Blogging Dasar

Apa itu Blog?

Saya telah banyak sekali menulis tentang blog, mulai dari persiapan memilih niche, menulis konten yang bagus, sampai bagaimana cara mendapatkan uang dari blog.

Tapi saya merasa ada yang kurang, karena belum pernah menulis tentang apa itu blog sebenarnya.Ya betul, saya yakin, saat ini bisa dibilang, bagi mereka yang sudah akrab dengan dunia online, pasti tahu apa itu blog. Tapi tetap saja saya merasa masih ada yang kurang, hehe….

Untuk itu, kali ini saya coba menulis tentang pengertian blog. Anggap saja artikel ini saya tulis untuk mengingatkan kembali tentang apa sebenarnya blog itu.

Definisi Blog

Blog (juga disebut weblog atau web log), adalah sebuah website yang terdiri dari entri konten (juga disebut posting) yang ditampilkan secara kronologis dimana entri-entri terbaru ditampilkan lebih dulu (sama seperti format jurnal harian).

Blog umumnya memiliki fitur-fitur, seperti komentar dan link untuk meningkatkan peran interaktif dengan pengguna. Blog dibuat menggunakan sebuah software publishing.

Beberapa istilah dalam blog

Blogging: Pekerjaan membuat sebuah posting untuk sebuah blog (biasa diterjemahkan menjadi ngeblog).

Blogger: Orang yang menulis konten untuk blog.

Blogosphere: Komunitas online dari blog-blog dan para blogger.

Untuk daftar istilah blogging selengkapnya, bisa Anda lihat di: Daftar Istilah dalam Blogging.

Sekilas sebelum adanya blog
Dulu internet hanya sebuah alat untuk menyampaikan informasi. Pada awal-awal kemunculan World Wide Web (internet) kurang lebih 20 tahun lalu, sebuah website tampil secara sederhana dan hanya menyajikan informasi satu arah.

Seiring waktu, internet menjadi lebih interaktif dengan munculnya website yang berbasis transaksi dan situs belanja online. Namun, saat itu internet secara umum masih merupakan komunikasi satu arah.

Semua itu berubah dengan evolusi Web 2.0 (web sosial), dimana konten dari pengguna menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia online itu sendiri.

Hari ini, pengguna internet menginginkan sebuah website yang menyediakan komunikasi dua arah dan dari situlah web log (blog) lahir.

Lahirnya blog
Blog pertama kali muncul pada tahun 1990-an sebagai sebuah diari (catatan pribadi) online. Orang per orang memposting informasi tentang hidup mereka, tentang keseharian mereka, juga opini mereka dengan basis harian.Posting harian disusun secara berurutan berdasarkan tanggal, sehingga pembaca mendapati posting terbaru di bagian paling atas dan perlu menggulung layar ke bawah untuk menemukan konten yang lebih lama. Namun saat itu, format penyajian masih merupakan lebih berupa monolog dari penulisnya.

Seiring blog yang terus berkembang, fitur-fitur interaktif akhirnya ditambahkan untuk menciptakan komunikasi dua arah. Pembaca bisa berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan fitur yang mengijinkan mereka memberikan komentar pada sebuah posting blog, atau pun sebuah link ke blog atau website lainnya, guna keperluan interaksi lebih lanjut.

Blog hari ini
Seiring internet menjadi lebih bersifat sosial, blog akhirnya menjadi begitu populer. Hari ini, ada lebih dari 100 juta blog di seluruh dunia dan terus bertambah setiap harinya.

Blog menjelma menjadi bukan hanya sekadar sebuah diari harian online. Nyatanya, blog telah menjadi bagian penting dari dunia maya (juga dunia nyata), dengan tidak sedikit blogger yang ikut memberi pengaruh besar terhadap dunia politik, ekonomi bisnis dan masyarakat luas melalui tulisan-tulisan mereka.

Blog di masa depan
Sepertinya tak terbantahkan lagi bahwa blog akan lebih ‘berperan’ lagi di masa yang akan datang. Akan semakin banyak orang dan kalangan bisnis menyadari betapa besarnya potensi blog sebagai salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perilaku dunia online.

