7 Tool dan Sumber Penting bagi Mitra Youtube

Bagi Anda yang saat ini menjadi mitra Youtube, tentunya Anda akan selalu berusaha memaksimalkan pendapatan dengan menghadirkan video yang berkualitas.

Tidak cukup dengan itu, Anda juga butuh tool dan sumber informasi penting, tempat pembelajaran dan analisa untuk meningkatkan audiens. Dengan cara itu Anda selangkah lebih dekat mencapai kesuksesan sebagai mitra Youtube. Siapkan diri Anda mendapatkan hasil semaksimal mungkin.

Dan berikut adalah tools dan sumber-sumber penting yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk meningkatkan pendapatan dari Youtube.

1. Content ID

Bagi Anda yang serius menjadikan Youtube sebagai sumber penghasilan, adalah penting untuk menjaga perolehan hasil dari Youtube dengan mencegah orang lain mencuri konten Anda. Nah, Content ID adalah sistem yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk mengidentifikasi video Anda. Jika sistem ini menemukan video Anda dicuri orang lain, maka hasil komersial dari video tersebut akan dikembalikan kepada Anda. Jadi jika saat ini Anda belum menggunakan fasilitas ini, segera memanfaatkannya adalah sebuah langkah penting dalam karir Anda sebagai mitra Youtube.

BACA JUGA:  9 Tips Mencari Video Youtube Cepat dan Tepat dengan Mudah

2. Youtube Trends

Selalu mengikuti trend adalah hal yang penting untuk secara konstan mendapatkan hasil yang maksimal dari Youtube. Youtube trends dapat menjadi tempat yang sangat bagus untuk hal tersebut. Selain itu, di sini Anda dapat menemukan ide-ide bagi video Anda, yang akan menjadi mesin penghasil uang bagi Anda berikutnya.

3. Youtube Playbook

Sebuah sumber yang sangat berharga yang disediakan oleh Youtube untuk membantu Anda mengembangkan audiens. Berisi tips, strategi dan praktek terbaik yang dianjurkan oleh para tim ahli Youtube. Sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkannya dengan baik.

4. Youtube Keyword Tool

Jika untuk menjalankan Google Adsense ada Keyword Planner, bagi Anda yang mengelola Youtube juga memiliki tool yang serupa. Melalui alat ini, Anda dapat mencari apa yang sedang banyak dicari oleh para pengguna Youtube. Anda harus menggunakannya!

Update:
Sejak September 2014, tidak tersedia lagi. Google memindahkannya keΒ Display Planner’s AdWords video keyword suggestions. Anda bisa menggunakan alternatif lainnya, salah satunya adalah Keyword Youtube Tool.

5. Official Youtube Blog

Ini adalah blog resmi Youtube. Di dalamnya Anda bisa mengikuti berita, perkembangan dan beragam informasi penting seputar Youtube. Apa yang terjadi di Youtube dapat Anda temukan di sini. Sebuah sumber berharga mencapai sukses bersama Youtube.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pelanggan Youtube dengan Tombol Subscribe di Blog Anda

6. VidStatsX

Menampilkan data sangat lengkap dari video Youtube. Selain video dan channel teratas, Anda dapat mencari banyak data rinci lainnya. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi langsung. Yang pasti ini adalah salah satu sumber yang sangat hebat mengenai statistik Youtube.

7. YtTalk

Komunitas pengguna Youtube terbesar yang saya tahu. Anggota komunitas ini benar-benar aktif. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar Youtube ada banyak master yang akan menjawab pertanyaan Anda. Jadi tidak ada alasan untuk tidak segera bergabung dengan komunitas Youtube terbesar ini. Akan akan mendapatkan banyak inspirasi, informasi berharga dari sini.

Itulah, 7 sumber dan tool penting bagi Anda yang serius ingin menjadikan Youtube sebagai salah satu sumber penghasilan. Anda boleh menambahkan jika mengetahui sumber penting lainnya.

