Blogging Dasar

3 Hal Utama yang Membuat Blog Anda Berbeda!

Ada begitu banyak blog di dunia maya, bahkan setiap hari ada ratusan blog baru bermunculan.

Lebih jauh, topik yang Anda pilih sudah diangkat oleh banyak blog lain yang telah memiliki basis pembaca yang besar dan dikenal baik. Lalu, apa yang membuat orang-orang mendatangi blog Anda, alih-alih blog lainnya?

Bagaimana cara Anda membuat diri berbeda dari ribuan blog lain, dan menarik pembaca?

Ada 3 kunci utama yang membuat blog Anda berbeda, membuat blog Anda keluar dari kerumunan ribuan blog lainnya. Ya, Anda tidak harus ‘menguasai’ ketiganya, salah satunya saja Anda miliki, biasanya sudah cukup membuat blog Anda berbeda.

Ketiga hal tersebut adalah:

  • Desain
  • Konten
  • Gaya penulisan

Desain blog

Beberapa blog terlihat sangat mengesankan pengunjung begitu mereka melihatnya karena desainnya yang unik.

Meski tampilan bukanlah segalanya, kebanyakan pengunjung akan menilai sebuah blog berdasarkan desainnya. Bila Anda menggunakan tema gratisan dengan segala widget tak berguna memenuhi sidebar, maka sudah waktunya Anda mendesain ulang.

Idealnya adalah meminta desainer web membuatkan desain khusus untuk Anda, namun itu pastinya memerlukan biaya lebih. Pilihan terbaiknya mungkin adalah mencari theme premium yang sesuai dengan topik blog. Dengan anggaran antara $10 – $80 Anda sudah bisa memiliki desain yang bagus. Sebuah investasi yang Anda tidak akan menyesalinya.

Konten blog

Pasti Anda pernah mendengar istilah: “Konten adalah Raja”, dan itu memang benar. Konten yang bagus merupakan pondasi kuat bagi sebuah blog untuk bisa berkembang. Upaya apapun lainnya, tidak akan banyak berguna bila konten Anda tidak memberi manfaat nyata.

Gaya penulisan

Beberapa blogger membangun reputasinya sendiri dengan memiliki gaya penulisan yang khas. Mungkin karena gaya tulisannya yang tajam, lucu, aneh, hangat dan sebagainya.

Memiliki gaya khas bagaimana Anda menyuarakan pendapat, adalah pembeda yang membuat blog Anda tidak biasa.

Ya, saya tahu. Untuk memiliki gaya khas milik Anda sendiri, mungkin butuh waktu lama, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Karena itu, jika saat ini merasa belum memiliki gaya menulis yang khas, tidak perlu berkecil hati. Dengan berjalannya waktu, Anda akan menemukan gaya khas milik Anda sendiri, dan bila itu sudah didapatkan, artinya Anda siap menjadi blogger bintang berikutnya.

Selain itu, Anda tidak harus meniru gaya blogger lain manapun! Temukan gaya khas Anda sendiri, jika tidak, Anda bisa dianggap copy-cat (meniru gaya orang lain apa adanya).

Nah, sekarang giliran Anda. Apakah desain, konten dan gaya tulisan Anda sudah mampu membuat blog Anda tampil menonjol di antara ribuan blog lain?

Jika tidak, mana dari ketiga hal di atas, yang ingin Anda fokuskan terlebih dahulu? Bagikan pendapat Anda melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

5 Komentar

  • mas, apakah untuk mendapatkan penghasilan dari blog kita diharuskan menyewa hsting dan domain dulu?ataukah hosting gratisan bisa?
    Terima kasih kalo mas gee berkenan menjawab…

    • sy tidak menyarankan untuk menggunakan hosting gratisan. jika ingin menggunakan yg gratis, pake saja blogspot. dan ya, menggunakan blogspot bisa menghasilkan uang.

  • Saya lebih fokus ke gaya penulisan, om. Soalnya, masih sulit menemukan gaya penulisan yang user friendly. Artinya, untuk semua kalangan.

    Untuk desain, Saya sendiri memang ingin merubahnya. Tapi yaitu kendalnya, duit. Hehehe..

    Makasih om referensi nya. Benar-benar bermanfaat. Sukses terus ya om!!!

    Salam gen jutsu dari “Karya Sampah”