Jika Tidak Update Selama 1 Bulan: Apa yang Terjadi dengan Blog Anda?

Update, update, update!

Begitulah, setiap blogger dituntut selaluΒ mengupdate blognya dengan konten baru secara teratur, bahkan saya pun selalu menyarankan agar sebisa mungkin memperbarui artikel baru setiap hari.

Namun, adakalanya, dengan berbagai alasan, tidak selamanya seorang blogger bisa membuat konten baru secara teratur. Lalu pertanyaannya adalah:

Apa yang terjadi jika blog tidak diupdate selama beberapa minggu atau bahkan sampai 1 bulan lamanya?

PortalUang, sejak pertama kali diluncurkan belum pernah tidak diupdate lebih dari 1 minggu, bahkan lebih banyak diupdate harian, paling sedikit 5 artikel per minggu. Tapi dari pertanyaan di atas, saya jadi tertarik, apa yang akan terjadi dengan PortalUang, jika tidak diupdate selama 1 bulan?

Nah, hari ini genap 1 bulan PortalUang saya ‘biarkan’ tanpa artikel baru, saya hanya menjawab semua komentar yang masuk atau membalas email-email dari pembaca. Hasilnya?

Mari kita lihat!

Trafik

Tidak ada yang aneh dengan trafik PortalUang. Trafik tetap normal, bahkan cenderung sedikit meningkat. Karena sejak Januari 2015 lalu saya mengganti domain PortalUang, trafik otomatis jatuh saat itu, namun perlahan kembali normal dan terus naik. Dan tren kenaikan itu terus berlanjut bahkan ketika tidak ada artikel baru selama 1 bulan penuh!

trafik portaluang

Rank Alexa

Rank Alex ternyata jadi sedikit menggendut. Tapi hal ini tidak sepenuhnya saya mengerti kenapa seperti itu, padahal trafik harian tetap terjaga.

Jumlah komentar

Pada poin 4 di artikel ‘Cara Mendapatkan 10 Komentar di Setiap Posting Blog‘, saya menyebut menyebutkan tentang mengurangi frekuensi posting. Kembali, hal ini saya buktikan.

Selama 1 bulan tidak update, jumlah komentar justru meningkat cukup signifikan, yaitu sekitar 30 komentar per hari, yang sebelumnya hanya 20 per hari.

Pendapatan Adsense

Di dua minggu awal, pendapatan Adsense cenderung turun, namun ini sepertinya lebih karena memang trend pendapatan Adsense publisher Indonesia secara umum. Karena di dua minggu terakhir ini, pendapatan Adsense kembali naik.

Kesimpulan

Sepertinya tidak jadi masalah, ketika Anda ‘harus’ meninggalkan blog untuk beberapa lama tanpa artikel baru.

Namun demikian, ini tidak berlaku bagi semua jenis konten blog. Jenis konten yang ‘kejar-kejaran’ dengan waktu, seperti berita terkini, gadget dan semacamnya, mau tidak mau harus memiliki konten baru secara teratur, karena jika tidak, maka akan tertinggal. Maka dari itu, saya selalu menyarankan untuk fokus pada konten abadi.

Selain itu, saya sangat tidak menyarankan hal ini bagi sebuah blog baru. Bagaimanapun, sebuah blog baru memerlukan akselerasi maksimum untuk segera meraih basis pembaca. Jika mampu, bahkan saya menyarankan untuk update lebih dari 1 artikel per hari selama 3 bulan pertama.

Nah, bagaimana pendapat Anda? Pernahkah Anda tidak menulis blog selama 1 bulan penuh? Apa yang terjadi dengan blog Anda? Bagikan pengalaman melalui komentar.

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

49 Komentar

  • Menurut pengalaman saya, saya sudah membiarkan blog saya terbengkelai selama hampir 4 bulan. Dan setelah saya cek visitor saya turun perlahan-lahan, pendapatan adsense pun hancur.. tetapi saya juga tidak tahu apakah itu faktor jarang update atau karena faktor habis migrasi dari http ke https hehe…

  • Min, Bagaimana kasusnya dengan penggantian judul blog? cuman berdasarkan pengalaman, kemarin aku ganti nama blog dan penurunan kunjungan sangat drastis sampai >50%. aku coba update kembali artikel terbaru namun tetap hasilnya belum meningkat.

  • Tidak update selama setahun, (Awal – awalnya karena malas, karena visitor jarang ada – setelah itu vakuum), setelah buka blog itu ternyata visitor lumayan banyak.

    *pertanyaan adsense = siap daftar adsense disaat gmana mas? (sering update, artikel banyak, umur blog, visitor banyak)

    • tidak bisa ditentukan bos πŸ™‚ tp yang terpenting jika daftar banyak artikel original dan visitor organik juga banyak πŸ™‚ dan artikel pun niche tertarget sesuai iklan google adsense yang ada, walau artikel original banyak namun tidak sesaui niche iklan adsense percuma nanti akan di tolak dengan alasan konten tidak memadai πŸ™‚ karena adsense menggunakan robot juga untuk review sebaiknya setiap halaman yang ada minimal jumlah kata 400 πŸ™‚

  • Pengalaman saya hampir sama. Malah kalau diperhatikan, punya saya justru merangkak naik sedikit demi sedikit kalau didiamkan dalam waktu yang lama.