BACA JUGA:  Tips Membuat Video Youtube yang Ditautkan dan Disematkan Pemirsa Secara Sukarela

Bagaimana? Siap menjadi Youtuber sukses? Semoga bermanfaat.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

90 Komentar

  • Salam pagi Bang,

    Saya mau tanya nih bang, saya masih awam tentang monetisasi di google adsense. yang saya tanyakan adalah ;

    jika saya share video saya ke group/google plus itu boleh gak ya bang? terus ada pelanggarannya gak ya bang ?

    makasih

  • To admin.
    Numpang tanya.
    Saya sudah memiliki GA dan pernah dapat penghasilan yg cair selama 3bulan.
    Tapi sayang channel youtube nya terbanned.
    Masih dalam proses banding.
    Namun saya membuat channel akun youtube yang baru.
    Tapi kendalanya setiap kali di monetasi selalu saja di banned.
    Saya sudah bersihkan sampah di browser yg saya gunakan.
    Padahal baru 1 video yg saya upload itu juga ga terkena copyright.
    Kira2 apa ya penyebab nya?
    Saya sudah coba dengan berbagai cara mulai dari satu hari upload 1 video pun juga terbanned kalau sudah di monetasi.
    Apa harus nunggu sekian hari baru di monetasi?
    Saya ada akun yg belum di monetasi tetap aman belum di banned.
    Bahkan sehari sampai 3 / 5 video

  • Sebelumnya, sukses selalu buat mas Gee.
    Saya ada pertanyaan tentang Content ID
    Apakah video hasil reupload(video milik orang lain) yang belum pernah didaftarkan Content ID oleh pemiliknya, bisa kita daftarkan Content ID di channel kita?
    Soalnya saya ada rencana mau serius upload video ori namun belum faham tentang content id, takutnya suatu saat ada yang reupload video saya dan mendaftarkan content id di channelnya.

  • Maaf, numpang nanya ni. Saya sudah punya Akun Youtube dan sudah ditautkan dengan Google Adsense. Ketika saya upload video ke Youtube, saya juga telah mengaktifkan monetisasi. Dalam waktu 6 hari video Saya berhasil mencapai 17 ribu tayangan, namun sangat disayangkan, pendapatan saya tetap $0. Apa yang salah ya? Terima kasih

  • Bagaimana dengan channel gado-gado bung gee, apakah prospeknya cerah? Btw posting yang greget dan very helpfull.

  • saya mau tanya nih pak. saya mengalami kesulitan. saya sudah upload beberapa video + monetisasi juga. tapi hasil kok masih 0 juga ya. bapak bisa pandu saya ? agar youtube channel saya bekerja maksimal.

    Terima kasih.

  • Salam kangmas.
    Maaf menggangu.
    Mohon di pandu cara mengisi form pengajuan content ID youtube channell kita donk.
    Kyk yg biasa kangmas buat. Panduan beserta gambar.
    Saya sudah keliling blog bahkan lgsg ke youtube support google, tp malah pusing.
    Smuanya gadak ngajari cara membuat mengajukan content ID secara lengkap.
    Krn saya mau mengajukan. Mhon kangmas buat artikel mengenai itu. Uda setahun lebih saya keliling gk ketemu. Suwun kang. Dtunggu artikelnya ya

  • Saya mulai tertarik dengan buat chanel untuk adsend you tube, walaupun sebenarnya tidak mudah. Manatau ke depannya bisa menjadi ladang uang, apalagi kalo di negeri ini nantinya internet makin cepat alias tidak lelet. Pasti prospek kedepan akan lebih bagus.
    terima kasih sudah berbagi cara nya.

  • maaf pak,, saya mau tanya nih..
    mitra youtube saya sudah terverifikasi,, dan saya sudah melakukan monetasi tapi belum ada hasil dikarenakan saya belum menautkan akun adsense(belum buat).
    nah disaat saya mau bikin akun adsense dari youtube apakah nama/data pribadi harus sama persis dengan akun google (akun google saya agak ngarang soalnya,namanya pun tidak bisa diganti ) mohon pencerahannya pak..
    terimakasih.

