Mengatasi ‘Putus Asa’ dalam Blogging

Kali ini, saya ingin menyampaikan satu hal paling ganas yang dapat ‘membunuh’ blog Kamu dengan cepat, yaitu:

“Putus Asa”

Boleh jadi Kamu memiliki strategi terbaik dalam mengembangkan blog, Kamu pun memiliki segala sumberdaya yang dibutuhkan untuk membangun blog yang sukses, tapi semua itu tidak cukup jika Kamu tidak memiliki motivasi yang kuat. Tanpa itu, Kamu tidak akan mencapai tujuan.

Salah satu kunci sukses dalam membangun blog adalah pendekatan strategi jangka panjang, yang mengharuskan Kamu bekerja keras dari tahun ke tahun, terutama berhasil melewati tahun pertama usia blog Kamu. Itu yang saya rasakan.

Sepanjang perjalanan blogging, seringkali saya mengalami saat-saat dimana semangat saya begitu rendah, untuk melakukan riset, menulis, berhubungan dengan blogger blogger lain, dan sebagainya, bahkan ‘impian’ yang tadinya berkobar, seakan pupus, ambruk begitu saja.

Dan saya tahu, itu semua membuat saya berhenti seketika untuk terus melakukan sesuatu bagi blog saya. Itulah saat-saat dimana seorang blogger dihinggapi rasa frustasi, bahkan lebih jauh: putus asa!

Apakah Kamu pun pernah mengalaminya? Apa yang Kamu lakukan?

Saya sendiri memilih untuk tidak berhenti. Saya memilih melakukan sesuatu agar segera keluar dari keadaan buruk tersebut.

Sayangnya saya masih melihat banyak blogger yang tidak mampu mengatasi hal ini, sehingga hasilnya hari ini blog mereka ‘tidak ada’ lagi. Atau jika pun masih ada, blog mereka tidak lebih seperti ‘kuburan’, senyap, hanya berisi konten beberapa bulan lalu, penuh dengan komentar spam. Blog tersebut, sama saja telah mati!

Saya memilih ‘menyatakan perang’ terhadap rasa putus asa. Nah, di bawah ini adalah hal-hal yang saya lakukan bagaimana keluar dari keadaan putus asa dan frustasi, sekaligus menjaga motivasi supaya saya tidak berhenti.

Jika Kamu memilih hal yang sama, inilah yang bisa Kamu lakukan:

Menengok posting lama
Jika Kamu telah cukup lama blogging, tentunya cukup banyak pula arsip blog Kamu. Bagi pengunjung baru, kadang arsip tersebut sama sekali tidak tersentuh. Mengapa Kamu tidak mencoba ‘mendaur ulang’ posting lama tersebut?

Sekedar mengedit, memperbaiki, menambahkan nilai manfaat lebih, kemudian memberikannya lagi kepada pembaca Kamu, itu adalah langkah bagus mengatasi kelesuan dan putus asa yang tengah Kamu alami.

Jika tidak, bacalah kembali posting lama Kamu, dari situ tidak jarang Kamu menemukan ide baru. Bisakah artikel ini dilanjutkan? Dikembangkan lebih luas?

Mendesain ulang blog
Bagi Kamu yang sebelumnya pernah atau sering berkunjung kembali ke Portal Uang, pasti menemukan perubahan desain Portal Uang belum lama ini. Saya menata ulang kategori artikel, melakukan eskperimen unit iklan Adsense, merubah tata letak gadget di sidebar, merubah warna, dan sebagainya.

Cara ini memberi energi tambahan, yang membuat Kamu tetap semangat dan tidak kehilangan gairah dalam blogging. Perbaiki, atur ulang tata letak, jika perlu buat perubahan menyeluruh desain blog Kamu.

Apakah Kamu merasa lebih fresh, segar, dan bersemangat ketika selesai bercukur atau potong rambut? Kalau saya, iya! Hehehe…. Penampilan baru, meskipun kecil, memberi energi dan menjaga mood dalam kondisi baik, begitu pula dalam blogging.

Menulis artikel cadangan
Di saat Kamu ‘frustasi’ dan tidak bersemangat, Kamu mungkin tidak mampu menulis satu kalimat pun.

Nah, disaat sebaliknya, ketika Kamu on fire, sedang bergairah, tulislah 2 – 3 artikel cadangan, untuk Kamu posting di lain waktu. Sehingga ketika Kamu merasa tidak bisa menulis, Kamu tidak harus melakukannya, tapi blog tetap ‘hidup’. Ini lah yang saya sebut sebagai: posting darurat.

