Teknik Promosi

Teknik Promosi

Berikut ini penjelasan tentang teknik promosi, mulai dari :

Apa Itu Teknik Promosi ?

Teknik promosi adalah suatu cara yang dilakukan dalam kegiatan atau aktivitas penjual untuk mengenalkan produk penjualan serta mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk tersebut.

Teknik yang bagus tentu akan mampu meningkatkan volume penjualan bisnis Kamu. Oleh karena itu, Kamu harus benar-benar jeli dan cerdas dalam menentukan teknik yang akan Kamu gunakan dalam melakukan penjualan produk Kamu.

Teknik promosi menurut Shimp dalam bukunya (periklanan promosi, 2003) menyatakan bahwa teknik promosi dapat dilakukan antara lain: personal selling, periklanan, publikasi , promosi penjualan, point of purchase, sponsorship.

Teknik – Teknik Promosi

1. Personal Selling

Personal selling adalah suatu bentuk promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka atau penyajian presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli dengan tujuan terciptanya suatu penjualan.

Keuntungan yang didapat dari personal selling adalah :

  1. Komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli sehingga tingkat closing meningkat.
  2. Penjual dapat memberi arahan kepada pembeli sesuai kebutuhan.
  3. Penjual dan pembeli menjadi lebih dekat.
  4. Penjual mengetahui secara langsung kepuasaan dari pembeli ( pelanggan ).

2. Periklanan

Periklanan adalah satu dari empat barang penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap pembeli dan masyarakat yang ditargetkan.

Pengertian periklanan menurut Kotler (2001) adalah semua bentuk presentasi non personal dan promosi ide barang atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.

Iklan merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan pesan dari segi biaya dan memotivasi konsumen untuk menggunakan suatu produk (Kasali, 1995).

Iklan menurut griffin dapat dibagi menjadi 3 :

  1. Iklan persuasive
    Iklan Persuasif adalah jenis iklan yang dapat menarik minat berdasarkan kebutuhan yang mendesak, dari iklan ini masyarakat dapat mengerti akan informasi yang didapatkannya.
  2. Iklan perbandingan
    Iklan perbandingan adalah iklan yang secara langsung membandingkan satu merek dengan satu atau sejumlah merek lainnya.
  3. Iklan pengingat
    Iklan pengingat adalah iklan yang ditujukan kepada pembeli atau calon pembeli agar tidak melupakan produk.

3. Publikasi

Publikasi adalah sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak cipta.

4. Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Ada beberapa jenis pomosi penjualan.

  1. Pull strategy, strategi menggunakan insentif untuk memotivasi pelanggan sehingga melakukan pembelian. Apabila pelanggan mulai tertarik dan mencari produk atau jasa tersebut, pengaruhnya akan mendorong para retailer untuk meningkatkan stok barang yang dicari tersebut.
  2. Push strategy, Strategi yang menggunakan insentif untuk memotivasi para agen atau retailer agar meningkatkan pemesanan dan meningkatkan penjualannya dimasing-masing outlet.
    Caranya adalah dengan menggunakan :
    – Strategi volume discount.
    – Strategy allowance.
    – Strategy Dealer Contest.
    – Strategy Dealer Contes.
    – Strategy Sales Training.
    – Strategy Point Of Purchase.

5. Point of purchase

Point of purchase ( POP display ) adalah material marketing dan periklanan yang ditempatkan persis di dekat merchandise yang sedang dipromosikan.

6. Sponsorship

Sponsorship adalah sebuah dukungan finansial atau materi pendukung kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama.

Tampilkan Komentar

Tulis komentar

close