Monetisasi Blog

Cara Sederhana Menghitung di Balik CPM dan CPC

Cara Sederhana Menghitung di Balik CPM dan CPC

Memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia periklanan internet, adalah hal yang cukup penting bagi siapapun yang berniat mencari uang online dari blog, bagi seorang blogger.

Di antaranya adalah pengertian CPM dan CPC.

Nah, kali ini saya coba menjelaskan, bukan hanya pengertian dari istilah itu, tapi juga membicarakan tentang rumus dan hitungan di balik istilah tersebut. Sebagai blogger yang akrab dengan dunia periklanan tentu saja kita dituntut lebih memahami hal-hal yang berkaitan dengan internet advertising.

Mari kita bahas satu-satu:

Apa Itu CPM ?

Arti dari CPM adalah kependekan dari Cost per Mille. Mille sendiri berasal dari Bahasa Latin yang berarti seribu, jadi CPM jika diterjemahkan menjadi bayar per seribu.

Rumus CPM

Dalam hal periklanan ini berarti pengiklan akan membayar per 1000 impresi (atau tampilan iklan) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di situs/blog kita. Ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dalam dunia periklanan internet.

Besaran nilai dari CPM berkisar dari mulai $0,1 – $25 atau lebih, tergantung dari ukuran, penempatan dan nilai situs/blognya sendiri.

Mari ambil sebuah contoh. Misalkan Kamu mengikuti program jaringan periklanan yang menawarkan iklan dengan nilai $5 CPM untuk sebuah banner berukuran 300×250 untuk ditampilkan di bagian atas situs/blog Kamu. Kemudian Kamu memasangnya di blog Kamu dan mendapatkan 100.000 impresi sebulan, maka Kamu akan mendapatkan bayaran sebesar $5 x 100.000 / 1.000.

Rumusnya:

Pendapatan = CPM x (total impresi / 1.000)

Yang perlu diingat adalah, kita harus membagi total tayangan halaman dengan 1.000, karena harga CPM adalah per 1.000 tayangan iklan. Jadi dalam contoh di atas, mudahnya adalah $5 x 100 = $500.

Sekarang mari kita balik rumus tersebut. Andaikan Kamu menawarkan space 125×125 untuk sidebar blog Kamu, dan Kamu menetapkan harga tetap sebesar $100 per bulan.

Blog Kamu sendiri memiliki page view sebanyak 100.000 kali per bulan. Dan pada suatu hari, ada seorang advertiser (yang tertarik memasang iklan di blog Kamu), menanyakan berapa CPM untuk space yang Kamu tawarkan.

Bagaimana Kamu memberikan jawaban?

CPM = harga yang ditetapkan / (total impresi / 1.000)

Sederhana. Kamu tinggal membagi harga yang Kamu tetapkan ($100) dengan total impresi dalam ribuan (100), sehingga $100 / 100, jadi harga efektif untuk space iklan 125×125 di sidebar blog Kamu senilai $1.

Lihat juga : Cara Instan Memiliki Blog Dengan Visitor dan Penghasilan Banyak Melalui Adsense

Apa Itu CPC ?

Arti dari CPC adalah kependekan dari Cost per Click, jika diterjemahkan menjadi Bayar per Klik (BPK). Ini juga salah satu model periklanan yang sangat populer dan paling banyak digunakan.

Rumus CPC

Program periklanan semisal Google Adsense juga menggunakan model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan akan membayar sejumlah nilai uang untuk setiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bervariasi, antara $0,1 – $50 atau lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem yang digunakan oleh Adsense, misalnya, silakan baca artikel saya sebelumnya, mengenal penetapan harga cerdik oleh Adsense.

Kita kembali ke CPC, rumusnya sangat-sangat sederhana:

Pendapatan = CPC x jumlah klik

Jika rata-rata nilai CPC blog Kamu sebesar $0,1 dan Kamu mendapatkan sebanyak 1000 klik per bulan, maka penghasilan Kamu sebesar $0,1 x 1000 = $100.

