Pada saat mengunjungi sebuah blog, apa yang Kamu klik?

Tantangan minggu ini, saya ingin mengajak Kamu, untuk beberapa hari ke depan, membuat catatan tentang apa yang Kamu klik pada saat mengunjungi blog lain.

Kamu mungkin berkunjung kembali ke suatu blog karena menikmati sajiannya, atau bisa juga Kamu sampai kesana dari hasil pencarian Google. Nah, pada saat Kamu mengunjungi sebuah blog dan Kamu berhasil menemukan informasi yang Kamu cari, Kamu bisa jadi meninggalkannya, bisa juga Kamu tetap berada di sana, mencari lebih dalam apakah ada informasi menarik lainnya yang bisa Kamu temukan. Jika demikian, apa yang Kamu klik?

Ada 2 hal pada tantangan blogging saya kali ini:

  • Pertama: Mengidentifikasi apa yang biasanya Kamu klik di banyak blog yang Kamu kunjungi.
  • Kedua: Mengapa Kamu mengkliknya?

Apa dan mengapa Kamu mengklik

Ada banyak elemen blog. Kamu mungkin mengklik link pada artikel terkait, atau posting terbaru, judul posting di beranda, iklan, blogroll, arsip atau navigasi halaman seperti tombol ‘next’ dan ‘previous’ atau apa? Apa yang Kamu klik? Catatlah.

Mengapa Kamu mengklik elemen-elemen tersebut? Misalnya, jika Kamu mengklik ‘related post’ atau ‘recent post’ apa yang membuat Kamu tertarik mengkliknya? Apakah karena pemilihan kata menarik pada judul tersebut? Atau karena memang judul tersebut relevan dengan informasi yang Kamu cari? Apakah karena ia berwarna merah atau hijau pucat?

Apakah Kamu mengklik link kategori, yang mungkin berisi lebih banyak informasi dan Kamu ingin mencarinya? Apakah Kamu mengklik arsip blog atau kalender untuk mengetahui apa yang ditulis di tahun 2007? Apakah ada nama atau alamat blog di ‘daftar blog teman’ yang menarik minat Kamu?

Ataukah artikel yang disana cukup mengesankan Kamu, sehingga Kamu menaruh kepercayaan kepada penulis dan mengklik apa yang ia rekomendasikan?

Kamu mengklik iklan. Apakah Kamu mengkliknya karena benar-benar tertarik dengan iklan tersebut? Atau karena ingin membantu pemilik blog menghasilkan uang? Adakah elemen tertentu yang Kamu klik karena Kamu benar-benar tertarik mengkliknya, atau adakah alasan lainnya?

Kebiasaan ‘klik-mengklik’ sudah banyak dianalisa oleh pakar blog dan website di seluruh dunia, terutama dalam hubungannya dengan bisnis dan perdagangan online. Nilai ekonomis dari siapa yang mengklik apa dan mengapa mengkliknya adalah hal yang memotivasi para advertiser onlie dan para pakar search engine.

Bagaimana? Sudahkah Kamu mengenal kebiasaan sendiri dalam urusan klik-mengklik ini? Bukankah Kamu memiliki kebiasaan atau kecenderungan tertentu dalam melakukan klik?

Nah, jika Kamu menerima tantangan minggu ini, maka Kamu akan mendapatkan informasi berharga tersebut. Dan dengan informasi ini, Kamu kemudian akan mampu menemukan cara bagaimana mengembangkan dan memperbaiki pengalaman pengguna di blog Kamu sendiri.

Apa yang Kamu klik?

Mengapa Kamu membaca blog lain?

Tuangkan pengalaman itu pada sebuah posting di blog Kamu. Sebarkan informasi bermanfaat tersebut agar kita sama-sama belajar menyajikan blog lebih baik lagi.

Apa yang Kamu klik di Portal-Uang? Mengapa? Tulislah di kolom komentar agar saya tahu kebiasaan mengklik Kamu. Sukses selalu untuk kita semua.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

10 Komentar

  • saya yakin sekali jika infonya memang bagus, dan dicari lalu ada iklan (coupun hosting, lomba, situs yang belum kita ketahui sebelumnya) otomatis kita klik kok walaupun publisher sekalipun, apalagi pembaca yang ndak tau. #Positif.

    oh iya sekalian feedback dong layout baru blog saya kwkwk, mohon maaf jarang update, Anda berkunjung kesana pasti sangat membosankan 🙁

  • Kalau saya si menelusuri melalui mesin pencari, jika cocok dengan yang diinginkan selanjutnya tinggal klik judul artikelnya.

    tidak menutup kemungkinan untuk melihat-lihat artikel yang lainnya juga minimal artikel terpopuler.

    Setelah itu, seperti biasa klik iklan, jadi sesama publisher harus saling mendukung jika ingin sama-sama maju dan berhasil, meskipun terkadang tidak mendapat balasan klikl iklan dari blogger lainnya, tetapi tidak apa2 anggap aja derma.

    itu aja si, yang lainnya paling cek template yang digunakan dan riwayat blogging dan siapa pemilik blog, karena itu yang terpenting, jadi jangan sampai tidak jelas penulisnya.

    Salam

  • @anugroho.
    ya dengan alasan yg sama pula mengapa saya tidak menampilkan arsip bulanan di blog ini. Berarti mas nugroho lebih memilih link artikel terkait di dalam artikel, itu jadi masukan, mungkin bs jadi masukan bagi yg lain..

    ramah? saya termasuk ramah gak nih? 🙂

  • Saya jarang melihat-lihat archive, saya biasanya mengunjungi laman lainnya ketika direkomendasikan oleh pemilik blog. Untuk yang iklan, kalo pemilik blog saya lihat ramah saya akan mengeklik iklan tersebut untuk membantunya meski saya tidak tertarik dengan iklan yang ditayangkan. Ramah dalam artian menanggapi komentar-komentar dari pengunjung. Banyak juga blogger yang acuh dengan komentar.

  • @mus.
    oke… berarti ada 3 hal yang bisa saya ambil, yaitu: arsip dan kategori. dari situ bisa diambil kesimpulan bahwa kategori dan arsip harus dibuat, ditempatkan dengan baik. terutama kategori, memilah-milah artikel berdasarkan kategori kadang tidak semudah dibayangkan, kita kadang bingung memilih kategori yg paling pas, karena merasa artikel tersebut berkaitan dengan lebih dari 1 kategori. Sedangkan memasukkan artikel ke dalam beberapa kategori sekaligus juga bukanlah hal bagus, karena justru membingungkan pembaca, dan juga ketika pembaca akhirnya melihat artikel yg itu2 juga. di sinilah seninya… 🙂

    thanks atas komentarnya.

  • biasanya saya tau blog seseorang dari google waktu mencari sesuatu di google. sehabis membaca artikel yang saya perlu, bila ada artikel menarik lainnya dan bermanfaat pasti akan saya klik. selain itu, saya juga membuka arsip atau kategori yang saya suka buat mencari artikel berguna lainnya. kalau iklan nggak berminat klik 😀

  • saya mengklik karena melihat judulnya yg bermanfaat buat saya,
    setelah selesai membaca
    selanjutnya saya pergi tanpa mengklik apapun