Peluang Usaha

Peluang Usaha

Berikut ini penjelasan tentang peluang usaha dan idenya, mulai dari :

Apa Itu Peluang Usaha?

Peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang dijadikan untuk memperoleh keuntungan.

Pengertian peluang usaha menurut para ahli :

  • Menurut Thomas W. Zimmerer, peluang usaha adalah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.
  • Menurut Robbin And Coulter, peluang usaha adalah segala proses yang melibatkan individu ataupun suatu kelompok yang dengan menggunakan sarana tertentu bisa menciptkan nilai tambah untuk memenuhi segala kebutuhan.
  • Menurut Arif F. Hadiparanata, peluang usaha adalah sebuah resiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.
  • Menurut Hendro, peluang bisnis berasal dari sebuah inspirasi, ide, atau kesempatan yang muncul untuk dimanfaatkan bagi kepentingan seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari atau dalam bisnis.

Ciri – Ciri Peluang Usaha

Berikut ini beberapa ciri – ciri peluang usaha yang potensial dan baik :

  1. Nilai jual tinggi.
  2. Sifatnya nyata.
  3. Mampu bertahan cukup lama, dengan cara dapat ditingkan nilai jualnya.
  4. Tidak terlalu menghabiskan banyak modal.
  5. Dapat ditingkatkan skalanya.
  6. Ide atau peluang adalah bentuk pemikiran sendiri (orisinal).

Faktor Peluang Usaha

Berikut ini faktor- faktor keberhasilan dan kegagalan peluang usaha.

1. Faktor – faktor keberhasilan peluang usaha menurut Hendro (2011:143) :

  • Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang bisnis yang baik
  • Berawal dari uji test pasar dan uji coba (trial).
  • Mengikuti dan memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Mengikuti trend (kecenderungan) perubahan pasar.
  • Bisa terus menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya.
  • Resiko kegagalannya tidak besar saat pertama kali dimulai.
  • Merupakan alternatif terbaik dari peluang-peluang yang ada.

2. Faktor – faktor kegagalan peluang usaha :

  • Kebutuhan pasarnya tidak bersifat monoton dan musiman sehingga tidak hanya bersifat jangka pendek.
  • Peluang itu sudah kadaluarsa atau telah banyak ada orang yang memulaibisnis tersebut.
  • Tidak segera mengambil keputusan untuk memulainya sehingga peluang itulewat begitu saja.
  • Waktunya sudah lewat, terjadi perubahan kebutuhan atau muncul teknologibaru yang telah membuat peluang produk atau jasa itu out of date
  • Survei pasar tidak akurat, artinya hal itu hanya sekedar persepsi Anda yang menyatakan bahwa peluang itu sangat potensial lalu segera dilaksanakan begitu saja.
  • Mudah ditiru atau dibuat oleh orang lain.
  • Daya beli rendah.
  • Kebutuhan tidak berkelanjutan.

Sumber Peluang Usaha

Berikut ini munculnya sumber peluang usaha :

  1. Dari diri sendiri. Biasanya peluang yang muncul dari diri sendiri seperti dari hobi dan keahlian. Contoh hobi atau ahli dalam membuat kue, maka kemungkinan besar akan berjualan atau usaha kue.
  2. Dari orang lain. Sumber peluang usaha yang muncul dari orang lain biasanya, diberi ide atau gagasan langsung dari orang lain atau secara tidak langsung dengan cara memperhatikan orang lain. Contoh langsung diarahkan orang lain jualan pentol.
  3. Dari lingkungan sekitar. Makdunya, sumber peluang yang muncul dikarenakan, karena pengaruh lingkungan sekitar. Contoh lingkungan sekitar banyak budidaya ikan lele, secara tidak sadar akan mengikuti dengan membuka usaha budidaya ikan lele.
  4. Dari perubahan alam dan gaya hidup. Contoh perubahan gaya hidup karena covid-19, maka saat ini banyak sekali yang berjualan masker.

Cara Mencari Peluang Usaha

Berikut ini cara mencari atau melihat peluang usaha yang cocok bagi Anda :

  1. Lihat peluang usaha dari diri sendiri, contoh hobi atau keahlian Anda itu apa. Coba jalani, karena kemungkinan besar peluang usaha dari diri sendiri lebih besar prosentase berhasilnya. Selain itu lihat sumber peluang usaha lainnya seperti dari orang lain, likungan sekitar dan perubahan, seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  2. Setelah menemukan beberapa peluang usaha, catat semua.
  3. Sekarang waktunya menilai, peluang mana yang masuk akal untuk dijalankan. Contoh Anda mempunyai daftar peluang seperti jualan es, membangun cafe, buka konter pulsa, menjadi freelancer, menjadi blogger atau youtuber.
  4. Selanjutnya lihat dulu modal Anda, mana saja yang bisa dijalankan dengan modal yang Anda punya.
  5. Kemudian mana peluang usaha yang mudah dikerjakan dan menghasilkan uang dengan cepat atau banyak.
  6. Hasil akhir yang Anda pilih itulah peluang usaha yang paling cocok untuk Anda.

