Internet Marketing

Internet Marketing

Berikut ini materi panduan belajar internet marketing untuk pemula, mulai dari memahami :

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah pemasaran online lewat internet yang dilakukan oleh pemilik usaha atau pebisnis.

Sedangkan menurut Wikipedia, Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet.

Pengertian internet marketing menurut para ahli :

  • Kotler dan Armstrong (2008:237), internet marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang pada basisnya merupakan situs publik, berpengaruh besar terhadap jaringan komputer yang tipenya berbeda.
  • Smith dan Chaffey (2013:15), internet marketing adalah inti dari sebuah e-business, dengan semakin dekatnya sebuah perusahaan terhadap pelanggan dan memahaminya secara lebih baik, menambah nilai dari suatu produk, memperluas jaringan distribusi dan juga meningkatkan angka penjualan dengan menjalankan kegiatan e-marketing yang berdasarkan pada media digital seperti pemasaran melalui mesin pencari, iklan online dan afiliasi pemasaran.
  • Mulia (2009), internet marketing merupakan sebuah sarana yang dijadikan tempat pemasaran produk maupun jasa melalui internet.
  • Chaffey (2000), internet marketing adalah aplikasi dari internet dan berbagai teknologi digital terkait guna mencapai tujuan pemasaran. Teknologi-teknologi pendukungnya antara lain kabel-kabel, satelit, media internet, perangkat lunak, dan perangkat keras, yang dibutuhkan untuk internet marketing tersebut.

Tujuan Internet Marketing

Tujuan utama dari internet marketing adalah mempromosikan barang dan jasa secara online.

Sedangkan menurut (Belch & Belch, 2012), tujuan internet marketing dibagi menjadi 8 :

  1. Create Awareness.
  2. Generate Interest.
  3. Disseminate Information.
  4. Create an Image.
  5. Create a Strong Brand.
  6. Stimulate Trial.
  7. Create Buzz.
  8. Gain Consideration.

Menurut Strauss dan Frost (2012), internet marketing memiliki tujuan untuk :

  1. Mampu menjangkau calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
  2. Mampu melacak dan mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
  3. Mampu menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
  4. Menyajikan promosi yang lebih menarik.
  5. Mempermudah proses pembelian dibandingkan dengan sistem offline.
  6. Personalisasi pemasaran untuk tiap calon konsumen.
  7. One-on-one marketing.
  8. Twenty-four-hour marketing.

Ciri – Ciri Internet Marketing

Berikut ini beberapa ciri – ciri internet marketing :

  1. Cara promosi yang tidak baku, tersebar dan tidak jelas, seperti membuat beriklan menggunakan fb ads atau twitter ads, update status, artikel blog.
  2. Komunikasi banyak arah, sehingga lebih terbuka dan reponsif.
  3. Ruang lingkup promosi sangat luas.
  4. Waktu promosi tidak terbatas.

Manfaat Internet Marketing

Berikut ini beberapa manfaat internet marketing untuk pelanggan dan perusaahan :

Manfaat internet marketing untuk pelanggan :

  1. Memberikan pelanggan manfaat dasar yang sama denganbentuk pemasaran langsung lainnya.
  2. Menawarkan kepada pelanggan beberapa keunggulan tambahan.

Manfaat internet marketing untuk perusahaan :

  1. Membangun hubungan dengan pelanggan.
  2. Perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk dapat lebih mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan secara khusus, serta membangun database pelanggan.
  3. Mengurangi biaya.
  4. Karena pelanggan dapat berurusan langsung dengan penjual, pemasaran online sering menghasilkan biaya yang lebih rendah untuk meningkatkan fungsi penyaluran dan promosi dagang.
  5. Menawarkan keleluasaan yang lebih baik, yang membuat perusahan dapat membuat penyesuaian yang berkelanjutan pada produk dan penawarannya sesuai dengan kebutuhan pelanggan karena catalog online dapat disesuaikan kapan saja sesuai kebutuhan.
  6. Merupakan media yang global.
  7. Internet merupakan media yang memungkinkan pembeli dan penjual dapat mengakses informasi secara global.

Jenis Internet Marketing

Berikut ini jenis – jenis internet marketing :

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah cara mekukan pemasaran online (Internet Marketing ) dengan optimasi search engine baik menggunakan SEO atau PPC (beriklan). Pada dasarnya SEM dibagi menjadi dua yaitu :

  • Search Engine Optimization (SEO). Bentuk pemasaran ini menurut kami adalah nomor satu yang menjadi tujuan para pegiat internet marketing. Karena SEO untuk ditujukan agar website, review produk maupun artikel dapat menempati pada halaman satu bahkan peringkat pertama pada mesin pencari.  Optimasi SEO dibagi menjadi dua yaitu optimasi SEO On-Page dan SEO OfPage. Dengan pemsaran menggunakan jenis ini saja kita sudah dapat meraup keuntungan banyak.
  • Pay Per-Click (PPC). PPC adalah sebuah cara atau teknik pemasaran dengan cara mengiklankan produk atau website kita. Contoh mengiklankan webiste kita pada Google Adwords. Dengan menggunakan jenis Internet Marketing ini Kamu dapat langsung menargetkan dengan detail sasaran Kamu. Mulai dari usia, negara, bahasa dan masih banyak yang lain.

