Google Adsense

Tips Sukses Google Adsense

Tips Sukses Google Adsense

sumber : Google Adsense

Bagaimana kita bisa menghasilkan uang dari program Google Adsense? Dan bagaimana cara memaksimalkan pendapatan dari Adsense?

#1 Tips Sukses Google Adsense

Dua hal itu yang ingin saya coba membaginya kepada Kamu.

Tulisan ini saya buat bersambung dalam beberapa bagian, dan yang sekarang sedang Kamu baca adalah bagian I.

Alasannya, pertama, karena sepertinya tidak akan cukup untuk dimasukkan ke dalam satu artikel. Kedua bertujuan agar Kamu tidak ‘semaput’ membacanya, hehehe….

Sampai bagian ke berapa, entahlah saya sendiri belum tahu. Sedapatnya saja, dan sampai kapan saya menyelesaikannya pun, entah belum tahu juga. Sedapatnya saja, mengalir saja.

Ok, lalu bagaimana kita memaksimalkan Google Adsense sebagai sumber pendapatan?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, saya ingin mengatakan bahwa saya bukanlah seorang ahli dan sangat berpengalaman tentang Adsense. Banyak blogger lain yang jauh lebih ahli, lebih berpengalaman, dan telah mendapatkan uang jauh lebih banyak dari saya.

Tapi… kebanyakan dari mereka tidak bersedia (baca: tidak sempat) berbagi tips dan strateginya kepada kita semua – paling tidak – tidak memberikan rahasia mereka secara gratis!

Saya sendiri tidak memiliki rahasia apapun! Apa yang saya tulis di sini adalah semata ingin berbagi dari pengalaman pribadi mengenai Adsense sejak saya mendaftar Adsense hampir 1 tahun yang lalu.

Sebelum membahas panjang x lebar = luas, tentang Tips Google Adsense, saya anggap Kamu:

  • Sudah memiliki blog. Meskipun tips yang disajikan disini bisa diterapkan di jenis website apapun, tapi karena saya sendiri menerapkan di blog, maka kita akan fokus untuk memaksimalkan Adsense melalui blog. Sudah mengerti dasar-dasar tentang Adsense. Seperti pengertian Adsense itu apa, dan aspek dasar lainnya.
  • Sudah membaca dan mengerti tentang Kebijakan Google. Disana ditemukan penjelasan tentang cara pemasangan iklan, tentang konten, tentang aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Google.

Cukup basa-basinya, sekarang saatnya kita masuk ke topik utama yaitu Tips Adsense untuk Blogger. Kita lanjut ke Bagian 2.

#2 Sudahkah Blog Kamu Memenuhi Syarat Adsense ?

Sebelum memutuskan untuk segera melamar Adsense, dan membayangkan dolar deras mengalir ke kantong setiap bulannya, sebaiknya teliti terlebih dahulu blog yang telah Kamu siapkan.Pertanyaannya adalah:

Apakah blog saya telah memenuhi syarat dan sesuai untuk menjalankan program Adsense?

Ya, meskipun telah sering Kamu dengar, banyak sekali blogger yang telah berhasil mendapatkan uang dari Adsense, tapi kita tetap harus realistis melihat hal ini. Dan bagi Kamu yang merasa bahwa blognya tidak sesuai dengan program Adsense, jangan berkecil hati, karena masih banyak program sejenis lainnya yang bisa Kamu gunakan untuk mendapatkan uang dari blog.

Adsense bukan satu-satunya cara untuk mendapatkan uang dari blog. Bagi Kamu yang ingin mengetahui lengkap cara-cara mendapatkan uang dari blog, silakan baca artikel saya Cara Mendapatkan Uang dari Blog. Oke, kita kembali ke Adsense.

Ingat! Tidak semua blog yang mendaftar diterima oleh Google.

Seperti yang telah Kamu baca sebelumnya, di halaman Kebijakan Program Adsense, Google tidak akan menerima blog / situs yang berisi kekerasan, pornografi, rasial, penjualan rokok, minuman keras dan obat terlarang, dan lain sebagainya. Silakan baca sendiri untuk lebih jelasnya. Dan secara umum, blog Kamu harus ‘bersahabat’ untuk segala umur.

Pahami hal ini terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mendaftarkan diri ke program Adsense!