Jika masih bingung juga, coba lihat ide – ide peluang usaha dibawah ini.

Ide Dan Peluang Usaha

Berikut ini ide dan peluang usaha baik dengan modal kecil atau besar yang dapat dijalankan secara konvensional (offline) maupun online :

1. Jasa Pengetikan

Usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan adalah jasa pengetikkan. Meskipun terdengar sepele, nyatanya banyak orang mulai dari mahasiswa, karyawan hingga pegawai negeri yang mencari jasa pengetikkan untuk mengetik dokumen.

Modal yang diperlukan juga sangat sedikit. Dimana Anda hanya perlu mempersiapkan komputer atau laptop yang bisa dipakai untuk mengetik.

Untuk jenis usaha ini, Anda harus lebih teliti dalam mengetik. Jangan sampai ada typo atau kesalahan dalam pengetikan karena hal tersebut bisa klien enggan menggunakan jasa Anda kembali.

Tempat UsahaRumahan
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanMudah
ResikoRendah

2. Usaha Salon

Merintis bisnis salon atau potong rambut tidak melulu membutuhkan modal yang besar. Kini, Anda dapat memulainya dengan menggunakan modal awal sebesar 5 juta rupiah.

Dana tersebut tentu akan Anda pergunakan untuk menyewa tempat dan membeli peralatan salon. Untuk peralatan salon seperti alat cukur, gunakan alat cukur rambut yang tidak terlalu mahal dahulu, agar bisa mengirit biaya awal usaha.

Selain itu, Anda juga harus memiliki keterampilan memotong rambut, melakukan creambath, lulur dll. Namun, apabila Anda tidak mempunyai keterampilan tersebut, maka solusi terbaiknya adalah mempekerjakan orang.

Disamping peralatan dan keterampilan, ada satu lagi aspek yang dapat menentukan keberhasilan bisnis ini. Aspek tersebut adalah kemampuan berkomunikasi. Terapkan komunikasi yang baik dengan pelanggan agar mereka selalu mengunjungi salon Anda.

Tempat UsahaRumahan / Ruko Sederhana
ModalKecil – Sedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanSedang (Butuh keahlian khusus)
ResikoRendah

3. Jasa Servis Komputer

Anda memiliki kemampuan untuk memperbaiki komputer atau laptop yang rusak? Maka keahlian tersebut bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Pasalnya sekarang ini banyak sekali orang yang mencari layanan atau teknisi yang bisa memperbaiki komputer. Oleh karena itu, usaha modal kecil bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memulai bisnis.

Apalagi, peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan berat sehingga modal yang dikeluarkan pun tidak akan besar.

Tempat UsahaRumahan / Ruko Sederhana
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa
Tingkat KesulitanSedang (Butuh keahlian khusus)
ResikoRendah

4. Jasa Desain Grafis

Sekarang ini jasa desain grafis sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis. Desain grafis bisa dipakai untuk membuat logo perusahaan, branding, iklan pamflet, banner dan lain sebagainya.

Tak hanya pengusaha, banyak pula instansi dan organisasi yang membutuhkan jasa desain grafis untuk menunjang setiap kegiatannya. Banyaknya permintaan jasa desain grafis ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi Anda yang ingin memulai usaha.

odal yang harus Anda miliki hanyalah skill mendesain dan komputer atau laptop yang sudah diinstall aplikasi Corel, Photoshop, atau Adobe Illustrator. Tertarik dengan usaha modal kecil sebagai jasa desain grafis ini?

Tempat UsahaRumahan / Ruko Sederhana / Online
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanSedang (Butuh keahlian khusus)
ResikoRendah

5. Jasa Percetakan

Ada jasa pengetikan dan desain pasti ada juga jasa percetakan. Usaha percetakan ini banyak macam, seperti percetakan banner untuk modal besar, cetak undangan dan foto untuk modal sedang, dan cetak atau print laporan, skripsi, tugas untuk modal yang kecil.

