Blogging Dasar

Satu atau Banyak Blog, Mana yang Terbaik untuk Memulai?

Satu pertanyaan yang sering saya terima dari mereka yang baru terjun ke dunia blogging:

‘Saya tertarik dengan banyak topik, apakah saya cukup membuat satu blog atau beberapa blog sekaligus? Mana yang terbaik?’

Jawaban singkatnya: ‘Yang terbaik adalah fokus dengan satu blog, dan blog tersebut mesti memiliki topik yang jelas dan fokus pula’.

Baiklah, di bawah saya akan sedikit menjelaskan mengapa Anda sebaiknya fokus dengan satu blog dan bagaimana Anda mengelolanya.

Sebagai contoh, anggap saja Gee Jhon, tertarik untuk menulis tentang pengembangan diri, desain, musik, blogging dan travelling. Bisa saja, akhirnya ia membuat satu blog yang mengupas semua topik tersebut. Namun, akan sangat-sangat sulit membangun komunitas dan mendapatkan pembaca setia yang tertarik dengan semua tema di atas.

Cara lainnya, bisa pula Gee Jhon berpikir untuk membuat 5 blog berbeda untuk masing-masing topik tersebut, satu untuk musik, satu untuk desain dan seterusnya. Tapi, membangun dan mengembangkan satu blog membutuhkan banyak waktu dan energi, dan membaginya ke 5 blog berbeda sekaligus, sepertinya cara tercepat untuk gagal.

Lalu, bagaimana cara menyiasatinya?

Mencari dan menggabungkan topik-topik yang saling berkaitan

Bisa jadi topik yang Anda sukai saling berkaitan satu sama lain. Seperti misalnya, Anda berminat menulis tentang travelling dan kuliner dari berbagai daerah, maka Anda kemudian bisa menggabungkannya dengan membuat satu blog yang membahas travelling dan makanan.

Cara ini juga kerap memudahkan Anda untuk menemukan niche blog yang baik, tanpa harus terlalu mempersempit cakupan topik. Anda kemudian bisa lebih leluasa untuk membuat konten blog, dan mempromosikannya. Jauh lebih baik dibandingkan Anda misalnya memisahkan kedua topik ke dalam 2 blog yang berbeda.

Bagaimana jika topik yang Anda minati ternyata sangat jauh dan tidak saling berkaitan? Apakah Anda harus ‘mematikan’ hasrat menuangkan ide dan gagasan berkenaan dengan topik tersebut?

Tentu saja tidak. Yang terbaik, Anda bisa tetap menuangkan ย ide-ide Anda dengan menulis di blog lain sebagai blogger tamu.

Menulis di blog lain di topik yang kita sukai, memiliki banyak manfaat, terutama dalam rangka mengangkat pamor blog Anda yang Anda kelola sendiri. Dengan menulis sebagai blogger tamu, Anda tetap bisa menuangkan ide yang Anda sukai, sementara membantu promosi blog utama Anda sendiri.

Mengapa SATU blog sudah cukup …. untuk memulai?

Mungkin Anda masih ragu bahwa fokus membangun satu blog adalah ide terbaik. Barangkali Anda berpikir, Anda akan memiliki peluang sukses lebih besar jika Anda memulai dengan 2 blog atau lebih dan melihat mana yang akhirnya lebih populer.

Masalahnya adalah, Anda akan sangat kesulitan untuk mengembangkan blog lebih dari satu sejak awal. Mengapa? Karena itu berarti Anda:

  • Menulis posting secara teratur untuk keduanya. Ini biasanya berakhir dengan penurunan kualitas konten dengan jumlah yang mencukupi.
  • Anda mesti memisahkan akun twitter, facebook page dan lain-lain untuk masing-masingnya.
  • Masalah di ide posting. Memang mudah untuk memulai, namun seiring waktu Anda akan dengan cepat kehabisan ide untuk menulis artikel di masing-masing blog.

dan masih banyak lagi lainnya. Intinya, membangun blog sukses butuh dedikasi yang tinggi. Waktu, tenaga, pikiran dan ide, dan bayangkan Anda harus melakukannya 3x lebih banyak dengan membangun blog lebih dari satu sekaligus.

Saya belum melihat blogger sukses dengan nama besar, yang membangun blog lebih dari satu sejak awal, tanpa mengandalkan penulis dari luar (membayar orang lain untuk mendapatkan konten blog) atau blogger tamu. Dan jika Anda bukan dalam kapasitas tersebut, maka saya sangat menyarankan agar Anda fokus ke satu blog saja untuk memulai.

Jika, Anda benar-benar menginginkan blog lebih dari satu, maka tunggulah sampai blog pertama Anda mencapai target-target yang telah Anda tentukan sebelumnya. Misalnya, blog pertama Anda sudah dikenal baik dan mendapatkan trafik yang cukup tinggi. Maka dari situ, Anda bisa bersiap-siap mencapai sukses berikutnya.

Atau sebaliknya, jika Anda merasa blog pertama Anda sudah tidak berada lagi pada jalur yang benar, Anda pun kemudian bisa membuat blog kedua. Saya pernah menulis tentang hal ini pada artikel:ย Sudah Siap Membuat Blog Kedua?

Nah, bagaimana dengan Anda? Berapa blog yang Anda kelola saat ini? Satu? Dua? Tiga?