  • Apakah konten blog Kamu asli tulisan Kamu sendiri? Ini juga harus menjadi perhatian. Karena Google mengharuskan blog yang mengikuti program Adsense, tidak boleh melanggar hak cipta.
  • Blog yang diterima dalam program Adsense, juga harus memiliki kemudahan navigasi, dan memiliki konten artikel yang cukup. Jadi, jika usia blog Kamu masih hitungan hari, sebaiknya bersabar dulu untuk tidak terburu-buru mendaftar ke Adsense. Mengenai bahasa, saat ini Adsense telah mendukung penuh Bahasa Indonesia.
  • Terakhir, meskipun tidak disebutkan dalam Kebijakan Program Adsense, tapi berdasarkan pengalaman banyak blogger meyakini bahwa untuk menjadi penayang Adsense, blog kita harus memiliki trafik yang memadai. Ada baiknya, Kamu bersabar menunggu beberapa minggu atau beberapa bulan untuk membangun trafik sebelum melamar Adsense. Ini hal yang krusial menurutku, karena jumlah trafik berbanding lurus dengan pendapatan dari Adsense sendiri nantinya.
tips sukses adsense, apakah blog Kamu memenuhi syarat adsense?

Bagaimana? Sudah cocok dan berniat mendaftarkan blog Kamu sekarang? Jika masih ada yang membuat Kamu ragu, boleh bertanya kepada pihak Google, atau daftar saja, nanti pun jika ditolak akan menjadi jelas dimana letak kesalahannya.

Jika, masih juga ditolak, cari tahu kenapa selalu ditolak oleh adsense dan temukan jawabannya.

Tentu saja, telah disetujui sebagai penayang Adsense, tidak serta merta selesai dan menjamin kesuksesan. Pada kenyataannya, banyak sekali blogger yang telah disetujui dan menayangkan iklan Adsense, tidak mendapatkan imbalan yang layak. Dan sebuah kenyataan pula, bahwa satu dua blog akan mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi dari blog lainnya.

Dalam tulisan selanjutnya, kita akan sama-sama membahas tips dan strategi untuk meningkatkan pendapatan kita dari Adsense.

Tapi sejak awal saya ingin menyampaikan bahwa blog yang mendapatkan pendapatan memuaskan adalah blog yang memiliki trafik yang tinggi, memiliki konten yang spesifik, berkaitan langsung dengan produk atau layanan tertentu, sesuai dengan kata kunci dan ceruk yang kita sasar.

Selain itu, saya juga ingin menyampaikan bahwa program Adsense akan bekerja dengan baik pada blog yang memiliki konten yang kaya dengan banyak artikel. Jadi usahakan untuk menulis artikel yang cukup banyak dan memiliki relevansi yang baik antara satu dengan lainnya.

#3 Rumus Keberhasilan Adsense

Bagaimana sobat? Apakah sudah mendaftar ke Program Adsense? Dan sudah disetujui oleh Si Mbah Google? Jika sudah, syukurlah dan sekarang saatnya kita membahas tips dan strategi, bagaimana mendapatkan uang sebanyak-banyaknya dari program ini.

Ada sangat banyak faktor – sebenarnya – yang mempengaruhi seberapa besar pendapatan kita dari Adsense. Tapi, di sini saya hanya akan mencoba membahas beberapa faktor atau aspek-aspek yang paling dominan (paling tidak menurut saya sendiri), yang akan sangat menentukan kesuksesan kita dalam menjalankan program Adsense untuk jangka panjang.

Faktor-faktor tersebut saya sebut dengan istilah “Rumus Sukses Adsense”.

Inilah rumusnya:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan.

Coba baca sekali lagi! Agar meresap sampai ke jantung. Hehehe…

Tentu saja, itu bukan rumus fisika ataupun rumus matematika, dimana 1 + 1 = 2. Tapi lebih merupakan suatu kesatuan yang utuh dari keempat faktor di atas.

Artinya: keempat faktor di atas memiliki bobot yang sama, yang harus semuanya ada secara bersamaan dan dilakukan sekaligus, untuk memastikan pendapatan maksimal dari Adsense.

Seberapa besar pendapatan Adsense kita akan selalu berbanding lurus dengan keempat faktor di atas.

Sekarang, mari kita membahasnya satu per satu:

Trafik tinggi

Jelas sekali ini adalah faktor utama untuk memaksimalkan pendapatan dari Adsense. Semakin banyak pengunjung ke blog Kamu, maka kesempatan untuk mendapatkan klik dari pengunjung akan semakin meningkat. Berarti mau tidak mau, kita harus fokus untuk hal yang satu ini.

Menerapkan teknik SEO yang baik, memperkaya konten blog dan berpromosi dengan tepat, adalah beberapa hal yang wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Iklan bernilai tinggi

Yang saya maksud di sini adalah kenyataan bahwa harga per klik dari iklan yang ditayangkan oleh Adsense, tidaklah memiliki besaran nilai yang sama. Ada iklan yang nilainya kecil, sementara ada iklan tertentu yang memiliki nilai yang sangat besar.Bahkan denger-denger ada iklan yang nilainya mencapi 25$ untuk sekali klik.

