Blogging Dasar

Tips yang Perlu Anda Terapkan Sebelum Membuat Blog

Apakah saat ini Anda berniat membuat blog?

Apakah Anda ingin dikenal sebagai ‘seseorang’, menjadi populer karena pemikiran dan ide-ide brilian Anda, dan tentunya, juga mendapatkan banyak uang dari blog blog?

Jika ya, saya tulis artikel ini untuk Anda. Anda yang sedang mempersiapkan diri membangun blog yang sukses. Anda yang telah siap menjadi seorang blogger sejati!

Menjadi seorang blogger, adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan dedikasi, investasi waktu, kesabaran. Jika Anda telah mengerti konsekuensi dan tugas berat yang menghadap di depan, GO…. buatlah blog sekarang juga!

Nah, di bawah ini adalah tips dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil agar sukses membuat, membangun, dan mengembangkan blog yang Anda idam-idamkan.

1. Tentukan tujuan blog Anda (goal)

Sebelum Anda membuat blog, pertama sekali Anda perlu menentukan goal. Ini terdengar klise, tapi percayalah ini adalah langkah pertama dan terpenting yang harus Anda miliki.

Pikirkanlah apa tujuan utama Anda membuat blog. Apa yang ingin Anda capai dari blog Anda dalam 6 bulan ke depan? Satu tahun ke depan? Apa yang ingin Anda raih di tahun pertama?

Sempatkan waktu beberapa lama sampai Anda benar-benar menemukan alasan kuat mengapa Anda harus membuat sebuah blog, karena jika Anda melangkah tanpa ada tujuan pasti, Anda pasti tidak akan sampai kemana-mana.

Setelah Anda menentukan tujuan, fokuslah hanya pada tujuan Anda, maka kesuksesan bukan hayalan semata. Jika Anda belum menemukannya, sekali lagi, pikirkanlah, karena menjadi blogger bukanlah pekerjaan main-main, ia memerlukan persistensi, kesabaran, dan kerja keras. Sayang sekali jika Anda melakukan semua itu tanpa ada tujuan yang pasti.

2. Kenali target audiens Anda

Ini adalah langkah penting berikutnya. Kenali target pembaca blog Anda. Dengan mengenal siapa mereka yang menjadi target Anda, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk menyajikan konten, mendesain blog, menentukan gaya bahasa dan sebagainya nantinya.

Sebagai contoh, misalnya target audiens Anda adalah para remaja atau komunitas gaul muda-mudi, tentu Anda mesti membuat desain blog yang menarik perhatian mereka, menentukan gaya bahasa yang Anda gunakan. Tentunya, Anda tidak akan mengunakan gaya bahasa yang sama kepada mereka seperti Anda menulis untuk kalangan profesional dan korporat bukan?

Mengenal target audiens ini berkaitan erat pula dengan mempersiapkan dan memilih topik atau niche blog. Pelajari strategi menentukan niche terbaik blog Anda dalam artikel: Panduan Memilih Niche Terbaik.

3. Sediakan stok konten yang cukup

Ingat bahwa blog Anda perlu memiliki konten berkualitas yang cukup banyak untuk keluar dari kerumunan ribuan blog lainnya. Anda perlu mengupdate konten secara teratur. Dengan inilah Anda menarik perhatian pembaca.

Saya selalu menyarankan kepada siapapun yang baru memulai membuat blog, untuk mempersiapkan konten berkualitas, konten pilar, konten utama blog Anda, paling tidak 20 artikel. Itulah yang akan menjadi trademark blog Anda.

Di bulan pertama, saya sarankan paling tidak Anda mengupdate blog 2 kali sehari. Maka dari itu sebelum Anda membuat blog, Anda perlu mempersiapkan dulu kontennya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari pembaca sejak awal Anda blogging. Blog Anda sudah berusaha membangun ‘jati diri’ sejak hari pertama.

Selain itu, dengan menyajikan konten cukup banyak di bulan pertama, blog Anda akan baik di mata mesin pencari, sehingga lebih mudah bersaing dengan kompetitor yang lebih dulu eksis. Itu yang saya lakukan dalam setiap membangun blog baru.

Tips terbaik: segera setelah Anda menentukan niche atau topik blog, buatlah konten utama atau konten pilar blog Anda, paling tidak 20 artikel. Baca Strategi Membuat Konten Blog, segera setelah Anda menentukan niche blog.

4. Investasi waktu

Anda pasti sudah akrab dengan ujar-ujar: ‘Time is Money’. Benar sekali, waktu adalah uang! Begitu pula dalam mengembangkan blog yang sukses.

Sesukses apa blog Anda? Hanya sebatas sebanyak apa waktu yang investasikan mengelolanya. Jadi sebelum Anda memutuskan membuat blog, buatlah jadwal. Berapa jam sehari Anda sediakan untuk blog Anda? Berapa jam untuk menulis? Berapa jam untuk riset? Dan lain sebagainya. Kemudian Anda berusaha melaksanakannya sebaik mungkin.

Namun, tentu saja, Anda tidak perlu mempersulit diri sendiri dengan jadwal ini. Sementara Anda berusaha mematuhi jadwal yang telah dibuat, Anda harus tetap menjaga bahwa blogging adalah sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang Anda nikmati untuk mengerjakannya.

Poin penting yang ingin saya sampaikan disini adalah, Anda harus menyediakan cukup banyak waktu untuk mengelola blog Anda. Karenanya, sebelum Anda membuat blog, sebaiknya Anda telah mempersiapkan diri mengatur waktu untuk kegiatan baru Anda tersebut.

5. Bagikan semua pengetahuan Anda

Ini tips terakhir yang bisa saya sampaikan. Bagilah semua yang Anda miliki. Jangan ada yang berusaha Anda sembunyikan. Blogger yang sukses adalah mereka yang membagikan semunya kepada pembaca mereka. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kepercayaan, yang mana itu adalah modal dasar dan penting untuk menyukseskan blog Anda.

Jangan hanya membagi keberhasilan Anda, bagikan juga kegagalan Anda. Pembaca Anda senang mendengar segala sisi pendapat Anda. Mereka menikmati pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki, dan sebagai imbal baliknya, Anda akan meraih apapun tujuan yang telah Anda tetapkan di awal tadi.

Nah, itulah 5 modal dasar, tips utama yang mesti Anda terapkan sebelum sukses membangun blog. Adakah tips lain yang belum saya sebutkan? Apakah Anda memiliki pendapat dan pengalaman lain? Silakan berbagi melalui komentar. Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar

%d blogger menyukai ini: