Kompres PDF Offline

Mengirimkan dan menerima file pdf tentunya adalah sebuah kesibukan yang lumrah anda alami. Baik itu dokumen pekerjaan, tugas kuliah atau sekedar ebook, harus anda akui kalau format file pdf ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi keseharian anda.

Sayangnya terkadang file pdf ini berukuran terlalu besar sehingga sulit untuk mengirimkannya. Maka dari itu anda perlu kompres PDF secara Oflline maupun Online.

Pdf adalah salah satu format file yang begitu penting di era modern ini. Selain support terhadap berbagai aplikasi sehingga bisa dibuka kapan saja, file satu ini terbilang ringan dan aman untuk dibawa karena tidak rentan terkena virus. Bahkan jika anda tidak memiliki aplikasi untuk membukanya, anda bisa mengakses file pdf ini secara online karena jenis file satu ini sudah support terhadap browser apapun.

Lihat juga berbagai Aplikasi Kompres PDF Offline dan Online

Kenapa file pdf bisa berukuran terlalu besar?

Terkadang orang bingung, apa yang membuat file pdf berukuran begitu besar padahal jumlah halaman dan gambar yang dimiliki itu sama. Alasannya adalah karena resolusi dari gambar yang anda attach pada dokumen pdf memang besar. Perlu ada tahu, pdf ini menggunakan skema pixel sehingga gambar yang sudah dikonversi menjadi pdf bisa dengan mudah juga dikonversi menjadi jpg.

Metode ini membuat pdf bisa dibuka di berbagai aplikasi seperti salah satunya adobe photoshop dalam bentuk image merged, ataupun dalam bentuk text image non merged. Sudah tentu hal ini memberikan keuntungan bagi banyak pihak karena selain bisa dibuka di berbagai aplikasi, pdf ini juga sangat mudah untuk di edit atau bahkan di konversi menjadi format file lainnya seperti misalnya doc.

Pada saat anda memasukkan beberapa gambar ke dalam format pdf, seringkali anda lupa untuk memperkecil resolusi dari gambar tersebut sehingga terjadi ledakan ukuran dokumen. Bukannya mempermudah, kondisi seperti ini malah sering menyebabkan file pdf lambat saat dibuka. Tentu saja hal ini sangat tidak efektif dan mengurangi produktivitas kerja anda bukan?

Kondisi seperti ini membuat file pdf seringkali mengalami ukuran file yang terlalu besar sehingga anda sedikit kesulitan untuk mengirimkannya. Bagaimana tidak, batas standar ukuran file pdf untuk mailing dokumen kantoran biasanya berkisar antara 300 hingga 1,8 Mb. Tapi terkadang file pdf yang baru dibuat bisa mencapai 10 hingga 15 Mb. Karena itulah cara memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb ini harus anda kuasai dengan baik.

Baca juga :  Cara Mengubah Word ke PDF.

Beberapa cara memperkecil ( Kompres ) ukuran file pdf menjadi 300 kb Secara Offline

Untuk memperkecil ukuran file pdf yang anda miliki, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan dari mulai yang paling mudah hingga yang agak ribet. Semuanya situasional, tergantung kebutuhan dan kondisi anda.

Baca juga :  Cara Mengubah PDF Ke JPG.

1. Menggunakan aplikasi Microsoft Word

Jika anda kebetulan sedang offline dan tidak memiliki koneksi internet, anda bisa juga menggunakan aplikasi microsoft word untuk mengkompres ukuran file pdf anda. Cara memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb secara Offline menggunakan ms word juga tidak terlalu sulit.

  • Pertama cari file pdf yang hendak anda kompres
  • Klik kanan pada file tersebut, pilih “open with” dan pilih microsoft word
  • Rapikan file tersebut hingga sesuai dengan keinginan anda karena konversi dari pdf ke word biasanya akan membuat margin file menjadi sedikit kacau.
  • Kalau sudah selesai merapikan, klik “file” dan pilih “save as”.
  • Beri nama file tersebut pada kolom yang sudah disediakan.
  • Pada kolom “save as type” pilih pdf
  • Dibawahnya ada menu optimize for. Pilih “minimum size (publishing online)”.
  • Klik save.

2. Menggunakan aplikasi adobe acrobat XI Pro

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat XI Pro. Sayangnya aplikasi satu ini jarang dimiliki oleh orang awam karena memang jrang digunakan. Tapi cara mengkompres file pdf dengan menggunakan aplikasi satu ini juga tidak terlalu sulit.

  • Buka adobe acrobat XI pro
  • Klik “file” kemudian “open” dan pilih file pdf yang hendak anda kompres ukurannya.
  • Setelah terbuka, klik kembali menu “File” dan kemudian pilih “Save As Other” kemudian pilih “Reduced Size PDF”.
  • Save kembali file pdf tersebut dengan nama baru sesuai kebutuhan anda.
  • Cek ukuran terbaru file, kalau masih belum mencapai 300 kb lakukan berulang hingga berukuran sesuai keinginan anda.

Baca juga :  Cara Mengubah PDF Ke Word.

3. Menggunakan Software Orpalis PDF Reducer

Cara memperkecil ukuran file pdf menjadi 300 kb yang terakhir adalah dengan menggunakan software bernama Orpalis PDF Reducer. Cara kerja aplikasi satu ini sangat mirip dengan small pdf. Hanya saja aplikasi satu ini terbilang lebih aman karena bekerja secara offline dan anda tidak usah mengunggah file yang anda miliki.

  • Buka file pdf yang hendak anda kompres dan tekan batch
  • Kemudian tunggu hingga progres selesai.

Baca juga : Cara Kompres File PDF Menjadi Kecil : 100 kb, 200 kb, 300 kb, 400 kb Atau 500 kb Secara Online

Tentang penulis

Mendy Aisha Ramdhiani

Mendy Aisha Ramdhiani

Seorang blogger pemula yang masih juga terus belajar dan menempuh pendidikan formal S1 Teknik Geologi di Kota Pelajar Yogyakarta. Feel Free To Ask Me~

Tulis komentar