  • mau tanya nih mas, tapi pertanyaannya menyimpang dengan category
    caranya gimana ya mas kalau bikin vidio tanpa upload, dengan vidio yang di sediakan oleh youtube, apakah itu bisa di monetize, jka bisa apakah melanggar google
    tolong jelasin donk mas?

  • @hadi.
    ya memang bgitu cara kerjanya, ketika kita mengetikkan kata 'taling' misalnya, maka akan muncul variasi kata sesungguh yg dicari oleh orang-orang berhubungan dg kata tersebut. Dari saran yg diberikan, pilih yg paling sesuai. dari situ kemudian kita dapat memilih kw yg paling cocok digunakan.

  • @nimda.
    ya sy tahu di yourepeat.com… maksudnya apakah video tersebut di re-upload ke yourepeat, atau di upload di youtube jg tp menggunakan saluran mereka? atau hanya meng-embed (menyematkannya) video mas Nimda di situs yourepeat?

    klo cuma diembed, y tidak masalah… klo di re-upload, bisa melakukan klaim ke youtube, untuk dihapus.

  • Itu maslhx gan.. Bukan di youTube.com tapi di yourepeat.com
    Apkh yourepeat.com ini semacam mitra yt atau apa gan..?
    Kok bxk video sy disana jg? Dan video2 lain jg ada

  • @nimda.
    lihat dulu apakah videonya diupload orang di saluran mereka sendiri? atau hanya berbagi melalui situs tersebut? jika mereka re-upload video Anda di youtube, tentu saja Anda bisa mengklaim.. dan video tsb akan dihapus oleh youtube.

  • @nimda.
    ya mereka berarti mengambil video Anda secara otomatis, mungkin melalui rss feed. tapi klo iklan jg muncul disana, maka gpp, itung2 promosi gratis.

  • Terima kasih atas artikel2 di blog ini yg sngat membantu utk sy jadikan
    Panduan ber youtube ria hehe..

    Mohon pnjelasannya mas.. Kenapa setiap sy upload video di youtube video sy jg
    Selalu muncul di yourepeat.com..gimana itu mas..? Apkh video sy di copy oleh yourepeat(dot)com?
    Mohon pnjelasannya.. Trims

  • @aris.
    sepertinya tidak bisa. untuk mengajukan ID content, ada syarat tertentu yg cukup ketat. selama tidak melanggar hak cipta, tidak akan pengaruh apapun terhadap akun GA.

  • ass bang, kalau misalnya kita copy YT orang lain, terus kita edit lalu diupload, apa tidak boleh mengajukan ID bang? kalau mengajukan ID terus efeknya gimana dengan akun YT dan GA kita?

  • @anang.
    terima kasih mas Anang, saya lupa untuk memperbaikinya. Betul sejak September 2014, youtube keyword tool tidak tersedia lagi. Anda bisa menggunakan tool lainnya yg banyak tersedia. Silakan lihat lagi update poin ke 4 di atas, saya sudah menambahkan update-nya.

  • mas, yang nomer "4. Youtube Keyword Tool" link nya gak bisa dibuka. jadi harus pake Keyword Tool apa mas?

  • @bang.
    sama2, semoga bermanfaat.

    @mochamad.
    sip, memang langsung praktek adalah pilihan terbaik. πŸ™‚

    @massage.
    sama2 mas, semoga berguna.

    @anonim.
    entah kalau masalahnya begitu. saya sendiri merasa tdk masalah pada waktu mendaftatkan content ID.

