Blogging Dasar

7 Modal Dasar Sukses Membangun Blog

Pada tulisan saya sebelum-sebelumnya, sudah cukup sering menyampaikan bahwa membangun blog yang sukses (sesuatu yang sedang saya kejar juga), bukanlah hal yang mudah.

Diperlukan ketekunan, kesabaran, dedikasi, dan semangat belajar yang tinggi. Apalagi jika tujuannya adalah untuk mendapatkan uang dari blog, sungguh bukan suatu hal yang mudah.

Saya melihat, banyak blogger yang pada awalnya begitu bersemangat, begitu bergairah, akhirnya patah arang lalu blognya ‘mati suri’. Kenapa? Karena saya melihat mereka tidak memiliki modal dasar, yang diperlukan untuk sukses membangun blog.

Nah, kali ini saya ingin menyampaikan 7 modal dasar yang harus dimiliki untuk dapat membangun sebuah blog yang sukses. Hampir semua faktor di bawah ini, dapat dikembangkan dan dipelajari.

Jadi sesungguhnya tidak ada alasan, jika kita memiliki tekad yang kuat untuk sukses menjadi blogger profesional.

Inilah 7 modal dasar untuk membangun blog yang sukses:

1. Waktu yang cukup

Tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk membangun blog yang sukses. Sedangkan blogging sendiri adalah salah satu kegiatan yang amat menyita waktu Anda.

Bukan saja untuk menulis artikel yang bagus, namun Anda juga butuh banyak waktu untuk membangun network dengan blogger lain, berkomentar di blog lain, mengumpulkan informasi, memoderasi komentar dan membalasnya, serta sederet tugas lain yang akan memakan waktu yang tidak sedikit.

Sesukses apa blog Anda, sebanding dengan seberapa banyak waktu yang Anda siapkan untuk blogging?

2. Kemampuan menulis

Apakah Anda punya kemampuan untuk menuangkan ide, konsep dan gagasan melalui rangkaian kalimat dalam bentuk tulisan? Apakah Anda dapat mengetik tanpa kesalahan tata bahasa dan ejaan?

Blogging, (suka tidak suka) adalah kegiatan tulis menulis. Memiliki kemampuan menulis yang baik adalah salah satu modal dasar untuk sukses membangun sebuah blog. Namun, tentu saja Anda tidak harus menjadi “ahli bahasa” untuk bisa menjadi seorang blogger. Kemampuan Anda akan meningkat jika terus diasah seiring waktu.

3. Menguasai topik

Salah satu hal yang membuat blog menjadi sukses adalah Anda harus menguasai topik yang Anda pilih. Paling tidak Anda memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas di bidang tersebut.

Tentu, tidak harus memiliki gelar sarjana teknik mesin untuk dapat membuat blog tentang cara memperbaiki mesin, misalnya. Tapi, minimal Anda memiliki keahlian, pengalaman, dan pengetahuan yang memadai dalam hal memperbaiki kerusakan mesin.

4. Gairah

Yang saya maksud di sini adalah semangat, kesenangan yang Anda peroleh ketika Anda berbicara tentang topik yang Anda pilih. Tanpa semangat dan gairah ini, Anda akan cepat lelah, merasa bosan dan akhirnya berhenti. Membangun blog yang sukses sepertinya akan jauh dari harapan.

5. Pengetahuan teknis

Suka tidak suka, dalam blogging Anda akan berurusan dengan hal-hal teknis, seperti berurusan dengan hosting, setting domain, database dan lain sebagainya.

Meskipun Anda menggunakan layanan blogging gratis seperti Blogger atau WordPress, dimana dengan keduanya dibuat mudah dan mengurangi kendala-kendala dalam hal teknis, namun tetap saja dibutuhkan pengetahuan teknis untuk menjalankannya dengan baik. Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan dasar tentang html, script, dns server, plugin dan sebagainya.

6. Pengetahuan blogging

Ini sebenarnya masih bagian pengetahuan teknis yang saya maksud di atas, namun lebih spesifik terhadap pengetahuan terhadap dunia blogging itu sendiri.

Seperti Anda harus membekali diri dengan pengetahuan tentang ping service, social bookmarking, blog carnival dan lain-lain. Begitu juga dengan bekal pengetahuan tentang search engine optimization (SEO) dan sebagainya. Perlu juga pengetahuan tentang bagaimana dunia blogging (blogosphere) berlaku, seperti etiket blogging dan sebagainya.

7. Kreatifitas ide dan inovasi

Saya melihat blogger yang sukses adalah juga orang-orang yang kreatif dan tampil beda dalam menyajikan sesuatu. Yang menjadi tolak ukur di sini bukan sejauh mana Anda dapat menyajikan sesuatu lebih baik, tapi lebih kepada bagaimana Anda dapat menyajikan sesuatu dengan cara yang berbeda. Kreatifitas ini juga sangat diperlukan dalam hal menyajikan konten yang bagus dan bernilai untuk pembaca.

Itulah 7 modal pokok dan paling mendasar yang menurut saya sangat diperlukan untuk membangun sebuah blog yang sukses.

Mungkin bisa ditambahkan juga kemampuan desain dan membangun komunikasi yang baik untuk membangun jaringan yang kuat, baik dengan blogger lain atau dengan pembaca.

Sebagai penutup saya ingin menyampaikan bahwa untuk sukses membangun blog dibutuhkan semangat, keinginan yang kuat, dan kecintaan terhadap topik yang dipilih.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memiliki semua modal dasar di atas? Atau Anda memiliki pendapat lain?

Mungkin juga punya tambahan untuk melengkapi daftar di atas? Silakan berbagi melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

29 Komentar