6 Alasan Bagus untuk Tidak Berhenti Ngeblog

Pernahkah Kamu merasa ingin berhenti saja dari ngeblog? Saya pernah!

Mungkin Kamu mengalami hari-hari, atau minggu-minggu yang ‘buruk’, dimana Kamu telah menghabiskan berjam-jam menulis konten, tapi tidak ada satupun yang mengomentari artikel Kamu.

Atau mungkin Kamu dilanda kesibukan sangat, sehingga kesulitan meluangkan waktu untuk blogging, walaupun masih ada semangat untuk tetap ngeblog.

Atau mungkin juga teman, dan keluarga terdekat Kamu tidak mengerti tentang blogging dan menganggapnya hanya sebuah kegiatan yang menghabiskan waktu percuma, dan di lain pihak Kamu sendiri mulai ragu apa sebenarnya manfaat dari blogging.

Ya, memang. Semua blogger pasti mengalami satu titik dimana ada rasa frustasi melanda. Ketika seorang blogger frustasi, lalu berpikir untuk berhenti, apa yang mesti dilakukan?

Saya mengajak Kamu untuk tetap semangat ngeblog dan tidak berhenti di jalan, setelah banyak tenaga dan waktu dikorbankan.

Saya pun mengalami saat-saat seperti itu, tapi saya menolak untuk menyerah, dan saya memiliki alasan yang bagus, mengapa saya harus terus ngeblog.

Jika Kamu saat ini mengalami hal serupa, inilah 6 alasan bagus mengapa Kamu tidak boleh berhenti dari blogging:

1. Kamu sedang mempelajari hal-hal baru

Ada banyak sekali hal yang dapat dipelajari sebagai seorang blogger, dan nyatanya proses belajar itu tidak pernah berhenti.

Pada awalnya mungkin Kamu mulai belajar membuat blog dan memilih platform yang cocok (mungkin wordpress atau blogger). Kamu belajar bagaimana merubah nama blog, menambahkan widget. Belajar desain tampilan blog sesuai keinginan.

Seiring waktu, tidak terasa semakin banyak yang Kamu pelajari dapatkan dari kegiatan blogging. Kamu belajar bagaimana menghasilkan tulisan yang bagus. Kamu belajar membangun hubungan yang baik, dan lain sebagainya.

Yakin. Semua keterampilan tersebut adalah hal yang bernilai, dan itu sudah cukup menjadi alasan untuk tidak berhenti dari blogging.

2. Kamu sedang membantu orang-orang

Taruh kata, blog Kamu hanya dibaca oleh 10 orang, padahal menginginkan dibaca 10.000 orang, dan ini membuat Kamu frustasi dan ingin berhenti. Itu bukan alasan untuk berhenti. Ingat, meskipun tulisan Kamu hanya dibaca oleh 10 orang, Kamu telah memberi kontribusi bermanfaat untuk kesepuluh orang tersebut! Dan jika Kamu mau memikirkannya dengan ‘jernih’, sungguh ini adalah satu hal sangat menyenangkan.

Mungkin artikel lucu Kamu membuat membuat mereka tersenyum bahagia.

Mungkin artikel tutorial Kamu membuat mereka dapat menyelesaikan masalah hanya dalam waktu 15 menit saja yang sebelumnya butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya.

Mungkin artikel Kamu yang menginspirasi, banyak sekali membawa perubahan sikap pada mereka di saat mereka mengalami kesempitan dalam hidup.

Artinya apa? Kamu sedang membantu orang-orang! Apakah ini tidak cukup alasan untuk tetap berbagi pengetahuan lewat blogging?

Jangan underestimate terhadap blog Kamu sendiri. Ada banyak pembaca yang tidak biasa memberi komentar atau mengirimkan pesan kepada Kamu, tapi sebenarnya mereka tetap sangat berterima kasih atas manfaat tulisan-tulisan Kamu.

3. Kamu sedang menambah teman baru

Blog adalah salah satu jenis media sosial, dan media sosial (seperti tergambar dari namanya) adalah semata tentang sosial, tentang bergaul dan bersosialiasi. Melalui blogging Kamu tengah membangun sebuah hubungan pertemanan dengan orang-orang baru yang tertarik pada bidang yang sama.

Blog Kamu dibaca orang di seluruh dunia, Kamu pun mungkin dapat bertemu teman baru yang tinggal sekota. Nama Kamu mulai dikenal dan dijadikan rujukan tempat bertanya.

Hubungan dan pertemanan ini adalah sebuah hal yang bernilai, dan tentu saja alasan yang sangat bagus untuk tidak berhenti blogging.

alasan tidak berhenti ngeblog4. Kamu sedang membangun sesuatu yang unik

Berapa banyak hal yang Kamu lakukan benar-benar memberi kontribusi nyata untuk orang-orang di sekeliling Kamu?

Ketika Kamu menulis sebuah posting, maka Kamu sedang membuat sesuatu yang benar-benar unik. Tulisan Kamu adalah unik, berbeda, karena Kamu yang menyusun kalimat-kalimatnya. Tidak ada duanya di dunia. Dengan demikian Kamu sendang membuat sesuatu yang benar-benar baru untuk dunia!

Dan, tak peduli berapapun jumlah pembacanya, itu adalah hal yang hebat dan luar biasa.

5. Kamu sedang melakukan sesuatu yang menyenangkan

Blogging itu menyenangkan. Kamu menulis tentang sesuatu yang Kamu sukai. Kamu mengumpulkan ide-ide kemudian disajikan untuk orang lain. Kamu mendapatkan masukan dan apresiasi dari para pembaca (jika saat ini belum, ini hanya masalah waktu, Kamu akan mendapatkannya). Sungguh ini sebuah hal yang menyenangkan bukan?

Banyak blogger, yang ngeblog semata hanya untuk kesenangan dan hobi. Tidak memikirkan uang, tidak memikirkan apapun. Mereka hanya melakukan hal yang membuat mereka senang: berbagi pengetahuan dan manfaat kepada orang lain.

6. Kamu sedang menghasilkan uang

Uang memang bukan segalanya, tapi juga tidak ada yang salah jika Kamu blogging dengan niat mendapatkan uang.

Meski saat ini, Kamu baru bisa mendapatkan beberapa dolar sebulan, itu adalah ‘sesuatu’ banget bukan? Dan jika saat ini, Kamu belum menghasilkan sepeserpun, ini hanya sekadar masalah waktu, jika konsisten dan tidak menyerah, uang akan datang pada waktunya.

Setiap rupiah yang Kamu hasilkan dari blog, adalah murni dari hasil kerja keras Kamu sendiri. Kamu tidak perlu menunggu seseorang memberi pekerjaan.

Dan ini adalah sebuah posisi yang sangat menyenangkan, mendapatkan uang tanpa bergantung kepada orang lain. Meskipun hasil dari blog hanya menyumbangkan sebagaian kecil dari total pemasukan Kamu, namun disini Kamu memiliki kebebasan, tidak menunggu perintah dari atasan. Hal inilah salah satu alasan kenapa saya akhirnya memutuskan untuk bekerja online secara full-time.

Nah, itulah 6 alasan utama yang sangat bagus, mengapa Kamu tidak boleh berhenti dari ngeblog. Jika Kamu berada pada saat sulit dan hilang semangat blogging, coba buka dan baca kembali 6 alasan di atas.

Kamu memiliki alasan lain yang belum saya sebutkan? Silakan berbagi melalui kolom komentar. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

10 Komentar

  • @banksoalcpns.
    sip… ayo tetap semangat mas… kalau masalah pendapatan, jika blog kita telah memiliki reputasi bagus, uang akan datang dg sendirinya…… 🙂

  • @smuainfo.
    tetap semangat mas, 🙂 semua blogger pun pasti pernah mengalami saat2 sulit. bedanya ada yg menyerah ada yg tidak. hehe… terima kasih ats kunjungannya.

  • Hal ini yang mungkin sedang terjadi pada saya pribadi, sebenarnya mau fulltime saja ke blogging tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih serius, tapi semoga saja saya bisa benar-benar menjadi seorang fulltime di dunia blog ini.

  • Makasih atas artikelnya mas gee jon, sy jadi semangat lagi ngeblog padahal akhir akhir ini smngat ngeblog berkurang dikarenakan berbagai hal.. sekali lagi makasih mas. Maju terus blogger indonesia

  • wah.. benar sekali Mas Yopi. Sayang sekali waktu dan tenaga yang telah terbuang, jika kemudian berhenti. Sukses selalu deh buat Mas Yopi….

  • berfikir panjang jika ingin berhenti blogging, berawal dari tugas sekolah, seneng ngeblog, hobi terus mudah-mudahan jadi penghasilan deh. Kalu ingin berhenti blogging lihat kebelakang dulu berapa banyak yang telah anda korbankan untuk blog hingga setengah jalan anda berfikir ingin berhenti, karena hari esok adalah misteri.. 🙂

    • Terima kasih motivasinya , barang kali kita harus sering dengar motivasi orang yang kuat ngeblog alasan kuat supaya kita tidak berhenti ngeblog.