Tips Youtube

Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Diputar di PC maupun di HP

mengatasi Penyebab Video Youtube Tidak Bisa Diputar di PC maupun di HPApakah anda tau apa penyebab video youtube tidak bisa diputar di pc maupun di hp android. Pasti sangat kesal bukan setelah kita upload video apalagi dengan file yang besar. Dan untuk upload video tersebut membutuhkan waktu yang lama dan bayaran dari youtube pun berkurang, yang pada akhirnya tidak bisa diputar. Merasa kesal pun tidak dialami oleh uploader tersebut namun juga dialami oleh konsumen video tersebut. Yang mana konsumen tersebut sudah mencari – cari dan memakan waktu, akhirnya ketemu suatu video tapi video tersebut tidak bisa diputar pada pc maupun hp android mereka.  Berikut dua pertanyaan yang sering ditanyakan pemain youtube dan konsumen youtube.

Kenapa Video Youtube Tidak Bisa Diputar di PC atau Komputer ?

Kenapa Video Youtube Tidak Bisa Diputar di HP Android ?

Dari pertanyaan dua diatas yang pada intinya penyebab video youtube tidak bisa diputar di pc maupun di hp android. Agar pembahasan lebih detail saya bagi menjadi dua :

Penyebab  Kenapa Video Youtube Tidak Bisa Diputar di PC atau Komputer

Berikut ini penyebab video youtube tidak bisa diputar di PC :

Browser PC Versi Lama atau Sudah Usang

Browser  masih versi lama atau sudah usang bisa jadi penyebab video youtube tidak bisa diputar. Karena dimungkin ada beberapa fitur atau dalam bahasa pemrograman kode yang sudah tidak support lagi dengan versi youtube terbaru. Solusi untuk masalah ini anda bisa mendownload browser versi terbaru.

Plugin FlashPlayer atau Plugin Pemutar Video / Flash Tidak Terinstall

Plugin Flash Player atau Plugin Pemutar Video ini penyebab paling banyak video youtube tidak bisa diputar. Entah waktu memasang browser secara offline dan tidak langsung otomatis install plugin tersebut maupun plugin tidak pernah diupdate.  Hal inilah penyebab kenapa video youtube tidak bisa diputar di PC. Maka jika ketika menonton video di youtube dan tidak bisa diputar coba update flash player atau plugin pemutar videonya.

Koneksi Lambat

Video yang tidak bisa diputar dengan benar dimungkinkan terjadi karena koneksi internet lambat atau tidak stabil. Anda bisa mengecek koneksi internet dengan ping ke alamat sebuah website. Atau paling mudah coba di restart modem yang anda gunakan.

Video Diblokir

Pemblokiran video youtube bisa terjadi dibeberapa negara. Contoh di Indonesia, tidak semua video diyoutube bisa dintonton di Indonesia. Jika anda pemain youtube pasti anda paham betul akan hal ini. Cara agar bisa tetap menonton anda dapat mengganti IP anda dengan IP Negara lain.

Video Dalam Masih Dalam Proses

Biasanya ini terjadi pada pemula atau uploader video youtube yang baru saja belajar. Padahal proses upload video tersebut masih diproses oleh youtube tapi mereka tidak sabar untuk melihat hasilnya. Ya, yang mereka dapatkan hanyalah tampilan hitam yang menandakan video tidak bisa diputar.

Penyebab Kenapa Video Youtube Tidak Bisa Diputar di HP Android

Berikut ini penyebab video youtube tidak bisa diputar di HP Android

Browser Sudah Usang dan Plugin FlashPlayer Tidak Terinstall

Pada saat anda membuka video di HP tidak melalui aplikasi youtube tapi menggunakan browser. Lalu anda tidak bisa memutar video di youtube. Itu bisa terjadi karena browser sudah usang dan plugin flashPlayer tidak terinstall.

Koneksi Lambat, Video diblokir dan Video dalam masih dalam proses

Dari pembahasan sebelumnya penyebab video youtube tidak bisa diputar pada PC. Hal ini juga berpengaruh pada video yang tidak bisa diputar pada HP android.

Acknowledged third party content

Inilah yang banyak dirasakan oleh pemain youtube, ketika upload video sudah selesai namun ketika dicoba diputar lewat HP android. Video tersebut tidak bisa diputar, padahal ketika memutar video yang lain bisa. Hal ini yang dapat memperbaiki masalah adalah si uploader video yang berkaitan. Sedangkan untuk konsumen tidak bisa melakukan apapun kecuali melapor pada pemilik video. Berikut cara menyelesaikan permasalah video youtube yang tidak bisa diputar di HP android.

  1. Login ke akun youtube anda
  2. Pilih menu Pengelola Video
  3. Pilih menu Video
  4. Lalu cari video yang tidak bisa diputar tersebut, biasanya jika video tidak bisa diputar di hp ada tulisan Acknowledged third party content klik tulisan tersebut.
  5. Kemudian akan muncul halaman penjelasan tentang pelanggaran hak paten yang mungkin terjadi. Pada halaman ini klik tombol Dispute
  6. Lalu pilih tulisan My use of the content meets legal requirements for fair use or fair dealing under applicable copyrights laws dan klik tombol Continue
  7. Centang kolom persetujuan
  8. Halaman selanjutnya masukkan alasan anda. Contoh This video uses copyrighted material in a manner that does not require approval of the copyright holder. It is a fair use under copyright law.
  9. Terakhir Klik tombol Submit dispute dan OKE, ketika muncul pop up tentang Submit Disput.
  10. Sekarang coba ulangi kembali menonton video tersebut untuk melihat berhasil atau tidak.

Dari uraian penjelasan diatas banyak penyebab kenapa video youtube tidak bisa diputar di pc maupun di HP android. Yang paling banyak terjadi karena video tidak bisa diputar adalah tidak terinstal flasplayer ketika menonton video di PC. Dan permasalahn kedua adalah bagi uploader video yang tidak bisa diputar di HP android padahal ketika lihat video lain bisa. Semoga urian diatas dapat menyelesaikan masalah ini dan menghilangkan kegalauan para uploader. Semoga bermanfaat.

Tentang penulis

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar

4 Komentar