Wow! Bisa kita bayangkan, jika meski hanya mendapatkan 3 klik perhari, kalau nilainya nilainya sebesar itu, berapa pendapatan kita sebulan? Hmmm… Jadi? Ini harus menjadi faktor yang tidak boleh disepelekan.

Iklan yang relevan

Faktor ini saya ibaratkan seperti halnya kita menawarkan produk kecantikan anti-aging kepada seorang wanita yang telah berumur 70 tahun.Seberapa pun bagusnya cara kita menawarkan, kemungkinan untuk terjadinya transaksi adalah sangat kecil.

Kenapa? Karena kita telah salah sasaran! Begitu juga dengan faktor relevansi iklan ini. Blog kita membahas tentang tempat-tempat wisata di Bali misalnya, tapi kemudian iklan yang muncul adalah tentang penawaran penjualan sabun pembasmi kuman, maka peluang pengunjung untuk mengklik iklan yang ada sangat kecil.

Karena dari awal pengunjung sedang mencari informasi tentang wisata ke Bali, bukan mencari sabun pembasmi kuman. Naikkan relevansi iklan dengan konten blog yang fokus, adalah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan di Adsense.

Penempatan dan desain iklan

Salah satu kelebihan dari Adsense adalah kita bisa dengan bebas menempatkan, memilih ukuran, merubah tampilan atau tema warna dari iklan yang muncul di blog. Seperti dalam periklanan di dunia nyata, penempatan dan desain tampilan iklan adalah kunci dalam keberhasilan iklan tersebut.

Sebuah baligho besar yang ditempatkan di sebuah jalan kecil sepi lalu lintas, tentu efeknya akan sangat berbeda dengan yang ditempatkan di sebuah perempatan jalan yang sangat ramai lalu-lalang orang.

Di sini lah pentingnya penempatan iklan, atau tidak ada yang akan mengklik iklan Kamu, karena tidak terlihat oleh pengunjung.

Kombinasikan semuanya!

Jika keempat faktor di atas dikombinasikan dengan sempurna, maka kesuksesan Adsense sudah di depan mata.

Menutup tulisan ini, saya ingin menyampaikan satu hal lagi: seberapa besar penghasilan kita dari Adsense, itu akan sama dengan faktor paling lemah dari keempat faktor di atas.

Ambil contoh, kita memiliki iklan bernilai tinggi, relevansi sangat bagus, dan penempatan iklan juga bagus, tapi kalau trafiknya nol? Hasilnya juga pasti nol. Atau sebaliknya, trafiknya sangat tinggi, iklan bernilai tinggi, relevansi oke, tapi salah dalam penempatan, sehingga ‘tidak terlihat’ oleh pengunjung, maka itu sama saja membuang keringat percuma dari faktor lainnya.

Kesimpulannya, keempat faktor itu haruslah berjalan berdampingan secara bersamaan.

Lalu, bagaimana mengembangkan keempat faktor itu masing-masing menjadi lebih baik?

Yuk, kita lanjut ke bagian berikutnya, yaitu bagaimana caranya meningkatkan jumlah pengunjung.

#4 Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan ada 4 faktor utama yang mempengaruhi perolehan penghasilan dari Adsense, yang saya sebut sebagai Rumus Keberhasilan Adsense. Masih ingat bukan? Yaitu:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan.

Nah, mulai dari artikel ini, saya akan membahas satu persatu faktor di atas. Tentu apa yang akan saya paparkan di sini, sebatas pengetahuan dan kemampuan saya. Berdasarkan pengalaman sendiri, juga beberapa pengalaman dari para guru yang telah lebih dulu sukses mengelola blog.

Trafik tinggi
tips sukses adsense, meningkatkan trafik blog

Adalah kunci dari keberhasilan program Adsense. Semakin banyak pengunjung, maka akan semakin banyak kemungkinan kita mendapatkan klik bukan?

Meningkatkan dan sekaligus menjaga pengunjung blog kita, memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan, kerja keras, kesabaran (dan mungkin sedikit nasib baik, hehehe….).Banyak cara yang ditempuh untuk meningkatkan trafik, juga telah sangat banyak para master (saya sendiri, jujur bukan ahlinya) yang telah mengulasnya panjang lebar.