Bisnis ini akan semakin menguntungkan jika Anda membukanya di lokasi-lokasi yang memang strategis seperti dekat dengan sekolahan, kampus, perusahaan atau kantor instansi.

Mengapa? Karena target untuk bisnis percetakan adalah mereka yang selalu bergelut dengan dokumen, laporan, cetak foto dan lain sebagainya. Mahasiswa biasanya akan menghabiskan banyak uangnya untuk mencetak laporan, skripsi, tugas dan lain-lain.

Sementara pegawai instansi atau swasta biasanya akan pergi ke percetakan untuk menggandakan dokumen, mencetak laporan dan tugas lain. Bayangkan, hanya dengan modal printer, kertas dan tinta berapa banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh? Sangat banyak bukan?.

Tempat UsahaRumahan / Ruko
ModalKecil – Besar
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa
Tingkat KesulitanSedang
ResikoRendah – Tinggi

6. Peluang Bisnis Waralaba (Franchise)

Sektor usaha yang juga kini tengah diminati adalah waralaba atau franchise. Semakin banyak perusahaan-perusahaan menengah yang mulai menyediakan sistem bisnis waralaba atau franchise ini.

Khususnya di segmen bisnis yang menjual aneka macam makanan dan juga minuman ringan.

Banyak keuntungan yang dapat dinikmati ketika menjalankan segmen usaha ini, baik bagi perusahaan penyedia fanchise atau agen itu sendiri. Sektor usaha ini juga masuk pada kategori usaha mikro karena untuk memulai sebuah bisnis waralaba dewasa tidak selalu membutuhkan investasi modal yang relatif besar.

Untuk memulai bergabung dengan usaha ini, sebaiknya siapkan modal antara 4 – 15 juta.

Tempat UsahaDepan Rumah / Ruko / Pinggir Jalan / Alun – alun
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

7. Berjualan Pulsa

Peluang usaha sampingan untuk karyawan ini juga termasuk mudah untuk dijalankan, dan terbilang fleksibel, karena dari segi pengoperasiannya, bisnis pulsa ini, merupakan salah satu bisnis yang bisa dijalankan dimanapun dan kapanpun Anda berada.

Bisnis ini pun hanya memerlukan modal yang minim untuk Anda jalankan, dibawah 500 ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menjalankan bisnis pulsa yang satu ini. Teman sekantor saya pun juga ada yang menjalankan usaha yang satu ini.

Lebih lengkap silahkan baca cara jualan pulsa.

Tempat UsahaDimanapun (Rumah, Kantor)
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu rumah tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

8. Buka Konter Pulsa

Selain berjualan pulsa, dikantor atau dirumah. Anda juga bisa membuka usaha konter pulsa.

Untuk membuka konter pulsa ini, modal yang dibutuhkan antara 4 – 15 juta, tergantung perhitungan modal awal, seperti pemilihan tempat dan barang – barang pendukung yang dibeli.

Lihat saja langkah – langkah cara buka usaha konter pulsa.

Tempat UsahaRumah / Ruko Sederhana
ModalKecil – Sedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa
Tingkat KesulitanRendah
ResikoSedang

9. Usaha di Bidang Pertanian

Di masa pandemi seperti sekarang ini, usaha di bidang pertanian banyak sekali diminati. Usaha ini tidak perlu mempunyai sawah atau lahan yang luas.

Cukup memanfaatkan halaman rumah yang kosong saja sudah bisa memulai usaha ini. Seperti budidaya rempah – rempah, sayuran atau buah – buahan.

Usaha sayuran juga bisa dibagi menjadi dua yaitu hidroponik dan organik. Dari keduanya mempunyai keutungan dan kerugian masing – masing.

Keuntungan usaha sayuran hidroponik :

  1. Tingkat sterilisasi sayuran hidroponik relatif bagus karena tidak menggunakan tanah melainkan air sebagai media tanam.
  2. Lebih aman dari berbagai hama dan serangan penyakit karena dibudidayakan pada green house.
  3. Unsur hara sudah berupa ion sehingga bisa langsung diserap oleh tanaman hidroponik.
  4. Tanaman sayuran hidroponik lebih cepat tumbuh karena unsur hara dikontrol langsung.
  5. Dikarenakan semua kondisi terkontrol meliputi unsur hara, cuaca, suhu kelembaban dan PH maka produk sayur hidroponik yang dihasilkan relatif sempurna.

Kerugian usaha sayuran hidroponik :

  1. Bisnis sayur hidroponik jelas membutuhkan modal yang besar untuk instalasinya meliputi greenhouse, pompa, nutrisi, listrik dan air.
  2. Diperlukan ketelitian dan pemahaman mengenai perhitungan konsentrasi PH, suhu hingga debit air.

