Tips Youtube

6 Tips Pemula: Meningkatkan Pemirsa Youtube

Anda telah meng-upload beberapa video ke Youtube. Good! Sebuah langkah awal yang bagus.

Apalagi bagi Anda yang bertujuan mendapatkan uang dari video-video yang diunggah ke Youtube dengan menjadi partner Youtube. Teruskan. Update terus channel Youtube Anda dengan menghadirkan video baru secara rutin.

Namun demikian, tetap diperlukan beberapa langkah agar video Anda ‘laku’ dan banyak ditonton orang. Semakin banyak yang menonton video Anda, semakin besar peluang mendapatkan uang dari Youtube.

Nah, kali ini saya coba berbagi tips sederhana meningkatkan pemirsa atau audiens Youtube Anda, setelah sebelumnya saya juga pernah menulis 8 tool dan sumber penting bagi mitra Youtube. Jika Anda seorang pemula di Youtube, tips ini adalah untuk Anda.

1. Buat video Anda SEO-friendly

Seperti halnya membangun sebuah website atau blog, SEO (search engine optimization) juga dibutuhkan dalam mengelola Youtube. Semakin video Anda mudah ditemukan oleh mesin pencari, semakin besar peluang mendapatkan trafik. Nah, dalam hal ini, judul dan tags video Anda adalah kuncinya.

Pertama, buatlah judul video yang mudah diingat danΒ SEO-friendly. Jika video Anda merupakan video serial bersambung, cantumkan judul seri, judul episode dan nomor serinya sekaligus pada judul video.

Pertimbangkan pula kesalahan yang mungkin dilakukan orang ketika melakukan pencarian.

Sebagai contoh, misal video Anda adalah sebuah tutorial: “cara memasang kotak pencarian di blog”. Maka mungkin orang akan mencarinya dengan mengetikkan: “cara memasang search box”, “memasang searchbox”, “menampilkan kotak penelusuran”, dan seterusnya. Pastikan Anda menuliskan kemungkinan-kemungkinan ini pada tags keyword video Anda.

Kedua, manfaatkan kotak deskripsi dengan sebaik-baiknya. Artinya, beri informasi sebanyak-banyak pada bagian deskripsi tentang video Anda. Tulis semuanya, orang-orang yang terlibat, lokasi pengambilan gambar, dan sebagainya. Cantumkan banyak link yang relevan terhadap video tersebut.

Semakin banyak informasi ‘di bawah’ video Anda, maka semakin baik dan semakin besar peluang video Anda muncul dalam pencarian.

2. Buat orang lain tertarik untuk berkomentar dan menyukai

Ajak orang lain untuk berkomentar. Percaya atau tidak, orang akan lebih suka untuk berkomentar, jika Anda secara eksplisit mengajaknya.

Begitu juga ajakan untuk menyukai video Anda. Hal ini penting sekali. Kenapa? Karena setiap saya menyukai sebuah video, aktivitas tersebut muncul di newsfeed. Apa artinya, promosi gratis!

Jika memungkinkan, berikan pertanyaan ringan (juga menghibur) yang mana membuat orang tertarik untuk menjawabnya lewat kolom komentar. Atau Anda bisa secara kreatif membuat bumper di setiap akhir video Anda, yang berisi ajakan untuk me-like dan memberi komentar. Jika dilakukan dengan cukup kreatif dan menyenangkan, Anda akan mendapatkan banyak sekali komentar dan like, yang sangat bermanfaat menambah luas audiens Anda.

3. Buatlah thumbnail yang sangat menarik

Memang setiap Anda selesai mengunggah sebuah video, Anda bisa memilih satu dari tiga thumbnail default tawaran otomatis dari Youtube. Tapi, demi menarik minat pemirsa, saya sarankan untuk membuat sendiri thumbnail khusus.

Anda bisa mengambil satu frame dari video Anda yang paling menarik dan paling bagus dari aplikasi video editing yang Anda gunakan. Setelah itu, edit dengan photoshop. Atur kontras, saturasi warna, dan lainnya agar image tampil sebagus mungkin. Setelah itu upload sebagai thumbnail video yang baru saja Anda upload sebelumnya.