    Yang jadi masalah adalah kalau update tidak rutin. Seperti misalnya satu bulan didiamkan, tiba-tiba besok update. Pasti hari itu visitor turun. Untuk mengembalikan ke semula harus kembali update rutin 1 hari 1 artikel. Capek, agak malas hehe.

    Sepertinya pilihannya cuma dua: Update rutin atau diamkan sekalian.

    Apakah Anda juga mengalami penurunan visitor setelah update blog yang sebelumnya didiamkan 1 bulan tersebut?

    Terima kasih

  • Sangat menambah wawasan. Kayanya kalau pantauannya hanya satu bulan kirang ideal untuk sebuah penelitian pada blog. Minimal 6 bulan akan terasa dampak nya. Mungkin saya secara pribadi ingin melihat apa dampak terbesar bila 6 bulan tidak posting pada blog sebesar blog anda. Terima kasih

    • dari pengalaman saya, saya ada satu blog yang mana blog itu kebanyakan mempunyai artikel permanen ketika tidak saya update selama setahun lebih, blog itu tetap berjalan cuma jika ada kompitetor masuk KW yang kita punya di halaman pertama bahkan diurutan pertama akan mudah digeser, itu pengalaman saya, ya akhirnya visitor sedikit menurun karena ada beberapa KW yang tergeser. itu kalau tidak update selama setahun.

  • Om Gee Jhon mau nanya.. maaf agak meleset

    Terkhusus blog baru seperti saya…
    ketika saya menulis 4 artikel dalam 1 bulan tetapi rutin dan berkualitas… (saya tidak suka banyak artikel yang belum tentu berkualitas ) tapi kenapa ya om trafic saya sangat sedikit..

    apakah peran promosi sangat penting untuk blog baru om?

    Terima Kasih

    Salam
    Anggy Antoro

  • wah hebat mas blog portal uang ini yah, walaupun nggak update tapi pengunjung tetap seperti biasa, hebat mas… πŸ™‚

  • Saya juga sempet eksperimen seperti ini mas, hasilnya hampir sama, visitor anehnya naik, alexa langsung bengkak, tetep adsense naik turun

  • Setelah saya ikuti nasihat bos Gee untuk tidak update blog selama satu bulan, bahkan lebih untuk saya, untuk trafik sepertinya tidak masalah, tetapi untuk Alexa, membengkak. Sebelumnya Rank Alexa di bawah satu juta, sekarang hampir dua juta.

    • waduh saya gak pernah menasehati tuk gak update 1 bulan bos SUgek. hehe… sy pada artikel di atas cuma cerita aja, bukan bermaksud menyarankan seperti itu. πŸ˜€

  • wah benar jg ya mas,kadang saya berpikir klo lama tdk di update pasti visitor akan turun tapi malah jmlh komentar di blog jadi lebih banyak

  • Rank alexanya pasti anjlok mas,,,sudah pernah dibuktikan soalnya,hehe . salam kenal ya mas portal πŸ˜€

  • Emang sangat penting untuk melakukan update posting, hal Anda alami seupa dengan kasus saya, ketika saya tidak update 1 minggu aja postingan maka Alexa naik jadi beberapa ribu, nah anehnya ketika saya update 1-2 selama 2 hari atau 3 hari alexa langsung ramping lagi. Iya sama visitor juga tetap stabil tapi sekarang ini alexa yang agak susah mempertahanakan nya…

  • Kalo aku, update atau enggak,,tetep sepi…
    mas..saya ketik ‘bikin internet bekerja untuk kita’, salah satu hasilnya ini : portal-uang.com/2013/07/alasan-untuk-kerja-online-dari-rumah.html, tapi Error 404…

  • Kalau saya pribadi, sering banget gak update blog. Bahkan pernah 2 bulan gak di update karena aktifitas di offline yang cukup padat.

    Betul dan setuju dengan kesimpulannya,karena itu juga saya alami di blog yang mengambil tyoe konten abadi. Trafik tetap stabil πŸ™‚

  • Wah…. keren tuh mas, kalo saya malah dulu juga pernah ninggalin blog selama sebulan karna lagi di rantau. Rank alexa loncat dari 700rb ke 3 juta…
    Mungkin ya itu kontennya yang mempengaruhi.

    • ya.. mungkin, entahlah. Namun, saya yakin jika sudah memiliki basis pembaca yang cukup lumayan, tidak akan ada banyak penurunan, meski ditinggal beberapa lama. πŸ™‚

  • Mantep kang πŸ™‚ Terimakasih, saya jadi rajin update sekarang, sehari sampe 2 artikel, Tapi pendek, satu halam ms word (sudah termasuk gambar, spasi dan lain2) bagaiman pendapat mas?

      • Mas, Gee Jhon Cara Promosi Versi Mas Gee Jhon gimana si ??

        Kalo Promomsi Versi Syaa Si Cuman Di Share di Facebook sama G+ doang .

        Bagi Bagi Pengalamannya Dong Mas Gee Jhon .

        Semoga Nambah Varokah nih Blognya πŸ˜€