Keuntungan usaha sayuran organik :

  1. Prosesnya ramah lingkungan karena semuanya menggunakan bahan alami.
  2. Menggunakan sumber hara yang berasal dari pupuk organik dengan harga lebih murah.
  3. Dikarenakan sifatnya yang alami maka relatif lebih enak dipandang.
  4. Biaya lebih murah karena media tanam yang digunakan berupa tanah.

Kerugian usaha sayuran organik :

  1. Sulit untuk menghasilkan sayur dalam jumlah besar karena pertumbuhannya hanya sebatas menggunakan pupuk organik dengan kandungan unsur hara kecil.
  2. Kontaminasi lebih tinggi dan resiko terserang hama lebih besar karena ditanam pada tanah.
  3. Ketersediaan unsur hara relatif lambat karena menggunakan pupuk organik yang memerlukan bantuan organisme dalam proses pertumbuhan tanaman sayur.
  4. Keefektifan penggunaan pupuk organik bagi tumbuhan sayur relatif rendah.
Tempat UsahaSawah, Pekarangan Rumah
ModalKecil – Sedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang
ResikoSedang

10 . Usaha Peternakan

Untuk mereka yang tinggal di kawasan pinggiran kota atau pedesaan, peluang usaha kecil menengah yang menjanjikan bisa didapatkan dari beternak.

Ada banyak contoh obyek yang bisa dijadikan sebagai ternak seperti ayam, bebek, ikan, lebah, dan sebagainya. Apabila usaha peternakan tersebut bisa memberikan hasil yang menjanjikan, Anda bisa memperluas usaha ke cabang lain.

Sebagai contoh, untuk yang mengembangkan usaha peternakan bebek, hasil telur yang dihasilkan bisa diolah menjadi telur asin untuk menambah nilai jual.

Sementara itu, untuk yang semula mengembangkan usaha ternak ayam potong, bisa mengembangkan usaha ke ternak ayam kampung atau ayam petelur. Usaha seperti ini diperkirakan akan berpeluang besar akibat meningkatnya permintaan produk-produk ternak.

Tempat UsahaBangun Kandang, Pekarangan Rumah
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang
ResikoSedang

11. Bisnis Laundry

Anda bisa memanfaatkan mesin cuci yang Anda miliki dirumah untuk membuka bisnis laundry. Bisnis ini, merupakan salah satu bisnis yang mudah untuk dijalankan, dan cocok dijalankan sebagai salah satu usaha sampingan bagi Anda para karyawan.

Untuk modalnya sendiri, memang terbilang cukup minim, sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan banyak modal untuk memulai bisnis ini.

Tempat UsahaRumahan
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

12. Mengembangkan Wisata Lokal

Di daerah terpencil kebanyakan mempunyai daya tarik tersendiri. Umapa daerah penggunungan, sekarang ini banyak sekali yang menciptakan peluang usaha dengan mengembangkan tempat wisata di daerah terpencil.

Contoh : Wisata Pujon Kidul.

Letak wisata ini di Pujon Kidul, Pujon, Malang di daerah penggunungan namun wisata ini sudah banyak dikunjungi.

Dari satu ide akan muncul banyak peluang usaha lainnya. Contohnya mendirikan warung di sekitar wisata, menjual oleh – oleh khas wisata seperti baju, pernak – pernik dan lainnya.

Usaha jenis ini, usaha yang sangat saat ini paling laku dan terpopuler. Lihat saja saat ini banyak sekali bermunculan tempat wisata baru, khusus daerah terpencil dipenggunungan.

Tempat UsahaDesa Terpencil, Area Penggunungan
ModalBesar
Cocok UntukPunya modal besar (pengusaha atau patungan dari beberapa orang)
Tingkat KesulitanSedang
ResikoTinggi

13. Usaha Kerajinan Tangan

Salah satu usaha rumahan yang bisa dicoba adalah usaha kerajinan tangan. Seperti yang bisa kita lihat kini ada banyak produk buatan tangan yang beredar di pasaran bahkan bisa diekspor hingga ke luar negeri.

Tas, dompet, topi, sandal hanyalah beberapa contoh diantara sekian banyak produk buatan tangan yang dihasilkan dari bisnis rumahan. Apabila Anda memiliki keahlian menjahit, menganyam, ataupun keahlian lainnya, manfaatkan saja keterampilan tersebut untuk memulai bisnis ini.

