Monetisasi Blog

Tips Memaksimalkan Pendapatan Blog dari Memasang Iklan

Iklan, sejauh ini masih merupakan metoda monetisasi blog paling populer untuk blog dan website. Hal ini dikarenakan menjalankan iklan di sebuah blog bisa dilakukan dengan mudah, efektif dan efisien.

Kamu hanya perlu kopi paste beberapa potong kode ke halaman blog, dan iklan pun berhasil ditayangkan. Ia efektif dan efisien karena jika Kamu berhasil menjalankan iklan dari ads-network terpercaya, penghasilan Kamu tidak bisa dikatakan kecil.

Terlepas dari semua kelebihan di atas, saya masih mendengar banyak blogger dan webmaster yang mengeluh tidak mampu menghasilkan uang yang layak seperti yang diharapkan, dengan menjalankan iklan di blog mereka.
Seringkali hal ini terjadi karena masalah pada website atau blognya itu sendiri.

Seperti misalnya, jika jumlah pengunjung bulanan masih terlalu sedikit, maka tidak ada apapun yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan, selain menaikkan trafiknya terlebih dahulu. Namun tidak jarang pula, blog yang memiliki trafik melimpah, namun pendapatan mereka amat rendah karena program periklanan mereka tidak dioptimalisasi secara baik.

Nah, jika Kamu berada situasi tersebut, berikut adalah 4 tips yang bisa membantu Kamu memaksimalkan potensi penghasilan dari blog melalui program periklanan.

4 Tips Memaksimalkan Pendapatan Blog dari Memasang Iklan

1. Cobalah jenis iklan in-text dan video

Kebanyakan blogger dan pemilik website secara khusus hanya menggantungkan pada program Adsense atau iklan banner jika menyangkut masalah iklan. Padahal, ada jenis iklan lain yang bisa melengkapi jenis iklan banner yang juga bekerja sangat baik, yaitu iklan video dan in-text.

Iklan jenis in-text, adalah iklan yang ditempatkan langsung di dalam teks artikel Kamu, dan keunggulan dari jenis iklan ini adalah kontekstual dan relevansi yang tinggi dengan konten. Ini bisa meningkatkan potensi penghasilan, karena pengunjung yang tidak melihat iklan Adsense, bisa melihat iklan in-text ini.

Memang ada beberapa yang berpendapat bahwa iklan jenis ini sedikit banyak mengganggu kenyamanan pembaca, jadi semuanya tergantung keputusan Kamu.

Sedangkan jenis iklan video, biasanya mereka menggunakan basis CPM murni, sehingga tidak ada impresi satupun yang tidak menghasilkan uang. Tidak seperti basis CPC, dimana Kamu hanya akan dibayar jika terjadi klik pada iklan. Inilah kelebihan utama dari jenis iklan video. Salah satu penyedia iklan video yang bisa Kamu jalankan untuk pasar Indonesia adalah Ambient Digital dan AdPlus.

Untuk menempatkan jangan asal lihat Penempatan Iklan yang Baik dan Salah

2. Gunakan semua inventori Kamu

Menghasilkan uang melalui periklanan, adalah melulu soal angka. Semakin banyak impresi didapat oleh banner iklan, semakin besar uang yang Kamu dapat. Jika Kamu ingin memaksimalkan pendapatan dari iklan, pastikan Kamu memasang iklan di setiap halaman yang ada.

Sebagai contoh, saya melihat ada beberapa blog yang hanya menampilkan iklan di halaman posting, dan melewatkan halaman home-page, halaman kategori dan halaman arsip lainnya. Saya kira, ini berarti membiarkan uang lepas begitu saja, hehehe….

3. Jual iklan sendiri

Bekerjasama dengan ads-network terpercaya (semisal Adsense), memang sebuah ide yang bagus, karena Kamu bisa menghasilkan uang sejak hari pertama iklan ditayangkan, dan prosesnya pun jauh lebih sederhana dan mudah.
Namun, untuk memaksimalkan potensi penghasilan dari iklan, bagaimana pun, Kamu harus mencoba menjual spot iklan ke pihak pengiklan secara langsung, seperti dengan memiliki halaman “Pasang Iklan” di blog Kamu.

Ini penting, karena tidak sedikit perusahaan lebih menyukai bekerjasama dengan pemilik blog secara langsung, karena memberi mereka fleksibilitas lebih berkaitan dengan ukuran, jenis dan posisi banner mereka. Karena itu, jika Kamu melewatkan opsi ini, itu sama artinya Kamu membiarkan uang lepas dari genggaman.

4. Tes, tes, tes

Ada begitu banyak kemungkinan dan opsi yang bisa dilakukan terkait iklan, guna menemukan kombinasi terbaik untuk blog Kamu. Kamu bisa menemukannya dengan melakukan percobaan! Tes, lakukan eksperimen, sampai Kamu benar-benar menemukan setting terbaik iklan di blog Kamu sendiri.

Seperti misalnya, haruskah Kamu menempatkan banner di atas atau di bawah artikel? Dimana posisi terbaik, di kanan atau di kiri? Haruskah menggunakan warna dasar gelap atau terang untuk banner di sidebar? Dan banyak lagi. Kamu bisa menemukan jawaban pertanyaan di atas dengan cara melakukan eksperimen.

Jadi, jangan berhenti melakukan eksperimen, sampai Kamu benar-benar menemukan optimasi terbaik yang memberi penghasilan yang Kamu harapkan.

Untuk optimasi Google Adsense, bisa Kamu temukan panduan langkah-per langkah, dalam Seri Optimasi Adsense.

Itulah 4 tips bagaimana meningkatkan potensi penghasilan blog melalui periklanan. Seperti biasa, saya ajak Kamu berdiskusi tentang topik ini melalui komentar di bawah. Sukses selalu.
Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

35 Komentar

  • Mas saya baru jdi pemula di blogger saya mau nanya mas gmana langkah membuat artikel di blogger dan saya juga binggung mau bahas apa di blog saya.apa yg saya bahas itu hanya dri ilmu pengetahuan srndiri

  • betul sekali gan.. yang penting punya niat dan kesungguhan.. sebab banyak sekalian peluang yang bisa didapatkan dari blog bila dikerjakan dengan serius.. yang penting harus telaten

  • Permisi bang Gee Jhon, mau tanya, ane daftar adsense udah sampai tahap disuruh pasang iklan di web, sudah bikin iklan di my ads, udah di pasang scriptnya, tapi iklan tidak muncul-muncul dan ads statusnya new trus, beberapa hari kemarin saya cek ads nya tiba – tiba hilang.
    Makasi Bang .

  • Permisi agan Gee Jhon, mau nanya soal “pengelolaan situs” di akun GA dong! Saya bingung soal cara mengotoritasi situs dan melepaskan otoritas situs..

    disitu kan ada dua tab, “dimiliki” sama “belum diklaim”. kalau misalkan saya masukkan situs saya misalkan namanya 12345.com ke “dimiliki” lalu saya contreng “hanya situs saya yang diizinkan untuk menggunakan kode iklan saya”, apakah itu benar cara otoritasi situs?

    kalau saya mau melepas otoritasi situs, apakah cukup melepaskan contreng “hanya situs saya dst” atau 12345.com juga harus dihapus dari “dimiliki”?

  • Permisi agan Gee Jhon, mau nanya soal “pengelolaan situs” di akun GA dong!

    disitu kan ada dua tab, “dimiliki” sama “belum diklaim”. kalau misalkan saya masukkan situs saya misalkan namanya 12345.com ke “dimiliki” lalu saya contreng “hanya situs saya yang diizinkan untuk menggunakan kode iklan saya”, apakah itu benar cara otoritasi situs?

    kalau saya mau melepas otoritasi situs, apakah cukup melepaskan contreng “hanya situs saya dst” atau 12345.com juga harus dihapus dari “dimiliki”?

  • mas saya mau nanya, di akun google adsense saya kok saya gak bisa menambahkan akses pihak ke3 ?
    malah akun google adsense saya hanya bisa untuk youtube saja

    • ya akun itu didapatkan dg cara apa? jika memang tadinya didapat dari youtube, maka ya cm bisa dipakai untuk youtube saja. untuk digunakan di blog, harus diajukan lagi blognya tuk direview.

  • Ternyata ada banyak metode-metode yang bisa digunakan ya mas, tidak hanya sebatas kopi paste code GA. hehe… saya jadi tahu. Terima kasih mas atas share tips2 memaksimalkan pendapatan blognya. Jadi ada pencerahan.

  • Masih susah ni mas pendapatan dari website saya,
    bisa minta saran gak, iklan yang pas buat website saya..
    iklan andalan cuma popup, banner kecil amat pendapatannya 🙁
    coba cek deh

  • mas, selain membuat spot “pasang iklan” di blog kita, kemana sebaiknya menawarkan spot iklan tsb? dan bagaimana caranya? siapa tahu mas Gee Jhon mau berbagi pengalaman apakah pernah menawarkan spot iklan atau hanya menunggu saja tawaran itu datang 😀 terimakasih

    • Saya blm pernah ‘door to door’ menawarkan iklan kesana kemari. Sya yakin jika blog kita sudah ramai, pengiklan akan datang dg sendirinya. Jadi kembali: kuncinya trafik!

  • Mantappp.. saya lagi pengen coba main adsense. Moga bisa berhasil walau udah 2 kali coba daftar tapi terus ditolak.. hehheheheh

  • Wah keren yah kalau udah punya blog yg jadi publisher adsense. Mau juga tapi blog masih baru, mungkin ada tipsnya gan. Salam kenal

  • @daniel.
    tetap semangat mas Daniel. Adsense bukan satu2nya sumber pendapatan bagi blog.

    @edi.
    saya kira, menjual spot iklan langsung, bisa dimulai sejak trafik mencapai 100rb/bulan. Itu sudah cukup tuk memulai.

  • Walaupun blog saya tidak bisa lagi di daftarkan adsense tapi saya masih terus belajar tentang formula untuk adsense dan sukses lewat blog. 4 Tips ini benar2 membantu untuk mempelajari seluk beluk adsense dan monetisasi blog