Usaha

USAHA

Berikut ini penjelasan tentang usaha, mulai dari :

Apa Itu Usaha?

Usaha adalah sebuah tindakan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan pengertian usaha dalam fisika, menurut Wikipedia, Usaha atau kerja (dilambangkan dengan W dari Bahasa Inggris Work) adalah energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak.

Menurut KBBIarti dari usaha adalah :

  • Kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; pekerjaan (perbuatan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya) untuk mencapai sesuatu: bermacam-macam — telah ditempuhnya untuk mencukupi kebutuhan hidup; — meningkatkan mutu pendidikan;
  • Kegiatan di bidang perdagangan (dengan maksud mencari untung); perdagangan; perusahaan: — perkayuan mengalami kemajuan; — nya di bidang tenun ikat berkembang pesat;

Pengertian usaha menurut para ahli :

  1. Menurut Hughes dan Kapoor, usaha yaitu, suatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  2. Menurut Harmaizar Z, Dalam buku “Menangkap Peluang Bisnis,” definisi bisnis atau bisa jugadisebut perusahaan yang merupakan bentuk bisnis yang terus-menerus dan terus-menerus melakukan kegiatan dengan tujuan menghasilkan keuntungan bagi individu dan badan hukum dalam bentuk badan hukum atau badan hukum yang diciptakan dan hidup di daratan.
  3. Menurut Budi Prasodjo, usaha (dalam ilmu fisika) merupakan hubungan gaya dengan aktivitas perpindahan benda.
  4. Menurut Kamajaya, usaha (dalam ilmu fisika) adalah perpindahan energi melalui gaya yang membuat benda menjadi berpindah.
  5. Menurut Efrizon Umar, usaha (dalam ilmu fisika) dapat diartikan sebagai resultan gaya yang bekerja pada benda yang menyebabkan pergerakan dan perpindahan posisi benda.
  6. Menurut Aip Saripudin, usaha (dalam ilmu fisika) merupakan setiap gaya yang diberikan pada benda.
  7. Menurut Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry, usaha (dalam ilmu fisika) adalah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut mengalami aktivitas perpindahan (posisi).
  8. Menurut Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, usaha pada umunya merupakan upaya manusia yang ditujukan untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan usaha dalam ilmu sains merupakan gaya yang diberikan sebuah benda yang dapat menciptakan perpindahan posisi benda tersebut.
  9. Menurut Nana Supriatna dkk, usaha merupakan aktivitas atau pun kegiatan ekonomi yang dilaksanakan oleh manusia dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Manfaat dan Tujuan Usaha

Tujuan usaha adalah untuk mencapai sesuatu yang ditarget.

Manfaat dan tujuan usaha lainnya yang ditetapkan oleh wirausahawan adalah :

  1. Mencari keuntungan.
  2. Mengurangi pengangguran.
  3. Mewujudkan kesuksesan di dunia kerja.
  4. Meningkatkan pelayanan prima.
  5. Meningkatkan kepuasan konsumen.

Jenis Usaha

Berikut ini jenis-jenis usaha ekonomi masyarakat :

  1. Agraris.
  2. Peternakan.
  3. Perikanan.
  4. Pertambangan.
  5. Kehutanan.
  6. Perdagangan.
  7. Perindustrian.

Berdasarkan caranya, jenis usah dibagi menjadi :

  1. Usaha Riil.
  2. Usaha Spekulatif.

Contoh Usaha

Berikut ini beberapa contoh usaha :

  1. Konter pulsa.
  2. Mendirikan warung atau cafe.
  3. Pembuatan aplikasi.
  4. Desain dan percetakan.
  5. Potong rambut.
  6. Tempat parkir.

Tampilkan Komentar

Tulis komentar

close