Barangkali saja, dengan semakin berkembangnya usaha, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Sebagai contoh, untuk yang tinggal di kawasan perumahan dimana banyak ibu-ibu rumah tangganya menganggur, usaha kerajinan seperti pembuatan bros manik-manik yang Anda kembangkan bisa menjadi usaha sambilan untuk mereka.

Tempat UsahaRumahan
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang
ResikoSedang

14. Jasa Penulis Artikel

Dengan membuka jasa penulis artikel Anda hanya perlu bermodalkan pikiran, hp atau laptop. Tanpa harus mempunyai modal yang besar Anda sudah bisa menghasilkan jutaan rupiah perbulan dengan hanya menjadi penulis artikel.

Dimana seharusnya mempromosikan jasa ini ?

Bisa menggunakan forum – forum, membuat blog pribadi, atau invite teman – teman blogger Anda.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang
ResikoKecil

15. Jasa Pembuatan Website

Saat ini website hampir seperti kebutuhan pokok bagi perusahaan ataupun pegiat bisnis online. Nah darisitulah jasa pembuatan website saat ini sangat diperlukan.

Jika Anda mempunyai kemampuan membuat website, buatlah portofolio sebanyak – banyak nya dan promosikan.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanSedang (Perlu Keahlian Khusus)
ResikoKecil

16. Menjadi Blogger

Ingin mendapatkan uang dari internet tanpa harus mengeluarkan modal. Dengan modal blog gratisan contoh : blogger.com dan wordpress.com dua penyedia blog gratisan ini yang paling banyak diminati.

Hanya dengan membuat blog dan menyalurkan hobi Anda. Contoh hobi reparasi komputer, tulis saja trick dan tips tentang reparasi komputer. Atau ada hobi lain misal traveling, tulis saja hal – hal yang Anda temui saat traveling.

Contoh informasi jalan, kendaraan yang menuju tempat wisata, tempat wisata dan masih banyak yang lain. Jika sudah mempunyai banyak pengunjung lalu monetize. Bisa menggunakan adsense atau periklanan yang lain.

Lebih lengkap silahkan lihat cara menjadi blogger.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanSedang (Perlu Keahlian Khusus)
ResikoKecil

17. Menjadi Youtuber

Menjadi seorang youtuber tidak jauh berbeda dengan seorang blogger. Perbedaannya adalah blogger berupa tulisan jika youtuber adalah video. Jika berminat jadi seorang youtuber bisa dibaca artikel keren tentang Cara Mendapatkan Uang dari Youtube.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

18. Endorse

Bisnis gratis tanpa modal yang satu ini Anda harus mempunyai aura untuk menarik perhatian orang lain. Entah itu di instagram, facebook, youtube, twitter dan media social lainnya. Semakin banyak yang tertarik dengan postingan Anda. Untuk menjadi endorse pun menjadi semakin terbuka.

Endorse adalah mengiklankan barang atau jasa milik orang lain dengan akun sosial media Anda yang banyak menyita perhatian orang lain. Contoh yang paling sering melakukan endorse adalah para artis.

Kenapa bisa ?

Karena postingan mereka banyak menyita perhatian orang lain. Yuk dicoba bisnis online satu ini.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

19. Membuka Kursus Online

Yap, kursus secara online saat ini sangat bisa dilakukan. Ya sudah banyak sekali bertebaran situs penyedia kursus online.

Dari kursus pemrograman, bahasa inggris, kursus mendapatkan uang dari internet entah dari forex, periklanan, cpa dan banyak lainnya. Jika Anda mempunyai skill untuk mengajar namun takut berhadapan langsung dengan sang murid. Pilihan inilah sangat bagus bagi Anda.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

20. Menjadi Dropshipper

Jika Anda jago dalam promosi dan menjual barang, namun tidak ada modal untuk membeli stok barang.

Menjadi Dropshipper adalah langkah awal yang tepat untuk memulai usaha Anda.

Setelah berhasil mendapatkan uang dari dropshipper, selanjutnya baru Anda bisa stok barang sendiri bahkan membuat produk sendiri.

Jika belum paham cara kerjanya, silahkan lihat artikel tentang dropship.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil (Bahkan tanpa modal)
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

21. Les Privat

Pada masa pademi ini, sekolah banyak dilakukan secara online. Nah, disini banyak orang tua sibuk tidak bisa mengurus anak untuk belajar.

Les privat inilah yang jadi solusinya, jika orang tua sibuk bisa mengikutkan anak ke les privat untuk membantu dalam belajar.