Sekarang, mari kita balik seperti contoh untuk CPM. Andaikan Kamu menawarkan space 728×90 (leaderboard) di header blog Kamu senilai $500 dan biasanya rata-rata space tersebut mendapatkan sebanyak 2.500 klik per bulan.

Suatu hari ada seorang advertiser menawar space tersebut dan menanyakan berapa harga rata-rata CPC blog Kamu? Kembali ke rumus:

CPC = harga tetap per bulan / jumlah banyaknya klik

Sekali lagi, yang harus diingat adalah ‘cost per click’ atau bayar per klik, jadi Kamu tinggal membagi harga yang ditetapkan dengan jumlah rata-rata klik per bulan. Sehingga hitungannya $500 / 2.500 = $0,2 jadi nilai rata CPC-nya sebesar $0,2.

Selain 2 model di atas, masih ada lagi model lainnya, seperti CPA (Cost per Action), CPL (Cost per Lead) dan CPS (Cost per Sale) yang kesemuanya itu sangat mirip dengan perhitungan CPC.

Insya Allah suatu hari saya juga akan mengulas tentang model periklanan tersebut.

Semoga setelah membaca artikel ini, kita menjadi lebih paham dengan istilah dan perhitungan di balik model periklanan yang sehari-hari kita geluti. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

83 Komentar

    • Halo, saya dalam 4 hari diterima Adsense.
      buat blog 2015 isi 2 konten. stop.
      lanjut lagi 2018, saya tambahin konten hingga total konten hampir 10.

      Note:
      semua artikel saya orisinil
      konsisten kategorinya
      saya newbie banget, selesai daftar baru saya pasang page privacy online, disclaimer dll
      trafik saya per hari gak nyampe 300

      tapi kmrn kena suspend untuk 30 hari, karena saya reflek klik iklan push dari adnow yang saya pasang sendiri wkwkkw, kebetulan iklan film dan saya suka nonton film, otomatis deh.. Tapi tetap optimis akan berjodoh dengan adsense selamanya hahaha

      semoga bisa mencerahkan

  • Salam… Om Gee Jhon…
    Terimakasih banyak atas penjelasannya, saya sudah mulai faham dengan istilah-istilah CPM dan CPC, soalnya saya juga baru di dunia per-blogger-an 😀
    Dan beberapa hari lalu saya kedatangan email dari salah satu perusahaan, dia ingin memasang iklan di blog saya dengan hitungan harga CPM, nah saya bingung pageview dari blog saya.
    Cara melihat Pageview yang paling akurat itu melalui apa ya om? soalnya saya lihat page view blog saya berkisar 4000-4500 perhari jika dilihat dari dashboard blogger, namun jika dilihat dari dashboard google analitic berkisar 1.500-2000 perhari, yang paling akurat untuk dijadikan pedoman yang mana ya om?
    Terimakaih sebelum om…
    salam…

  • Mulai sedikit mengerti, waktu mau pasang adwords lewat jasa ditanya mau yg perklik atau tayangan malah bingung dijelasin banyak tambah puyeng. Taunya iklanin saja saya bayar. Thanks infonya

  • sangat bermanfaat sekali mas potingannya, tapi untuk sekarang saya sangat susah agar dapat di terima sama google adsense , entah karena konten atau apa tpi masalah visitor udah lumayan, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi

  • #OOT. Gan mau tanya nih perihal afiliasi, Saya mempunyai beberapa website salah satunya ada yang berbasis Online Shop dan Domainnya TLD, apakah itu bisa masuk prgram afiliasi?

  • ooh gitu ya gan
    berarti kalau kita cuma sembarang nulis
    belum tentu CPC dan CPM kita bakal naik
    karena belum tentu ada orang yang search apa yang kita tulis

    hiks hiks … apakah harus mulai dari awal lagi gan?

  • Mantap Mas Gee, setiap berkunjung selalu dapat pencerahan baru hehehe…
    penghasialn $1200 per bulan, banyak yang pengin tuh

  • Sangat membantu sekali, saya sering sekali berkunjung kesini karena banyak ilmu disini.
    Salam kenal mas Gee, semoga bisa seperti mas Gee.
    Blog saya masih belum seberapa pengunjungnya.

