Pekerjaan dan Karir

Manfaat Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan

Apa sih manfaat jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan? Apa kelebihan program jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi lainya ? Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu program dari empat program yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi BPJS Ketenagakerjaan. Program ini bertujuan guna mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi seorang pegawai dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Salah satu kelebihan jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah memungkinkan seorang pegawai swasta dapat menikmati uang pensiun layaknya seorang pegawai negeri. Dana pensiun ini akan dicairkan ketika seorang pegawai telah memasuki masa pensiun dengan usia 56 tahun. Dana ini juga dapat dicairkan ketika seorang pegawai mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan cacat total permanen atau meninggal dunia.

Jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan ini memang dipersiapkan untuk menstabilkan keuangan seorang pekerja. Sehingga ketika seorang pekerja sudah berada di usia yang tidak produktif lagi, ia tetap mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Iuran yang ditetapkan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan ialah sebesar tiga persen yaitu satu persen pekerja dan dua persen pengusaha dengan lama iuaran 15 tahun. Baca juga: Peluang Usaha 2016

Lalu bagaimana jika seorang pekerja tersebut meninggal dunia ? Apabila seorang pekerja meninggal dunia maka pencairan dana akan diberikan kepada ahli waris. Selain itu anak dari peserta yang meninggal juga akan mendapatkan benefit pensiun hingga 50 persen dari perhitungan dana manfaat pensiun hingga berusia 23 tahun, bekerja maupun menikah.

Lalu bagaimana jika seorang pekerja tesebut lajang ? Maka dana jaminan pensiun BPJK Ketenagakerjaan akan diserah alihkan kepada orang tua hingga batas yang ditentukan dengan total benefit mencapai dua puluh persen dari perhitungan dana manfaat pensiun. Baca juga: Orang Terkaya Di Dunia

Meskipun baru diluncurkan program jaminan pensiun BPJS ketenagakerjaan ini telah mendapati hasil yang positif. Hal ini terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai 2,1 juta pekerja dalam waktu hanya beberapa bulan saja.

Melalui progam Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, seorang pegawai swasta dapat merasakan kenikmatan masa tua layaknya seorang pegawai PNS. BPJS pun sudah berkerja sama dengan beberapa pihak bank, sehingga anda tidak perlu lagi datang ke tempat BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pencairan dana. Anda langsung dapat melakukan pencairan dana melalui bank yang telah ditunjuk.

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan BPJS Ketenagakerjaan. Manfaat – manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan memang ditujukan demi kenyamanan anda di masa tua. Anda tidak perlu lagi bekerja dimasa tua karena BPJS Ketenagakerjaan akan mensuport dan mensuplay keuangan anda setiap bulannya.Daftarkan diri anda segera untuk mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Tentang penulis

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.

Tulis komentar

3 Komentar