Toko Online

Panduan : Cara Berjualan di Lazada Bagi Pemula

Cara berjualan di Lazada juga tak kalah diminati oleh beberapa wirausaha di Indonesia. Siap bersaing secara sehat dengan beberapa marketplace lainnya, Lazada memiliki kebijakan tersendiri bagi penjualnya.

Sama seperti marketplace pada umumnya, sebelum memulai berjualan di Lazada, Kamu harus memiliki akun terlebih dahulu.

Bagaimana cara membuat akun Lazada?

  • Buka website resmi Lazada
  • Cari tombol Mulai Berjualan Sekarang lalu tekan tombol itu
  • Lengkapi biodata

Begitu Kamu menekan tombol mulai berjualan sekarang, otomatis Kamu akan dihadapkan pada halaman identitas. Halaman itu berisi informasi detail toko Kamu. Silakan Kamu isi dengan benar.

Setelah selesai dengan biodata toko, Kamu akan dihadapkan pada halaman biodata penjual. Di halaman ini, silakan Kamu isi identitas diri Kamu dengan benar dan jujur.

  • Tekan tombol Kirim

Setelah selesai dengan biodata itu, silakan Kamu tekan tombol kirim.

  • tanda tangan kontrak toko

Begitu semua langkah telah Kamu lalui, Kamu akan diminta melakukan tanda tangan kontrak dengan pihak Lazada. Silakan Kamu melalukannya. Dengan begitu Kamu telah resmi memiliki satu toko di Lazada.

Menjual produk di Lazada

Langkah selanjutnya, adalah langkah untuk menjual produk Kamu di Lazada.

  • Pastikan produk Kamu paripurna dan siap jual

Dengan segala ketentuan Lazada, penting bagi Kamu untuk menyediakan produk yang benar – benar layak jual.

  • MOU dengan JNE terdekat

Salah satu cara berjualan di Lazada adalah memiliki MOU dengan JNE. Lazada memiliki ketentuan sendiri dalam memilih kurir paket, yakni JNE. Jadi, pastikan Kamu berada di lokasi yang dekat dengan agen JNE terdekat.

  • Unggah produk

Setelah semua siap, Kamu tinggal mengunggah produk Kamu di Lazada. Cari tombol Produk. Di bawahnya akan terlampir banyak opsi, pilih opsi Tambahkan Produk. Setelah opsi itu Kamu pilih, silakan unggah produk Kamu beserta keterangannya dengan jelas.

  • Tunggu verifikasi

Ada beberapa langkah yang dilakukan pihak Lazada terkait produk Kamu. Bisa seperti survei di tempat atau verifikasi berdasarkan keterangan produk Kamu.

  • Cek produk

Saat produk Kamu berhasil disetujui pihak Lazada, otomatis produk Kamu sudah muncul di halaman Lazada. Kamu bisa mengeceknya dengan mengetik nama toko Kamu.

  • Tunggu email

Ketika produk Kamu disetujui untuk muncul di halaman Lazada, otomatis ratusan orang bisa melihat produk Kamu. Tidak menutup kemungkinan jika produk Kamu akan segera laku.

Yang harus Kamu lakukan di sini adalah rajin cek email. Ketika ada pesanan masuk, otomatis akan masuk sebuah pemberitahuan di email Kamu oleh pihak Seller Centre Lazada.

  • Tanggapi Pesanan

Kamu harus segera masuk di akun Lazada Kamu dan beri tanggapan atas pesanan yang ada. Lazada memberikan jaminan kepada konsumennya. Paling lambat 48 jam, Kamu harus sudah memberikan nomor resi atas pesanan itu.

  • Status Pesanan

Ketika pesanan ditanggapi dan dilayani dengan baik, pihak Seller Centre akan memberikan perubahan terhadap status pesanan tersebut.

Urutannya seperti ini:
Pending -> Ready to Ship-> Shipped and Completed

  • Pembayaran

Pihak Lazada memberi kebijakan jika fee atas barang yang laku akan dibayarkan 14 hari sesudah barang itu berubah status menjadi delivered.

Kurang lebih di atas adalah cara berjualan di Lazada yang bisa Kamu terapkan. Zaman sudah semakin canggih, tak ada salahnya jika Kamu mencoba menjadi mitra di marketplace tersohor ini.

Tentang penulis

Andre

Andre

Saya bukanlah siapa - siapa. Tapi yang saya inginkan "Membaca, Mempelajari dan Mengajarkan" :)

Tulis komentar