Membangun Blog itu Marathon, Bukan Sprint!

Terlepas apapun topik dan model bisnis yang Anda jalankan di blog, Anda harus selalu bekerja dalam orientasi jangka panjang.

Mungkin Anda mengatakan bahwa hal ini adalah hal yang terlalu umum dan sudah sering disampaikan dimana-mana.

Baiklah, syukurlah jika Anda telah menyadarinya, namun saya masih saja menemukan banyak sekali blogger lupa akan hal ini, dan mereka hanya fokus pada hasil ‘singkat’ jangka pendek.

ngeblog itu maratonSebagai contoh, masih saja ada blogger yang sibuk melakukan upaya-upaya SEO yang buruk, berharap bisa muncul di SERP nomor satu dalam semalam. Masih banyak pula yang coba nyebar link dengan melakukan hal-hal spammy, seperti berkomentar tanpa arti yang hanya bertujuan mendapatkan link.

Masih banyak juga yang memenuhi blognya dengan seabrek iklan, sampai-sampai orang susah sekali menemukan konten mereka, karena bermimpi bisa mendapatkan $1000 dalam satu bulan!

Tidak sedikit blogger yang, karena ingin dengan cepat menghasilkan uang dari blog, melakukan hal-hal yang melanggar etika blogging (misalnya dengan kopas artikel orang), melanggar tos dari ads-network, dan sebagainya.

Yang intinya: mereka mengejar keuntungan, hasil, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (tanpa ‘dengan cara yang seksama’, hehe…), secepat-cepatnya, TANPA memikirkan konsekuensi jangka panjang.

Padahal, satu hal pasti yang perlu diingat: Ngeblog itu marathon, bukan sprint!

Salam.

Tentang penulis

Gee Jhon

Gee Jhon

Seorang yang suka belajar, senang berbagi dan gemar berdiskusi. Full time kerja online menjadi freelancer desain grafis, Youtuber serta mengelola beberapa blog.

Tulis komentar

15 Komentar

  • Alhamdulillah Blog saya unik, sampai ada yang ngetik nama saya di Keyword Pencarian, hehe 😀

    Soalnya Konten Artikel saya Original dan Unik, serta tidak biasa (tidak semua Artikel seperti itu)

    Penggunaan https atau SSL juga jadi salah satu pertimbangan Google, karena Blog/Website yang Secure itu lebih diprioritaskan Google.

  • Bener banget tu mas, biasanya kalau dari pengalaman saya setelah masuk bulan ke3 membangun blog baru terasa hasilnya tanpa perlu nyepam sana-sini 🙂 yang penting usahain nulis terus nanti juga keliatan hasilnya

  • artikel yang menggugah… skarang ru saya nyadar, dulu malah sibuk dengan setting biar blognya terlihat mearik doank, tapi konten kurang di perhatikan, tapi kini mudah-mudahan konten di blog saya mulai sedikit ada perubahan dan dapat muncul di halamn satu walaupun tidak rank 1… hehehe…

  • ibarat pelukis, ada aliran abstrak, realis, kontemporer, dsb

    begitu juga dengan blogger, ada yang suka marathon , ada juga yang sprint,

    saya menangkap nya aliran yng ‘sprint’ ini adalah aliran set n forget, ternak blog, misal hari ini build blog niche seo, besok build blog niche diet, lusa nya build blog lowongankerja,

    semua dikembalikan ke tujuan awal bloging, apakah pure sharing, money oriented, sekedar sarana eksis atau semuanya =)

  • Puhh…
    bener banget nih gan kalo dipikir-pikir
    dan ane juga termasuk pada semua kesalahan yang disampaikan diatas 😀 payah,,

    tapi ya itu tadi, ane pikir-pikir bener tuh pendapat ente gan.. ane harus perbaikan ke depan nih