Usaha Maksimal, Tidak Ada Perkembangan? Pasti Ada yang Salah dengan Blog Anda!

kesalahan dalam ngeblog

Ada ujar-ujar yang pernah saya dengar: “Jika Anda telah melakukan upaya maksimal dalam satu pekerjaan, namun tidak ada kemajuan berarti, pasti ada yang salah di dalamnya.”

Hal ini benar di hampir semua usaha apapun dalam kehidupan, dari yang paling sederhana sampai yang paling rumit sekalipun.

Seperti misalnya Anda berusaha memotong sebuah balok kayu menggunakan gergaji tangan. Meskipun Anda telah mengerahkan segenap tenaga, tapi tidak juga tampak kayu akan terbelah jadi dua, maka pasti ada sesuatu yang salah pada apa yang telah Anda lakukan. Anda mungkin memegang gergaji dengan cara yang salah, atau malah menggergaji bagian yang salah.

Dalam menghadapi keadaan seperti, beberapa orang terus saja melakukan hal yang sama, sampai tenaganya terkuras habis, lalu ia menyerah. Tapi ada juga yang menyempatkan berhenti sebentar, lalu mencari apa yang salah dengan semua yang telah dilakukan.

Nah sekarang, dengan prinsip yang sama, hal itu berlaku juga dalam hal membangun blog. Saya melihat, begitu banyak orang yang sebenarnya telah mengerahkan segenap upaya sampai titik maksimal, namun bahkan sampai 1 tahun berjalan, ia hanya mampu mendapat beberapa ratus pengunjung saja per harinya.

Tentu, membangun blog populer dan sukses, bukan perkara mudah, namun sesungguhnya juga tidak lah terlalu sulit. Yang saya maksud, selama Anda melakukan segala sesuatunya dengan benar, meskipun mungkin berlebihan jika berharap mendapat 10.000 pengunjung dalam 6 bulan, namun paling tidak 1.000 pengunjung adalah angka yang sangat-sangat mungkin bisa Anda raih.

Inti dari apa yang sampaikan kali ini adalah: jika Anda telah berusaha dan mengerahkan segenap tenaga membangun blog, namun terlihat tidak ada perkembangan yang signifikan, maka pasti ada yang salah dengan strategi Anda.

Seperti misalnya, salah memilih nama domain, strategi marketing yang salah, konten yang salah, atau bahkan salah ketiga-tiganya.

Tidak peduli apapun yang Anda lakukan, jika Anda gagal membuat blog Anda meraih 200 visitor unik per hari atau kurang dari 200 subscriber, bisa dipastikan ada yang salah dengan blog Anda.

Dan jika Anda berada dalam situasi seperti ini, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah: berhenti dan berpikir kembali, apa yang salah dengan blog Anda. Lihat sekeliling Anda, lihat apa yang blogger lain lakukan, cari tahu apa yang membuat mereka berhasil, belajar lebih banyak lagi, baca e-book, pelajari dan kaji ulang strategi Anda.

Baca: 6 Tanda Blog Anda Berada pada Jalur yang Benar.

Setelah itu, mungkin Anda masih bisa meneruskannya dengan strategi baru, tapi mungkin juga Anda mesti benar-benar berhenti dan membuat yang baru, memulainya lagi dari nol.

Memang ini adalah sebuah pilihan sulit, tapi bisa jadi itu merupakan satu-satunya cara Anda bisa sukses sebagai blogger.

Beberapa artikel yang mungkin dapat membantu:

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudah berapa lama Anda mengelola blog? Sudahkah hasilnya sepertinya yang diharapkan? Bagikan pengalaman dan pendapat Anda melalui komentar. Sukses selalu.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

10 Komentar

  • Iya bang, kalau dulu sepertinya mudah sekali mendapatkan trafik blog bang. Kalau sekarang semua materi yang ingin ditulis diblog habis diborong oleh semua portal berita gede. Akhirnya blog bukannya berkembang, tapi malah tenggelam dan tidak berkembang ;(

  • Terima kasih sarannya mas jhon,juga masukannya….
    satu lagi ni mas,,saya kagum dengan gaya tulisan anda di setiap posting.

  • @klikmania.
    hmm.. menurut saya lanjutkan saja, nama klikmania.net, tidak terlalu buruk kok. meski ada yg sama beda extensi, ga masalah kok, jika konten kita menang, pasti akan menang jg di google.

  • iya nih mase,sepertinya saya salah memilih nama domain,ternyata setelah saya sadar,banyak nama domain yang hampir sama dengan nama domain saya,gk nama depan,gk nama belakang,,jadi serba salah..mau di lanjutkan dengan nama domain yg ini,takut kalah saing,karena yang mirip mirip tadi sudah jauh lebih punya nama besar,dan sudah di akui google tentunya…menurut mase gimana ya?sekedar berbendapat aja mase…trimakasih

  • @faizul.
    mohon maaf atas ketidaknyamanannya mas Faizul, tapi itu penting buat PortalUang agar tetap mengudara dan tersedia untuk semua orang. Betu itu video iklan, tapi itu pun hanya muncul 2x saja, setelah Anda membuka hal. ketiga ia tidak akan muncul lagi.

  • mas waktu kita masuk ke portal in, cukup mengganggu kaena ada penampakan video. Video apa itu mas? iklan?

  • Om, maaf ini komentar saya bukan tentang artikel ini.
    Saya pernah lihat artikel di sini juga kayaknya, ada audio mp3 kalo males baca. Itu gimana cara mbuatnya? makasih