Cara Dropship Tokopedia

cara dropship di tokopedia

Maksud dari cara dropship Tokopedia disini ada dua, yaitu :

  1. Berjualan di Tokopedia dengan sistem dropship. Artinya Anda berjualan barang di Tokopedia dengan cara buka Toko, upload produk, kemudian jika ada pesanan baru di pesankan ke suplier. Contoh : dropship dari Shopee ke Tokopedia, jadi Anda ambil barang dari Shopee dijual di Tokopedia.
  2. Pesan barang di Tokopedia sebagai dropshipper. Artinya Anda memesankan barang ke suplier di Tokopedia, yang dipesan pembeli melalui Anda. Contoh : dropship dari Tokopedia ke Shopee, jadi Anda ambil dari Tokopedia dijual di Shopee.

Saat ini tidak disarankan internal dropship, artinya tidak boleh jualan Tokopedia yang ambil barangnya di Tokopedia.

cara dropship tokopedia

Itulah cara kerja dropship di Tokopedia, berikut ini tutorial selengkapnya.

Cara 1 : Jualan Sistem Dropship di Tokopedia

Cara ini, sama seperti dropship di Bukalapak, berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Riset Produk.
  2. Mencari Suplier.
  3. Daftar di Tokopedia.
  4. Membuat Toko Di Tokopedia.
  5. Upload produk yang dijual dan lengkapi seperti profil, jasa pengiriman, bank dan lain – lain.
  6. Proses pesanan dari pembeli, dengan cara memesankan pesanan dari pembeli ke suplier. Jadi nama dan alamat yang dikirim ke suplier adalah nama dan alamat dari pembeli. Sedangkan nama tokonya, nama Toko Anda.
  7. Terakhir, tarik dana jika transaksi sudah selesai dari Tokopedia. Tidak harus langsung ditarik, ini tergantung Anda saja. Jika ingin menarik saat dana susah 1 juta atau 10 juta, silahkan.

Lebih baik baca cara dropship di Bukalapak untuk penjelasan lebih detail, cara kerja sistem dropship ini.

Cara 2 : Order Dropship Di Tokopedia

Berikut ini langkah – langkah pesan barang di Tokopedia sebagai dropshipper :

  1. Buka situs atau aplikasi Tokopedia.
  2. Login ke Tokopedia.
  3. Cari barang yang ingin dibeli.
  4. Klik BELI.
  5. Saat order atau memesan, silahkan klik centang kirim sebagai dropshipper.
  6. Kemudian bayar dan tunggu sampai pesanan di proses.

Saat ini, sebelum memesan, pastikan Anda sudah bertanya kepada penjual atau suplier. Apakah menerima resi otomatis, jika iya silahkan pesan, jika tidak pesan ditempat lain.

Karena saat ini hampir semua online shop atau marketplace sudah menggunakan resi otomatis.

Keuntungan Dropship Di Tokopedia

Berikut ini beberapa keuntungan dropship di Tokopedia :

1. Modal Sedikit

Keuntungan terbesar untuk dropship di Tokopedia adalah Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Anda masih bisa meluncurkan toko e – commerce tanpa harus menginvestasikan uang ratusan juta untuk persediaan ke depan. Secara tradisional, Anda harus mengikat inventaris pembelian modal dalam jumlah besar.

Dengan model dropshipping, Anda tidak perlu membeli produk kecuali Anda sudah melakukan penjualan dan telah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi persediaan uang di muka yang besar, adalah mungkin untuk memulai bisnis dropship Tokopedia yang sukses dengan sedikit modal yang diperlukan.

2. Mudah Memulai

Menjalankan bisnis online shop jauh lebih mudah ketika Anda tidak perlu berurusan dengan produk fisik. Dengan dropship Tokopedia, Anda tidak perlu khawatir tentang:

  • Mengelola atau membayar banyak biaya untuk gudang penyimpanan.
  • Pengepakkan dan pengiriman pesanan Anda.
  • Melacak inventaris untuk alasan akuntansi.
  • Penanganan pengembalian dan pengiriman masuk.
  • Terus memesan produk dan mengelola level persediaan.

3. Biaya Perawatan yang Mudah

Karena Anda tidak harus berurusan dengan inventaris pembelian atau mengelola gudang, biaya perawatan Anda cukup rendah. Bahkan, banyak bisnis dropship Tokopedia yang sukses dijalankan dari rumah hanya dengan laptop dan memiliki keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulannya.

4. Kerja yang Fleksibel

Bisnis dropship Tokopedia dapat dijalankan dari mana saja dengan koneksi internet. Selama Anda dapat berkomunikasi dengan pemasok dan pelanggan dengan mudah, Anda dapat menjalankan dan mengelola bisnis Anda.

5. Terdapat Berbagai Pilihan Produk

Tokopedia memiliki berbagai pilihan produk yang menarik. Karena Anda tidak perlu melakukan pra – pembelian barang yang Anda jual, Anda dapat menawarkan berbagai produk kepada calon pelanggan Anda. Di Tokopedia ini Anda dapat dropship murah tanpa biaya tambahan.

Bisnis Anda dapat menawarkan lebih banyak variasi produk daripada yang mungkin jika Anda harus membeli dan menyimpan semua barang yang Anda putuskan untuk dijual.

6. Mudah Dikelola

Apabila Anda berjualan secara tradisional dan Anda menerima tiga kali lebih banyak pesanan maka Anda biasanya harus melakukan tiga kali lebih banyak pekerjaan. Dengan memanfaatkan pemasok dropship di Tokopedia ini sebagian besar pekerjaan untuk memproses pesanan tambahan akan ditanggung oleh pemasok.

Anda hanya perlu memastikan dari rumah dan memungkinkan Anda untuk memperluas pelanggan dan sedikit kerja tambahan. Semua keuntungan ini menjadikan dropship Tokopedia sangat menarik bagi pebisnis awal dan yang sudah berkembang. Semua kenyamanan dan fleksibilitas ini datang tanpa perlu Anda repot.

Tampilkan Komentar

2 Komentar

close