Bisnis Online

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses untuk Pemula, Ingat 7 Hal Ini

Jika Anda sudah tidak asing dengan dunia IM atau Internet Marketing maka cara menjadi dropshipper sebenarnya tidaklah sesulit yang di bayangkan. Bahkan untuk menjadi dropshipper, Anda pun tidak dituntut untuk memiliki invetasi modal yang besar. Karena segmen bisnis baru seperti dropshipper ini dapat dijalankan oleh pelakunya nyaris tanpa menggunakan modal.

Tentu saja bukan tanpa modal sama sekali, hanya saja beragam hal yang dibutuhkan untuk menjalankan segmen bisnis online ini dapat memanfaatkan beragam fasilitas yang sudah ada. Sebelum kita fokus lebih jauh pada pembahasan bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses, maka ketahui terlebih dahulu apa itu dropshipper.

Cara Menjadi Dropshipper Produk

Dewasa ini masih tidak sedikit kalangan yang terkadang keliru dalam membedakan antara Dropshipper dengan Reseller. Keduanya kerap disamakan, namun pada kenyataannya dua segmen tersebut sangatlah berbeda. Mudahnya, sebuah dropshipper tidak harus memiliki stok produk yang dibeli oleh modal milik sendiri untuk dijual kembali.

Sedangkan reseller adalah sebuah agen yang menjual produk fisik dengan cara membeli terlebih dahulu produk yang akan dijual sebagai stok, kemudian dijual pada end-user. Dengan kata lain, dropship ini adalah pihak yang juga dapat menjual produk dari reseller tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Lalu, bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses? Simak terus ulasan dibawah ini.

Tentukan Produk yang Akan Dijual

Langkah pertama yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan adalah produk yang akan dijual. Produk tersebut dapat berupa produk fisik atau produk jasa. Untuk hal ini, sebaiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu agar produk yang Anda pasarkan pada nantinya tidak sulit dijual. Karena semakin banyak produk yang Anda jual pada nantinya, maka semakin besar juga keuntungan yang akan Anda peroleh.

Tentukan Penyedia Produk yang Terpercaya

Selain aspek pertama tadi, penyedia produk yang menyediakan sistem dropship ini juga sangat mempengaruhi. Kecepatan, ketepatan, dan kualitas produk yang akan Anda jual pada nantinya akan bergantung pada penyedia produk atau supplier ini. Untuk itulah Anda juga harus sangat selektif dalam memilih supplier produk, karena kepuasan konsumen Anda pada nantinya akan bergantung pada aspek ini juga. Pilihlah supplier terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Promosi dan Penjualan

Setelah dua hal tadi Anda tentukan dengan mantap, maka sudah tentu langkah selanjutnya mengambil aksi. Jika ingin produk yang dijual mudah dikenal dan diketahui oleh pangsa pasar, maka sudah tentu langkah promosi pun harus Anda tempuh. Tidak perlu melakukan hal yang sulit, karena promosi produk pada saat ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan beragam situs jejaring sosial, fitur messenger, atau akan lebih baik membuat sebuah toko online.

Fokus Pada Satu Produk

Ya, langkah ini biasanya kerap diabaikan oleh banyak kalangan. Karena merasa bisnis dropship ini merupakan bisnsi tanpa modal, maka tak sedikit yang di awal langsung memasarkan berbagai macam jenis produk tanpa fokus pada masing-masing produk. Dibandingkan demikian, maka akan lebih baik jika Anda dapat fokus terlebih dahulu pada sebuah produk hingga memiliki tingkat penjualan yang tinggi. Setelah itu, barulah Anda dapat mengembangkan produk lainnya.

Layanan Terbaik Bagi Konsumen

Langkah ini juga harus Anda perhatikan dengan baik saat memulai bisnis online dropship. Pelayanan konsumen yang cepat dan ramah diyakini menjadi salah satu kunci sukses dari semua bisnis, termasuk bisnis online dropshipper ini. Selain promosi dan pemasaran, strategi bisnis untuk memenangkan persaingan usaha seperti layanan konsumen ini pun harus dijalankan. Sehingga setiap konsumen Anda dapat merasakan kepuasan dengan pelayanan yang diberikan.

Manfaatkan Fasilitas yang Ada

Tentunya tidak perlu perlengkapan khusus saat Anda menjalankan bisnis online yang satu ini. Jika ada perlengkapan seperti PC/komputer atau laptop, maka dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menjalankan bisnis dropshipper yang Anda kelola. Kalaupun tidak memiliki fasilitas tersebut, Anda dapat menggunakan smartphone sebagai media untuk berjualan. Tentu saja dengan ketersediaan koneksi internet yang stabil.

Niat yang Kuat

Dari segala aspek, hal ini mungkin yang paling kerap diabaikan. Memulai sebuah bisnis dari nol tentu saja bukan langkah yang mudah, tidak terkecuali pada bisnis online seperti dropshipper ini. Kuatkan niat Anda untuk mencapai kesuksesan, dan janganlah mudah menyerah. Di era dengan persaingan yang ketat seperti sekarang ini, tentu saja akan selalu terdapat banyak kompetitor yang akan menjadi ujian tersendiri bagi bisnis Anda.

Itulah beberapa cara menjadi dropshipper yang dapat Anda coba dan kembangkan sendiri. Bisnis online ini tergolong mudah dan dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa terkecuali. Jadi, tunggu apa lagi? Semoga informasi internet marketing terbaru di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semua. Salam sukses selalu.

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

2 Komentar