Ingat, aturan dasarnya adalah: menarik, dan jika memungkinkan berisi gambar gadis cantik (sedikit hot juga boleh), hehehe…. Gambar gadis cantik, dalam hal apapun masih bekerja dengan baik.

Lihat saja iklan mobil, iklan rokok, kenapa harus ada gadis cantik –(dan hot)- nya? Tentu saja jika memang relevan dengan video Anda. Tapi, tips terakhir ini, tergantung Anda semua, saya hanya menyampaikan fakta, bahwa gambar gadis cantik hot, menarik begitu banyak mata. Hehehe….

4. Buatlah playlist

Membuat sebuah daftar putar (playlist) adalah sebuah cara yang sangat bagus untuk memilah-milah jenis video yang berbeda pada satu channel.

Selain itu, juga secara signifikan dapat menambah view video. Karena jika ada orang mengklik playlist Anda, maka setelah selesai satu video diputar, akan dilanjutkan dengan memutar video berikutnya. Sebuah hal yang sangat bagus bukan?

5. Manfaatkan anotasi (annotation)

Ini juga harus dimanfaatkan dengan baik. Manfaatkan anotasi untuk mengajak orang menyukai video Anda, atau mengarahkan pemirsa ke salah satu playlist Anda. Anotasi dapat menjadi sumber trafik yang sangat bagus. Jadi, segera buat dan rasakan hasilnya.

6. Buat homepage channel Youtube Anda menarik

Buatlah sebuah image yang menarik dan pasang sebagai cover channel Anda. Ganti secara berkala, seminggu sekali itu bagus. Cantumkan informasi tentang ‘pentingnya’ video terbaru Anda. Bagus jika cantumkan juga ajakan untuk berkomentar dan menyukai video-video Anda.

Intinya, manfaatkan halaman homepage ini sebagai gerbang pertama yang menarik minat pemirsa atau audiens Anda.

Nah, itulah 6 tips dasar namun cukup ampuh menaikkan popularitas video Anda di Youtube. Bagaimana? Apakah Anda memiliki tips tambahan lainnya? Saya tunggu sharingnya melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

230 Komentar

  • thanks sebelumnya atas tips2 nya,, saya mau nanya kalo crative common itu gpp iya kita edit ulang????
    apa bisa mendatangkan viewer banyak,, pasalnya itu kan bukan video pribadi,, mohon penjelasannya ,, masih baru soalnya saya hehehehe,,

  • Infonya mantap gan..
    Tp Tu artikel diatas Udh ane cobain SEMUA gan.. mulai dari nyari KATA KUNCI di google ADWORD sama di google TRENDS sampai promosi ke MEDSOS ane..tp,hasilnya gk seperti yg dibayangkan.. masih sulit nyari view ama subscriber.. tp yg bikin ane heran kalo ngintip chanel” newbie dan yg bikin dari creative common, kok mereka banyak viewnya tu diapain ya gan?..kok bisa banyak bahkan jutaan view. bahkan video mereka juga sedikit..ente ada tips soal itu gak gan?.

    • Mungkin yg jadi penyebabnya dari subscribe nya semakin banyak yg berlangganan semakin banyak pula view baik dri si subscriber & org yg sub dia…..πŸ˜€πŸ˜€ itu sihh menurut sy aja buktinya dlu sy punya sedikit subscribe jadinya view sy sedikit tpi pas lagi nge boom sub kerja sama sampai 71 sub viewnya alhamdulillah bertambah……
      Gitu aja si pengalaman dri sy ….

      Kl mau liat channel sy silahkan kunjungi azizah cagu channel terimakasih sebelumnya… & salam sukses

  • Bang, kenapa nama akun youtube saya tidak terganti kalau di search tapi kalo pas dibuka terganti bang, gimana bang? Mohon jawabannya

  • Tank gan atas info nya mau bertanya eh lihat di komen bawah udah ada dan jawaban ya udah nyimak aja ….πŸ˜„πŸ˜„

  • Mas mau tau sih gimana cara daftar adsense nya.. Dan harus ada url maksudnya dan kalau mau ambil uang d youtube bagaimana.. Terimakasih

  • Selamat sore gan
    Akun google adsense ( GA )
    Ane waktu mendaftar di GA, disitukan tertera kolom nama jumlahnya dua, nama depan dan belakang.
    Nah nama ane kan tidak ada nama belakangnya seperti ” Asroni ”
    Oleh karena itu ane tulisa di kolom nama depan ” As ” dan kolom nama belakang ” roni ”

    Apakah itu nantinya mempengaruhi pengambilan uang di kantor pos?
    Kan nantinya ada sepasi di nama ane seperti ” As roni ” yg seharusnya di ktp
    ” Asroni ”

    Sekian gan terimakasih, mohon kemuruhan hatinya untuk menjawab..

  • Bos, saya mau nanya.
    sekitar 3 bulan yang lalu akun youtube saya di nonaktifkan gara2 saya mau ganti akun adsensenya. Setelah saya ajukan banding beberapakali akhirnya akun youtub saya di pulihkan, akan tetapi monetisasinya di nonaktifkan.
    Apakah monetisasinya bisa di aktifkan kembali?

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  • Kalau pas daftar adsense (tahap review pertama) tiba tiba ada email akun anda dibanned karena melakukan klik iklan sendiri, itu gimana gan. Padahal kan kode iklan aja belum dapet masa udah dibanned gitu aja?

  • Mau tanya nih mas .. saya kan punya akun . dan sdh verifikasi … lumayan sdh dapat skitar 50 dolar .. nah satu akun adsense saya itu saya bikin jadi 3 channel youtube…
    nah beberapa hari yg lalu akun sya di tangguhkan sama,karena salah satu channel sata mlanggar kbijakan youtube,shingga saya tdk bisa login youtube. Tapi akun google adsense saya masih bisa di buka ..
    pertanyaan saya :
    1. Apakah bisa akun saya kembali bisa di akses… tapi saya sdh mlakukan banding dan balasan nya tetap aj di tangguhkan.

    2. Channel saya yg mlanggar kbijakan youtube sdh saya hapus dri gplus ..Nah..trus bagaimana nasib kdua channel saya yg lain ..?? sedangkan saya pantau channel nya masih aktif,bahkan subscribber nya bertambah trus sampe skarang.. itu gmn mas ???

    saya minta solusinya dari para suhu ..karena saya sdh cari cari saran sana sini blm membuahkan hasil juga … mohon pencerahan nya mas..

    nama channel saya yg masih aktif : Pusat Inspirasi

    • 1. klo masih bisa dibuka berarti yang dinonaktifkan cuma channelnya saja.
      2. klo channel yang melanggar sudah dihapus kemungkinan besar tidak masalah. tp cek lagi channel yang lain

  • Min boleh nanya gk min?kok channel saya gk ditemuin yaa saya kan ingin bagikan channel saya lewat “KARTU” tertulis channel anda tidak ditemukan

  • mas mau nanya nihh,menurut mas video pertama youtube kita apakah perlu perkenal channel dulu seperti membahas apa saja channel ini dll atau langsung buat video seperti biasa? trimakasih

    • perlu atau tidak tergantung dari mas e πŸ™‚ namun lebih bagus bikin video yang bermanfaat dan disukai banyak orang. baru nanti mas bisa memperkenalkan channel2 yang mas punya πŸ™‚

    • banyak penyebabnya mas
      1. video belum disetujui atau melanggar hak cipta
      2. ada adblock pada hp kita
      3. durasi video kurang panjang

      atau bisa coba saran dibawah ini

      masuk ke menu
      Advanced Setting
      ada menu syndication > pilih everywhere
      Untuk cek apakah sudah terhubung dengan adsense
      klik pojok kanan atas (akun kita) klik creator studio
      klik lagi pada menu channel (sebelah kanan) pada feature > monetization klik view monetization setting.
      Dilihat akunya sudah enabel apa belum, biar lebih yakin lagi klik review adsense asosiasi.

  • mas gimana ya biar musik atau lagu yang kita ingini bisa lolos dari content hak cipta, tapi lagunya memang punya hak cipta, kira kira bisa di edit atau gimana caranya biar gak kena content hak cipta. trims

  • om mau tanya:
    kenapa saat saya search video saya di youtube, video saya muncul didalam channel, sehingga video dan juga tumbnailnya tidak bisa terlihat.
    bagaimana caranya supaya pas kita search video, video tsb muncul di luar channel? krn syarat upload video harus buat channel terlebih dahuli
    terimakasih

  • Halo, bisa nanya nih? Kenapa ya akun youtube saya ga bisa di search? Di coba tetep ga bisa meskipun sudah ada video yg saya upload.. terima kasih bantuannya πŸ™‚

  • Bang mau tanya , menyuruh teman untuk mengklik iklan kita itu kan dilarang dalam youtube , sekarang yang saya tanyakan , misal ada orang iseng mengklik iklan terus menerus disuatu video youtube padhal yang punya youtube tidaj tau siapa orangnya , apa yang punya video terkena dampak dari klik ilegal yang dilakukan oleh orang iseng tersebut?

  • saya mau buat video musik ni mas musik dari band-band indonesia , tapi yang saya tampilkan hanya sekedar gambar foto dengan lirik lagu dan yang pasti audionya juga, apa akan mempengaruhi maslah Hak cipta Juga ya mas ?

    • tergantung bos. kita mau fokus di mana. bagi sy tentu saja lebih besar blog, krn kurang fokus ke youtube. tp bagi yg memang passionnya, keahliannya, dan fokus ke youtube, jelas lebih besar youtube.

      • Mas Mau Nanya Ni, Jika Surat Kode Verifikasi Google Sudah Di Hantarkan.
        Tapi Pemiliknya Lagi Pergi selama 2-3 Bulan.
        Tetapi Di rumah Sudah Ada Yang Menerima Surat Kode Verifikasi Dari Google & Menyimpanya.
        Em Bagaimana Ya Mas apa Masih Bisa Di gunakan Untuk Verifikasi.

  • Gini om saya mau nanya kn saya mau jdi youtuber cara menjadi partner youtubenya gimana yah? Apa yah? Atau apakah? Tolong !

  • Maaf mau tanya.Apa keuntungan membuat video di youtube? dan apakah pembuat video di youtube mendapan bayaran ya?

    • klo yg dimaksud adalah bayaran langsung, tentu saja tidak. tp kita bisa dapat uang dg menjadi partner youtube dengan cara menampilkan iklan di video yg kita buat. dari iklan tersebut nanti kita dapat bayaran. silakan baca2 semua artikel di kategori youtube, pasti akan ketemu jawaban lengkapnya.

  • mau nanya mas… saya punya akun youtube dengan jenis video yg beragam, lalu saya coba buat channel khusus buat video tutorial. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Kenapa url channel gak bisa di rename?
    2. Saya pindahkan beberapa video dari akun/user utama ke channel baru. Mempengaruhi reputasi akun apa nggak?
    3. Channel yg baru nampaknya stagnan tak seperti akun utama, pdhl sdh menerapkan triks seo dan membuat backlink video?
    4. Beberapa video saya masuk 10 besar SE google maupun youtube, tapi kenapa tdk ada pengaruh sama sekali pada ratingnya?
    Mohon pencerahannya, terima kasih.
    Salam

    • 1. skr memang ada persyaratan khusus untuk bisa merubah url channel.
      2. apa gunanya dipindah? sy kira itu bukan hal bagus, meski sebenarnya boleh2 aja.
      3. klo yg ini sy gak tahu apa sebabnya πŸ™‚
      4. maksud dari rating?

