Blogging Dasar

Jika Tidak Update Selama 1 Bulan: Apa yang Terjadi dengan Blog Anda?

Update, update, update!

Begitulah, setiap blogger dituntut selaluΒ mengupdate blognya dengan konten baru secara teratur, bahkan saya pun selalu menyarankan agar sebisa mungkin memperbarui artikel baru setiap hari.

Namun, adakalanya, dengan berbagai alasan, tidak selamanya seorang blogger bisa membuat konten baru secara teratur. Lalu pertanyaannya adalah:

Apa yang terjadi jika blog tidak diupdate selama beberapa minggu atau bahkan sampai 1 bulan lamanya?

PortalUang, sejak pertama kali diluncurkan belum pernah tidak diupdate lebih dari 1 minggu, bahkan lebih banyak diupdate harian, paling sedikit 5 artikel per minggu. Tapi dari pertanyaan di atas, saya jadi tertarik, apa yang akan terjadi dengan PortalUang, jika tidak diupdate selama 1 bulan?

Nah, hari ini genap 1 bulan PortalUang saya ‘biarkan’ tanpa artikel baru, saya hanya menjawab semua komentar yang masuk atau membalas email-email dari pembaca. Hasilnya?

Mari kita lihat!

Trafik

Tidak ada yang aneh dengan trafik PortalUang. Trafik tetap normal, bahkan cenderung sedikit meningkat. Karena sejak Januari 2015 lalu saya mengganti domain PortalUang, trafik otomatis jatuh saat itu, namun perlahan kembali normal dan terus naik. Dan tren kenaikan itu terus berlanjut bahkan ketika tidak ada artikel baru selama 1 bulan penuh!

trafik portaluang

Rank Alexa

Rank Alex ternyata jadi sedikit menggendut. Tapi hal ini tidak sepenuhnya saya mengerti kenapa seperti itu, padahal trafik harian tetap terjaga.

Jumlah komentar

Pada poin 4 di artikel ‘Cara Mendapatkan 10 Komentar di Setiap Posting Blog‘, saya menyebut menyebutkan tentang mengurangi frekuensi posting. Kembali, hal ini saya buktikan.

Selama 1 bulan tidak update, jumlah komentar justru meningkat cukup signifikan, yaitu sekitar 30 komentar per hari, yang sebelumnya hanya 20 per hari.

Pendapatan Adsense

Di dua minggu awal, pendapatan Adsense cenderung turun, namun ini sepertinya lebih karena memang trend pendapatan Adsense publisher Indonesia secara umum. Karena di dua minggu terakhir ini, pendapatan Adsense kembali naik.

Kesimpulan

Sepertinya tidak jadi masalah, ketika Anda ‘harus’ meninggalkan blog untuk beberapa lama tanpa artikel baru.

Namun demikian, ini tidak berlaku bagi semua jenis konten blog. Jenis konten yang ‘kejar-kejaran’ dengan waktu, seperti berita terkini, gadget dan semacamnya, mau tidak mau harus memiliki konten baru secara teratur, karena jika tidak, maka akan tertinggal. Maka dari itu, saya selalu menyarankan untuk fokus pada konten abadi.

Selain itu, saya sangat tidak menyarankan hal ini bagi sebuah blog baru. Bagaimanapun, sebuah blog baru memerlukan akselerasi maksimum untuk segera meraih basis pembaca. Jika mampu, bahkan saya menyarankan untuk update lebih dari 1 artikel per hari selama 3 bulan pertama.

Nah, bagaimana pendapat Anda? Pernahkah Anda tidak menulis blog selama 1 bulan penuh? Apa yang terjadi dengan blog Anda? Bagikan pengalaman melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

48 Komentar

%d blogger menyukai ini: