Blogging Dasar

5 Alasan Paling Umum Orang Membuat Blog

Ada banyak alasan mengapa orang membuat blog, tapi kebanyakan blogger memiliki satu dari 5 alasan paling populer di bawah ini.

Alasan yang membuat mereka termotivasi untuk membuat blog dan tetap mengelola blog mereka dari waktu ke waktu.

Meskipun blog memiliki topik yang sangat beragam, namun alasan utama mereka mulai membuat blog biasanya adalah salah satu dari lima hal ini.

tujuan dan alasan membuat blog

Sebelum Anda memutuskan membuat sebuah blog, ambil beberapa waktu untuk mengetahui apa sebenarnya alasan Anda membuat blog. Apa tujuan dan target jangka pendek juga jangka panjang blog Anda?

Pastikan alasan Anda membuat blog sesuai dengan tujuan dan target yang ingin dicapai, jika tidak Anda akan mengalami kesulitan untuk tetap menghadirkan konten berkualitas dan akhirnya blog Anda akan gagal.

Inilah 5 hal yang paling banyak dijadikan alasan untuk membuat blog:

1. Ngeblog untuk kesenangan dan hiburan

Tak terhitung berapa banyak blog yang dibuat tanpa alasan selain untuk kesenangan semata, atau untuk menghibur orang lain. Blog humor, cerita lucu, gosip selebritis, olahraga, karya seni, blog hobi dan sebagian besar blog pribadi termasuk dalam kategori ini. Banyak juga blog foto juga dibuat untuk alasan ini.

2. Ngeblog untuk membangun jaringan dan promosi

Beberapa orang membangun blog untuk mengembangkan jaringan bisnis mereka dan bertemu dengan para profesional di bidang yang sama. Melalui blog mereka memperlihatkan keahlian mereka dan menjangkau target yang lebih besar. Ngeblog memberi mereka kesempatan bagus untuk ‘memamerkan’ konten mereka kepada audiens yang lebih luas, yang mana dapat menunjang karir atau mendatangkan peluang bisnis.

Sebagai contoh, seorang konsultan bisnis mungkin akan membuat sebuah blog untuk memperlihatkan keahlian dan hasil kerjanya, yang membantu mendatangkan klien baru.

3. Ngeblog untuk bisnis atau tujuan tertentu

Tidak sedikit blog yang dibuat untuk menunjang bisnis ataupun sebuah organisasi nirlaba, tak perduli konten blog tersebut berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan produk ataupun kegiatan bisnis mereka. Yang jelas mereka membuat blog untuk meningkatkan brand image, berbagi informasi seputar organisasi dan sebagainya.

4. Ngeblog untuk jurnalisme

Banyak orang membuat blog, sehingga mereka seakan menjadi seorang jurnalis. Mereka mengabarkan berita lokal, regional, nasional maupun isu-isu global internasional kepada pembaca mereka.

Blog jurnalisme yang sukses biasanya lebih banyak berupa niche blog (blog dengan topik tertentu), dibandingkan portal berita segala ada. Sebagai contoh, blog yang khusus mengabarkan berita seputar pemerintahan, bisa disebut sebagai blog jurnalisme.

5. Ngeblog untuk pendidikan

Beberapa blog dibuat sebagai sarana pendidikan, untuk mengajarkan orang tentang satu topik tertentu. Sebagai contoh, blog yang membahas ‘bagaimana cara membangun bisnis yang sukses’ atau ‘bagaimana cara melakukan search engine optimation (seo)‘ adalah termasuk ke dalam kategori blog pendidikan.

Tidak peduli apapun topik yang diangkat, selama blog berisi konten yang bersifat mengajarkan sesuatu maka itu bisa disebut sebagai blog pendidikan.

Nah, bagaimana dengan Anda? Masih kurang? Saya tambahkan 10 alasan bagus untuk segera membuat blog.

Atau sudah menemukan alasan terkuat untuk membagikan pengalaman, keterampilan dan pengetahuan Anda kepada dunia. Oke, buatlah blog sekarang juga!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

6 Komentar

  • wah blog web yang sangat menarik admin.
    lengkap dan saya selalu langganan dengan blog ini 🙂
    sangat cocok dengan blogger pemula untuk saya
    Terimakasih Artikelnya

    Salam
    nimavein.blogspot.com

  • @faizme.
    setuju deh…. 🙂 saya sendiri baru bisa ngasilin sesuatu dari blog setelah berjalan krg lebih 1 tahunan, yg memang pada awalnya, hanya berniat murni untuk berbagi.

    Sukses selalu mas….

  • Yap bener sekali Mas gan, artikel Anda selalu inspiratif untuk di baca, intinya ngeblog yang baik itu jangan seakan2 karena uang, nulis aja yang banyak dengan harapan dengan tulisan2 kita mereka bisa terbantu dan setidaknya mendapatkan mendaptkan sedikit infromasi yang mereka cari, di dunia maya tentunya. Nah dengan itu dijalankan serius selama berbulan2 Insya Alloh apa yang kita harapkan itu bisa datang dengan sendirinya. Sebenarnya saya pengen punya blog khusus terjemahan gitu, tapi kurang pandai menulis apalah artinya, terkadang masih pakai sewa penulis untuk menerjemahkan kembali ke bhs indo wkwk, emang bukan bidangnya ya gimana, anggap saja bagi2 rezeki. Keep going Mas … any idea? by PPU.

  • @denny.
    hehe… ya itu juga boleh. tapi sekrang tidak lagi kan?

    @daniel.
    ya saya juga untuk yg satu itu masih terus belajar. inginnya berbagi apapun yg saya ketahuo… tapi…… keterbatasanlah yang 'membatasinya' 🙂