Google Adsense

Adsense Akun Hosted: 68% – 32%, Non-Hosted 100% Milik Kita. Benarkah?

Saya menulis artikel ini terinspirasi dari salah satu post di Forum IAPD, di situ tertulis:

Hosted: 68% – 32%
Non hosted: 100% hasil milik kita ….

Benarkah begitu?

Ini lah yang ingin saya bahas kali ini, karena saya lihat masih banyak pemula Adsense tidak memahami hal ini dengan benar.

Jadi bagaimana sesungguhnya sistem pembagian pendapatan Adsense antara pihak Google dan publisher. Adakah perbedaan antara akun hosted dan non-hosted (akun reguler)?

Bila kita buka halaman Informasi Akun pada dasbor Adsense, kita segera tahu jawabannya.

bagi hasil google Adsense

Pada bagian Produk aktif, tertera program-program Adsense yang tersedia dan aktif untuk akun milik kita. Biasanya yaitu:

  • Content
    Program Adsense untuk memonetisasi konten web milik kita sendiri.
  • Content host
    Program Adsense untuk konten yang kita host di pihak ketiga.
  • Mobile content
    Program Adsense untuk memonetisasi konten mobile.
  • Penelusuran
    Program Adsense untuk memonetisasi Google Custom Search.
  • Survey Konsumen Google
    Program Adsense untuk produk survey Google di konten milik kita.

Kebanyakan kita hanya menggunakan 2 produk saja, yaitu Adsense for content dan Adsense for search. Dan di situ jelas tertulis, bagi hasil untuk publisher adalah sebesar 68% untuk Content, dan 51% untuk Penelusuran.

Jadi, jelas sudah persentase bagi hasil dari Adsense, dan angka ini tidak ada bedanya baik untuk akun hosted maupun akun biasa.

Agar lebih gamblang, baiklah saya perjelas lagi: 68% kita dapat mana?

Seperti kita tahu, bahwa setiap klik ada nilai yang harus dibayar oleh pengiklan. Nah, nilai yang dibayar oleh pengiklan tersebut lah yang dibagi dua oleh Google, 68% bagi penayang untuk Adsense for content, dan 51% untuk Adsense penelusuran. Sayangnya Google tidak pernah memberi tahu, berapa sesungguhnya nilai yang dibayar oleh pengiklan, dan hasil yang tertera pada halaman report Adsense, itu sudah murni bagian kita, jadi bisa dianggap itulah 68% dari total yang dibayar oleh pengiklan kepada Google.

Lalu bagaimana dengan akun hosted? Samakah pembagiannya?

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa itu akun hosted. Akun hosted adalah akun yang kita dapat dengan cara mengajukan konten milik kita yang di-host di situs mitra-host Adsense. Jadi kekurangan utama dari akun hosted, adalah bahwa ia hanya dapat digunakan untuk memonetisasi konten yang ada di situs tempat kita mendaftar.

Tentang apa itu mitra-host Adsense, 2 artikel berikut akan menjawabnya dengan tuntas:

Kembali ke masalah pembagian hasil. Jadi apakah beda pembagian antara hosted dan non-hosted? Jika yang dimaksud adalah angka persentase 68% untuk content atau 51% untuk penelusuran di atas, maka bisa sampaikan tidak ada hubungannya dengan akun hosted atau non-hosted.

Ingat, bahwa situs mitra-host Adsense sebenarnya juga menjalankan program yang sama, yaitu Adsense for content. Pembagiannya? Ya sama saja, 68% dari total yang dibayar pengiklan untuk penayang, sisanya diambil oleh Google.

Namun, karena Anda numpang pada server mereka guna menaruh konten Anda untuk dimonetisasi, maka sangat lah wajar, pihak mitra-host Adsense meminta bagian. Berapa besarannya? Tergantung pemilik situs mitra-host bersangkutan, biasanya mulai dari 60% – 90%.

Sebagai contoh misalnya, hubpages.com, mereka memberi 60% kepada author mereka. 60% dari apa? 60% dari pendapatan Adsense yang dihasilkan oleh konten milik Anda. Selain itu, tidak semua mita-host Adsense, memberi nilai presentase dari nominal pendapatan, banyak juga yang memberi presentese berupa impresi halaman dengan cara merotasi iklan yang tampil.

Jika memenuhi syarat, blog Anda pun bisa menjadi mitra host Adsense. Nanti Anda mau berbagi berapa persen kepada penulis konten di blog Anda, itu sepenuhnya tergantung Anda sendiri.