Intinya, kapanpun Kamu mendapatkan ide dan sedang bersemangat, segeralah menulis, meskipun Kamu tidak merasa harus menulis, karena belum dikejar jadwal posting.

Menulis ide ketika muncul
Ini serupa poin di atas, namun alih-alih Kamu langsung menulis menjadi sebuah artikel, Kamu cukup menulisnya ide yang muncul setiap saat di kepala Kamu. Mungkin ide berupa judul, topik atau apa saja yang muncul saat itu, yang dapat Kamu jadikan bahan tulisan pada saat Kamu kesulitan mendapat ide.

Jika tidak mau repot membawa buku catatan kemana-mana, Kamu bisa mengunakan ponsel untuk mencatat kapanpun ide muncul. Ini adalah kebiasaan baik, dan akan sangat berguna di saat Kamu tengah mengalami kesulitan mengumpulkan ide, buka catatan tersebut, biasanya akan menjadi penerang Kamu segera bisa menulis lagi.

Membuat artikel berseri
Adalah hal yang cukup sulit mendapatkan topik baru untuk ditulis setiap hari. Mengapa tidak mencoba mencari topik yang lebih luas, yang dapat Kamu bagi selama beberapa minggu, mungkin beberapa bulan ke depan?

Cobalah, sekali Kamu menemukan topik yang cukup bagus untuk disampaikan, seakan ide dan kalimat meluncur lancar dengan sendirinya, dan menulis artikel berseri adalah cara paling mudah dan cepat, yang membuat Kamu tetap termotivasi menyajikan konten secara konsisten.

Sejak saya awal saya membuat blog Portal Uang, ini telah saya lakukan, yaitu menulis artikel seri Optimasi Google Adsense. Dan terus berlanjut. Terakhir, beberapa hari yang lalu, saya memutuskan membuat seri baru tentang kesalahan paling umum dalam berbagai aspek blogging dan cara mengatasinya.

Cara ini benar-benar bekerja baik. Di saat Kamu mengalami kelesuan, buatlah artikel berseri, dan lihat semangat dan motivasi Kamu akan kembali Kamu miliki.

Bertanya kepada pembaca
Kemampuan kita sungguh terbatas. Ide kadang tidak kunjung muncul, sedangkan Kamu merasa sudah saatnya menyajikan artikel baru di blog Kamu.

Mengapa Kamu tidak bertanya kepada pembaca? Ini salah satu kebiasaan saya. Saya selalu menyempatkan diri bertanya, entah melalui posting, komentar, atau lewat sosial media. Apa yang Kamu inginkan saya menulisnya?

Dari situ, saya mendapatkan banyak sekali ide untuk bahan tulisan. Sampai saat ini, tak terhitung berapa artikel yang saya tulis hasil dari bertanya kepada pembaca. Cobalah!

Membuat jadwal posting
Jika saat ini Kamu belum memiliki jadwal atau schedule tetap untuk menulis, mulai buatlah saat ini juga. Kamu akan kagum dengan hasilnya, ketika Kamu memberi diri sendiri tenggat waktu kapan harus menyelesaikan berapa tulisan.

Saya sendiri punya target bisa menulis 3 – 5 artikel setiap hari, ini membuat saya tetap berada dalam keadaan bersemangat untuk menulis. Tak peduli berapa target yang Kamu tetapkan, 2 artikel per hari, atau bahkan 1 artikel per hari, Kamu akan mampu melakukannya lebih baik dengan memberi diri sendiri tenggat waktu kapan menyelesaikannya.

Membaca blog lain
Kadang saya terlalu fokus terhadap blog sendiri, sehingga jarang sekali membaca blog lain. Tapi, setiap kali saya merasakan kebuntuan dan kelesuan dalam kegiatan blogging, mengunjungi, membaca dan berinteraksi dengan blogger lain, sangat membantu mengembalikan semangat.

Saya jadi teringat ketika pertama kali mengenal dunia blogging, begitu bersemangat mencari berbagai informasi seputar topik dan blogging dengan membaca blog orang lain. Ternyata kebiasaan itu harus tetap dipelihara. Kunjungilah blog lain, tinggalkan komentar di sana, teruslah menjalin hubungan dengan sesama blogger, itu trik ampuh membuat Kamu terus bersemangat mengelola blog sendiri.

Menulis artikel pendek
Bila Kamu merasa tidak bisa ‘bicara’ banyak, maka Kamu tidak perlu bicara banyak. Tulislah sebuah posting, sependek apapun itu. Yang penting disini, Kamu tetap menulis setiap hari.

Percaya atau tidak, beberapa artikel pendek saya justru mendapat sambutan yang sangat bagus dari pembaca, padahal sebelumnya artikel itu saya anggap hanya sebatas pengisi kekosongan ide. Kamu bisa menulis selingan, keluar dari topik utama blog pun tidak masalah, justru pembaca akan senang mendengar sesuatu yang berbeda, mengenal Kamu dari sisi lain, sekali waktu.

Keluar rumah, bersantai
Blogging boleh, jangan lupakan hidup Kamu! Seringkali rasa frustasi, kelesuan, dan putus asa dalam blogging muncul, karena Kamu terlalu ‘berat’ dalam blogging. Kamu mempersulit diri sendiri. Kamu tidak seimbang dalam mengatur waktu.

Jika sudah begitu. Berhentilah sejenak. Matikan komputer. Pergilah keluar. Temui teman, ajak keluarga, anak, bermain, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan. Atur jadwal rutin bagi diri sendiri untuk ‘menikmati hidup’. Ingat satu hal, tujuan Kamu ngeblog adalah meningkatkan kualitas hidup Kamu, bukan malah sebaliknya, bukan?

Istirahatkan tubuh dan pikiran Kamu. Biarkan semua mengendap. Ketika waktunya kembali kepada rutinitas sebagai blogger, Kamu akan menemukan diri sendiri: lebih kreatif, lebih bersemangat, penuh dengan ide-ide yang selama ini belum tergali.

Nah, jika saat ini Kamu mengalami saat-saat sulit dalam karir Kamu sebagai blogger, semoga hal-hal di atas dapat membantu Kamu segera keluar dari kesulitan tersebut. Dan kembali memberi terbaik untuk blog, untuk pembaca, dan tentunya, untuk diri sendiri.

Kamu memiliki tips lain? Bagilah melalui komentar. Semoga bermanfaat. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar

  • saya baru saja bangun dari tidur panjang, seminggu ini baru aktif lagi..semoga semangat para blogger selalu stabil

  • Saya banget 😀
    Putus asa karena kurang nya pembaca dan tidak ada masuknya komentar 🙁

    Terimakasih Tipsnya gan 🙂

  • @adhoem.
    sip…. semoga lebih bersemangat lagi. Ya, 1 artikel per hari, itu sudah oke! Hehe…

    @ayu.
    ayo semangat, 🙂
    silakan doibookmark, supaya bisa sering2 mampir kesini, hehe…

    gud lak buat semua!

  • @adhoem.
    sip…. semoga lebih bersemangat lagi. Ya, 1 artikel per hari, itu sudah oke! Hehe…

    @ayu.
    ayo semangat, 🙂
    silakan doibookmark, supaya bisa sering2 mampir kesini, hehe…

    gud lak buat semua!

  • hhhmmm putus asa memang kayak hantu suka menhantui….
    harus semangat nih…. semangat semangat semangat…
    Artikelnya bagus, bisa membangun semangat pembacanya….
    Sy bookmark ya artikelnya. Thnx

  • wkwkwkwkwkwkwk putus asa…
    terkadang memang hampir terasa ya, tpi gk sampe putus asa, cuma kadang rasanya malas sja, jenuh, bosan…
    ok bg jhon, sy coba tipsnya. yg pertama, sy coba bkin jadwal posting. 1 hari 1 artikel kyaknya cukup ya…

  • Terimakasih mas sebenarnya saya sempat prustasi dengan apa yang telah saya lakukan selama ini dan saya telah berusaha keras agar blog saya memasuki peringkat pertama di search engine google berbagai macam cara dan nasehat yang saya dapatkan dari membaca artikel di blog orang lain mulai dari optimasi kata kunci sampai cara seting plugin dan masih banyak lagi telah saya lakukan dan yang lebih membuat saya lebih prustasi lagi ada blog yang postinganya hasil copas/copy paste malah menduduki peringkat pertama halaman google dan setelah saya telusuri blog tersebut baru berumur 3 bulan dan untuk keadatan kata kunci juga masih di bawah blog saya, terlebih ketika saya lihat backlinknya juga masih nol dan bagaimana saya tidak prustasi blog yang masuk halaman pertama malah penuk penjejalan kata kunci ata spaming.
    mungkin dengan membaca di blog ini saya akan bisa berpikir bagai mana agar saya mampu bangkit dan tidak berusaha untuk optimasi seo lagi dan memilih untuk membuat postingan yang berguna bagi pembaca saya saja jadi intinya mau masuk halaman pertama dan enggaknya terserah google aja. Makasih atas semangatnya mas

  • putus asa, wah parah ini mas…… aku banget 😀
    tapi kalau nulisnya ikhlas jadi gak berasa berat mas
    hehe….