Wirausahawan : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri- Ciri dan Karakteristik

Apa yang dimaksud dengan wirausahawan, mungkin saat ini itulah yang membuat Anda bertanya – tanya. Jadi langsung saja lihat dibawah ini.

Pengertian Wirausahawan

Wirausahawan adalah orang yang menjalankan bisnis atau usaha dengan ilmu yang sudah didapat untuk mengkaji produk baru, produksi produk sampai memikirkan modal.

Sedangkan menurut Wikipedia, Wirausahawan merupakan orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Pengertian Wirausahawan Menurut Para Ahli

  • Menurut Thomas W. Zimmerer dan Norman M. Scarbrough, wirausahawan adalah orang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil resiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikannya.
  • Menurut Zimmerer, wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan resiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.
  • Menurut Hisrich, Entreprenuership is the process of creating something different with value by devoting the necessary time and effort, assuming the accompanying financial, psyicological, and social risk and receiving the resulting rewards of monetary and personalsatisfactionand independence.
  • Menurut John J. Kao, berkewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, manajemen pengambilan risikoyang tepat, melalui keterampilan komunikasi dan manajemen untuk memobilisasi manusia, uang, dan bahan-bahan baku atau sumber daya lain yang diperlukan untuk menghasilkan proyek supaya terlaksana dengan baik.
  • Menurut David E. Rye, wirausahawan adalah seorang yang mengorganisasikan dan mengarahkan usaha baru.

Ciri Ciri Wirausahawan

Berikut ini beberapa ciri – ciri dari wirausahawan :

  1. Percaya diri.
  2. Berorientasi tugas dan hasil.
  3. Pengambilanresiko.
  4. Kepemimpinan.
  5. Keorsinilan.
  6. Berorientasi ke masa depan.

Karakteristik Wirausahawan

Wirausahawan yang sukses pastinya memiliki karakteristik wirausahawan yang bagus agar mereka bisa mewujudkan keinginan mereka. Seperti apa karakteristik dari para wirausahawan yang sukses itu.

  1. Motif Berprestasi Tinggi. Salah satu karakteristik yang dimiliki wirausahawan sukses adalah motif berprestasi tinggi. Orang yang hasil pastinya selalu memiliki motif atau hasrat untuk mencapai sesuatu yang berguna untuk kepuasan pribadinya. Nah, bagi seorang wirausahawan, hasrat dari mereka cukup tinggi, yakni mencapai keberhasilan dalam usaha yang tengah mereka rintis.
  2. Selalu Perspektif. Karakteristik lain dari seorang wirausaha sukses adalah mereka mampu menatap masa depan dengan lebih optimis selalu. Inilah yang disebut memiliki perspektif yang baik. Mereka selalu melihat ke depan dan berusaha untuk menggapai tujuannya. Oleh karena pandangannya yang jauh ke depan, mereka akan selalu berusaha berkarya dan berkarya dan jadi yang terbaik.
    Walaupun memiliki risiko yang tinggi, seorang wirausahawan yang sukses biasanya tetap tabah dalam mencari peluang dan tantangan untuk mencapai tujuannya. Selain itu, mereka biasanya juga tak mudah cepat puas dan akan mempersiapkan semuanya dengan matang untuk mencari peluang dan mencapai tujuannya.
  3. Kreativitas yang Tinggi. Kunci lain dari wirausaha yang sukses adalah memiliki kreativitas yang tinggi. Mereka selalu berpikir tentang hal yang baru dan berbeda. Mereka selalu menciptakan sesuatu yang baru yang pada awalnya tak ada, atau mengulang membuat sesuatu yang telah lama ada dengan pembaharuan di beberapa aspek.
  4. Inovatif. Wirausahawan yang sukses biasanya juga sangat inovatif. Mereka mampu menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan berbagai persoalan dengan memanfaatkan berbagai peluang. Mereka juga dituntut untuk menemukan jalan baru dengan membuat sendiri atau mengombinasikan berbagai sumber yang ada di sekitarnya seperti teknologi yang baru.
  5. Berkomitmen dalam Pekerjaan, Memiliki Etos Kerja yang Tinggi dan Bertanggung Jawab. Hal lain yang biasa dimiliki wirausahawan untuk menjadi seorang yang sukses adalah komitmen dan tekad yang bulat dalam menjalankan usaha yang tengah digelutinya. Mereka juga memiliki tekad yang besar untuk mengembangkan usaha yang tengah mereka jalani. Tak pernah setengah-setengah dalam berusaha dan berani menganggung risiko.
  6. Mandiri. Karakteristik wirausahawan lain yang wajib dimiliki seorang yang ingin sukses adalah mandiri atau tidak ketergantungan akan hal apapun. Mereka mampu menciptakan suatu hal yang baru dan berbeda dari banyak orang melalui berbagai pemikiran yang kreatif dan selalu bertindak inovatif.
  7. Berani Mengambil Risiko. Tentunya, seorang wirausahawan yang sukses selalu berani dalam mengambil risiko. Mereka tak pernah berspekulasi dengan apa yang hendak mereka ambil melainkan berdasarkan suatu perhitungan yang sangat matang. Mereka sudah memperhitungkan segala risiko yang akan menimpanya.

Tulis komentar

close