Nah, bagaimana dengan Blogger dan Youtube? Ya, betul. Blogger dan Youtube termasuk situs mitra-host Adsense. Namun karena keduanya juga merupakan milik Google sendiri, mereka berbaik hati dengan tidak meminta bagi hasil dari konten Anda. Ini bisa Anda lihat di halaman Akses pihak ketiga pada dasbor Adsense.

akses pihak ketiga adsense

Nah, dengan membaca uraian di atas, semoga Anda sekarang tidak lagi bingung tentang berapa persen bagi hasil Adsense dan perbedaan antara akun hosted dan non-hosted.

Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

73 Komentar

  • Bisa dijelaskan lebih lanjut terkait “Content host” itu seperti apa mas?
    saya belum mengerti apa perbedaanya antara “Content” dan “Content Host”.
    Mohon dimaklumi, terima kasih sebelumnya

  • Permisi gan, mohon pencerahannya , saya punya akun GA hosted Blog, daftar secara resmi ( bukan cara bug) , ad email full aprovenya, iklan tayang, earning jg masuk .
    tp masalhnya nggak ad 68% revenue di informasi akunya..
    ada yg bilang klo nggak ad 68% revenuenya ngak bakalan bisa PO… apa itu bener gan..?

    Apakah akun saya ini akun BUG…. ???

  • Mau nanya Pak,
    saya baru keterima ndaptar Adsen, tp kok adsen saya tidak ada 68% bagi hasil,, kenapa ya ? dan maksudnya apakah saya tidak mendapat bagi hasil ?

  • Mas saya ingin bertnya ya tapi di luar topik..nah pertnyaan nya..saya mmpunyi 2 blog dan sudh mmpunyai nama domai kedua blog tersebut..jika domain yg pertma pda saat mendftrkn di adsense dan di terma. Kemudian domain yg pertma tadi saya tdk berniat lg untk memperpanjng nama doamainnya dan kembali seperti semula nama url blog saya tadi..apakah tidak berpengaruh kah untk akun adsense non hosted saya mas…mohon jwbnnya y mas..thks

  • Mas, saya kan daftar adsense lewat blogspot dan diterima. Kalo saya upgrade jadi non hosted lebih baik pake blog yang saya gunakan untuk daftar itu apa gimana ya ?

    Kalo gak di aprove non hoatednya apakah akun adsense hosted saya yang dari blogspot hangus / tidak bisa digunakan ?

  • Mas mau tanyak lagi ne, dua hari lalau saya mengajukan adsen kemudian saya dapat nitifikasi di dashboard adsense “we are reviewing your site and it takes up to 3 days of application date”. dua hari berikutnya saya coba ligin ke adsense untuk melihat proses review pertama, ternyata saya sudah melewatinya, namun yang anehnya ketika saya ligin saya langsung mendapatkan notifikasi selamat datang ke adsense, dan tidak ada lagi notifikasi review kedua seperti biasanya baik di destop amupuan di apilkasi adsense android . kemudian langsung saya pasang iklan namun tidak muncul di blog saya. Yang lebih anehnya lagi waktu saya cek informasi akun saya tidak melihat tulisan bagi hasil penayang di bagian content, content host dan search. yang ada cuma tiga tulisan itu saja (content, content host dan search) ada apa dengan akun saya ini mas? yang jelas saya ajukan dengan cara normal bukan melalui cara bug. mohon penjelasannya mas. terima kasih sebelumhya

  • Gan mau tanya ni knp ya kq di setiap saya buka di akin adssen di penghsilan terahir tw
    Ttp 0% pdhl di rpm tayangan di pps apa gitu itu sampai 300rban lebih tp kq di hasil ahir ttp 0% ya apa yg salah apakah saya gk daper penghasila?

  • Kalau di akun saya gak ada tulisan publiser … % . Cuma . Konten admob hosted akun itu gmn gan. Apa saya dapat hasil. Saya daftar dari admob

  • Mas Gee Jhon saya mau tanya apabila di account information akun adsense tidak ada cancel account, apakah itu tidak masalah? karena saya punya teman yang mendaftarkan adsense melalui admob, padahal dia belum memiliki apps yang akan dimonetized.
    Mohon pencerahannya.