Setiap orang saat ini, dapat dengan mudah membuat sebuah blog, dengan peralatan yang dibuat mudah juga tersedia online secara gratis.

Sehingga pertanyaannya sekarang sepertinya bukanlah: “Mengapa saya mesti membuat sebuah blog?” tapi lebih kepada: “Mengapa saya mesti tidak membuat blog?”

Jika saat ini Anda belum memiliki blog, dan masih ragu untuk membuatnya, baca: 10 alasan bagus untuk membuat memiliki blog.

Bagaimana? Anda siap membuat blog, menjadi seorang blogger? Ikut berpartisipasi dalam dunia online yang semakin berkembang?

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

12 Komentar

  • oh gtu
    jd youtube dan blog itu adsensenya satu gtu y?
    ok makasih mas jhon maklum pemula
    keder arep takon kuh,kudu takon ning sapo maning.
    mksih mas jhon penjelasannya

  • asslmkm mas jhon
    dah lama nih g chat,emang g peenah maen fb sh hehehe
    mas jhon mau nanya nih
    Apakah akun adnsense youtube bs digabung dgn akun adsense blog?
    ceritanya gini,tahun lalu aku punya blog,tp g diurus.trs coba daftarin ke adsense.trs di akun adsense youtube ada tulisan gini “Akun AdSense Anda hanya diizinkan untuk menampilkan iklan di YouTube. Jika Anda ingin menampilkan iklan di situs lain, Anda perlu memberi kami URL situs yang ingin dimonetisasi”
    jd aku hrs gmn tuh mas jhon?apa bs akun adsense youtube digabung dgn blog?klw bs gmn caranya?minta tolong ajarin yg detail mas
    makasih wassalam

    • wa’alaikum salam.. bos ANdri..
      Ya, akun adsense dari youtube bisa digabung dg blog, dan memang seharusnya kita hanya perlu punya 1 akun adsense saja, krn tidak diijinkan orang punya lebih dari 1 akun adsense.

      Untuk menampilkan iklan adsense di blog, tinggal masukkan URL blog-nya melalui menu akses dan otorisasi pada setelan Adsense. Nanti blognya akan di-review.

      • jadi yg aku kerjain udah bner y?
        aku udah masukin URL blognya,terus ada tulisan ” URL tidak boleh berisi host Google ”
        knpa tuh?
        tp di blog emang ada space kosong,itu mungkin emang tempat iklan,tp lom nongol iklannya.masih tahap pengecekan.
        tp apa bner aku udah masukin URL,trs keluar tulisan itu?

      • upgrade hanya bisa dilakukan jika menggunakan custom domain (TLD) atau self-hosted. Jika masih menggunakan blogspot, bisa langsung dari dasbor blogger.

      • aku udah browsing kesana kemari
        g nemu gmn caranya menautkan adsense blog sama adsense youtube.
        minta tolong sama mas jhon jelasin gmn caranya menautkan adsense blog sama adsense youtube.di indonesia jarang yg maen adsense,apalagi dsni.makannya klw da masalah n mau nanya bingung mau nanya ma sapa lg.
        maaf y mas nanya mulu hehehe

      • sy kurang paham dg pertanyaannya bos Andri. Sebenarnya Adsense itu cuma 1, gada adsense youtube, atau adsense blog. Yg ada hanyalah cara kita mengelola adsense, ada yg menggunakan konten video (dihost di youtube), ada yg dg konten artikel (blog). Jadi sekali kita punya akun adsense, kita bisa gunakan untuk keduanya, bahkan sesungguhnya produk Adsense itu banyak.

        Baiklah, yg jadi pertanyaannya bagaimana? Apakah saat ini sudah punya adsense dari Youtube, dan ingin dipasang di blog? Atau sebaliknya?

        Oya, salah jika dikatakan di Indonesia jarang yang main adsense, krn ada puluhan ribu penayang adsense di Indonesia. 🙂

%d blogger menyukai ini: