Bisnis Online

Tips Memilih Server Pulsa Agar Transaksi Jualan Pulsa Anda Lancar Jaya

Bukan hanya soal harga pulsa murah, kecepatan transaksi dan pelayanan CS Server Pulsa lebih penting untuk diperhatikan. Sebenarnya harga adalah nomor sekian, namun bukan berarti juga tidak diperhatikan.

Setiap server pulsa umumnya memiliki harga pulsa yang bervariasi, tergantung strategi penetapan harga yang mereka lakukan. Adakalanya nominal tertentu lebih murah, namun ada juga yang mahal. Namun jangan sampai memilih server pulsa yang hampir seluruh produknya lebih mahal dibanding server lain.

Server pulsa yang dianggap wajar untuk dipilih adalah yang memiliki harga produk tidak jauh berbeda dengan server pulsa lain, serta memiliki alamat jelas, pricelist lengkap – rapi dan website yang tidak amatir. Namun ada juga server pulsa terpercaya yang tidak memiliki website, biasanya mereka fokus memaksimalkan pasar lokal.

Ketika anda berjualan pulsa, maka hal pertama yang dirasakan konsumen adalah kecepatan dan pelayanan. Artinya, konsumen tidak peduli dari mana anda mengambil supplier apakah lebih murah atau mahal, yang jelas harga jual ke konsumen relatif sama di semua konter, serta yang terpenting pulsa masuk dengan cepat.

tips memilih server pulsa
Beberapa tips singkat memilih server pulsa dari saya di antaranya:

1. Utamakan kecepatan transaksi dan pelayanan komplain CS sebagai tolok ukur memilih server pulsa, di samping harga.

2. Meskipun harga murah lebih menguntungkan anda terutama yang memiliki downline pulsa, namun sangat dianjurkan dijadikan prioritas kedua karena kecepatan transaksi dan pelayanan CS server pulsa sangat penting. Ini guna menghindari pulsa tidak masuk ke pembeli dan tidak ada kejelasan.

Saya sendiri pernah mendapati server pulsa yang bahkan tidak pernah membalas komplain saya. Satu lagi yang perlu diingat adalah, tidak ada satupun server pulsa yang bisa lepas dari masalah “gangguan produk” bahkan dealer saja gangguan. Jadi masalah gangguan produk biasanya murni dari provider.

Namun anda patut curiga bila gangguan terlalu sering, karena bisa jadi server pulsa kehabisan stok namun secara tidak jujur mengatakan “produk sedang gangguan”. Untuk mengetahui apakah produk benar-benar sedang gangguan, anda bisa bergabung dengan grup Komunitas Pengusaha Konter Pulsa di Facebook dan saling bertanya disana.

3. Cari server pulsa yang tidak hanya memiliki produk lengkap melainkan juga produknya “matching” dengan potensi pembeli di daerah anda. Contohnya, sebagian besar konsumen di daerah anda sering membeli paket internet, maka pilihlah server pulsa yang menawarkan paket internet yang cukup lengkap.

4. Prioritaskan untuk mencari server pulsa lokal (satu kota dengan anda) terlebih dahulu agar lebih mudah bila sewaktu-waktu anda ingin menelusuri alamat outletnya serta katanya transaksinya sedikit lebih cepat. Namun bila tidak ada yang berkualitas, sangat disarankan bermitra dengan server pulsa luar kota yang sudah berpengalaman.

Itulah 4 point dasar yang bisa anda jadikan referensi bila hendak berjualan pulsa dengan mendaftar dan membeli saldo di server pulsa.

Perlu diperhatikan bahwa bila anda ingin menjadikan usaha pulsa sebagai penghasilan utama maka anda harus membuat “deal” dengan diri sendiri untuk fokus mengembangkan usaha. Usaha pulsa meskipun mudah, tetap saja sama seperti mengelola usaha lain yang butuh kerja keras untuk sukses.

Disarankan untuk berjualan pulsa di lokasi yang ramai terutama pinggir jalan. Sebagai gambaran saja, bila anda berjualan pulsa di dalam (di gang atau bukan pinggir jalan), maka setidaknya anda hanya bisa mencapai transaksi antara 15 – 30 kali pengisian pulsa.

Namun bukan berarti anda hanya bisa mendapatkan Rp 22.500 – Rp 45.000 per hari, karena penjualan paket internet dan kartu perdana biasanya untungnya besar, belum lagi bila anda menjual aksesoris. Setiap daerah mungkin memiliki potensi yang berbeda. Di daerah saya sendiri karena banyaknya konter pulsa yang berdekatan sehingga cukup sulit mendapat banyak pelanggan.

Intinya, jangan mudah “down” ketika jualan pulsa sepi. Semua butuh proses. Beda halnya bila anda jadikan sebagai penghasilan sampingan. Bagi pemula, disarankan agar usaha pulsa dijadikan sebagai penghasilan sampingan. Bukalah konter pulsa di rumah (depan rumah), pajang etalase berisi beberapa kartu perdana. Konter bisa dijaga oleh istri atau sanak saudara anda di rumah, sementara anda masih bisa tetap bekerja.

Seiring berjalannya waktu, anda akan mulai paham pola berbisnis pulsa sehingga tahu bagaimana cara mengembangkannya. Di daerah saya ada pemilik konter pulsa yang sukses membuka 3 cabang, karena jualannya ramai bahkan ia memiliki 1 konter pulsa yang cukup besar dan dilengkapi banyak aksesoris seperti kartu memory, casing, charger hp, handsfree, dsb.

Bila anda sabar dan tekun, potensi berjualan pulsa sebetulnya sangat baik. Sebab ketika kita mendaftar di server pulsa seperti di TIMI PULSA (cek www.timipulsa.com), kita tidak hanya bisa berjualan pulsa elektrik melainkan juga token listrik, paket internet, paket sms, voucher game (elektrik) serta bayar tagihan bulanan, sangat lengkap.

Bagi anda yang merasa masih pemula dan ingin bertanya-tanya soal cara berjualan pulsa dan meminta saran dari saya, silahkan kontak saya melalui Facebook : fb.com/fajarurangsunda.

Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk mengajukan pertanyaan.

Tentang penulis

Agan Fajar

Menulis itu kadang menyenangkan..!

Tulis komentar

4 Komentar

  • Satu lagi mas, kalau boleh menambahkan, usahakan untuk mengetahui software apa yang digunakan, apakah original atau bajakan. Software bajakan, salah satu indikatornya adalah sering gangguan, gagal transaksi dan bahkan salah sasaran. Hal ini karena software bajakan tidak bisa update software seperti software original. Pada intinya, kewaspadaan dalam melakukan bisnis online. Mksh

  • Setuju banget tu mas, layanan CS juga ga kalah pentingnya
    Saya dulu pernah jualan pulsa & lumayan murah harganya tapi pelayanan CSnya parah bener 🙁
    komplain via sms harus diulang tiap hari itupun ga ada balasan jadi ga tau mereka udah terima komplain kita atau belum

    Akhirnya daripada susah, saya berhenti aja ambil pulsa dari penjual tersebut