  • gan ane mau tanya kalau platform yg sering banyak dipakai buat google adsense non hosted apa ya?
    ane baru mulai adsense takut salah langkah
    ane jga bisanya blogspot aja klo pake domain sndiri apa masih 100persen hak jadi pnya kita? apa sudah menjadi 68%?
    Nuhun

    • klo platform untuk ngeblog paling banyak digunakan blogspot dan wordpress. untuk masalah non hosted hanya perlu domain TLD saja. dan masalah hak ini hak apa ? artikel klo artikel jelas hak kita 🙂

  • mas jhon klo domainnya udah di custom tpi hosting masih di blogspot kira2 klo daftar adsense nanti dapetnya akun yang non hosted apa yang hosted.. trimakasih

  • Permisi Mas Jhon saya mau bertanya.. Singkat cerita kemarin malam saya pulang kerja mendapat email bahwa 3 buah channel Youtube saya di suspend oleh Google. Padahal video semua yg saya upload asli video saya sendiri dan saya edit sendiri. Semua channel saya sudah berjalan 4 bulan dan sudah pernah menarik uang dari adsense sebelumnya. Tetapi akun adsense saya aman-aman saja dan tidak terkena banned. Pertanyaan saya apakah earning pada adsense saya masih berjalan setelah semua channel Youtube saya di suspend?
    Dan saya juga tidak mengerti kenapa semua channel Youtube saya tiga tiganya dibanned sekaligus… Mohon penjelasannya ya Mas hehe..

    • apa alasan dari suspend tersebut? aktivitas tidak valid terhadap satu saluran juga berakibat suspend. mengenai penghasilan, yg sudah terhitung / masuk, ttp akan dibayarkan.

    • penyebab utama iklan gak tampil, adalah memang akunnya blm disetujui. nah, apakah sudah menerima pemberitahuan resmi (email) dari Google bahwa pengajuan adsense-nya telah disetujui sepenuhnya?

  • mas Gee Jhon, untuk mendapatkan approval kedua membutuhkan waktu berapa lama ya hingga iklan tampil?? saya sudah pasang kode ± 3 minggu namun iklan belum tampil juga (#banner kosong).. dan belum ada konfirmasi apapun ke email.. thank’s

    • biasanya hanya butuh maks. 7 hari, tp ada jg yg katanya sampai 5 minggu baru dapat jawaban. tp banyak juga yg sampai berbulan tidak dapat jawaban. nah, tuk yg terakhir itu, menurut sy bisa dianggap pengajuannya tidak disetujui, dan bisa mulai lagi dari awal.

  • artikel nya menarik bikin herman aja ahaha maksud saya heran 🙂 ,

    Sekalian minta koment buat blog website saya apa yang kurang untuk di tingkatkan dan di tambahkan ?

    berkunjung ya ke web saya

  • selamat malam pak gee jhon
    saya mau tanya, akun ga saya produk aktif ada Content, AdMob, Content host, Penelusuran.
    yang jadi pertanyaan saya iklan di blog saya tidak mau tampil, menurut bapak kekuranganya apa?

    akun ga saya non hosted

  • saya upgrade akun hosted ke non hosted, tidak di terima, malah sampai iklannya ga tampil lagi.
    bunyinya kurang lebih gini
    “Site does not comply with Google policies: We're unable to approve your AdSense application at this time because we feel that your site does not comply with Google AdSense policies or webmaster quality guidelines.”
    kira-kira apa yang harus saya perbaiki, bro gee?

  • Mas Gee, kalau kita mau ubah pembayaran earningnya ke akun rekening bank luar negeri bisa nggak….
    Misal akun GA dari amerika , earningnya di bayarkan ke rekening bank Mandiri di Indonesia…????

  • mas saya punya beberapa blog dalam satu account (gmail) dan salah satunya saya upgrade dng domain sendiri. Pertanyaannya.. untuk yang custom domain udah saya daftarkan adsense tapi masih kosong juga? dan ada keterangan Important: In order for your application to be reviewed, you must place your ad code on one or more webpages at the URL you entered in your upgrade application. Note that blank ads will be shown until your application is approved. Kenapa ya mas?

  • Oke mas john terimakasih, akun saya non hosted ternyata.tpi Saya sudah memasang kode iklan di blog saya mas skitar 5 harian tpi sampai sekarang masih belum muncul.huhuuu…

    Trus gini mas. kemarin saya juga mendaftar akun adsense melalui youtube pakai alamat EMAIL A misalnya, nah trus EMAIL A tsb juga sudah di approve, trus saya mau mendaftarkan lagi EMAIL A tersebut untuk adsense blog apa bisa? klo misal bisa gmn caranya mas? apakah saya harus mengancel akun saya terlebih dahulu melalui halaman informasi akun di adsense trus saya daftar lagi dengan blog ataukah ada cara lain?mohon pencerahannya mas…

  • salam kenal sobat semua, sebelumnya maaf mas, untuk mengetahui akun hosted dan akun non-hosted bisa dilihat dari sisi mana ya mas klo dilihat dari dashboard adsense? masalahnya saya dlu lupa waktu daftar masih pakai blogspot atau sudah pakai domain tld. dlu saya pernah memasang iklannya di blog saya yang sudah pakai domain tld, waktu itu pertama kali saya di trima dan pertama kali juga pasang iklan adsense, tapi setelah saya ganti kode unit iklannya sampai sekarang iklannya malah hilang,namun iklannya bisa tampil di youtube,nah yang saya bingungkan sampai sekarang, akun saya ini termasuk akun hosted apa non hosted? apabila akun hosted, knp waktu saya pertama kali pasang iklannya bisa muncul dengan menggunakan akun non-hosted.mohon pencerahannya mas.terimakasih 🙂

    • Tuk akun hosted, ada keterangan di kanan atas, sebelah kiri icon pengaturan. Cara lainnya, coba pasang kode iklannya di tld, jika muncul maka itu bukan akun hosted.