  • Gan sya melihat komentar agan 1000viewers=1$ agan jawa. Itu tdak benar tpi saya melihat beberapa artikel dalam dan luar negeri serta youtuber indonesia di vidionya menerangkan sperti itu. Saya ngutip dari vidio bayu skak gan. Mohon pencerahan biar ada jalan yg lurus gan.

    • sy gak mengatakan pendapatan youtube berdasarkan jumlah viewer, atau 1000 view=1$. tapi itu hanya lah estimasi dari apa yg dapatkan. bisa lebih, bisa kurang. krn penghasilan youtube bkn dari view-nya. tp dari seberapa banyak interaksi penonton terhadap iklan (klik atau tonton iklan).

  • Maaf mas saya mau tanya . Jumlah views saya sudah mencapai 8k . Dari 8 video yang saya upload . Tapi kenapa pehasilan saya cuma 0,31 usd .. Rata2 watch time nya 42 Detik..

  • Salam kenal Bro, mau tanya, kemarin ada 1 akun youtube gua monetisasinya ditangguhkan berhubung reputasi hak cipta buruk pernah ada 3 video yg kena block copyright padahal video tsb sdh lama dihapus dan sdh kirim email ke Team Youtube untuk pencabutan sanksi hak cipta, kalau utk Reputasi Komunitas baik.

    Sungguh sangat disayangkan akun YouTube tsb yg sudah mulai melejit pesat perhari penghasilannya sktr 4-5 usd, viewer sktr 10rb, pelanggan 50 an perhri dan meningkat terus.

    Pertanyaan saya :
    1) Adakah harapan Akun YouTUbe saya tsb dapat dipulihkan berikut penghasilan yg sdh didapatnya ?
    2) Viewer yg sdh berjalan selama fitur penghasilan ditangguhkan, nantinya akan dikalkulasikan jika akun YouTube sy tsb bisa dibebaskan dan dipulihkan kembali ?

    Terima Kasih atas pencerahannya.

    • apakah masih bisa buka salurannya? hanya saja monetisasinya dinon-aktifkan, atau gimana bos? jika salurannya dihapus, maka tidak bisa lagi. penghasilan yg telah terkumpul, dan sudah masuk ke akun adsense, akan tetap dibayarkan.

  • kyanya asyik nih jdi youtubers. tp kalau mau ikut google adsense hrus berapa video yg sudah di uploadnya? dan hrus berapa bnyak viewer nya??

    • Asal tahu saja. Rincian pendapatan bisa dilihat di analitik youtube. Dan di akun adsense hanya tertera pendapatan bulanan saja yg dimasukkan tiap pertengahan bulan.

  • Mas, saya masih pemula nih, saya mengupload vidio yg sudah ada di youtube alias copy paste, gimana caranya supaya vidio tsb tidak di blokir. Soalnya saya penasaran, pernah saya liat vidio di youtube isinya sama semua cuma di edit gambar depannya doang toi gak di blokir udh sekitar 6 bulanan. Trus pertanyaan ke 2, saya pernah liat org komen katanya setiap 1000 view =1$ , dan juga “Like” nya. Apa itu bener mas, makasih.

    • wah entahlah bos, sy tdk tahu, krn tdk pernah melakukannya. Tp yg jelas kalau masalah 1000view=$1 atau pun like, itu tidak benar. Uang didapat jika ada yg mengklik iklan yg tampil di video kita.

      • Mas jhon…saya newbie, mau nanya agar iklan bisa ada di video kita bagaimana caranya? Dan berapa nominal yg didapat untuk 1 kali klik? Diluar itu ada hal lainnya kah untuk mendapatkan penghasilan…hehehe, maaf banyak nanya πŸ™‚

      • caranya ajukan untuk dimonetis, melalui setelan saluran. silakan baca: panduan lengkap youtube, cari saja di kategori youtube. di situ jelas sekali dari awal sampai ujung.