Seperti mengerjakan tugas sekolah sampai upload tugas. Disini ada sudah bisnis seperti itu, jadi setiap pertemua membayar 3 ribu rupiah per anak dan sudah mendapatkan akses wifi gratis untuk keperluan upload tugas yang sudah dikerjakan.

Intinya les privat ini, untuk membantu atau membimbing anak untuk belajar dan keperluan tugas sekolah.

Tempat UsahaRumahan
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

22. Jasa Penerjemah

Apabila Anda mengambil jurusan kuliah bahasa asing seperti Inggris, Jepang, mandarin, maka bisnis jasa penerjemah sangat prospek untuk Anda jalankan.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal besar karena hanya membutuhkan laptop, smartphone, kuota internet (wifi), dan kamus. Selain itu, lingkup pasar jasa penerjemah bukan hanya mahasiswa tapi juga pelajar hingga orang umum.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil
Cocok UntukMahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang (Butuh Keahlian Khusus)
ResikoKecil

23. Bisnis Souvenir Pernikahan

Dengan modal 1 juta Anda juga bisa membuka bisnis souvenir pernikahan. Tentu saja, selain modal, Anda juga harus kreatif agar souvenir Anda membuat orang tertarik membelinya.

Anda bisa membuat gantungan kunci atau bros dari kain flanel. Hanya dari 1 meter kain flanel, Anda bisa membuat sekitar 50 gantungan kunci.

Tempat UsahaRumahan
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang (Butuh Keahlian Khusus)
ResikoKecil

24. Usaha Warung Makan

Anda bisa memodifikasi ruangan garasi yang Anda miliki untuk menjadi warung makan. Bisnis kuliner memang dianggap tak ada matinya, karena semua orang butuh makan. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha.

Usaha warung makan ini memiliki peluang untuk mendapatkan untung yang besar jika lokasinya strategis, seperti di dekat sekolah, kampus, atau kantor. Bisa jadi, para pelajar, mahasiswa, atau karyawan yang sedang istirahat datang berkunjung ke warung makan Anda untuk makan siang.

Modal Rp 7 juta untuk membuka warung makan ini meliputi renovasi tempat, peralatan makan, peralatan masak, meja makan, dan bahan-bahan makanannya.

Tempat UsahaRuko / Warung
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanSedang
ResikoSedang

25. Usaha Cuci Motor

Inspirasi usaha kecil yang terakhir, Anda bisa membuka usaha cuci motor di halaman rumah Anda sendiri. Sama seperti mencuci baju, tak semua orang akan rajin mencuci motornya sendiri, dan lebih memilih untuk datang ke cuci motor karena lebih praktis dan juga hemat tenaga.

Mengingat sekarang banyak pengguna sepeda motor, usaha Anda ini bisa jadi akan maju, apalagi jika rumah Anda merupakan tempat yang sering dilalui oleh pengguna sepeda motor.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci motor ini adalah Rp 7 juta, untuk biaya membeli kompresor, dan peralatan cuci motor lainnya.

Tempat UsahaRumahan
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

26. Jual Barang Bekas

Anda mungkin memiliki barang yang sudah tak terpakai lagi, namun masih layak untuk digunakan. Anda bisa menjual barang-barang milik Anda itu hanya dengan HP Anda. Tinggal foto barangnya, lalu upload ke media sosial Anda, atau upload ke e-commerce. Usaha yang satu ini juga potensial saat dikerjakan di desa terpencil.

Bila ada yang berminat dengan barang Anda, mereka akan menghubungi Anda dan bertanya mengenai kondisi barangnya. Jika setuju, maka Anda pun akan mendapatkan penghasilan. Terkadang, menjual barang bekas bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan berjualan barang baru.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

27. Usaha Catering Rumahan

Usaha yang bisa Anda pilih jika memiliki modal 10 juta adalah catering rumahan. Sama seperti usaha kue kering di atas, untuk bisa membuka catering rumahan ini tak perlu membeli alat masak lagi, dan Anda juga tak perlu menyewa tempat.

Agar lebih fokus dan tidak bingung, sebaiknya pada tahap awal Anda memulai bisnis catering ini dengan satu jenis makanan saja. Jika sudah mulai maju, baru Anda bisa mulai merambah ke jenis makanan lainnya.

Tempat UsahaRumahan
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoKecil

28. Usaha Foto Copy dan ATK

Bisnis dengan modal 5 juta yang dapat Anda mulai adalah membuka usaha foto copy dan ATK.

Bisnis ini dianggap memiliki prospek yang sangat menjanjikan meskipun pada awalnya besarnya perolehan keuntungan tidak seberapa.

Anda sebaiknya membuka usaha ini di lokasi-lokasi yang strategis seperti kantor, kampus maupun sekolah.

Tempat UsahaRuko
ModalSedang
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoSedang

29. Bisnis Jual Beli Rumah

Binsi jual beli rumah memang modal yang diperlukan sangat besar dan resiko tinggi pada jangka pendek. Namun rumah dan tanah harganya tidak pernah turun yang ada akan naik terus.

Contoh kita bahas bisnis jual beli rumah Jakarta Barat.

Pasar properti segmen menengah atas di kawasan Jakarta Barat masih menggeliat. Dikatakan, bahkan dalam 5 tahun kedepan pertumbuhan kawasan ini akan lebih cepat seiring pengembangan kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Permintaan rumah, rukan atau rumah kantor, dan kavling masih terus naik. Kemungkinan besar dikarenakan akses yang semakin mudah, terutama dengan pembangunan jalan tol yang melintasi Jakarta Barat.

Selain itu, menyusul perkembangan sejumlah CBD di Ibukota, prospek properti Jakarta Barat pun juga semakin cerah dengan beberapa proyek yang diusung beberapa pengembang. Selain Puri, kini area Joglo, Meruya Selatan, ramai dengan sejumlah proyek perumahan mewah baru.

Dari beberapa asalan diatas, mulai sekarang tidak ada salahnya investasi dengan membeli rumah dan tanah di kawasan tersebut.

Selain memperhatikan hal, diatas untuk bisnis jual beli rumah, sebaiknya juga memperhatikan cara berpromosi, saat ini cara promosi online adalah paling efektik.

Contoh Anda bisa mempromosikan di www.99.co, untuk jual beli rumah di Jakarta.

Tempat UsahaKantor Pemasaran / Online
ModalBesar
Cocok UntukPengusaha dengan modal besar
Tingkat KesulitanTinggi
ResikoTinggi

30. Peluang Usaha Makanan

Sudah tidak diragukan lagi, walau saat ini sudah banyak sekali yang membuka usaha makanan, namun hampir semua pasti laku.

Tidak peduli, banyak yang jual atau masih baru membuka usaha, setidaknya mereka akan menerima pesanan setiap harinya.

Peluang usaha makanan banyak sekali jika dibagi – bagi, mulai dari :

  • Usaha makanan ringan serba 5000, 2000, 1000 dan 500.
  • Usaha makanan ringan kriuk.
  • Usaha makanan ringkan unik.
  • Usaha makanan kekinian.
  • Usaha makanan jadul.
  • Atau usaha makanan yang paling populer dan menguntungkan.

Daftar makanannya lihat di artikel peluang usaha makanan.

Silahkan pilih jenis makanan seperti apa yang ingin Anda jual.

Tempat UsahaRumahan / Online
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

31. Peluang Usaha Minuman

Ada peluang usaha makanan, pasti juga ada peluang usaha minuman. Saat ini peluang usaha minuman yang lagi populer adalah es teh.

Lihat saja disekitar Anda, berapa penjual es teh namun dengan merek yang berbeda – beda, walaupun jualannya sama yaitu es teh.

Selain es teh bisa juga menjual es krim, es jus buah, es buah dan lainnya. Es ini akan sangat laris saat bulan ramadhan, bahkan penjualnya pun bertambah banyak pada bulan ini.

Ya, alasannya karena banyak yang mencari es untuk buka puasa.

Mau usaha minuman, coba saja , tidak banyak kok modalnya. Jika bingung apa yang ingin dijual, berikut ini jenis bisnis minuman yang menguntungkan :

1. Minuman Cokelat

Bisa dibilang, cokelat adalah bahan makanan yang disukai oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan, dalam bentuk minuman pun cokelat masih digemari oleh banyak orang. Karena itulah, minuman cokelat pastinya akan laku.

Anda bisa menjajal usaha minuman cokelat ini mulai dari cokelat biasa dulu, atau mencoba bereksperimen dengan menggunakan bahan lain sebagai bahan campuran cokelat. Tentunya, semakin unik dan tak biasa layaknya minuman cokelat pada umumnya, orang akan makin tertarik untuk mencicipi minuman cokelat buatan Anda.

2. Minuman Kopi

Sama seperti cokelat, kini sudah banyak variasi dari minuman kopi, mulai dari kopi hitam, sampai dengan espresso atau kopi latte. Tentu saja, bagi penggemar kopi, banyaknya varian ini membuat mereka jadi memiliki banyak pilihan, dan tidak monoton, dan masing-masing memiliki penggemarnya sendiri.