Dan inilah beberapa hal yang praktis dan sederhana yang dapat Kamu lakukan untuk meningkatkan trafik ke blog:

Desain blog yang baik dan unik

Bersaing dengan jutaan blog lain di seluruh dunia, menjadi sangat penting bagi blog Kamu tampil seunik dan sebaik mungkin. Pandangan pertama selalu akan berkesan bagi setiap orang, begitu pun kesan pertama dari sebuah blog, yang mana dalam hal ini tentunya adalah desainnya yang bagus. Bagus di sini minimal mudah dalam navigasi, menampilkan semua yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Blog yang ramai, penuh dengan pernak-pernik (sehingga membuatnya berat), berwarna ngejreng yang membuat mata lelah, sebisa mungkin dihindari, karena justru tidak disukai oleh pengunjung.

Buatlah pengunjung nyaman berlama-lama, membolak-balik halaman blog Kamu dengan desain yang elegan, manis, ringan, simpel dan mudah, dan yang terpenting: nyaman di mata!

Baca: Percantik desain blog.

Berinteraksi aktif dengan pengunjung

Interaksi yang baik antara pemilik blog dengan pengunjungnya adalah salah satu hal yang akan mendatangkan kunjungan berulang dari pembaca blog. Membalas komentar adalah salah satu caranya. Balaslah secepat mungkin komentar yang masuk, jawab pertanyaan, tanggapi keluhan jika ada.

Dan satu hal lagi, panggillah nama orang yang memberi komentar. Ini lebih terkesan akrab, dibandingkan dengan panggilan umum seperti: gan, sobat, dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah memasang widget interaktif di blog. Seperti fasilitas chat, buku tamu dan lain-lain.

Komentar di blog lain

Yakin, ini cara paling ampuh untuk mengenalkan diri. Dan ini juga salah satu alasan kenapa situs blog jauh lebih cepat dikenal dibandingkan dengan situs biasa. Karena ada interaksi, ada semacam peraturan tak tertulis di kalangan blogger, jika memberi komentar, maka harus mengomentari balik.

Ini sebuah hal yang sangat luar biasa. Jadi, jangan malas meninggalkan jejak di blog orang lain. Lebih jauh tentang manfaat komentar, baca: 8 Manfaat Berkomentar di Blog Lain.

Update! Update dan Update secara teratur

Menurut saya, tidak ada hal lain yang lebih membuat sebuah blog mati suri, selain jarang diupdate! Postingan atau artikel baru adalah sesuatu yang ditunggu oleh para pembaca. Mereka menantikan ada sesuatu yang baru di blog kita.

Update blog sebulan sekali? Hmmm… rasanya mendapatkan trafik tinggi cuma sekadar mimpi (kecuali mungkin, jika blog Kamu sudah berisi ratusan artikel tak lekang waktu).

Link ke blog lain

Rasakan kejutan jika Kamu tidak pelit menampilkan link ke blog orang lain dengan sukarela. Tidak ada ruginya. Justru dengan begitu, kita akan semakin dihargai oleh blogger lain. Dan satu hal, itu tidak akan mempengaruhi ranking Kamu di Google.

Konten yang menarik, segar, orisinil, dan bermanfaat

Semua tips di atas, sama sekali tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan konten yang bagus. Sebisa mungkin hindari copas (copy paste) artikel orang lain, selain itu tidak baik, juga tidak akan bertahan untuk jangka panjang dalam mendatangkan pengunjung yang setia.

Optimasi Search Engine

Alias berusaha bagaimana membuat blog kita muncul di SERP terdepan. Sayangnya saya tidak ahli di bidang ini, jadi silakan belajar dari master-master yang telah banyak mengulasnya di blog mereka.

Lihat Cara Optimasi SEO OnPage and OffPage

Tambahkan RSS Feed

Semakin hari semakin banyak orang membaca blog melalui RSS Feed.

Daftarkan ke blog direktori

Seringkali postingan kita terindeks oleh mesin pencari lebih baik di blog direktori ini, dibandingkan dari blog kita sendiri. Cara yang cukup ampuh tentunya untuk mendatangkan pengunjung tambahan.

Promosi blog lewat media sosial

Ini juga tidak boleh dilewatkan. Manfaatkan sebaik-baiknya media sosial seperti facebook, twiter, google+ dan lain-lain untuk ajang promosi blog.

Lihat juga Tempat Strategis Untuk Promosi Blog

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa saya sampaikan untuk meningkatkan trafik ke blog kita. Jika Kamu memiliki tips jitu yang lain, silakan berbagi dengan kita semua melalui kolom komentar.

Tentu, trafik yang tinggi saja tidak cukup untuk memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense.

Dan, pada tulisan berikutnya, kita akan membahas tentang bagaimana mendapatkan iklan bernilai tinggi, faktor kedua dalam Rumus Keberhasilan Adsense.

#5 Mendapatkan Iklan Bernilai Tinggi

Sekarang mari kita membahas mengenai iklan yang bernilai tinggi dan bagaimana cara untuk mendapatkannya.

