Tips Youtube

Satu Lagi Cara Promosi Video Youtube yang Harus Anda Lakukan

Untuk meningkatkan pemirsa Youtube Anda, tentu saja, selain melakukan langkah-langkah SEO video Youtube dengan baik, Anda pun harus melakukan yang namanya: promosi!

Promosi menjadi bagian teramat penting untuk meraih pemirsa sebanyak-banyaknya. Ada banyak cara melakukan promosi ini, mulai dari membagikan video di berbagai media sosial, membuat blog, sampai melakukan kampanye melalui iklan.

Namun, tahukah Anda bahwa Youtube pun menyediakan fasilitas promosi iklan gratis untuk saluran Youtube Anda?

Ya, Youtube menyediakan fitur yang mereka sebut: Pencari Penggemar. Melalui fitur ini, Anda berkesempatan untuk mengiklankan saluran Youtube secara gratis. Di mana iklan tersebut akan muncul jika di dalam video orang lain yang dianggap relevan berdasarkan kriteria pemirsa yang tercatat oleh Youtube.

Iklannya sendiri berupa true-view dalam aliran, yaitu jenis iklan yang diputar sebelum video utama. Tampilan iklannya persis sama seperti iklan AdWord pada umumnya yang ditayangkan di Youtube, namun bedanya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, alias gratis.

Nah, bagi Anda yang telah menjadi mitra Youtube, dan belum melakukannya, mengapa tidak segera mencobanya?

Dan bagi Anda yang belum pernah mencobanya, inilah caranya:

Masuklah ke Dasbor Youtube, klik Setelan Saluran. Lalu pilih Pencari Penggemar.

promosi youtube gratis
Setelah itu, klik Pilih iklan saluran Anda. Anda bisa memilih beberapa video koleksi video Anda untuk dijadikan iklan.

Anda dapat memilah dengan cepat dengan mengklik filter di bagian kanan atas, yaitu Terbanyak ditonton, Terbaru dan Video dengan durasi kurang dari 2 menit.

Usahakan untuk memilih video dengan durasi yang cukup pendek, paling lama 2 menit, yang terbaik maksimal 1 menit. Karenanya, yang terbaik adalah, buatlah video khusus yang memang sengaja Anda buat untuk kampanye saluran Youtube Anda, bukan video yang merupakan konten utama. Buatlah videonya semenarik mungkin, agar orang-orang tertarik mengunjungi saluran Anda.

memilih video untuk iklan saluran youtube
Terakhir, klik Simpan.

Anda dapat memilih video lebih dari satu untuk dijadikan iklan saluran. Silakan pilih video yang paling Anda anggap mewakili saluran Anda. Tunggu beberapa hari, maka nanti, jika ada pemirsa potensial (berdasarkan perilaku dan profil mereka), Youtube akan menayangkan iklan Anda tanpa harus membayar.

Semoga bermanfaat, sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

65 Komentar