Agar semakin banyak pengunjung datang ke tempat Anda, maka sebaiknya Anda juga menyediakan berbagai jenis kopi pada usaha minuman kopi Anda. Selain nama Anda jadi terkenal, Anda juga mendapatkan keuntungan.

3. Minuman Buah

Selain minuman cokelat dan kopi, Anda juga bisa mencoba untuk membuka usaha minuman buah. Minuman buah ini bisa meliputi jus buah, es buah, atau es krim yang terbuat dari buah, semua tergantung pada kreatifitas Anda.

Selain menyegarkan, buah-buahan juga mengandung vitamin, sehingga juga membuat badan jadi sehat. Tentu saja, agar mendapatkan lebih banyak manfaat dari buah, Anda harus menyiapkan buah yang segar, dan tak dicampur dengan bahan kimia apa pun.

Jika ingin lebih menarik minat konsumen, Anda bisa mengemas minuman buah ini dengan kemasan yang unik atau lucu, sehingga terlihat menarik di mata konsumen.

4. Minuman Susu

Susu yang dulu dikonsumsi sebagai minuman kesehatan atau pelengkap gizi, kini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Karena itulah, tak jarang kita akan menemukan menu minuman susu saat kita berada di kafe atau di kios makanan.

Mirip seperti kopi, kini sudah banyak varian susu yang bisa kita nikmati, dan Anda juga bisa mengambil peluang ini sebagai momen untuk membuka usaha minuman susu. Biasanya, susu memiliki rasa original atau cokelat. Agar lebih inovatif, Anda bisa mencoba rasa lain sebagai campuran susu, bisa salah satunya dengan buah-buahan, dan tentunya susunya juga harus dikemas menarik.

Minuman susu ini terbukti bisa mendatangkan keuntungan, karena harga jualnya yang tergolong tinggi dibandingkan minuman lainnya. Bila harganya pas dan Anda termasuk orang yang kreatif, maka Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan minuman susu.

5. Minuman Teh

Teh yang biasa kita minum di rumah ternyata juga bisa mendatangkan keuntungan. Apalagi kini sudah banyak varian teh yang cukup unik, seperti teh matcha, atau Thai Tea yang sempat booming beberapa waktu lalu.

Untuk bisa berjualan teh ini juga terbilang mudah, karena Anda tak butuh lahan yang besar. Cukup menyewa space kecil saja seperti di depan minimarket, atau di depan mall. Anda juga bisa berjualan di dalam mall, namun dengan risiko harga sewa yang lebih mahal dibandingkan dengan menyewa sedikit lahan di depan minimarket.

Tempat UsahaRumahan / Online / Mall / Depan Minimarket
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

32. Afiliasi

Afiliasi pemasaran agak mirip dengan dropshipping tetapi memiliki beberapa perbedaan utama. Dengan model e-niaga ini, Anda tidak lagi menyimpan inventaris produk Anda sendiri, dan Anda tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Pada dasarnya, Anda memilih niche yang menguntungkan untuk bisnis online Anda, dan kemudian Anda menemukan mitra afiliasi yang memiliki produk yang tersedia di niche itu. Anda menawarkan produk untuk dijual, misalnya, di blogatau situs online shop Anda.

Setiap produk memiliki tautan unik yang melacak kembali ke akun Anda dengan mitra afiliasi Anda. Prospeknya adalah lebih pada orang yang mengeklik tautan dan dibawa ke keranjang belanja mitra Anda untuk pembayaran. Begitu mereka membeli, pembelian itu dicatat dan Anda menerima komisi.

Tempat UsahaOnline
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

33. Usaha Baju

Saat ini banyak sekali dikalangan ibu rumah tangga yang berjualan baju dirumah.

Bahkan di sosial media tidak sedikit juga ibu – ibu yang mempromosikan berbagai model dan merek baju.

Artinya apa? artinya sampai saat ini peluang usaha baju masih terbuka sangat lebar. Karena baju juga termasuk kebutuhan pokok, yang setiap orang pasti punya dan beli baju.

Sedikit tips berjualan baju, bagi yang belum punya modal banyak adalah dengan menggunakan sistem dropship. Dengan begitu Anda tidak perlu dulu stok barang, tinggal promosikan saja barang dari suplier.

Kemudian jika modal sudah banyak, Anda bisa memulai membuka toko sampai membuat baju sendiri.

Tempat UsahaRumahan / Toko / Online
ModalKecil
Cocok UntukLulusan SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga
Tingkat KesulitanRendah
ResikoRendah

Tampilkan Komentar

Tulis komentar

close