Iklan bernilai mahal, adalah salah satu kunci keberhasilan dari Adsense.

Saya kasih contoh: jika dalam sehari ada sebanyak 10 klik pada iklan, maka jika iklannya bernilai $0,05 kita hanya mendapatkan uang sebesar $0.5 saja. Tapi jika iklan yang tampil adalah iklan yang ‘berharga mahal’, katakanlah $1 per klik, maka dengan 10 kali klik saja, kita sudah mengantungi $10.

Jauh berbeda bukan?

Jadi, ini adalah salah faktor penentu sukses tidaknya kita menggeluti bisnis Adsense.

Mencari dan menemukan iklan bernilai tinggi

Memang tidaklah semudah diucapkan. Perlu sedikit kerja keras sampai kita benar-benar menemukan yang pas. Sebagai permulaan coba Kamu cari di Google: high paying adsense ads atau keyword mahal adsense. Kamu akan menemukan banyak inspirasi dari situ.

tips sukses adsense, iklan bernilai tinggi

Kendala yang biasanya sering terjadi adalah, kita telah menentukan topik untuk blog kita, dimana topik itu ternyata tidak memiliki nilai iklan yang tinggi. Sebaliknya, kita telah menemukan sebuah keyword yang mahal, tapi sayangnya kita tidak menguasai topik tersebut, sehingga kesulitan untuk menulis artikel tentangnya.

Meskipun begitu, kita tetap tidak boleh menyerah dan putus asa bukan?

Dan inilah beberapa tips yang mungkin berguna, dalam usaha mencari dan menemukan iklan yang bernilai tinggi untuk blog kita.

Riset kata kunci(keyword)

Ini hal penting, yang seharusnya telah dilakukan sejak awal dalam menentukan topik untuk blog, yaitu mencari kata kunci yang “pas”, pas kita kuasai materinya, pas persaingannya, pas jumlah pencarinya, dan tentu pas nilai iklannya.

Kebanyakan blogger menggunakan Keyword Tool dari Google Adwords untuk melakukan ini. Masukkan kata kunci yang ingin kita cari, maka kita akan menemukan hasilnya di bawah dalam bentuk tabel. Di situ kita bisa menganalisa sebuah kata kunci, seperti level kompetisi, banyaknya dicari di google, dan sebagainya.

Sebagai patokan mudahnya: carilah kata kunci yang persaingannya rendah, namun cukup banyak dicari orang, dan tentunya nilai iklannya atau dalam tabel hasil disebut sebagai CPC (cost per click).

Untuk menampilkan kolom CPC ini, Kamu harus login ke Google Adwords. Ini memang seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, tapi dengan sedikit kreatifitas dan kerja keras, yakin kita bisa menemukan keyword atau kata kunci yang pas dan sesuai untuk blog kita.

Apakah sebuah keyword memiliki iklan?

Caranya mudah saja, masukkan kata kunci pada kolom pencarian di Google. Lihat hasilnya. Apakah ada iklan di hasil pencarian?

Jika ada, itu pertanda bagus, karena iklan yang sama itu lah yang akan muncul di halaman blog kita dengan kata kunci tersebut. Jika tidak, sebaiknya pilih keyword lainnya.

Coba lagi dan coba lagi!

Ini memang sesuatu yang sangat tidak menyenangkan, dan mungkin akan sedikit membuat Kamu frustasi. Tapi, ini adalah tips terbaik yang bisa saya bagikan kepada sobat semua. Cobalah menulis artikel baru tentang sesuatu topik. Dan cek terus performanya.

Google Adsense memungkinkan kita untuk melihat sejauh mana kinerja suatu halaman tertentu di blog kita melalui fasilitas “channel” atau “saluran” iklan. Jika hasilnya kurang memuaskan, buat lagi artikel tentang topik lainnya lagi, terus begitu sampai kita menemukan yang diharapkan.

Hmmm.. capek ya? Ya, memang untuk sukses dibutuhkan kerja keras. Dengan cari ini, jika kita cukup jeli, kita akan dengan mudah melihat halaman mana yang menghasilkan iklan yang bernilai tinggi, dengan cara membagi nilai perolehan dengan jumlah klik yang ada.

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan topik, niche, keyword yang menghasilkan iklan bernilai tinggi.

Oya, ada satu lagi tool yang saya anggap sangat bagus untuk tujuan ini, yaitu WordTracker. Situs ini tidak saja membantu kita menemukan kata kunci yang tepat, tapi juga menampilkan informasi yang sangat berguna lainnya, seperti berapa banyak situs yang telah menguasai keyword tersebut dan sebagainya.

