Teringat kembali ke tahun 2010 lalu, ketika saya pertama kalinya membuat blog.

Siapa sangka, kalau saat ini saya bisa menghasilkan uang secara rutin dari blog. Meskipun bukan sumber penghasilan terbesar saya, tapi paling tidak saya telah membuktikan bahwa dari blog kita memang bisa menghasilkan uang.

Dalam perjalanan selama 5 tahun itu, saya banyak membuat kesalahan dan menemukan hal-hal baru yang saya ketahui dan pahami kemudian tentang blogging.

Nah, di bawah ini (jika saja waktu bisa diputar ulang) adalah beberapa hal yang saya berharap telah mengetahuinya sejak awal blogging dulu.

1. Kualitas lebih penting dari kuantitas

Dari dulu, saya selalu berusaha untuk bisa menghadirkan konten baru di blog setiap harinya. Jumlah artikel adalah sesuatu yang sangat penting. Namun seiring waktu, pemikiran saya sedikit berubah.

tujuan dan alasan membuat blog

Saya masih meyakini bahwa Kamu harus mengupdate blog secara teratur jika ingin blog Kamu populer, tapi kualitas harus menjadi prioritas pertama.

Dengan kata lain, jika misalnya, Kamu hanya memiliki waktu 2 jam per minggu untuk menulis artikel, maka saya lebih menyarankan Kamu menggunakan seluruh waktu tersebut untuk membuat satu artikel saja namun berkualitas tinggi, dibandingkan membuat 4 artikel pendek yang dipublish di hari berbeda.

2. Nama domain ternyata sangat penting

Saat pertama kali membuat blog, saya tidak terlalu memikirkan masalah nama domain. Hasilnya, saya memilih nama yang cukup panjang dan membosankan. Hal ini saya sadari merupakan sesuatu yang buruk, karena nama domain adalah salah satu dari sedikit faktor yang tidak bisa Kamu rubah kemudian.

Satu aturan yang saya pegang saat ini dalam memilih nama domain adalah, menggunakan dua kata, dan berpotensi bagus untuk membangun brand.

3. Semua tentang pembaca, bukan tentang Kamu sendiri

Jika Kamu ngeblog hanya sebatas hobi, maka menulis tentang apapun yang Kamu mau, tidak akan jadi masalah. Tapi, jika Kamu sedang mencoba membangun blog yang populer, terlebih jika bertujuan menghasilkan uang dari blog, bagaimanapun, Kamu mesti memberi perhatian lebih terhadap konten yang Kamu sajikan.

Pandangan saya tentang jenis-jenis konten blog, mana yang bisa sukses dan mana yang tidak, bisa Kamu baca pada: Kerangka Acuan Jenis Konten Blog, Mana yang Membawa Sukses?

Secara khusus Kamu perlu memahami bahwa konten Kamu mestilah menarik, dari kacamata pembaca, bukan dari kacamata Kamu sendiri. Semua adalah tentang pembaca, bukan tentang Kamu!

4. Media sosial dapat membuang-buang waktu percuma

Sepakat, bahwa media sosial saat ini sudah menjadi ‘kebutuhan’. Sehingga banyak orang, khususnya seorang blogger, merasa perlu untuk aktif di setiap media sosial yang ada. Jadilah saya mendaftar ke puluhan media sosial. Namun belakangan saya sadari bahwa ternyata saya hanya membuang-buang waktu percuma.

Saya tidak mengatakan bahwa media sosial tidak bermanfaat, Kamu hanya perlu melakukan pendekatan yang tepat terhadapnya, jika Kamu tidak maka Kamu hanya akan membuang-buang waktu.

Misalnya, alih-alih Kamu bergabung ke puluhan media sosial seperti yang pernah saya lakukan, Kamu bisa memilih satu atau dua saja di antaranya, dimana pembaca Kamu paling banyak berada di sana, serta bagaimana Kamu bisa memberikan nilai lebih serta membangun sebuah relationship yang kuat dengan pembaca.

5. Kamu butuh komunitas dari blog Kamu

Selain menyajikan konten berkualitas dan mempromosikannya, ada satu lagi kegiatan blogging yang tak kalah pentingnya, yaitu membangun komunitas blog. Ini sangat lah penting, karena tanpa adanya komunitas, maka blog Kamu bukanlah blog sebenarnya, melainkan hanya sebuah website statis biasa.

Komunitas yang terbentuk akan memperkaya konten Kamu (melalui komentar dan tanggapan via email), yang akan memotivasi Kamu, membantu promosi blog Kamu dengan membagikannya di sosial media, menulis ulasan tentang blog Kamu di blog mereka sendiri, dan sebagainya.

Secara praktis, ketika berbicara masalah ini adalah bahwa Kamu mesti berusaha melibatkan pembaca dalam konten Kamu, (seperti mengadakan polling, survey, melemparkan pertanyaan dan sebagainya) serta berupaya berinteraksi dengan pembaca sebanyak dan sesering mungkin (seperti melalui komentar, email, media sosial dan lainnya).

6. Memeriksa statistik setiap hari adalah kesia-siaan

Pada saat pertama kali membuat blog, Kamu akan tergoda untuk memeriksa statistik pengunjung setiap hari, bahkan ada yang lebih ekstrim: setiap jam!

Setiap penambahan angka pengunjung baru adalah sesuatu yang menyenangkan, juga tanda bahwa Kamu berada pada jalur yang benar.

Yang jadi masalah adalah bahwa Kamu membuang-buang waktu percuma. Setiap menit yang Kamu habiskan untuk memeriksa statistik blog, berarti Kamu kehilangan waktu setiap menit tersebut untuk melakukan hal-hal lain yang lebih produktif guna mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.

Selain itu, fluktuasi pengunjung secara harian bisa saja memberi Kamu analisa yang salah. Saran saya, periksa statistik blog sebulan sekali. Lebih jauh tentang hal ini, pernah saya tulis dalam: Seberapa Sering Kita Perlu Memeriksa Statistik Blog?

7. Memilih niche yang tepat itu sangat penting

Memilih topik yang tepat adalah hal yang amat penting, jika Kamu menginginkan blog yang populer dan menguntungkan. Tentu, Kamu mesti mengikuti ‘gairah’ Kamu (seperti yang sering Kamu dengar), tapi Kamu pun perlu memastikan bahwa niche Kamu cukup berpotensi besar memberi penghasilan seperti yang Kamu harapkan.

Juga perlu diingat, bahwa beberapa topik akan selalu lebih menguntungkan dibanding dengan topik lainnya, tidak perduli dengan besar kecilnya cakupan. Ini dikarenakan orang-orang di dalam topik tersebut cenderung lebih aktif untuk membeli produk tertentu.

8. Butuh ketekunan dan kegigihan

Segala sesuatu di internet berkembang begitu cepat, dan pada saat Kamu membuat blog atau website pertama kali, mungkin Kamu berharap meraih hasil maksimal (dalam hal trafik dan pendapatan) dalam beberapa bulan pertama.

Kenyataannya sama sekali bertolak belakang. Meski itu dapat saja terjadi, sangat sedikit sekali blog yang menjadi populer dan menghasilkan sebelum satu atau dua tahun berjalan.

Intinya, jika Kamu ingin terjun secara total, mulailah dengan ekspektasi yang masuk akal, atau Kamu akan menjadi begitu frustasi dan berhenti dengan cepat sebelum mencapai apa yang diinginkan.

9. Belajar hal teknis akan banyak membantu

Teknologi internet saat sudah begitu maju, hari ini, siapapun bisa membuat website atau blog dalam 5 menit, tanpa pengetahuan teknis apapun. Selama Kamu bisa membaca, maka Kamu bisa melakukannya.

Tentu saja ini adalah hal yang sangat bagus serta memberi ruang seluas-luasnya bagi siapapun untuk mengakses informasi serta mempublikasikannya.

Namun begitu, jika Kamu berniat ‘hidup dari dunia online’, adalah sesuatu yang bagus sekali jika Kamu mau meluangkan waktu untuk mempelajari hal-hal teknis. Mulailah dari HTML/CSS, dan jika Kamu punya waktu lebih, Kamu bisa mempelajari lebih lanjut tentang JavaScript, PHP dan MySQL.

Semua itu akan banyak membantu Kamu mencapai sukses menghasilkan uang dari internet.

Nah, bagaimana dengan Kamu? Apa yang harap telah mengetahuinya sejak awal blogging dulu?

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

14 Komentar

  • baca artikelnya mas gee jhon,jadi inget iklan coklat’panjang…dan lama….xixi wawasannya jadi nambah terus..dan teruss…ga ngebosenin.cuma ada sedikit orang yang mau berbagi pengetahuannya,kebanyakan cuma memanfaatkan ketidaktahuan orang lain,tanpa ada keseimbangan take and givenya.terlalu sibuk memikirkan rating pengunjung blognya,tpi lupa dengan apa yang didapat oleh pengunjung blognya.

  • @kukuh.
    sama2… terimakasih pula atas kunjungan dan komentarnya.

    @sugex.
    hehe…. ok deh, mulai sekrang dikurangi dikit2 di sosmednya.. 🙂

    @alvian.
    ya betul,,, setuju mas… makasih atas komentarnya.

  • Terimakasih banyak atas tipsnya mas. Ada juga yg harus diperhatikan, yaitu kenyamanan untuk pembaca, he he.

  • Selama ini saya keliru berarti, saya lebih sering berada di media sosial di banding aktifitas blogging, seperti membuat artikel, edit sana-sini, dan lainnya. Terima kasih mas gee jhon.

  • @edi.
    sip deh… terus semangat yang terpenting, 🙂

    @afdal.
    hehe… gak perlu malu, saya pun demikian sama…. dulu tapi.

    @mu.
    ya begitulah mas Zibur. kita tetap harus semangat bukan? hehe..

    sukses selalu untuk kita semua.

  • semangat ngeblognya mas gee luar biasa. Patut di contoh sama blogger pemula seperti saya mas. saya setuju untuk poin artikel itu kualitasnya harus lebih di perhatikan mas. nice sharing mas gee

  • wkwkwkkwk

    Jadi malu nih . . .

    Waktu pertama ngeblog . .
    Saya paling hoby pada point no.6 . .

    Hocus Focus Tralala 😀

  • Setuju banget nih mas gee, mulai dari domain, kulitas konten dst diatas penting banget. saya terus belajar, terus berusaha sabar, dan tetap optimis.

  • Ditambah juga kesabaran mas Gee Jhon
    Mengelola blog itu seperti menanam buah
    Rasa manis buah bukan di dapat saat itu juga
    He..he..sekalian curhat jadinya