  • Pak Gee Jhon, salam kenal.

    Saya mau tanya soal CPM, Pak. Pada hitung-hitungan di atas, ada penjelasan berikut: “Kemudian Anda memasangnya di blog Anda dan mendapatkan 100.000 impresi sebulan, maka Anda akan mendapatkan bayaran sebesar $5 x 120.000 / 1.000.”

    Nah, angka 120.000 itu dari mana, Pak? Maaf, saya sudah mencoba memikirkannya tapi tetap tidak paham.

    Pada contoh di atas, blog memiliki page view 100.000, dan (kalau saya tidak salah tangkap), angka 100.000 itu dibagi 1.000. Artinya, meski suatu iklan ditayangkan sebanyak 100.000 kali (sesuai page view blog), jumlah tayangan itu harus dibagi 1.000. Apakah betul begitu, Pak?

    Saya sangat ingin tahu soal ini, karena kebetulan saya mendapat tawaran untuk memasang iklan di blog saya. Saya berencana memilih tawaran CPM, karena saya pikir itu cukup menjanjikan, mengingat blog saya memiliki 2.000-an page view per hari. Tapi setelah membaca penjelasan di sini, saya jadi ragu dan bingung. Kalau jumlah tayangan (view) harus dibagi 1.000, berarti hitung-hitungan di blog saya bagaimana Pak? Apakah 2.000 page view di blog saya harus dibagi 1.000 dalam hitung-hitungan CPM? Kalau ya, berarti hasilnya cuma 2 dong ya.

    Mohon pencerahannya, Pak. Terima kasih sebelumnya.

  • wah sangat bermanfaat sekali artikel nya gan ^^
    thankyu*
    btw minta petunjuknya dong, gmn caranya buat iklan CPC dan CPM nya kak..
    saya bkin pake wordpress kak..

  • kalau boleh tau situs yang menawarkan cpc dan cpm yang baik dimana mas selain GA?
    trus kalau boleh tau blog mas ini udah berapa $ selama ini hehe 🙂

    • silakan cari artikel alternatif adsense, sy sudah beberapa kali mengulasnya. mengenai brp penghasilan sy dari blog, saat ini baru sekitar $1200 / bln. dan itupun tidak dari 1 blog.

  • blog saya masih sepi pengunjung gan, belum bisa pasang adsense. hehehe
    tapi terimakasih untuk infonya gan, jadi lebih ngerti tentang perhitungan cpm dan cpc.

  • @hapryanto.
    tergantung. Jika dari pengiklan langsung (mereka yg memasang iklan langsung ke Anda tanpa perantara), maka biasanya ada kontrak bulanan, atau untuk sekian impressi, dan biasanya dibayar di muka.

    jika yg dimaksud CPM dari ads-network, seperti Adsense (adsense jg memiliki iklan berbasis CPM), Ambient, dan lainya, maka pembayaran dihitung dari setiap impressi yg terjadi. Jadi meski hitungannya ttp per 1000 impresi, akan dihitung begitu impresi terjadi. Misalnya hari ini Anda berhasil menayangkan 10 impresi maka tinggal dikali harga CPM / 1000.

    Demikian semoga dipahami.. 🙂

  • Mantap postinganya mas, oya mas mau tanya klow periklanan cpm itu dibayar tiap bulan setiap kali per seribu iklan ditayangkan, ataukah baru dibayar ketika ada pengiklan yang mau tawar mengiklan di situs kita , klow tidak ada pengiklan berarti tidak ada tiap bulannya ??… Semisal kita daftar di salah satu situs publisher CPM, berarti income perbulan ada atau tidaknya hanya tergantung bila ada tawaran dari pengiklan ???

  • @sahrudi.
    kalau penargetan penempatannya ditentukan oleh pemilik blog, sedangkan yg memilih tempat untuk menampilkan iklannya, tentu saja pengiklan sendiri. silakan baca:
    portal-uang.com/2013/08/membuat-saluran-khusus-penargetan-penempatan.html

  • kalau penargetan penempatan itu gimana mas, apakah ditentukan oleh pemilik blog atau penyedia CPM. Trima kasih

  • @fazaarkarna.
    sama2…

    @muhammad.
    hehe.. ya betul mas CPM memang terlihat lebih menjanjikan. tapi sebenarnya tidak persis seperti itu sih. Krn walaubagaimanapun, nilai CPC selalu jauh lebih besar dari nilai CPM.

    mungkin begini: untuk blog / website gado2, dg banyak topik, maka CPM akan lebih efektif. tapi kalau untuk niche blog, apalagi topiknya memiliki banyak produk, seperti topik teknologi, gadget dan keuangan,maka cpc akan lebih optimal.

    Dari statistik, dg nilai CTR 2% saja, blog bertopik 'mahal' mampu menghasilkan lebih besar dari CPM. Begitu menurut saya mas ..

    Anyway, kedua2nya bisa kita dapatkan sekaligus kok.. 🙂 Sukses selalu!

  • Cpm memang lebih efektif, apalagi kalau blog kita berdomain, dan sudah berusia otomatis pengunjung juga ada yang setia. Nah itu dia investasi kita, tanpa perlu pusing ada yang klik atau tidak. Kalau ppc dituntut banyak yang klik, nah itu dia belum efektif.

    Itu sih pemikiran saya.
    Makasih.

  • @febie.
    hmm… dua2 nya bagus kok. tapi jika kita bisa mendapatkan mayaoritas iklan cpm, itu artinya kita telah berhasil menarik minat para pemasang iklan, yg tentunya akan dapat hasil yg lebih besar.

  • @nora.
    hehe… syukurlah kalau betah berlama-lama. Promosikan terus videonya, entah di blog, di forum, atau di sosmed.

    @boncel.
    sip… memang yg terpenting adalah tetap semangat…. 🙂

    @dji.
    sama2, sukses juga…

    @kabar.
    kembali kasih, semoga bermanfaat.

  • kayanya kalau bermain di cpm harus banyakin pengunjungnya dulu yah om.sedangkan mencari pengunjung hampir setengah mati.tapi semangat saja lah. ! -:)

  • sangat betah saya nongkrong di sini….
    saya mempunyai 10 video yg sudah di moneti sy masih bingung bagai mana caranya supaya video saya bisa di views banyak orang.. youtube.com/user/minorastudio

  • @kftd.
    ya ada. yaitu jenis true-view. dimana iklan diputar sebelum video Anda sendiri. Ada 2 jenis, ada yang bisa dilewati dan ada yg tidak. Untuk yg bisa dilewati minimal iklan harus ditonton selama 20 detik (tergantung dari panjang iklannya sih) agar dihitung penghasilan. Sedangkan yg tidak bisa dilewati otomatis akan selalu dihitung,kecuali ditutup tab browsernya.

    namun untuk iklan yg tidak dilewati, ada syarat tertentu, seperti reputasi saluran dan sebagainya. Youtube yg menentukannya.

  • @fariz.
    eCPM = effective CPM. Dihitung dari eCPM = (total pendapatan / total impresi) x 1000. Ini sebuah ukuran yang digunakan untuk mengukur sejauh mana performa satu unit iklan tertentu. Semakin besar, semakin bagus.

    Silakan baca: portal-uang.com/2014/10/perbedaan-cpm-dan-rpm.html

  • Makasi gan atas info di artikelnya mengenai penghitungan cpm dari google, mulai sekarang harus banyak dapatkan view ne, terus nembak keyword yg gede pemasangan iklannya di adsense.

  • sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar monetisasi, terima kasih semoga bermanfaat bagi semua orang2 yang baru belajar..

  • @blogger.
    dua2nya. tapi, untuk cpm, harus berdasarkan penargetan penempatan. Silakan baca:

    portal-uang.com/2013/08/membuat-saluran-khusus-penargetan-penempatan.html

  • @seo.
    jika kita memasang ads network semacam google adsense, maka mereka memiliki tool tersendiri untuk mendata berapa kali iklan tayang di blog kita. jadi tuk melihat statistik akurat mengenai data pageview, tentunya lihat data dari mereka.