2. Social Media Marketing

Social Media Marketing adalah cara melakukan pemasaran yang memanfaatkan lalu lintas didalam sosial media. Seperti Facebook, twitter, Line, Instagram, WhatApps dan masih banyak yang lainnya.

3. Refferal Marketing

Refferal Marketing adalah sebuah metode untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada konsumen baru dengan cara memberikan referensi.

Contoh jika kita membeli produk di dewaweb.com pada halaman clientarea akan ada menu Affiliate Program. Menu ini digunakan sebagai ide pemasaran oleh dewaweb.com agar produk mereka lebih menjadi terkenal. Ya semua pasti akan merasa lebih percaya dan nyaman jika kita dikasih saran oleh orang yang lebih kita kenal.

Keuntungan menggunakan referral marketing:

  1. Mengurangi anggaran penjualan dan pemasaran dengan fokus pada pelanggan yang puas terhadap produk dan layanan. Pelanggan yang puas diberikan kemudahan akses untuk mereferensikan produk atau layanan kepada orang lain.
  2. Meningkatkan siklus penjualan dengan menghasilkan lebih banyak qualified leads (calon customer).
  3. Memastikan kepuasan pelanggan sehingga dapat meningkatkan jumlah pembelian berulang (repeat order) dari customers dan referrals.
  4. Referral marketing umumnya memiliki angka konversi (conversion rate) yang tinggi dengan biaya akuisisi customer yang rendah.
  5. Menghasilkan ROMI (return on marketing investment) yang lebih tinggi.

4. Email Marketing

Pemasaran ini memanfaatkan media surat elektronik dalam mempromosikan produk atau jasa. Pihak perusahaan akan melakukan pemasaran secara langsung dengan cara mengirimkan pesan yang ditujukan ke alamat email pelanggan.

5. Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah sebuah metode pemasaran dengan cara memperbaiki kualitas konten yang lebih berkualitas pada sebuah website sehingga konsumen lebih puas.

Tugas Internet Marketing

Secara umum tugas dari internet marketing adalah mempromosikan barang dan jasa secara online. Selain itu, tugas internet marketing lainnya adalah :

  1. Riset pasar.
  2. Riset pesaing.
  3. Memilih tempat promosi.
  4. Audit hasil internet marketing.

Tools Internet Marketing

Berikut ini tools atau aplikasi yang sering digunakan untuk keperluan internet marketing :

  1. Riset produk atau pesaing : Goolgle Trends, Google Keyword Planner, Aherfs, Ubersuggest.
  2. Kerpeluan gambar : Unsplash, Canva, Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator.
  3. Social Media : Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Youtube, Hootsuite (alat untuk mengelola secara tim).
  4. Buat dan Pasang Iklan : Facebook Ads, Twitter Ads, Google Ads.

Kelebihan dan Kekurangan Internet Marketing

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan internet marketing.

Kelebihan Internet Marketing :

  1. Biaya promosi lebih murah.
  2. Ruang lingkup promosi luas.
  3. Waktu promosi tidak terbatas.
  4. Waktu kerja lebih fleksibel.

Kekurangan Internet Marketing :

  1. Banyak celah terjadi penipuan.
  2. Alat – alat pendukung internet marketing yang cepat berkembang sehingga terus update ilmu.
  3. Lebih banyak kompetitor.

Itulah beberapa materi dasar internet marketing yang dapat dipelajari untuk pemula, selanjutnya Anda perlu lebih dalam mempelajari cara riset dan menggunakan beberapa fasilitas untuk promosi secara online.

Jika belum paham juga sebaiknya cara paka, pembicara atau tempat kursus internet marketing agar lebih terarah, karena internet marketing itu sangat luas dan materinya yang harus dipelajari sangat banyak.

Tampilkan Komentar

4 Komentar

  • Untuk SEO sepertinya lebih menjanjikan prospeknya dan gratis pula meskipun harus kerja keras dan sabar karena hasilnya gak instant.

    Saya sendiri baru bikin blog Otomotif atau lebih spesifik tentang harga jual mobil avanza bekas di pontianak, dengan memanfaatkan SEO Lokal, yang nantinya akan saya optimasi dengan SEM. Kira-kira gimana prospeknya untuk kedepannya ya?

    • untuk prospek bisa kita lihat dengan riset produk dan riset kompetitor dahulu. bilo low comp maka prospek sangat bagus 🙂 jika kompetitor banyak dan susah kalau memang ingin tetap bersaing kita juga harus ekstra. inti prospek kedepan bisa kita riset dahulu seperti yang suda dipaparkan di artikel ini

  • Saya sendiri sudah mempraktekkan langkah-langkah di atas tadi,seperti SEO dan PPC,menurut saya PPC jauh lebih mudah dan hasilnya yang cukup instant,namun ya itu tadi’ harus bayar dulu sama Mbah Google. Untuk ukuran kantong seperti saya,mengikuti program PPC sangat tidak mengenakkan meskipun hasilnya yang cukup instant. Terus saya beralih ke cara SEO,meski lelah dan berdarah-darah yang penting Free alias “Gratis”! Terima kasih atas kiriman artikelnya.

Tulis komentar

close