Setujukah Anda dengan pendapat saya? Berikan tanggapan melalui komentar. Terakhir, seperti biasa: sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

19 Komentar

  • @muhtar.
    ok deh mas Muhtar, itu sudah sangat baik. Memang fokus pada lebih dari 2 blog akan sangat sulit dilakukan. Kecuali, blog pertama sudah benar2 stabil trafiknya. Sukses selalu…

  • saya pernah memiliki 3 blog sekaligus,yang pertama betema sport terutama tentang slh satu klub eropa,yang kedua blog yang berisi umum alias semua info bisa masuk,dan yang ketiga adalah blog kesayangan saya yang saya pakai komentar ini…blog khusus tentang aplikasi komputer desain..jujur yang sudah menghasilkan secara ofline ya blog ini,sementara yang lain no way..bahkan blog sport saya sudah nyampah di internet…kl boleh saya kasih saran,satu blog dan fokus akan jauh lebih mumpuni,dan akan menghasilkan sesuatu yang sulit di ungkapkan…untuk dua,tiga blog…hmmmm no comment

  • sangat setuju gan..saya suka artikel ini,,untuk pemula cara yang paling baik adalah dengan fokus pada satu blog dulu, belajar dari satu blog sampai sukses mencapai traffic yang telah ditargetkan,barulah kita berpikir untuk membuat blog-blog berikutnya.Thanks.

  • @m. rudianto.
    betul, saya setuju ๐Ÿ™‚

    @heriyanto.
    hmm.. sayang sekali. itulah mengapa seharusnya sejak awal, kita mengisi data sesuai dengan kartu identitas.

    solusinya, saya kira bisa minta surat keterangan dari desa, pasti bisa.. silakan dicoba.. ya; ๐Ÿ™‚

  • saat ini saya hanya masih mengelolah satu blog mas Gee, rencananya sih pengen lebih, tapi nanti soalnya satu blog aja susah bagi waktunya apalagi ko banyak. ๐Ÿ˜€

    oh iya mas Gee, alhamdulillah pengiriman pembayaran saya sudah dikirmkan dari google, tapi sayangnnya pas ke kantor pos, katanya identitas saya gk cocok, soalnya di akun adsense nama penerima saya adalah "heriyanto saputra mandala" sedangkan di ktp saya adalah "heriyanto s.m." , ada slusi gk mas, buat permasalahan ini? hehe yang tadinya udh semangat ke kantor pos, langsung down ketika petugas pos bilang identitas gak cocok ๐Ÿ™

  • @edi.
    ya, itu sudah betul… hehe.. sulit rasanya membagi perhatian lebih dari 1 blog, apalgi baru saja merintis…. ๐Ÿ™‚

    @afrid.
    kalau menurut saya lebih baik, fokus ke satu topik saja dulu. setelah di topik tsb blognya sudah 'mapan' baru memulai projek baru, membuat blog berikutnya.

    namun, tentu saja itu tergantung anda sendiri, jika memang mampu mengelolanya, bisa saja menjalankan sekaligus 2 blog.

    tentang mencampur topik yg jauh berkaitan dalam 1 blog, saya kira kurang bagus dalam strategi membangun brand blog itu sendiri.

  • @edi.
    ya, itu sudah betul… hehe.. sulit rasanya membagi perhatian lebih dari 1 blog, apalgi baru saja merintis…. ๐Ÿ™‚

    @afrid.
    kalau menurut saya lebih baik, fokus ke satu topik saja dulu. setelah di topik tsb blognya sudah 'mapan' baru memulai projek baru, membuat blog berikutnya.

    namun, tentu saja itu tergantung anda sendiri, jika memang mampu mengelolanya, bisa saja menjalankan sekaligus 2 blog.

    tentang mencampur topik yg jauh berkaitan dalam 1 blog, saya kira kurang bagus dalam strategi membangun brand blog itu sendiri.

  • Saya setuju dgn pendapatnya mas.
    selama ini saya mengembangkan 1 blog saja dan rasanya nyaman banget tanpa membebani pikiran saya.

    Tapi 1 blog saya tersebut berisi 3 Pembahasan Niche yg berbeda yaitu : Kesehatan, Teknologi, dan Musik. Apakah ini baik-baik saja ya mas soalnya saya jatuh cinta banget dgn 3 Niche ini yg saya gabung jadi 1 blog.

    saya ngga pernah membahas artikel lainnya yg jauh dari 3 Topik ini. tiap hari saya mengupdate artikel yg bertema 3 jenis ini saja.

    tapi kalau saya buat 3 blog. rasanya sakit kepala, pusing, cape, lelah rasanya. apa baik-baik saja ya mas kalau 3 topik ini dijadikan 1 blog saja. saya memulai blogging pertama kali tahun 2013 yg lalu. bagaimana mas menurut mas apa bisa ya mas 1 blog tapi 3 topik. mengingat ke 3 topik ini sama sekali ngga berhubungan.

    saya tunggu jawabnya untuk kategori permasalahan yg saya hadapi….

  • Mas Gee Jhon,semua yg anda ceritakan itu..Itulah masalah yg kini saya hadapi..@susah mau fokus dsbnya..tp setelah baca ini saya mula terinspirasi dgn cadangan baru..
    makasih mas..Salam Sukses selalu..

  • Keduanya punya sisi kelebihan dan kekurangan, tapi kalau ingin menggapai "big target", sepertinya lebih baik fokus 1-2 blog saja.