Mendapatkan iklan bernilai tinggi adalah salah satu faktor penting memaksimalkan pendapatan dari Adsense, tapi semua itu juga tidak akan berguna tanpa usaha mendatangkan trafik yang tinggi.

Sampai disini pembahasan kita mengenai mendapatkan keyword terbaik bagi blog kita. Kita akan lanjutkan tentang Mencari Iklan yang Relevan.

#6 Iklan yang Relevan

Sampai saat ini, kita sudah membahas 2 dari 4 Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu meningkatkan trafik blog dan mendapatkan iklan bernilai tinggi. Sekarang, saatnya kita membahas faktor yang ke-3, yaitu mendapatkan iklan yang relevan.Sekedar untuk mengingatkan kembali rumus keberhasilan Adsense adalah:

Penghasilan Adsense = trafik tinggi + iklan bernilai tinggi + iklan yang relevan + penempatan dan desain iklan

Baik, sekarang mari kita fokus ke faktor ke-3 yang sedang dibicarakan, yaitu mendapatkan iklan yang relevan. Faktor ini sama pentingnya dengan faktor yang lainnya. Karena, meskipun Kamu telah mendapatkan trafik tinggi, juga sudah berhasil mendapatkan iklan bernilai tinggi dengan memilih keyword ‘mahal’. Tapi jika iklan yang tampil di blog tidak relevan dengan kontennya, maka tidak akan memberi pengaruh besar terhadap pendapatan seperti diharapkan.

Mari, saya beri gambaran.Kita ambil sebuah contoh, misalkan topik blog Kamu adalah mengenai alat-alat kesehatan. Blog Kamu sudah berisi puluhan (ratusan, bahkan) artikel pilihan tentang alat-alat kesehatan.

Blog Kamu juga sudah menguasai hasil pencarian di search engine dengan keyword alat-alat kesehatan. Namun, pada saat dibuka oleh pengunjung, iklan dari Adsense yang tampil justru kebanyakan adalah tentang blogging!

tips sukses adsense, mencari iklan yang relevan

Bisa ditebak. Orang-orang yang mengunjungi blog Kamu, adalah orang yang tertarik dengan alat-alat kesehatan, dan akan sangat kecil kemungkinannya mereka mengklik iklan tentang blogging!

Nah, sekarang tantangannya adalah: bagaimana caranya mendapat iklan yang relevan?

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan:

Pastikan ada iklan untuk keyword yang dibidik

Cara yang paling mudah, cobalah lakukan pencarian lewat Google. Lihat hasilnya. Apakah ada iklan di hasil pencarian tersebut?

Jika tidak ada, maka itu pertanda buruk. Karena itu, mau tidak mau Kamu harus mencari keyword baru. Sebagai contoh, jika keyword ‘kursi santai’ tidak memiliki iklan, cobalah ‘kursi santai bayi’, ‘kursi bayi’ dan sebagainya. Coba berbagai kombinasi, sampai Kamu menemukan yang tepat.

Fokus pada satu topik

Usahakan agar pada setiap posting kita hanya membahas satu topik saja. Jika Kamu membahas banyak atau lebih dari satu topik dalam satu postingan, ini akan membuat bingung bot Adsense untuk menentukan topik suatu halaman. Ujung-ujungnya, Kamu akan mendapatkan iklan yang tidak relevan.

Jadi, jika memang artikelnya agak panjang, dan harus memuat beberapa pokok bahasan sekaligus, bagilah menjadi beberapa bagian.

Tingkatkan densitas keyword Kamu

Update : ditahun 2019 ini keyword density tidak perlu terlalu di optimasi biarkan mengalir sesuai keperluan.

Semakin banyak keyword dipakai, semakin besar kesempatan mendapatkan iklan yang relevan. Saya sendiri tidak tahu persis, bagaimana cara bot Adsense menentukan iklan apa yang paling cocok dengan artikel blog kita.

Tapi setidaknya, saya sarankan untuk menyertakan keyword di judul artikel dan minimal satu lagi di paragraf pertama, kemudian sebar dengan alami pada alenia-alenia berikutnya. Baik juga jika menuliskan keyword dengan huruf tebal, miring, garis bawah dan sebagainya sebagai penekanan. Hal ini akan membantu bot Adsense menampilkan iklan yang relevan dengan topik yang sedang dibicarakan.

Periksalah menu, sidebar, header dan footer blog

Bot Adsense sepertinya tidak hanya memperhatikan artikel utama untuk menentukan topik blog lalu memilihkan iklan yang sesuai, tapi juga memeriksa menu, sidebar, termasuk header dan footer blog.

Jadi, jika ada teks pada menu, sidebar dan footer yang tidak sesuai dengan topik, sebaiknya dihapus saja.

Blok iklan yang tidak relevan

Jika telah melakukan hal-hal di atas, namun Kamu tetap terus mendapatkan iklan yang tidak relevan, lakukan langkah terakhir: blok saja iklan tersebut!

Nah, bagaimana? Mudah bukan?

Jika sudah melakukan semua hal diatas, seharusnya sekarang Kamu telah mendapatkan iklan yang relevan dengan topik blog Kamu. Tentu saja, ini diharapkan bisa meningkatkan CTR (Click Through Rate) dan ujung-ujungnya mampu meningkatkan pendapatan Adsense Kamu.

Pada tulisan berikutnya, kita akan membahas faktor terakhir dari Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu penempatan dan desain iklan.

Update: saya telah menulis tips tambahan untuk meningkatkan relevasi iklan.

#7 Desain dan Penempatan Iklan

Sekarang saatnya kita membahas faktor terakhir dari Rumus Keberhasilan Adsense, yaitu bagaimana menempatkan dan desain iklan yang baik untuk meningkatkan penghasilan dari Google Adsense.

Saya sendiri sudah banyak melakukan riset (baca: mencari tahu) mengenai hal ini, terutama dari forum-forum yang khusus membahas tentang Adsense. Kesimpulannya tidak ada rumus yang pasti mengenai penempatan dan desain iklan yang terbaik. Karena rupanya, para penayang Adsense memiliki strategi dan kecenderungan yang berbeda.

Ada yang lebih menyukai desain yang “menyatu” dengan tema blog, sementara yang lain justru menonjolkan dengan memberi warna yang mencolok dan membuatnya tidak berbaur dengan tampilan blog.

Ada yang menyukai unit iklan skyscrapers, sedang yang lain lebih memilih bentuk banner dan lain sebagainya. Dan memang, topik penempatan dan desain iklan Adsense ini adalah satu topik yang paling banyak mengundang “perdebatan”.

Dari sini akhirnya saya mengambil kesimpulan, strategi berbeda dibutuhkan untuk blog berbeda. Strategi yang berjalan bagus untuk suatu blog, belum tentu juga berguna untuk blog yang lain. Ini tentu berkaitan erat dengan theme, topik blog, desain blog dan cara penyajian kepada pengunjung. Dengan demikian tips terbaik yang bisa sampaikan adalah: eksperimen!

Cobalah beberapa posisi dan desain yang berbeda, lalu lihat hasilnya. Pengalaman adalah guru yang terbaik bukan?

tips sukses adsense, desain dan penempatan iklan

Namun demikian, di bawah ini adalah beberapa tips, yang mungkin bisa Kamu jadikan eksperimen pribadi untuk mendapatkan yang benar-benar bekerja dan sesuai untuk blog Kamu.

  • Taruh di bagian atas halaman.
    Ini aturan umum yang hampir diterima oleh para pemain Adsense. Yaitu, bahwa iklan harus ditempatkan di bagian atas halaman, agar ia terlihat tanpa harus menggulung halaman ke bawah. Hal ini berdasarkan survey yang membuktikan bahwa rata-rata pengunjung blog hanya menghabiskan waktu sekitar 60 detik lebih sedikit, dan biasanya mereka tidak melakukan scrolling sama sekali.

Sehingga, jika iklan Kamu diletakkan di bagian bawah halaman, maka hilanglah kesempatan bagi iklan itu untuk dilihat. Ini berarti hilang pula kesempatan untuk diklik bukan?

  • Taruh di dalam postingan
    Ini banyak dilakukan oleh para master Adsense. Mereka selalu menempatkan iklan menyatu di dalam halaman postingan. Dengan demikian, iklan dapat tampil kepada pengunjung dengan baik sambil membaca artikel yang ada. Namun, hal ini juga ada sisi buruknya, yaitu pembaca bisa saja merasa “risih” dengan iklan yang tampil dominan.

    Untuk itu pastikan bahwa iklan yang ditempatkan dalam postingan tidak terlalu mendominasi halaman secara keseluruhan. Pilih ukuran yang tidak terlalu besar dan buat desainnya menyatu dengan apik dengan halaman. Untuk yang belum tahu caranya, silakan baca cara memasang iklan Adsense di atas postingan, seperti yang Kamu lihat di blog ini.