    @sk.
    sama2. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

    @newbie.
    gak apa2 mas… malah bagus, jadi gak perlu repot2 ngurus 2 akun adsense. πŸ™‚

  • Hallos bang Gee Jhon! Apa kabar?
    Saya anonim yang bertanya masalah content id diatas.
    Mau bertanya lagi nih bang dengan permasalahan yang sama. Kok sampai sekarang content id ane belum diverisfikasi ya sama pihak google? kurang lebih ini sudah lebih dari 5 bulan yang lalu sejak daftar ga ada jawaban via email? kenapa ya bang kira-kira?
    FYI, untuk mendaftar kemarin, ane menggunakan bahasa indonesia, apa kah itu berpengaruh? dan juga tidak sengaja dua kali daftar dengan email dan alasan ya sama.

  • @anonim.
    ya memang sedikit repot tuk mendapatkan content ID, karena dibutuhkan data2 yang cukup lengkap.

    menurut saya, tidak perlu menunggu acc content ID tuk upload video baru. Lagipula sebenarnya jika konten kita di re-upload oleh org lain, kita bisa mengajukan komplain kok ke google, jadi content ID bukanlah hal wajib dan satu2nya cara mencegah pembajakan….

  • Cukup lama juga ya satu bulan'an lebih, tapi itu rata-rata atau memang tergantung banyaknya juga akun yang daftar mas? mungkin minta pertimbangannya nih! ini aku baru daftar juga mungkin udah jalan 3minggu, dan sampai sekarang masih belum dapat konfirmasi untuk hak cipta ContentID.
    Nah, kira-kira aja, enaknya nunggu ContentID di acc dulu, baru diupload semua videonya, atau di upload semuanya aja, sembari menunggu contentID di acc? tau sendiri kan pembajakan, ganas dan sadisnya di Indonesia seperti apa?hehe…

    Matur suwun very much atas jawaban dan perhatiannya!!!

  • Hallo mas gan Gee Jhon salam kenal..
    Saya pengguna baru youtube, dan utk materi semuanya original kepunyaan saya. terus saya daftar Content ID, tapi udah satu minggu lebih belum dapat tanggapan, berapa lama kira-kira kita bisa terdaftar atau memiliki hak Content ID tsb? Matur suwun very much atas jawabannya.

  • @rifki.
    kalau saya lebih memilih semuanya, biarkan youtube yg menentukan iklan mana yg terbaik yg akan tampil. Adapun yg utk non-skip adalah yg no. 3, tapi itu adalah penargetan penempatan (placement) dari pengiklan.

  • Frenn….mohon petunjuknya
    pada pilihan Monetize my videos di youtube ada tiga pilihan
    1.Overlay in-video ads preview
    2.True view in-stream ads previes
    3.Videos contain a product placement
    kalau saya mau mengaktifkan yang Non-skippable in-stream ads mesti pilih yang mana atau nyari settingannya dimana ???
    terima kasih sebelumnya…..

  • trimakasih banyak atas kesediaannya share yang sangat bermanfaat nih. kebetulan ane lagi seneng membuat video tutorial

  • @linda.
    hehe… nah sekarang sudah tahu, jadi langsung dibuat ID content-nya biar lebih aman dan terjamin hak ciptanya.

    video tutorial? Wah, itu sangat bagus dong. (Y)

  • Wah baru tau sy yg No,1 gan
    kalo bikin video tutorial kira2 bagus ga yah gan, soalnya males kalo upload video2 dari acara tv walau cepet banget dapet ribuan view cuma kayanya rawan & bukan karya sendiri

  • @nasrullah.
    kata siapa ga boleh nonton video sendiri? Yang ga boleh itu mengklik iklan sendiri, πŸ™‚ Jadi tak ada masalah tuk nonton video miliki sendiri, atau mengeditnya.

    • Mas mau nanya nih,bagaimana cara mengunakan keywod yutube tool?
      Sya pernah mengunakanya tpi nga paham,sya ketik d kolom keywod, "keajaiban di langit" trs loding yang ke luar ko "keajaiban di langit gaza" dan sederet tulisan k bawah.
      pertanyaan saya: apakah sya harus memilih kata "keajaiban di langit gaza" ? Atau bagaimana mas? Maf mas banyak tanya maklum awam