpress yang mudah digunakan tanpa perlu instalasi yang rumit. Apalagi di zaman yang menuntut kamu harus serba cepat, hosting wordpress inilah yang menjadi pilihan paling tepat. Salah satu provider hosting yang menawarkan hosting wordpress dengan harga terjangkau dan free domain terpercaya lebih dari 18 tahun di Indonesia adalah Masterweb.com.

Promosikan Produk Jualan Kamu Lebih Mudah

Promosikan Produk Jualan Kamu Lebih Mudah

Masih menggunakan cara lama atau konvensional untuk promosikan jualan kamu seperti membuat brosur atau pamflet? Kalau iya, berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk mempromosikan jualan kamu tersebut? Dan berapa biaya yang kamu keluarkan untuk sekali promosi? Pastinya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit bukan?

Berbeda jika kamu menggunakan website sebagai media promosi, kamu bisa melakukan promosi kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mempromosikan jualan kamu, cukup bermodalkan domain dan website, kamu sudah bisa berjualan dan promosi secara online.

Tentunya hal ini perlu kamu perhitungkan lebih dulu sebelum mulai beriklan. Mana yang terbaik untuk bisnis kamu kedepannya. Apakah masih tetap setia dengan cara konvensional atau beralih mengikuti perkembangan zaman dengan berpromosi secara online.

Dapat Menghemat Biaya Pengeluaran

Dapat Menghemat Biaya Pengeluaran

Seperti yang sudah penulis sampaikan dipoin sebelumnya, dengan menggunakan website sebagai media promosi, tentu hal ini akan berpengaruh juga terhadap dana yang perusahaan kamu akan keluarkan.

Banyak yang mengatakan kalau membuat website profesional membutuhkan biaya yang besar, padahal hal tersebut tidaklah benar. Pasalnya biaya untuk membuat website masih terbilang murah jika dibandingkan dengan biaya promosi melalui surat kabar, koran, pembuatan brosur, pamflet, dan lain sebagainya.

Bisa Dijadikan Media Branding

Bisa Dijadikan Media Branding

Ketika ada yang menjual sebuah produk, hal yang akan dilihat oleh pelanggan pertama kali adalah kualitas dari kemasan produk itu sendiri. Kemudian setelah itu mereka akan menyoroti merek dari produk tersebut. Sebagian besar orang menjatuhkan suatu pilihan terhadap sebuah produk dilihat dari perusahaan yang sudah memiliki nama besar dengan alasan lebih aman dan pastinya sudah terbukti kualitasnya. Namun meskipun begitu, terkadang mereka juga akan mempertimbangkan harga terlebih dahulu ketibang sebuah merek.

Kalau bisnis kamu sudah banyak dikenal oleh orang, tentunya hal ini akan memudahkan kamu dalam memasarkan produk bahkan untuk meningkatkan volume penjualan pun tidak menjadi hal yang sulit untuk dilakukan. Namun apa jadinya dengan bisnis yang baru saja dirintis? Pastinya memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan branding secara offline bukan? Nah, peran website sebagai media branding dalam hal ini pastinya sangat diperlukan.

Kamu bisa melakukan promosi produk jualan kamu kapanpun yang kamu mau tanpa perlu menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan feedback dari iklan kamu tersebut.

Website yang Sesuai Dengan Perkembangan Zaman

Website yang Sesuai Dengan Perkembangan Zaman

Jika bisnis kamu ingin sukses dan tidak tertinggal dengan para kompetitor, maka perusahaan kamu diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan zaman yang ada. Perkembangan teknologi digital saat ini memang sangat berkembang pesat dan cepat serta memiliki potensi yang sangat besar.

Hal tersebut dinyatakan oleh Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia di Djakarta Theater Jakarta pada bulan Oktober 2019 yang lalu di dalam diskusi publik yang bertema “Dampak Tokopedia terhadap Perekonomian Indonesia”. Beliau mengatakan bahwa pertumbuhan pasar ekonomi digital naik sebesar 40% setiap tahunnya, dimana data tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang naik rata-rata 5% pertahunnya. Bisa disimpulkan bahwa Teknologi digital disebut sebagai terobosan baru, dapat meningkatkan efisiensi dan bisa mendongkrak pendapatan dan produksi dalam bisnis.

Sebagai perusahaan yang ingin terus melakukan perubahan dengan mengikuti trend teknologi yang berkembang saat ini adalah dengan membangun sebuah website. Buatlah sebuah website yang sesuai dengan bisnis yang kamu inginkan, contohnya apabila kamu ingin membuat sebuah website online store maka buatlah website yang menampilkan produk jualan kamu, cara untuk order, metode pembayarannya dan lain sebagainya.

**

Itulah beberapa alasan kenapa bisnis kamu perlu memiliki sebuah website. Masih banyak orang yang berpikiran bahwa memiliki website untuk bisnisnya tidak begitu penting, ada juga yang bilang kalau membuat website membutuhkan dana yang besar dan lain sebagainya, ternyata hal tersebut adalah salah besar. Karena sampai detik ini sebuah website merupakan salah satu media digital yang masih dapat diandalkan untuk membangun citra dan brand perusahaan.

Selain itu, website dibangun dengan biaya yang cukup terjangkau. Cukup membeli domain dan hosting saja, kamu sudah bisa langsung berjualan. Berbeda dengan cara konvensional yang harus mengeluarkan banyak biaya seperti untuk cetak brosur, cetak pamflet, lain sebagainya.

Baca juga : Cara Promosi Online.

Jadi sudah tahu kan, media mana yang paling efektif untuk perkembangan bisnis kamu untuk kedepannya? Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)