6 Peluang Usaha Ternak Rumahan Yang Menjanjikan

Kategori : Usaha

Mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya jika ingin usaha ternak paling cepat untung besar, maka hewan ternak apa yang akan dijadikan bisnis? Sebenarnya ada lumayan banyak hewan yang bisa diternakkan, namun berikut ini akan diberikan 6 contohnya.

Usaha 1 : Ternak Ayam

bisnis-ternak-ayam

Hewan yang bisa Anda ternakkan sudah pasti ayam, karena dari ayam ini ada banyak yang bisa diambil, terutama daging dan telurnya. Menjelang Hari Raya Lebaran, permintaan akan daging akan melonjak, sehingga Anda pun bisa untung besar. Untuk hari biasa pun permintaannya tetap ada, namun tak sebanyak pada saat menjelang Hari Raya Lebaran.

Untuk bisa bisnis ternak ayam, sebaiknya Anda membutuhkan modal yang cukup besar, karena Anda butuh kandang yang besar, serta makanan untuk ayam ternak Anda. Anda juga harus memperhatikan kesehatan ayam ternak Anda, jangan sampai terkena penyakit.

Usaha 2 : Ternak Bebek

bisnis-ternak-bebek

Selain ayam, ternak lain yang juga cukup populer adalah bebek. Sama seperti ayam, semua bagian bebek bisa berguna untuk mendatangkan keuntungan, mulai dari bulunya, dagingnya, sampai dengan telurnya. Untuk dagingnya jelas bisa kita jual ke pedagang makanan seperti bebek goreng atau bebek panggang, sementara telurnya bisa dipakai untuk bahan pembuat martabak telur.

Jika ditekuni, maka setiap panen telur bebek, Anda akan mendapatkan untung yang besar, dan Anda bisa menjadi orang kaya dalam waktu yang tak lama. Layaknya ayam, Anda juga harus memperhatikan kesehatan bebek agar terhindari dari penyakit.

Usaha 3 : Ternak Sapi

bisnis-ternak-sapi

Hewan sapi juga memiliki banyak permintaan, karena dari sapi bisa kita ambil dagingnya dan juga susunya. Jika permintaan ayam melonjak saat menjelang Hari Raya Lebaran, maka permintaan sapi melonjak saat menjelang Hari Raya Idul Adha untuk dikurbankan. Karena itulah, ternak sapi menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Meski demikian, beternak sapi ini juga berisiko, mengingat harga daging sapi saat ini sedang tinggi, sehingga dikhawatirkan tak ada konsumen yang membeli daging sapi, dan beralih ke daging ayam. Ada baiknya Anda cari momen yang tepat jika ingin beternak sapi.

Usaha 4 : Ternak Kambing

bisnis-ternak-kambing

Sama seperti sapi, permintaan kambing potong akan melonjak pada saat menjelang Hari Raya Idul Adha untuk dikurbankan. Selain itu, menjelang Hari Raya Idul Adha, harga jual kambing juga akan naik, sehingga mendatangkan keuntungan bagi Anda. Namun Anda harus juga tau bagaimana cara ternak kambing yang menguntungkan.

Pemeliharaan hewan kambing ini terbilang mudah, karena Anda bisa memeliharanya di dalam kandang dan diberi makan, atau Anda bisa menggembalanya di alam bebas. Biasanya, ternak kambing ini akan dikombinasikan dengan ternak sapi untuk menghasilkan untung yang lebih maksimal. Ada dua cara ternak kambing secara modern dan jawa. Kalau dulu ternak secara jawa harus ngarit sekarang tanpa ngarit juga bisa.

Usaha 5 : Ternak Belut

bisnis-ternak-belut

Untuk bisa belajar menjalankan budidaya ternak hewan belut ternyata tak membutuhkan modal awal yang besar, namun mendatangkan keuntungan yang besar. Untuk tempatnya sendiri Anda tak memerlukan lahan yang luas, karena ternak belut ini bisa dilakukan di dalam drum, sehingga tak makan tempat. Namun, Anda masih perlu memperhatikan kualitas air di dalam drum tersebut.

Anda juga tak memerlukan lumpur untuk bisa beternak belut, dan cukup menggunakan air bersih. Airnya juga harus berada pada suhu 26 sampai 28 derajat Celsius, dan bebas dari bahan kimia. Selain itu, airnya juga harus penuh dengan kadar oksigen.

Usaha 6 : Ternak Lele

bisnis-ternak-lele

Hewan terakhir yang bisa dijadikan usaha ternak adalah lele. Banyak pelaku usaha memilih untuk beternak lele dikarenakan masa panennya yang terbilang cepat untung, yaitu hanya 3 bulan, sehingga Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang cepat pula. Sama seperti belut, ternak lele ini juga tak membutuhkan lahan yang luas.

Sebelum memulai ternak lele hendaknya Anda belajar cara ternak yang baik dan benar. Mulai menghitung biaya ternak lele kolam terpal jika menggunakan terpal. Biaya ternak lele dalam drum plastik atau dikolam tembok. Semua harus diperhitungkan secara matang agar dalam menjalankan bisnis ternak lele tidak rugi.

Anda cukup memiliki kolam dengan ukuran tak terlalu luas, dan sediakan pula terpal. Jika Anda sudah punya itu, maka Anda siap untuk beternak lele. Beternak lele juga terbilang mudah, dan cocok bagi pemula. Untuk menghitung jumlah keuntungan ternak lele sendiri biasanya dihitung per 1000 ekor.

Dari semua ide usaha ternak di atas, mana yang akan Anda jadikan lahan usaha Anda?

Baca Lebih Banyak Seputar : Usaha