  • Membaur dengan desain blog
    Ini biasanya dilakukan dengan memilih warna background iklan sama dengan background halaman. Juga menyamakan warna untuk teks dan link url dengan link url halaman keseluruhan. Dengan ini, maka iklan akan tampil menyatu dengan halaman secara sempurna, sehingga tidak tampak terpisah sendirian. Dari pengalaman blogger sukses di Adsense, saya melihat kebanyakan dari mereka melakukan hal ini.
  • Keseimbangan
    Yang saya maksud adalah, penempatan iklan dan desainnya harus disesuaikan dengan desain blog secara keseluruhan. Jangan sampai halaman blog kita tampak didominasi oleh iklan, karena akan membuat pengunjung merasa frustasi. Biasanya hal ini terjadi karena salah dalam memilih ukuran yang tepat.
Sekali lagi saya ingatkan bahwa, tidak ada rumus yang pasti mengenai penempatan dan desain iklan yang terbaik. Satu strategi bagus untuk satu blog, belum tentu berguna untuk blog lainnya.

Silakan bereksperimen dengan patokan empat hal di atas. Tetapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, dengan mengatur keempat hal di atas, mampu meningkatkan pendapatan hanya dalam beberapa hari. Sukses untuk kita semua.

#8 Hal Penting Lainnya

Ini adalah penutup dari tujuh tulisan sebelumnya tentang Tips Sukses Adsense Untuk Blogger.Ini memang kelihatannya tidak berhubungan secara langsung dengan usaha kita untuk meningkatkan pendapatan dari Adsense, tapi ini adalah hal-hal yang juga tidak kalah pentingnya untuk kesuksesan Kamu dalam menjalankan bisnis Adsense.

Saya telah menerangkan dengan segamblang mungkin tentang rahasia dan rumus keberhasilan mengelola Adsense secara runut pada seri 7 artikel sebelumnya. Saya harap, dengan melakukan semua tips yang telah sampaikan sebelumnya dapat meningkatkan penghasilan Kamu semua.Namun, ada bebarap hal lain lain yang juga perlu kita perhatikan:

Jangan sekali-kali Kamu mengklik iklan sendiri

Sering memang kita tergoda untuk mengklik iklan sendiri (terutama bagi pemula di Adsense) untuk menambah penghasilan sambil berpikir bahwa ini tidak akan berakibat apa-apa. Tapi ingat, ketika kita menyetujui dan mendaftar menjadi penayang Adsense, ini adalah salah satu persetujuan antara kita dengan Adsense. Jika kita melakukannya, berarti kita telah melanggar persetujuan itu.

Jika menginginkan kesuksesan jangka panjang, belajarlah untuk amanah, percaya itu jauh lebih baik. Dan satu hal lagi, mudah saja bagi Google (mereka memiliki perangkat cerdas dan sangat pintar) untuk mengetahui dan menganalisa suatu klik itu sah atau tidak.

Jadi, apalah artinya penghasilan beberapa dolar jika harus ditukar dengan di-banned-nya akun kita. Biarkan, iklan kita ‘melakukan tugasnya’ sendiri.

Jangan menyuruh teman untuk mengklik iklan

Saya sudah banyak melihat akun yang dibanned karena hal ini. Sama seperti poin di atas, ini juga salah satu kesepakatan kita dengan Google. Jika, kita melakukannya, maka Google akan segera dapat mendeteksinya.

Lakukan monitoring secara teratur dan terus menerus

Ini penting! Gunakan semua fasilitas yang disediakan oleh Google Adsense. Selalu pantau mana halaman yang kurang maksimal, lalu lakukan perbaikan. Dan mana halaman yang memberikan penghasilan yang tinggi, buat lagi sebanyak-banyak yang seperti itu.

tips sukses adsense, yang penting untuk publisher

Nah, itulah beberapa hal tambahan yang perlu mendapat perhatian untuk memastikan Kamu menghasilkan hasil maksimal dari Google Adsense.

Untuk penjelasan lebih detil mengenai hal-hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keutuhan akun, silakan baca Hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Publisher Adsense.

Bisa jadi, topik blog kita tidak memiliki pengiklan yang cukup atau sangat sedikit, atau juga penyebab lainnya. Jika sudah begitu, carilah alternatif lainnya. Adsense bukan segalanya dan bukan satu-satunya cara kita mencari uang lewat internet. Masih banyak peluang lain jika kita mau. Melalui blog ini pun saya berbagi dan mereview banyak sumber penghasil uang dari internet.

Jika kita telah berupaya maksimal, tapi tetap saja pendapatan kita dari Adsense tidak seperti yang kita harapkan, mungkin berarti kita memang ‘tidak berjodoh’ dengan Google Adsense.

Mengakhiri artikel seri Tips Sukses untuk Blogger, satu pesan saya: tidak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan sesaat.

Semuanya butuh proses, dimana dalam proses itu sangat membutuhkan dedikasi, ketekunan, semangat untuk terus memperbaiki kesalahan dan mental pantang menyerah.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

41 Komentar