  • Makasi mas infonyaaa, saya memang lagi berniat mencoba adsense yang di youtube. Saya sudah mencoba yang di blog dan berhasil, tinggal di tingkatin aja pengunjungnya hehe yang saya mau tanyakan, kalau saya buat adsense yang di youtube apakah akunnya sama dengan yang di blog? Lalu kalau sama apakah pendapatannya dijumlah dengan yang di blog juga? Dan kalau berbeda apakah harus menggunakan email yang beda? Soalnya akun youtube saya sama kayak yang blog mas emailnya. Maaf kalo kepanjangan, lagi kepo banget nih tentang youtube. Mampir kalau sempet πŸ™‚
    http://raholia.blogspot.co.id/

  • Salam kenal mas, saya baca komen dari awal sampe akhir dan banyak ilmu baru yang saya dapat.
    Membantu sekali buat pemula kaya saya
    Ohya mas sebaiknya dalam 1 channel 1 tema video saja atau campuran ya?
    Soalnya saya tergantung mood kalau bikin video :v

  • teman2 bantu yang sudah paham mengenai kata kunci..saya sudah coba pasang tag dan diskripsi ini saya belum terlalu paham kata kunci tag judul ,ngerti sedikit sih tp mohon bantuan nya yg bisa jelaskan detail ma jhooon bantu dong agar memilih kata kunci yg baik…apa kata kunci yg paling banyak pencarian nya itu bagus di ambil..makasih seblumnya…

  • alhamdulillah dengan penjelasan mas saya sudah mulai bisa untuk pemula heheh baru 5 video yg saya upload dan alhamdulillaha sudah diterima jadi mitra youtube makasih penjelasan nya mas jhoon..coba main ke chanel ku…inilah saya buat berkat penjelsan mas…salam knl ..

  • salam Tigakata om Gee Jhon, saya dari channel Tigakata Production, oia saya sudah subscribe channel nya om Gee Jhon mohon Subscribe baliknya yaa om. Trus satu lagi, gini om….saya ada rencana mau upgrade adsense hosted saya menjadi non hosted, nah apakah blog saya menurut om Gee Jhon sudah memenuhi kriteria, atau masih ada yang salah dalam blog saya mohon bimbingannya om Gee Jhon

    • Entahlah bos, sy blm pernah melakukannya soalnya. Tp sy lihat ada bnyak jg yg gitu dan bisa dimonetis. Mgkin tergantung dr pemilik hak ciptanya jg. Jika yg punya hak cipta melakukan klaim psti akan dinonaktifkan.bila dibiarkan ya tdk apa2.

  • saya mau tanya, saluran youtube saya namanya masih bawaan youtube yang panjang dan ribet, tapi sudah terhubung dengan adsens, kalau saya ganti nama saluran dengan nama khusus biar mudah diingat, apakah berpengaruh dengan penghasilan diadsens, misal peghasilan hilang atau tidak dapat terhubung lagi dengan adsens? ???

  • saya mau tanya, saluran youtube saya namanya masih bawaan youtube yang panjang dan ribet, tapi sudah terhubung dengan adsens, kalau saya ganti nama saluran dengan nama khusus biar mudah diingat, apakah berpengaruh dengan penghasilan diadsens, misal peghasilan hilang atau tidak dapat terhubung lagi dengan adsens?

  • mau nanya nih mas, kalau saya meningkatkan viewer vidio youtub saya dengan lewat blog, dan saya buat auto play, itu apakah akun saya bisa kebanned, atau itu melanggar ketentuan google adsense ya, soalnya saya ini bisanya mendaftarkan akun adsense lewat youtube, kan mudah..

    • sebenarnya itu boleh2 saja dan tidak melanggar tos adsense. hanya saja hal tsb ckp mengganggu pengunjung yg datang ke blog. dan jika merasa tidak nyaman, blog akan sulit berkembang, krn pengunjung gakan betah berlama-lama. jadi klo sy boleh sarankan, jgn lakukan. biarkan pengunjung yg memutuskan, apakah mereka akan memutar videonya atau tidak. mereka bisa melakukannya sendiri kok, tanpa harus kita puterin.. πŸ™‚

%d blogger menyukai ini: