Teknik Promosi

Bisnis tidak akan pernah lepas dari istilah promosi. Untuk itu, banyak pebisnis yang sudi mengeluarkan banyak uang dalam mempromosikan produk yang dimilikinya. Lantas bagaimana jika Anda belum mempunyai modal lebih untuk mempromosikan produk yang dimiliki? Tentu saja Anda harus menggunakan teknik promosi yang baik untuk dapat bersaing dengan pebisnis yang bermodal cukup.

Apa Itu Teknik Promosi ?

Salah satu faktor yang mendorong suksesnya pemasaran suatu produk tidak lain adalah karena dorongan teknik promosi penjualan yang baik. Teknik yang baik tentu akan memberikan feedback yang baik pula terhadap bisnis Anda. Lantas, apa yang dimaksud dengan teknik atau cara promosi penjualan tersebut?

Pengertian teknik promosi adalah suatu cara yang dilakukan dalam kegiatan atau aktivitas penjual untuk mengenalkan produk penjualan serta mempengaruhi calon pembeli untuk melakukan pembelian produk tersebut.

Teknik yang bagus tentu akan mampu meningkatkan volume penjualan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli dan cerdas dalam menentukan teknik yang akan Anda gunakan dalam melakukan penjualan produk Anda.

Teknik promosi menurut Shimp dalam bukunya “periklanan promosi, 2003) menyatakan bahwa teknik promosi dapat dilakukan antara lain: personal selling, periklanan, publikasi , promosi penjualan, point of purchase, sponsorship).

Baca apa saja Strategi Promosi

Teknik – Teknik Promosi

#1 Personal Selling

Personal selling adalah suatu bentuk promosi penjualan yang dilakukan secara dua arah, tatap muka atau penyajian presentase pribadi secara langsung antara penjual dengan pembeli untuk memperkenalkan produk yang ditawarkan, membujuk dan mempengaruhi calon pembeli dengan tujuan terciptanya suatu penjualan.

Keuntungan yang didapat dari personal selling adalah :

  1. Komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli sehingga tingkat closing meningkat.
  2. Penjual dapat memberi arahan kepada pembeli sesuai kebutuhan.
  3. Penjual dan pembeli menjadi lebih dekat.
  4. Penjual mengetahui secara langsung kepuasaan dari pembeli ( pelanggan ).

#2 Periklanan

Periklanan adalah satu dari empat barang penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkan komunikasi persuasif terhadap pembeli dan masyarakat yang ditargetkan.

Pengertian periklanan menurut Kotler (2001) adalah semua bentuk presentasi non personal dan promosi ide barang atau jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.

Iklan merupakan cara yang efektif untuk menyebarkan pesan dari segi biaya dan memotivasi konsumen untuk menggunakan suatu produk (Kasali, 1995).

Iklan menurut griffin dapat dibagi menjadi 3 :

  1. Iklan persuasive
    Iklan Persuasif adalah jenis iklan yang dapat menarik minat berdasarkan kebutuhan yang mendesak, dari iklan ini masyarakat dapat mengerti akan informasi yang didapatkannya.
  2. Iklan perbandingan
    Iklan perbandingan adalah iklan yang secara langsung membandingkan satu merek dengan satu atau sejumlah merek lainnya.
  3. Iklan pengingat
    Iklan pengingat adalah iklan yang ditujukan kepada pembeli atau calon pembeli agar tidak melupakan produk.

#3 Publikasi

Publikasi adalah sebuah istilah teknis dalam konteks hukum dan utama dalam hukum hak cipta.

#4 Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah salah satu penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Ada beberapa jenis pomosi penjualan.

  1. Pull strategy, strategi menggunakan insentif untuk memotivasi pelanggan sehingga melakukan pembelian. Apabila pelanggan mulai tertarik dan mencari produk atau jasa tersebut, pengaruhnya akan mendorong para retailer untuk meningkatkan stok barang yang dicari tersebut.
  2. Push strategy, Strategi yang menggunakan insentif untuk memotivasi para agen atau retailer agar meningkatkan pemesanan dan meningkatkan penjualannya dimasing-masing outlet.
    Caranya adalah dengan menggunakan :
    – Strategi volume discount.
    – Strategy allowance.
    – Strategy Dealer Contest.
    – Strategy Dealer Contes.
    – Strategy Sales Training.
    – Strategy Point Of Purchase.

#5 Point of purchase

Point of purchase ( POP display ) adalah material marketing dan periklanan yang ditempatkan persis di dekat merchandise yang sedang dipromosikan.

#6 Sponsorship

Sponsorship adalah sebuah dukungan finansial atau materi pendukung kepada suatu organisasi, orang, atau aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama.

Cara Promosi

Pemasaran dan promosi untuk menjual produk Anda bisa dilakukan melalui dua cara yaitu secara online dan offline.

Promosi Online

Belakangan ini pebisnis tengah gencar melakukan promosi produk melalui sistem online. Promosi menggunakan sistem online tersebut dirasa mampu memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis, di antaranya terkait efisiensi waktu dan biaya pemasaran.

Mayoritas para pebisnis memasarkan produknya secara online dengan memanfaatkan sosial media. Sosial media dinilai memiliki peluang bisnis yang bagus untuk melakukan pemasaran produk. Adapun jenis sosial media yang kerap digunakan sebagai lapak promosi di antaranya sebagai berikut.

  • Facebook

Anda dapat melakukan promosi bisnis menggunakan sosial media Facebook. Facebook adalah salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat luas, sehingga dinilai memiliki peluang yang tinggi untuk memperoleh konsumen. Bahkan berdasarkan data terakhir yang dihimpun, Facebook adalah salah satu sosial media yang begitu digemari di Indonesia.

Untuk melakukan promosi produk di Facebook, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Misalnya, Anda dapat mengupload atau mengunggah foto maupun video yang memuat produk Anda dengan disertai informasi yang lengkap, simple dan menarik.

Anda juga dapat menggunakan fitur Facebook ads untuk mengiklankan produk bisnis Anda. Fitur ini memudahkan Anda untuk menjual produk sesuai dengan wilayah dan target yang dituju.

  • Instagram

Sosial media Instagram juga dapat dijadikan sebagai lapak berbisnis Anda secara online. Anda dapat mengiklankan produk bisnis Anda lewat unggahan foto maupun video yang memuat produk bisnis Anda pada akun Instagram khusus bisnis yang sudah dibuat. Anda dapat menyertakan caption menarik dan hashtag unik guna memudahkan pengguna Instagram lain untuk menemukan postingan Anda.

Di samping itu, Anda juga dapat memberikan testimoni kepada pengguna Instagram lainnya dengan menggunakan jasa publik figur atau selebgram. Anda juga dapat melakukan endorsement dengan menggunakan jasa mereka. Dengan menggunakan publik figur atau tokoh idola, kiranya dapat meningkatkan daya beli pengguna Instagram lainnya.

  • Youtube

Dikenal sebagai sosial media yang dikhususkan untuk menampilkan video baik dalam durasi pendek maupun panjang, Yotube juga dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Youtube dinilai sangat efektif dalam hal promosi produk karena Youtube adalah mesin pencari terbesar di dunia. Tidak salah jika Anda menggunakan Youtube sebagai lahan promosi produk Anda.

Baca artikel Cara Promosi Online untuk mendapartkan lebih banyak cara mempromosikan produk secara online.

Promosi Offline

Teknik pemasaran dan promosi offline tentu sangat dibutuhkan jika Anda ingin melakukan branding produk. Dengan promosi offline maka branding produk akan menjadi lebih kuat karena langsung dipersentasikan oleh marketing.

Promosi offline atau promosi langsung di depan calon konsumen akan membuat mereka lebih percaya terhadap kualitas produk Anda. Bahkan dapat melakukan transaksi jual beli pada waktu itu juga. Adapun cara promosi yang dapat Anda lakukan secara offline di antaranya sebagai berikut.

  1. Membuat banner.
  2. Menyebar brosur.
  3. Dari mulut ke mulut.
  4. Mengadakan acara untuk mempromosikan produk.
  5. Mengikuti event tertentu ( bazar ).

Teknik Promosi yang Sering Digunakan

#1 Memberikan Diskon

Memberikan Diskon

Foto by matahari.com

Diskon ini termasuk dalam teknik promosi bagian promosi penjualan pada poin 4 diatas. Karena dengan memberikan diskon tidak hanya produk mudah dikenal namun penjualan bisa meningkat.

Maka dari itu anda juga harus dapat memilih dan menggunakan kata – kata promosi yang tepat. Bingung dengan kata  – kata promosinya baca :

#2 Menawarkan Produk Secara Langsung

Cara ini adalah cara lama namun sampai saat ini masih efektif dan banyak digunakan. Cara menawarkan produk secara langsung dalam teknik promosi diatas terdapat pada poin 1.

#3  Beriklan

Beriklan

Foto by Lazada

Selain dua cara diatas teknik promosi yang sering kita temui saat ini adalah beriklan baik secara offline maupun online. Untuk iklan offline seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu membuat banner, menyebar brosur, mengikuti bazar dan banyak lainnya. Untuk yang secara online bisa membaca Cara Promosi Online.

Lihat juga  Contoh Copywriting

Itulah beberapa teknik promosi yang sering digunakan.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar