Membuat toko online adalah cara paling cepat mendapatkan uang dari blog, asalkan Kamu mengerti betul cara yang tepat. Toko online bisa dibilang toko dalam internet, Kamu bisa membuat dengan mudah sebuah toko di internet hanya dalam waktu kurang dari satu hari.

Tetapi apakah bisa sukses di hari itu juga? Jawabannya adalah tidak mungkin.

Membuat toko online membutuhkan waktu dan strategi yang tepat, selain itu target pasar dan produk yang ditawarkan merupakan suatu hal yang sama pentingnya dan perlu diperhatikan.

Membuat toko online bukan berarti Kamu harus memiliki produk sendiri yang bisa dijual. :Lihatlah sekeliling Kamu. Banyak sekali barang yang bisa Kamu tawarkan secara online di blog yang Kamu miliki.

Saya berikan contoh : pengrajin lemari, meja, kursi dan lainnya kebanyakan dari mereka belum mengenal pemasaran online. Ajaklah mereka bekerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Kenapa harus membuat blog? Toh bisa dipasarkan di media sosial seperti facebook misalnya. Hmmm… toko online adalah target jangka panjang! Selain terlihat profesional, membuat toko online adalah upaya untuk membentuk sebuah “brand”.

Kita bisa belajar banyak sekali dari mereka yang telah sukses, yang menjadi inspirator,  yang bisa Kamu gunakan pengalamannya agar Kamu meraih sukses yang sama dengan mereka. Salah satunya adalah Mr. Jack Ma. Beliau merupakan CEO sekaligus pendiri situs e-commerce terbesar di China yaitu Alibaba.com.

Lantas apakah cuma Jack Ma sang inspirator?

Sebenarnya banyak sekali yang lainnya, dilihat dari segi pengalaman, latar belakang dan jalan yang ditempuh seorang Jack Ma menggapai kesuksesan bersama Alibaba.com yang membuat Jack Ma patut dijadikan sosok yang tepat diikuti jejak kesuksesannya.

Jack Ma bukan seorang penggiat IT, atau ahli SEO yang bisa dengan mudah membuat blog terkenal melalui mesin pencari. Jack Ma hanya seorang mantan guru Bahasa Inggris di China. Konon beliau baru mengenal internet pada tahun 1995 dan memulai membuat bisnis toko online-nya itu pada tahun 1999.

belajar dari jack ma

Apakah setelah Jack Ma berhasil membuat toko online, langsung banyak konsumen berdatangan untuk membeli barang yang dia jual? Tidak!

Tiga tahun pertama membangun toko online, Jack Ma tidak mendapat hasil seperti yang diharapkan. Banyak investor menolak kerja sama yang ia tawarkan, tetapi ia tidak pernah putus asa. Itu dulu, tapi coba lihat, siapa beliau sekarang. Beliau menjadi orang terkaya nomer 5 di China berkat bisnis online yang ditekuni yaitu Alibaba.com.

Intinya meskipun Kamu (saat ini) bukan siapa-siapa, tetapi kalau Kamu mau berjuang keras membuat toko online dengan teknik yang benar. Kita pun bisa menjadi seorang Mr. Jak Ma di kemudian hari.

Ingat perkembangan teknologi semakin maju, di masa mendatang, akan lebih banyak lagi orang yang membeli barang secara online. Jadi tunggu apa lagi, buatlah toko online saat ini juga.

Tentang penulis:
Ini adalah tulisan dari Admin Sugek Blog. Banyak menulis tentang internet marketing dan strategi membangun blog yang benar.

Jika berminat, Kamu pun bisa ikut berpartisipasi menjadi kontributor di PortalUang.

Catatan dari PortalUang:

Membangun toko online, bukan perkara yang mudah. Tapi juga bukan sesuatu yang mustahil. Yang dibutuhkan hanya kemauan, kesediaan bekerja keras yang diramu dengan sedikit kreativitas melihat peluang. Hampir apapun yang bisa Kamu bayangkan, bisa Kamu jual secara online. Kenapa tidak segera mencobanya? Sukses selalu.

Salam.

  •  
  •  
  •  
Tampilkan Komentar

11 Komentar