  • mas saya mau tanya…kan saya sudah punya akun hosted(daftar dari blogspot, udah fullaprove)..iklannya sudah muncul..trus saya bingung kalau saya mau taruh iklan pada blog lain yang berdomain TLD apakah bisa? terimakasih

  • keren kak bisa lengkap kayak gitu pembabarannya,.. jadi itu yang di maksud dengan non hosted,
    klw boleh tau kenapa iklan google masih kosong di website kita kak padahal kita udah dapat kodenya dari google adsense yang kurang apa lagi kk ?

    • sudah dapat email pemberitahuan bahwa pengajuannya disetujui dari Adsense? Jika belum, maka itu artinya masih dalam tahap review. Iklan baru muncul jika sudah disetujui.

  • Terima kasih atas artikelnya mas jhon.
    saya ada 1 pertanyaan nih, apakah blog yang baru dibuat diblogspot sudah bisa dipasangin google adsense ? dan berapa banyak batasan jika itu bisa dilakukan. Saya memiliki 1 akun hosted.
    Terima kasih

  • Asyik juga ya kalau memasang iklan di pihak ketiga karena sang pemilik hosting tidak meminta dari prosentase penghasilan yg di dapatkan para publisher.
    Terima kasih

    • saya kuran paham dg pertanyaannya. bisa lebih spesifik lagi? pasang ads otomatis maksudnya gimana? bukankah klo kita pasang kode iklan, iklan sudah muncul otomatis?

  • Jadi begitu yah mas, terimakasih sebelumnya. Saya jadi mengerti sekarang bahwa saya daftar adsense non hosted. lalu ada 1 pertanyaan dari saya mas jika mas berkenan untuk menjawabnya, pertama lalu untuk perbedaan sensiri antara adsense hosted dan non hosted selain dari perbedaan waktu review apa lagi, apakah jenis iklan yg dipasang di adsense hosted dan non hosted itu sama?

    Sama saya meminta pendapat dari mas tentang blog saya apakah sudah memiliki seo yang baik, saya menggunakan template dari mas sugeng.

    Terimakasih

    • sy kira tidak ada perbedaan waktu review antara hosted dan non-hosted (reguler). Perbedaannya hanya pada konten yg dimonetis (dipasangi iklan)., Untuk hosted, hanya boleh untuk menampilkan di konten yg dihosted yg kita ajukan. Sedangkan reguler, kita bebas memasangnya di mana saja.

  • mas saya mau tanya nih..
    saya sudah dapet balasan email ” selamat datang di adsense ” dan saya coba buat unit iklan langsung saya pasang di blog saya kok ga muncul yah?
    warnanya putih.. apakah ini yang disebut review kedua??
    mohon jawabannya mas.. saya baru belajar adsense..
    Thanks

    • seketika dapat klik. Jadi pendapatan yg tampil di laporan Adsense kita, itu sudah milik kita, artinya sudah merupakan bagian kita yg 68% itu tadi.

  • Walaupun hasil pembagiannya yang mengetahui sepenuhnya pihak google, yang penting tidak ada yang di rugikan dalam hal google adsense.

  • Sekarang saya sudah pengertiannya mas, intinya kalau akun non hosted pendapatan 68% jadi milik kita sendiri, sedangkan kalau hosted pendapatan yang 68% masih dibagi lagi dengan mitra host apakah begitu?
    Misalkan kita pasang iklan adsensen non hosted di blogspot, apakah yang 68% masih dibagi lagi?

    • Ya betul sekali begitu mas Sigit. Tapi mengenai Adsense blospot, baik hosted maupun non-hosted, hasilnya sama saja, karena kebetulan Blogger & Youtube, (meskipun sama2 merupakan situs mitra-host Adsense), tp mereka tidak mengambil bagian.

      • mas punya saya kok review adsense kedua lama amat ya? makan waktu sebulan belum dijawab.dulu saya daftar dengan domain sendiri namun itu saya make platfrom blogspot.

%d blogger menyukai ini: