Pertanyaan yang Paling Saya ‘Benci’ Tentang Blogging

Pertanyaan yang Paling Saya 'Benci' Tentang Blogging

Dalam perjalanan saya blogging selama ini, saya banyak mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seputar blogging for money alias tentang mendapatkan uang dari blog.

Selama ini saya selalu berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dengan sebaik mungkin. Ada beberapa pertanyaan yang kreatif, yang dari pertanyaan itu saya menjadi lebih ‘gigih’ lagi untuk belajar.

Tapi, tahukah Kamu dari sekian banyak pertanyaan-pertanyaan itu, ada beberapa yang paling saya benci untuk menjawabnya? Kenapa? Karena memang saya tidak tahu jawabannya!

Inilah 4 pertanyaan tersebut:

4 Pertanyaan yang Paling Saya ‘Benci’ Tentang Blogging

1. Saya membuat blog dengan niche [xyz], dapatkah saya sukses mendapatkan uang dari niche tersebut?

Sumpah! Pertanyaan ini sulit sekali saya jawab, karena saya sama sekali tidak memiliki kemampuan ‘melihat’ masa depan Kamu.

Tapi demikian, saya memiliki keyakinan: selama ada permintaan yang cukup terhadap informasi, layanan maupun produk yang Kamu sediakan atau tawarkan, maka selama itu Kamu dapat mencapai sukses melalui niche yang Kamu pilih.

Mungkin pertanyaan yang lebih tepat adalah:

  • Apakah Kamu telah mempersiapkan diri dan juga motivasi yang cukup kuat untuk belajar membangun blog yang baik dan sekaligus mempromosikannya dengan sebaik-baiknya?
  • Apakah Kamu telah melakukan riset yang memadai untuk mengetahui banyak tidaknya permintaan terhadap informasi, layanan atau produk yang Kamu tawarkan?
  • Apakah Kamu telah memiliki strategi blogging yang matang untuk terjun dalam persaingan dan menjadi pembeda antara Kamu dengan pesaing Kamu yang telah lebih dulu ada?

Kebanyakan jawaban dari pertanyaan di atas tidak akan pernah Kamu ketahui kecuali dengan langsung mencobanya. Mencoba dan mencoba adalah kunci sukses sebenarnya.

Jika Kamu telah memiliki semua jawaban bagus terhadap 3 pertanyaan di atas, saya yakin seyakin-yakinnya Kamu akan mampu meraih sukses melalui niche apapun yang telah Kamu pilih.

Update: Saya telah membuat sebuah panduan lengkap, bagaima cara memilih niche terbaik untuk blog Kamu.

2. Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk mulai mendapatkan uang dari blog?

Ini sama seperti pertanyaan nomor 1 di atas. Saya tidak tahu tentang masa depan Kamu, jadi sulit sekali untuk menjawabnya.

Mari sejenak kita berKamui-Kamui membangun bisnis di dunia nyata. Katakanlah Kamu berencana membuka sebuah usaha jasa percetakan. Kemudian Kamu mendatangi salah seorang teman yang sudah sukses lebih dulu sebagai pengusaha minimarket (niche yang jauh berbeda).

Dan kemudian Kamu bertanya kepadanya: “Kira-kira berapa lama saya bisa mulai mendapatkan keuntungan dari usaha jasa percetakan?” Dapatkah teman Kamu itu menjawabnya? Saya yakin tidak bisa!

Dalam dunia bisnis banyak sekali faktor yang ikut mempengaruhi; lokasi tempat usaha, kualitas produk, strategi pemasaran, target positioning dan sebagainya. Begitu pula dengan bisnis online! Tidak jauh berbeda. Sama saja. Prinsip yang sama juga berlaku bagi kita: para blogger!

Jadi, berapa lama dan seberapa banyak yang dapat Kamu hasilkan akan sangat tergantung terhadap banyak faktor, seperti:

  • Seberapa banyak permintaan (demand) terhadap informasi / produk / layanan yang Kamu tawarkan melalui niche yang Kamu pilih?
  • Seberapa banyak trafik yang mampu Kamu bangun.
  • Seberapa baik Kamu mampu menjadikan pengunjung sebagai sumber pendapatan.
  • Seberapa bagus kualitas produk yang Kamu miliki (jangan salah, konten adalah produk bagi seorang blogger).

Saya simpulkan, tidaklah terlalu jauh berbeda dengan bisnis offline, prinsip-prinsip dasar bisnis juga berlaku dalam mengelola bisnis online, termasuk bagi Kamu yang menjadikan blogging sebagai sumber pendapatan.

3. Dari laporan di akun Adsense, saya melihat ada [xxx] klik, kenapa pendapatan saya cuma [$xx]?

Seharusnya pertanyaan ini diajukan kepada pihak Adsense. Saya bukan karyawan Adsense, bukan juga tim support Adsense. Tentu saja, saya tidak dapat menjawabnya.

Sedangkan, meskipun saya banyak menulis tentang tips Adsense, itu semua adalah semata dari pengalaman, dari apa yang alami. Saya tidak pernah tahu berapa nilai klik sesungguhnya dari masing-masing iklan yang muncul di blog saya.

Satu hal yang perlu kita ingat, Adsense sendiri tidak pernah memberi tahu kita berapa nilai dari setiap klik yang didapatkan. Jika memaksa, Kamu bisa saja menghitung sendiri dengan membagi total pendapatan dengan jumlah klik yang Kamu dapat. Tapi ini pun tetap tidak bisa dijadikan lKamusan kuat, karena nilai klik adsense selalu berubah-ubah.

Pemasang iklan Adsense, selalu merubah nilai maksimal mereka dalam lelang. Ditambah dengan sejumlah faktor lain, inilah yang menyebabkan nilai klik Adsense senantiasa selalu berubah. Satu-satunya cara untuk memastikan hasil yang maksimal dari program Adsense adalah dengan melakukan optimasi dan mendatangkan trafik sebanyak-banyaknya ke blog Kamu.

Kesimpulannya: tidak ada seorang pun yang dapat memberitahu Kamu seberapa cepat dan seberapa banyak yang dapat Kamu hasilkan dari Adsense, karena terlalu banyak faktor yang tetap menjadi ‘rahasia’ yang tidak kita ketahui.

4. Saya ingin menjalankan program afiliasi, afiliasi apa yang harus saya jalankan?

Saya tidak dapat menjawabnya. Ada banyak faktor yang akan mempengaruhi, apa niche blog Kamu, berapa banyak visitor Kamu, sebagian kecil dari faktor-faktor tersebut.

Namun secara mendasar, jika Kamu hanya meniru apa yang dilakukan oleh blog lain, tanpa memiliki strategi dan target sendiri, kemungkinan besar Kamu akan gagal. Satu metode dapat saja berhasil untuk beberapa orang, tapi tidak untuk semua orang.

Intinya, Kamu dapat menghasilkan banyak uang dari afiliasi apapun, jika Kamu mau belajar membuat blog yang populer, ramai pengunjung dan mengetahui cara menjadikan mereka sebagai pelanggan.

Kesimpulan akhir :

Setiap orang akan memiliki pendekatan dan pengalaman yang berbeda, tergantung dari minat, motivasi, niche, dan etos kerja masing-masing.

Melihat apa yang dilakukan oleh mereka yang telah sukses memang baik, tapi meniru begitu saja apa yang mereka lakukan, jelas bukan sebuah jaminan kesuksesan. Kamu perlu membangun dan memiliki strategi sendiri yang benar-benar bekerja dengan baik untuk niche dan blog Kamu sendiri.

Dan semua itu tidak akan Kamu dapatkan tanpa melakukannya sendiri dan terus memupuk pengalaman. Sukses selalu untuk kita semua. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

6 Komentar